Griya Yatim & Dhuafa

7 Langkah Meningkatkan Imun Tubuh 

7 Langkah Meningkatkan Imun Tubuh
                                          7 Langkah Meningkatkan Imun Tubuh

Donasiberkah.org – Sahabat dermawan, menjaga kesehatan tubuh merupakan prioritas utama selama pandemi covid-19. Pada saat ini, kasus covid-19 di Indonesia masih belum mengalami menunjukkan tanda-tanda penurunan. Memperkuat sistem imun pada tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melawan virus Corona. Bahkan tak hanya virus Corona saja, dengan sistem imun tubuh yang baik. Kita juga dapat mencegah virus dan bakteri lain yang bisa menyebabkan penyakit. Mak berikut ini 7 langkah meningkatkan imun tubuh.

Baca Juga : Menjaga Imun, Anak Asuh Cinere Lakukan Senam Pagi

Sebenarnya jika ingin tubuh selalu sehat dan bugar, maka ada beberapa hal sederhana yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Dan jika hal ini dilakukan secara rutin, kama manfaat yang didapat akan sangat berpengaruh bagi meningkatkan imun tubuh.

Berikut beberapa kebiasaan simpel yang bisa membantu untuk memperkuat sistem imun tubuh : 

Rutin minum air putih

Minum air putih secara rutin merupakan kebiasaan yang perlu dilakukan secara berulang-ulang untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Karena tubuh yang terhidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, karena air membantu mengeluarkan semua racun yang ada di dalam tubuh.

Baca Juga : Kegiatan Yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Anak

Tidur cukup

Ketika seseorang kurang tidur biasanya seringkali dihubungkan dengan masalah kesehatan tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur dapat menurunkan kekuatan sistem kekebalan secara signifikan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengatur jam tidur yang cukup untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Rajin mencuci tangan

Kegiatan mencuci tangan, merupakan salah satu tindakan yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Mencuci tangan dengan sabun dan air, dengan waktu selama 20 detik, adalah cara terbaik untuk membunuh kuman yang bisa menyebabkan penyakit.

7 Langkah Meningkatkan Imun Tubuh
7 Langkah Meningkatkan Imun Tubuh

Berjemur

Berjemur dibawah terik merupakan salah satu cara sederhana untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini disebabkan karena sinar matahari menghasilkan vitamin D yang berasal dari sinar ultraviolet-B (UVB). Dan Vitamin D sendiri bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Contohnya Satu uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan National Library of Medicine diikuti 340 anak sekolah Jepang selama empat bulan musim flu membuktikan hal ini.

Setengah dari peserta menerima 1.200 IU suplemen vitamin D sedangkan separuh lainnya menerima pil plasebo. Para peneliti menemukan bahwa tingkat flu pada kelompok vitamin D kira-kira 40% lebih rendah dibandingkan pada kelompok plasebo. Meskipun bisa mendapatkan vitamin D dari makanan, para ahli tetap menyarankan cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin tersebut adalah dengan mendapatkan sinar matahari langsung.

Baca Juga : Berbagai Olahan Timun dan Khasiatnya

Olahraga 

Merutinkan diri untuk berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya melakukan olahraga aerobik secara teratur dapat memberikan efek yang positif untuk jantung, paru-paru, otak, dan sistem kekebalan tubuh. 

Para peneliti telah menguji 1000 pria dan wanita untuk mengikuti sebuah tes. Selama 12 minggu di musim gugur dan musim dingin sambil memantau mereka untuk gejala dan tingkat keparahan infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA).

Subjek yang melaporkan melakukan aktivitas aerobik lima hari atau lebih per minggu mengalami 43 persen lebih sedikit hari menderita ISPA dibandingkan subjek yang tidak melakukan aerobik.

Mengonsumsi makanan probiotik

Misalnya seperti Yoghurt yang merupakan produk susu yang mengandung probiotik, yang dikenal dapat mengurangi respons peradangan tubuh. Satu studi menemukan bahwa bakteri usus baik yang ditemukan dalam makanan probiotik mempersingkat durasi pilek hingga 2 hari dan mengurangi keparahan gejala hingga 34 persen.

Baca Juga  : Meningkatkan Amaliah Di Bulan Ramadhan Anak Asuh Bukittinggi

Yuk, biasakan hidup sehat 

Dengan selalu menjaga kesehatan maka segala bentuk aktivitas kegiatan kita sehari-hari dapat terlaksana dengan baik. Terutama dalam membantu orang-orang yang membutuhkan. Yuk, kita berdonasi untuk berbagi kebahagiaan melalui link gambar di bawah ini

Donasi Sekarang Griya yatim
            Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top