News

2 Nikmat yang Sering Di Lalaikan

Sahabat dermawan, betapa besar nikmat  yang Allah berikan kepada manusia dan jikalau kita menghitung nikmat tersebut tak akan mampu kita untuk menghitungnya kak. Sampai-sampai Allah berfirman : “Dan jika kamu menghitung–hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menghitung jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Nahl : 18). Artikel tentang 2 Nikmat yang Sering Di Lalaikan ini semoga bisa mengingatkan ya ka, jadi jangan sampai lalai ya.

Secanggih apapun teknologi pada zaman ini sebanyak apapun kalkulator di dunia ini  tak akan bisa untuk menghitung nikmat tersebut. Begitu besar nikmat yang Allah berikan akan tetapi dari banyaknya nikmat yang Allah berikan,  kebanyakan manusia melupakan 2 nikmat ini. Sebagaimana Rasulullah shallallahu alahi wa sallam bersabda : “Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al- Bukhari).

Inilah 2 Nikmat yang Sering Di Lalaikan, diantaranya yaitu :

2 Nikmat yang Sering Di Lalaikan

  1. Kesehatan

Kebanyakan manusia yang sehat namun mereka tertipu dengan nikmat tersebut. mereka seharusnya menggunakan nikmat sehatnya untuk beribadah kepada Allah (untuk ketaatan) akan tetapi mereka malah menggunakan nikmat Allah untuk bermaksiat dan bahkan malah membuat jauh dari Allah. Padahal kak, di luar sana banyak sekali orang yang ingin melakukan ketaatan, namun tak sanggup untuk melakukannya karena sakit yang ia derita.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu alahi wa sallam bersabda : “Jagalah lima hal sebelum. (1) Mudamu sebelum datang masa tuamu, (2) Sehatmu sebelum datang masa sakitmu, (3) Waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu, (4) Kayamu sebelum miskinmu, (5) Hidupmu sebelum matimu.” (HR. Hakim).

  1. Waktu luang

Waktu adalah sesuatu yang pasti terus berputar dan tak akan pernah kembali lagi kak. Oleh karena itu betapa banyak orang yang merugi dengan waktu luangnya itu, waktunya hanya berlalu begitu saja dan terbuang dengan sia-sia tanpa ada manfaat dan faidahnya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Demi masa (demi waktu). Sungguh, manusia berada dalam kerugian.” (QS. Al-Asr :1-2).

Sahabat, waktu sangatlah penting di ibaratkan “waktu adalah pedang” jika digunakan untuk kebaikan maka akan baik pula dampak serta manfaatnya, jika digunakan untuk keburukan maka dampak buruk akan terjadi di kemudian hari. Jika kita tidak mempergunakan nikmat tersebut maka yang akan muncul penyesalan di akhirnya.

Baca Juga : Mensyukuri nikmat dengan berbagi

Ketahuilah bahwa nikmat yang Allah berikan sudah sepatutnya kita bersyukur, serta di pergunakan sebaik-baik mungkin untuk jalan ketaatan. jika manusia bersyukur nikmat yang Allah berikan maka nikmat tersebut akan bertambah sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu mengatakan: “Sungguh jika kamu bersyukur, pasti Aku akan tambah (nikmat) kepadamu, tapi jika kamu mengingkari (nikmat Allah), maka sesungguhnya adzabKu sangat pedih.” (QS. Ibrahim : 7).

Yuk sahabat, jangan lalaikan nikmat sehat dan nikmat luang pergunakanlah nikmat tersebut untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala.  

Share it on