Kiat Sukses Meraih Pertolongan Allah

1. IMAN DAN AMAL SHALEH

Artinya :Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah Sebaik-baik makhluk.(Qs.98/7)

Artinya : Sesungguhnya Kami menolong Rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat),  (yaitu) hari yang tidak berguna bagi orang-orang zalim permintaan maafnya dan bagi merekalah la’nat dan bagi merekalah tempat tinggal yang buruk.(QS.47/51)

2. BERSUNGGUH-SUNGGUH  MENOLONG  DIENULLAH

Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuat lagi Maha perkasa,(Al-Hajj/40)

Artinya :Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.(Qs.47/7

3. TAWAKKAL

Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.(QS.65/3)

4. MUSYAWARAH

Artinya :. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.(Qs.3/159).

Artinya :. Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.(Qs.42/38).

5.TEGUH MENGHADAPI MUSUH & BANYAK BERDOA

Artinya : Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), Maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.(Qs.8/45)

Katakanlah: “Lari itu sekali-kali tidaklah berguna bagimu, jika kamu melarikan diri dari kematian atau pembunuhan, dan jika (kamu terhindar dari kematian) kamu tidak juga akan mengecap kesenangan kecuali sebentar saja”.

6.BERSATU/KERJA TEAM

 

Artinya :. Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. ( Qs. 3/103)

Artinya : Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.(Qs.8/46)

  1. SABAR

Artinya :Hai orang- orang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung (Qs.3/200)

Artinya : Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang keluar dari kampungnya dengan rasa angkuh dan dengan maksud riya’ kepada manusia serta menghalangi (orang) dari jalan Allah. dan (ilmu) Allah meliputi apa yang mereka kerjakan.(Qs.8/47).

Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya.

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Tafsir
  2. Al-Qur’an & Tafsirnya – Kementrian Departemen Agama, Ikrarmandiri Abadi Jakarta cetakan 2011.
  3. Ali bin Abu Thalhah, Tafsir Ibnu Abbas, Pustaka Azzam Jakarta, 2014
  4. Ash-Shabuni, Tafsir Ayat Ahkam, PT Bina ILmu, Surabaya tahun 1985
  5. Muhammad Fuad Abdul Baqi, Al-Mu’jam al-Mufahras Li alfadzi al-Qur’an Al-Karim, Dar Al Fikr, Beirut Libanon.
  6. Munawwir AW.Kamus AL-Munawwir Arab – Indonesia, Pustaka Progressif, cetakan ke 14, tahun 1997
  7. Sayyid Kutb, Fi Zhilalil Qur’an, Gema Insani Jakarta, 2002
  8. Shihab Quraish, Tafsir Al-Mishbah, Lentera Hati Jakarta 2002.
  9. Shoheh & Dahlan, Asbaabun Nuzul, Diponegoro ,Bandung Edisi ke II tahun 2000M/ 1420H
  10. Wahbah Az-Zuhaili, Tafsir Al-Wasith, Gema Insani, Jakarta 2012
  11. Wahbah az-Zuhaili, Tafsir Al-Munir, Gema Insani Jakarta 2016

 

  1. Al-Hadits
  2. Abi Abdillah Muhammad bin Ismail Al-Bukhari, Shoheh Bukhari, Diponegoro – Bandung, tanpa tahun
  3. Imam Muslim, Shoheh Muslim, Dar Al-Ihya Al-Kutub Al-Arabiyyah Indonesia, tanpa tahun
  4. Muhammad bin Allan Al-Sidiqi Al-Syafii Al-Asy’ari Al-Maki, Al-Riyadusholihin, Al-Quddus cetatakan Pertama tahun 1429H/2008 M.
  5. Al-Imam Al-Hafidz Abi Abdurrahman Ahmad bin Syueb bin Ali Al-Karasani Al-Nasai, Sunan Al-Nasai, Daarul Kutub Al-Ilmiyyah, Beirut Libanon, 1433H/2012M
  6. Al-Imam Abu Abdullah Ibnu Majah, Sunan Ibnu Majah, Darul Kutub Islamiyyah, Beirut Libanon, edisi ke 3, tahun 1433H/ 2012M.
  7. Ahmad Zahro, Fiqih Kontemporer, Qof Media Kreativita cetakan I, tahun 2016
  8. Ahmad Munif Suratmaputra, Hukum Islam Problematika dan Solusinya, Penerbit Pustaka Firdaus, cetakan I, tahun 2016
  9. Abdul Wahhab Khallaf, Ilmu Ushul Fiqih, Pustaka Amni Jakarta, cetakan ke XI, tahun 1977M
  10. Erwandi Tarmizi, Harta Haram, Penerbit Berkat Mulia Insani, cetakan Pertama tahun 2012M
  11. Asy-Syaikh As-Sayyid Al-Hafizh Shohibul Faroji Azmatkhan, The Return of Dinar Dirham, Kembalinya Pondasi Kemakmuran, Khalif Fermark Nusantara, cetakan I, tahun 2014M.
  12. Ibrahim Muhammad Al-Jamal, Fiqih Wanita, tahun 1402H/1981M.
  13. Sulaiman Rasyid, Fiqih Islam, Sinar Baru Al-Gesindo Bandung, cetakan ke 41, tahun 2008.
  14. Musthafa Kamal Dkk, Fiqih Islam, Citra Karsa Mandiri, cetakan pertama tahun 1422H/ 2002M.
  15. Abdul Mujib Mabruri Thalhah Syafi’ah, Kamus Istilah Fiqih, Pustaka Firdaus Jakarta, cetakan Pertama tahun 1994M.
  16. Lain-lain.
  17. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah & Team, dan Lajnah Daimah Lil Buhuth al-Ilmiyah wal Ifta, jilid 2.Fatwa-Fatwa Terkini.
  18. Majalah An-Najah , Menegakkan Kalimah Allah. Edisi 136, No.2/XII/Maret 2017, Zakat Pendapatan, Penerbit PT.Pena Ummah, Sukoharjo.

1 Response

Leave a Reply