Griya Yatim & Dhuafa

7 Golongan yang Dinaungi Allah Saat Kiamat 

Griya Yatim Dhuafa
7 Golongan Yang Dinaungi Allah Saat Kiamat
                              7 Golongan Yang Dinaungi Allah Saat Kiamat

Donasiberkah – Kak, di hari kiamat kelak manusia akan dikumpulkan untuk dimintai pertanggung jawabannya dari apa yang telah mereka lakukan selama di dunia. Dan pada hari itu manusia akan sibuk dengan urusan masing-masing. Namun ada tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan dari Allah Ta’ala saat hari kiamat tiba. Inilah artikel 7 golongan yang dinaungi Allah saat kiamat, yuk kita simak.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda : “Ada tujuh orang yang akan Allah naungi di Naungan-Nya pada Hari ketika tidak ada naungan kecuali Naungan-Nya, (1). Seorang pemimpin yang adil, (2). Seorang pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Allah Yang Maha Kuasa dan Agung, (3). Seorang Pria yang hatinya hanya melekat pada masjid, (4). Dua orang yang saling mencintai karena Allah, bertemu karena Allah dan berpisah karena Allah,( 5). Seseorang yang diajak berzina oleh wanita cantik dan berposisi tinggi, tetapi dia menolak dan mengatakan : ‘Saya takut kepada Allah’, (6). Seseorang yang memberi amal dan menyembunyikannya, hingga tangan kirinya pun tidak tahu apa yang di berikan tangan kananya dalam beramal, (7). Dan seseorang yang berdzikir kepada Allah dalam kesendirian hingga meneteskan air mata.”

Baca Juga : Sedekah Memayungi Pelakunya Di Hari Kiamat

Inilah 7 Golongan yang Dinaungi Allah Saat Kiamat, diantaranya yaitu :

  • Pemimpin Yang Adil

Di dalam hadits tersebut, bahwa golongan yang pertama yang akan mendapatkan naungan dari Allah adalah pemimpin yang adil. Maka Islam sangat mengedepankan keadilan, maka seorang pemimpin yang bisa dikatakan adil, harus bisa memenuhi hak setiap orang. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman : “… Dan jangan biarkan kebenciaan membuatmu bertindak tidak adil, karena adil itu lebih dekat dengan takwa” (QS. Al-Maidah : 8).

  • Pemuda Yang Taat Kepada Allah

Golongan yang selanjutnya adalah pemuda yang tumbuh berkembang dalam beribadah kepada Allah ta’ala. Maka Allah memberikan keistimewaan kepada pemuda tersebut, berupa naungan di akhirat kelak. Karena, kebanyakan pemuda menghabiskan masa muda mereka dengan berfoya-foya (bersenang-senang).

  • Pemuda Yang Hatinya Terikat Dengan Masjid

Golongan yang selanjutnya adalah seorang laki-laki yang hatinya selalu senang dan terpikat dengan masjid, yang maksudnya mereka yang selalu mendirikan shalat berjamaah di masjid.

  • Dua Pemuda Yang Cinta Karena Ketetapan Allah

Dua pemuda yang selalu cinta sesama karena Allah, baik bertemu atau pun berpisah. Sebab di hati mereka terdapat cinta ukhuwah Islamiyah.

7 Golongan Yang Dinaungi Allah Saat Kiamat
  7 Golongan Yang Dinaungi Allah Saat Kiamat
  • Menolak Perbuatan Keji (Zina)

Seorang pemuda yang menolak untuk melakukan perbuatan keji (zina), sebab perbuatan tersebut sangat dilaknat oleh Allah. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk” (QS. Al-Isra : 32).

  • Beramal Dengan Sembunyi-Sembunyi

Seseorang yang beramal dengan cara bersembunyi-sembunyi, karena ia takut perbuatan mereka di lihat oleh orang lain. Sehingga dapat menimbulkan ingin di puji orang lain (riya). Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Hai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena Riya kepada manusia dan tidak percaya kepada Allah dan Hari Kemudian…” (QS. Al-Baqarah : 264).

  • Orang Yang Berdzikir Dalam keadaan Sepi & Meneteskan Air Mata

Golongan yang terakhir yang akan mendapatkan pertolongan dari Allah adalah seseorang yang senantiasa berdzikir kepada Allah dalam keadaan sepi, lalu ia meneteskan air matanya.

Baca Juga : Yuk Hidupkan Hati Dengan Memberikan Nutrisinya

Itulah tujuh golongan orang yang dilindungi oleh Allah di hari Kiamat nanti, semoga kita termasuk orang yang dilindungi oleh Allah di hari Kiamat nanti. Aamiin.

23 views