Griya Yatim & Dhuafa

5 Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Sedekatduajari – Assalamualaikum Sahabat Dermawan. Berikut ini adalah 5 waktu yang mustajab untuk berdoa. Berdoa merupakan memohon kepada Allah SWT. tentang segala keinginan dan kebutuhan kita sebagai makhluk-Nya. Berdoa juga merupakan salah satu kegiatan yang sangat dicintai oleh Allah. Setiap doa pasti akan di ijabah atau dikabulkan oleh Allah SWT.

Namun, tidak setiap doa akan langsung diijabah saat itu juga. Untuk itu, Rasulullah SAW. menganjurkan kita sebagai ummatnya untuk berdoa kapanpun dan dimanapun. Meski begitu, ada beberapa waktu yang mustajab untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Berikut ini adalah waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa.

Baca Juga : Jaga Kesehatan Lingkungan! Bantuan Fogging Lingkungan Asrama

  • Saat Shalat Tahajjud

Waktu yang paling tepat untuk berdoa yang pertama adalah saat kita melaksanakan Shalat Tahajjud. Di waktu sepertiga malam menjadi waktu yang istimewa bagi seorang hamba untuk memohon kepada Allah SWT. Sehingga waktu ini jadi salah satu waktu yang mustajab bagi siapapun yang berdoa memohon kepada Allah SWT..

  • Waktu Di Antara Adzan dan Iqamah

Selanjutnya adalah saat-saat antara setelah dikumandangkannya adzan dan sebelum iqamah. Waktu singkat ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Di dalamnya kita bisa melaksanakan shalat sunnah serta memanjatkan doa-doa permohonan kita, karena Rasulullah SAW. bersabda dalam haditsnya yang berarti :

“Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamah”. [Sunan Abu Daud, kitab Shalat 1/144 No. 521.]

  • Setiap Selepas Shalat Fardhu

Waktu yang mustajab untuk seorang hamba berdoa kepada Allah SWT. lainnya adalah setiap selesai melaksanakan shalat fardhu. Sebagai umat muslim, kita dianjurkan membaca dzikir seusai melaksanakan shalat fardhu. Di waktu inilah yang paling mudah bagi kita untuk memohon dan berdoa kepada Allah.

Baca Juga : Penyaluran Bantuan Bina Lansia

  • Saat Hujan Turun

Saat hujan turun menjadi salah satu waktu istimewa untuk berdoa. Seperti kita ketahui, hujan yang turun merupakan rahmat dari Allah SWT. Berdoa ketika rahmat Allah sedang turun menjadi momen yang tepat bagi siapapun yang memohon kebaikan untuk dirinya baik dunia maupun akhirat.

  • Doa Pada Hari Arafah

Selanjutnya untuk waktu yang mustajab dalam berdoa adalah Doa pada hari Arafah. Hari Arafah adalah hari yang bertepatan dengan pelaksanaan ibadah wukuf di Arafah yang dilakukan oleh jamaah haji. Hari ini jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah. Rasulullah SAW. bersabda yang artinya :

خَيْرُالدُّعَاءِ يَوْمُ عَرَفَةَ

“Sebaik-baik doa adalah pada hari Arafah”. [Sunan At-Tirmidzi, bab Jamiud Da’waat 13/83.]

Itulah beberapa waktu yang mustajab untuk berdoa. Sejatinya berdoa untuk kebaikan pasti akan Allah SWT. kabulkan bagi setiap hamba-Nya. Dan waktu-waktu diatas menjadi penyemangat bagi kita untuk senantiasa berdoa dan memohon lebih banyak lagi kepada Allah SWT. Semoga kita semua menjadi hamba Allah yang taat dan senantiasa terkabul doa-doa kebaikan kita. Aamiin.

Tunaikan Zakat Dan Sedekah Kita, Dan Raih Pahala Terbaik Untuk Bekal Akhirat

Sahabat Dermawan, Yuk kita penuhi kewajiban kita sesama manusia untuk saling menolong dan menjadi manfaat bagi banyak orang. Tebar manfaat di negeri kita tercinta ini dengan zakat dan sedekah.

Yuk bantu penuhi kebutuhan hidup anak-anak yatim dan dhuafa serta para lansia dhuafa yang membutuhkan dengan mengunjungi link di bawah ini :

sedekatduajari.id

English EN Indonesian ID
Scroll to Top