Profil Yayasan Griya Yatim & Dhuafa

Segala puji bagi Allah SWT yang telah menyempurnakan semua amal saleh dengan nikmat-Nya, yang telah menurunkan semua kebaikan dengan kedermawanan- Nya dan yang telah memberi kita petunjuk kepada iman dan islam. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Alhamdulilah sudah delapan tahun Griya Yatim & Dhuafa (GYD) menjembatani kepedulian para dermawan kepada anak yatim dan kaum dhuafa yang tersebar di 11 propinsi di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua. Saat ini telah banyak para dermawan yang telah bersinergi dengan GYD dalam pengasuhan dan pemberdayaan anak-anak yatim dan dhuafa melalui program pendidikan, pemberdayaan sosial, kemanusiaan.

Program pendidikan diimplementasikan melalui adanya Beasiswa Anak Berprestasi (BASIS), Generasi Mandiri Yatim dan Dhuafa (GEMA), Sekolah Gratis (SEGAR), Program pemberdayaan GYD juga telah dirasakan oleh remaja yatim dan dhuafa melalui Pelatihan life skill (PEKAN), para bunda anak yatim dan dhuafa dengan program pemberdayaan ekonomi SiMANTAP-nya serta program SMART untuk anak-anak di asrama GYD. Untuk program sosial kemanusiaan, GYD membantu para korban bencana khususnya anak-anak melalui program GYD Disaster Relief (GDR), membina dan membantu para Lansia dengan BILAS serta memberikan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan serta pengobatan gratis dengan GYD SEHAT.

Dalam menjalankan aktifitasnya GYD senantiasa berusaha untuk menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan berupa program hemat energi, reboisasi dan pola hidup sehat merupakan implementasi dari GYD HIJAU. Untuk meningkatkan kualitas diniyah dan pendidikan umum lainnya diimplementasikan dalam program pendidikan yang dilakukan di pesantren modern terpadu An Nawawi Al Bantani. Dalam memperluas lahan dan meng-upgrade sarana dan prasarana di area pesantren dalam mengembangkan program (PEMBEBASAN LAHAN).

Program lainnya diimplementasikan melalui program pembangunan KLINIK GYD SEHAT, untuk memenuhi kebutuhan sarana ibadah bagi masyarakat khususnya pada kaum muslim GYD akan merealisaikannya dalam bentuk bangunan Masjid, dalam program peningkatan dan pengembangan skill anak asuh maka GYD berencana akan membangun gedung pemberdayaan Life Skill Education Centre (LEC).

GYD kini telah memiliki 30 Asrama dan kantor pelayanan dan didukung oleh 204 amil yang tersebar di seluruh Indonesia yang telah memanfaatkan teknologi informasi untuk pengelolaan zakat, infaq, shodaqoh, wakaf serta dana kemanusiaan lainnya. Sampai dengan saat ini jumlah penerima manfaat yang mendapatkan bantuan dari GYD sebanyak 79.140 jiwa (kuartal kedua 2017). Dengan visi dan misi GYD yang sangat luas kami mengajak para dermawan untuk bersinergi bersama kami guna mewujudkan masa depan mereka serta membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya berbagi.

Mohon doanya agar lembaga yang ini selalu amanah dan profesional dalam bekerja dan berkarya untuk Indonesia, Sejak dikukuhkannya GYD Sebagai NAZIR WAKAF 15 APRIL 2014. Hingga saat ini lembaga wakaf GYD sudah banyak mendapat kepercayaan dari para donatur dan masyarakat luas. Hal ini dapat dilihat dari respon positif  terhadap program, wakaf baik wakaf benda bergerak maupun wakaf benda tidak bergerak. Semua aset wakaf yang di amanahkan kepada lembaga Wakaf GYD akan di peruntukan dalam sektor pendidikan, kesehatan, pemberdayaan, sosial kemasyarakatan, dan fasilitas sosial bagi anak-anak yatim dan dhuafa.