Griya Yatim & Dhuafa

3 Perkara Yang Membinasakan Diri

Setiap jiwa menginginkan kebenaran dan juga kebahagiaan. Namun, disebabkan oleh kebodohan yang merasuki, tidak sedikit jiwa yang malah terjerumus pada kebinasaan. Sebenarnya untuk menghindari kebinasaan yang datangnya dari dalam diri itu tidaklah sulit. Rasulullah memberitahu kita, bahwa terdapat 3 perkara yang membinasakan diri.

Rasulullah bersabda : “Ada tiga perkara yang dapat membinasakan manusia (hamba), yaitu : sikap bakhil yang dipatuhi, hawa nafsu yang diikuti, dan kekaguman seseorang kepada diri sendiri.” (HR. Thabrani). InsyaAllah, dengan menghindari 3 perkara yang membinasakan diri ini kita akan terhindar dari kebinasaan yang datangnya dari diri sendiri.

1. Sikap bakhil yang dipatuhi

Sahabat, ketahuilah bahwa setiap harta dan apa-apa yang ada pada diri kita adalah milik Allah. Allah berfirman : “Dan kepunyaannya (Allah) apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi…”  (QS An-Najm: 31). Kita hanyalah diamanahkan atau dipinjamkan dan kelak pasti akan dikembalikan kepadaNya.

Namun, tidak sedikit manusia yang beranggapan bahwa setiap harta dan apa-apa yang ada pada dirinya adalah hasil dari kepandaian dan kerja kerasnya. Padahal itu semua adalah kehendak dan kemurahan Allah yang telah memberikan rezeki yang lebih padanya. Disebabkan anggapannya itulah, sifat bakhil yang ada pada dirinya timbul.

Allah berfirman : “Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. Maka di antara kamu ada yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang berkehendak (kepada-Nya); dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain; dan mereka tidak akan seperti kamu ini.” (QS. Muhammad : 38).

Dan sifat bakhil yang dipatuhi lah yang menjadi sebab kebinasaan dirinya. Di dunia maupun di akhirat kelak.

3 Perkara Yang Membinasakan Diri

2. Hawa nafsu yang diikuti

Nafsu merupakan bagian dari ruhani. Jadi setiap manusia pasti memiliki nafsu dalam dirinya. Hawa nafsu itu cenderung menyuruh pada keburukan. Maka sangat penting bagi seorang muslim untuk menjinakkan nafsunya. Ali bin Abi Thalib berkata, “Barang siapa yang dikuasai oleh hawa nafsunya, dia telah sesat. Maka hawa nafsunya itu akan membutakannya, menulikannya, menghinakannya dan menyesatkannya.”

Hawa nafsu hanyalah membimbing kepada kebinasaan. Maka kita perlu berhati-hati agar tidak dikendalikan oleh nafsu. Jangan sampai kita lebih mencintai hawa nafsu kita daripada Allah dan RasulNya. Kita harus mengambil pelajaran dari kisah Qabil yang membunuh saudaranya sebab hawa nafsunya. “Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab dibunuhnyalah, Maka jadilah dia seorang di antara orang-orang yang merugi.” (QS. Al-Maidah : 30).

Baca Juga : Selamatkan Hati dengan Lima Perkara

3. Kesombongan

Kesombongan dan membanggakan diri sendiri juga merupakan pilar kebinasaan. Menurut Imam al-Ghazali, kesombongan merupakan salah satu dari penyakit yang menyerang hati. Kesombongan dalam hati pun dapat mengakar dan menciptakan berbagai penyakit lainnya. Seperti bakhil, hasad, dan kufur sebab Orang yang telah terjangkit penyakit sombong akan lupa untuk bersyukur kepada Allah.  

Rasulullah bersabda : “Tidak akan dimasukkan ke surga orang yang di dalam hatinya terdapat seberat biji sawi dari sikap takabbur. Sebagaimana tidak akan dimasukkan ke neraka orang yang di dalam hatinya terdapat seberat biji sawi dari keimanan.” (HR. Muslim).

Sahabat, Yuk kita hindari 3 Perkara Yang Membinasakan Diri tersebut dengan bersedekah. Bersedekah itu dapat menekan hawa nafsu kita. Bersedekah merupakan penghalang paling kuat dari sifat bakhil. Bersedekah juga melatih kita untuk tidak sombong dan riya’. Yuk Sahabat sedekah sekarang, dengan klik :

English EN Indonesian ID
Scroll to Top