Griya Yatim & Dhuafa

5 Peristiwa Besar yang Mengiringi Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ

Donasibekah.id- Sejarah mencatat ada sejumlah peristiwa-peristiwa besar yang mengiringi kelahiran Baginda Rasulullah. Diantaranya, ada lima peristiwa besar yang mengiringi kelahiran Nabi Muhammad ﷺ Satu peristiwa besar itu terjadi sebelum Rasulullah lahir dan empat peristiwa besar lainnya terjadi setelah Rasulullah lahir.

Berikut lima peristiwa besar yang mengiringi kelahiran Baginda Rasulullah ﷺ yang dikutip dari laman umma.id :

1. Hancurnya Pasukan Gajah

Kisah Abrahah Menyerang Kabah dengan Pasukan Bergajah - Hasuna Tour 🕋

Rasulullah dilahirkan pada tahun Gajah. Disebut tahun Gajah karena saat itu Abrahah membawa pasukan bergajah menyerang Ka’bah.

Abrahah adalah penguasa di Yaman. Ia membangun gereja besar di Kota Shan’a dengan maksud agar orang-orang berkunjung ke sana dan mendatangkan pemasukan besar bagi Yaman. Ia ingin menggeser kedudukan Ka’bah yang selalu ramai didatangi orang dari seluruh penjuru Arab.

Namun, bangunan yang megah dan indah itu tak kunjung ramai. Abrarah kemudian menyiapkan pasukan dalam jumlah besar. Sebagian mengendarai gajah. Orang-orang Makkah yang mendengar kabar itu merasakan ancaman besar. Pasukan bergajah itu bukan tandingan mereka.

Bahkan Abdul Muthalib, kakek Nabi Muhammad ﷺ sebagai pemimpin Makkah pun tak bisa berbuat banyak. Ia menyerahkan perlindungan Ka’bah sepenuhnya kepada Allah.

Namun belum sampai di Makkah, datang burung berbondong-bondong membawa batu-batu panas dan menjatuhkannya ke pasukan Abrahah. Mereka pun jatuh bergelimpangan. Tewas mengenaskan.

Baca Juga: Kesabaran Nabi ﷺ yang Didoakan Orang Badui 

2. Keluar cahaya saat kelahiran Nabi Muhammad

Maulid Nabi, Mimpi Cahaya sebagai Tanda Bakal Lahirnya Rasulullah SAW : Okezone Muslim

Peristiwa yang tak kalah ajaib adalah keluarnya cahaya saat kelahiran Nabi Muhammad. Cahaya itu keluar dan menerangi ke arah istana-istana di Syam.

Jika peristiwa gajah diabadikan Allah dalam Surat Al Fil, keluarnya cahaya ini diriwayatkan Ibnu Sa’ad dan Imam Ahmad.

Ibnu Sa’ad meriwayatkan bahwa Aminah ibunda Rasulullah berkata,
“Setelah bayiku lahir, aku melihat ada cahaya yang keluar dari jalan lahirnya, menyinari istana-istana di Syam.”

Peristiwa ini memberikan isyarat bahwa kelak agama Islam yang dibawa Rasulullah ﷺ akan sampai ke Syam yang saat itu masih di bawah kekuasaan Romawi.

Dan kita kemudian bisa melihat sejarah, Syam menjadi negeri muslim. Baitul Maqdis dibebaskan pada masa khalifah Umar bin Khattab. Bahkan Damaskus menjadi ibu kota khilafah Bani Umayyah.

3. Runtuhnya 14 Balkon Istana Kisra

Goncangnya Kerajaan Kisra & Persi saat Kelahiran Nabi Akhir Zaman | Tebuireng Online

Runtuhnya 14 balkon istana Kisra saat kelahiran Nabi Muhammad ini diriwayatkan oleh Al Baihaqi. Seakan memberi isyarat bahwa nantinya Persia akan jatuh.

Dan ternyata benar, Persia akhirnya jatuh. Peperangan terakhir yang kemudian disusul dengan jatuhnya Persia adalah perang qadisiyah.

4. Padamnya Api yang Disembah Kaum Majusi

Subhanallah, Inilah 12 Peristiwa Penting Sebelum Kelahiran Nabi Muhammad - Halaman 2 - Sripoku.com

Di kemudian hari, banyak orang majusi masuk Islam. Salah satunya yang paling terkenal adalah Salman Al Farisi.

5. Runtuhnya Gereja di Buhairah

Inilah Foto-Foto Biara Pendeta Buhaira

Runtuhnya gereja di Buhairah setelah ambles ke tanah ini juga diriwayatkan Al Baihaqi sebagaimana dua peristiwa sebelumnya.

Syaikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfuri mencantumkannya di Ar Rakhiqul Makhtum. Namun riwayat ini diperselisihkan.

Berbeda dengan peristiwa pasukan gajah dan keluarnya cahaya saat kelahiran Nabi Muhammad, yang keduanya disepakati para ulama. Wallahu A’lamu Bis Shawab.

Maukah sahabat jadi bagian dari GYD (Generasi Yang Dermawan) untuk mensejahterakan anak-anak yatim dan dhuafa penghafal Al-Qur’an? Mari berdonasi di link kebaikan di bawah ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Indonesian ID
Scroll to Top