Griya Yatim & Dhuafa

48 Hari Menuju Ramadhan, Bayar Fidyah Sebelum Terlambat

Sedekatduajari.id – Assalamualaikum Sahabat Dermawan, tak terasa kurang dari 2 bulan lagi kita akan bertemu dengan bulan suci Ramadhan. Dengan segala keberkahan dan kemuliaannya, kita sebagai seorang muslim pastinya ingin mendapatkan balasan yang terbaik di bulan ini.

Di bulan suci Ramadhan, terdapat beberapa amal ibadah yang khusus. Seperti puasa Ramadhan, menunaikan zakat fitrah, dan shalat tarawih, dan lain sebagainya. Dan dalam pelaksanaannya juga terdapat hukum, rukun, serta syarat-syaratnya.

Baca Juga : Ibadah Utama Untuk Dilakukan Di Bulan Ramadhan

Kewajiban Membayar Fidyah Bagi Yang Tak Mampu Melaksanakan Puasa

Jangan Ragu Tunaikan Zakat A
Bayar Fidyah Sebelum Terlambat

Seperti kita ketahui, puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib yang disebutkan dalam rukun Islam. Dalam pelaksanaanya, terdapat hukum-hukum yang harus kita jalani demi mendapatkan pahala yang berlimpah di sisi Allah SWT.

Ibadah puasa Ramadhan merupakan ibadah dimana kita harus menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Lantaran ibadah ini cukup berat dilaksanakan, maka bagi sebagian orang mendapatkan rukhshah atau keringanan untuk tidak melaksanakannya. Sebagai contoh orang yang diberikan keringanan ialah para lansia, ibu hamil & menyusui, dan orang yang sedang sakit parah.

Namun, bagi orang yang tidak melaksanakan puasa dengan alasan syar’i seperti diatas, wajib bagi mereka untuk membayar fidyah sebagai ganti puasa. Ketentuan membayar fidyah ialah dengan memberikan makan kepada fakir miskin sebanyak jumlah puasa yang ditinggalkan.

Baca Selengkapnya : Tebus Hutang Puasa Tahun Lalu Dengan Fidyah

Tunaikan Fidyah Untuk Tebus Hutang Puasa

Sahabat Dermawan, sebelum masuk bulan Ramadhan, alangkah baiknya kita Tebus dulu hutang-hutang puasa kita di tahun lalu dengan membayar Fidyah. Selain menjadi pengganti dari puasa yang ditinggalkan, fidyah juga bermanfaat untuk anak-anak yatim & dhuafa. 

Yuk kita tunaikan fidyah sebelum terlambat dan bahagiakan ratusan yatim dan dhuafa.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top