Griya Yatim & Dhuafa

5 Hadits Nabi Muhammad SAW Tentang Keutamaan Bersedekah

Sedekatduajari – Assalamualaikum Sahabat Dermawan. Berikut ini 5 hadits nabi Muhammad SAW. tentang keutamaan bersedekah. Bersedekah merupakan tindakan memberi kepada orang-orang di sekitar kita yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan hariannya. Bagi orang yang bersedekah, terdapat banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan. Berikut ini beberapa hadits nabi yang akan menjelaskan keutamaan dari melaksanakan sedekah itu sendiri.

Baca Juga : Perbanyak Amalan Sedekah Jariyah

5 Hadits Nabi SAW Tentang Sedekah

Untuk menguatkan dan meyakinkan hati kita dalam memberikan sedekah kepada orang lain, berikut ini adalah 5 hadits nabi yang menjelaskan keutamaan dan manfaat bagi orang yang menyedekahkan hartanya kepada orang yang membutuhkan.

  • Mendapatkan Doa Dari Para Malaikat.

Dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

“Ketika seorang hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

  • Dicintai Oleh Allah SWT.

Ath-Thabrani meriwayatkan, Nabi SAW. bersabda dalam hadits yang artinya :

“Manusia yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat untuk manusia. dan amalan yang paling dicintai Allah adalah kegembiraan yang engkau masukkan ke hati seseorang. atau engkau hilangkan salah satu kesusahannya.” (HR Ath-Thabrani)

  • Mendapatkan Pahala Yang Berlipatganda Ketika Melaksanakannya Di Hari Jum’at.

Salah satu hadits nabi tentang sedekah di hari Jum’at yang artinya berbunyi “Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

  • Bersama Dengan Rasulullah Di Akhirat Kelak.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Aku dan orang yang memelihara anak yatim itu akan masuk surga seperti ini,”. Nabi memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggang keduanya. (HR. Bukhari).

  • Masuk Surga Melalui Pintu Sedekah.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda,

“Barangsiapa yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, niscaya ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: ‘Wahai hamba Allah, ini adalah kebaikan. Barangsiapa termasuk orang yang giat mengerjakan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat. Barangsiapa termasuk orang yang berjihad, ia akan dipanggil dari pintu jihad. Barangsiapa termasuk orang yang rajin berpuasa, ia akan dipanggil dari pintu ar-Rayyaan. Dan barangsiapa termasuk orang yang gemar bershadaqah, maka ia akan dipanggil dari pintu shadaqah”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Umur 40 Tahun dan Isyarat Kebijaksanaan Menurut Al-Quran

Itulah 5 Hadits Nabi Muhammad SAW. tentang keutamaan bersedekah dan memelihara anak yatim. Dari sini, kita sudah mendapatkan banyak sekali motivasi untuk terus berbuat baik sebagaimana Rasulullah SAW. telah contohkan semasa hidupnya. Semoga kita kelak dapat mengikuti jejak hidup Rasulullah hingga kita dapat bertemu dengannya di surga nanti. Aamiin.

Tunaikan Zakat Dan Sedekah Kita, Dan Raih Pahala Terbaik Untuk Bekal Akhirat

Sahabat Dermawan, Yuk kita penuhi kewajiban kita sesama manusia untuk saling menolong dan menjadi manfaat bagi banyak orang. Tebar manfaat di negeri kita tercinta ini dengan zakat dan sedekah.

Yuk bantu penuhi kebutuhan hidup anak-anak yatim dan dhuafa serta para lansia dhuafa yang membutuhkan dengan mengunjungi link di bawah ini :

sedekatduajari.id

English EN Indonesian ID
Scroll to Top