Griya Yatim & Dhuafa

Bagaimana Al-Qur’an Bisa Mudah Dihafal?

Donasiberkah.id- Tidak satu pun kitab atau buku di dunia yang paling banyak dihafal manusia selain Al-Qur’an. Miliaran manusia telah menghafalnya sejak ia diturunkan hingga hari ini.

Inilah sebuah mukjizat abadi yang terus berkelanjutan hingga akhir zaman. Pertolongan Allah SWT yang membuat Alquran begitu digemari untuk dibaca serta mudah untuk dihafalkan.

Kaum muslimin di seluruh dunia pasti pernah menghafal Al-Qur’an di dada & pikiran mereka, baik seluruhnya atau sebagian saja. Minimal surat Al-Fatihah dan sejenisnya mereka hafalkan.

Hingga andai satu kalimat, atau kata, huruf maupun harakat dari Alquran berubah, maka banyak muslimin yang mengetahuinya sebab Alquran telah meresap pada diri mereka.

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman, 

”Sesungguhnya, Kami-lah yang menurunkan Alquran dan Kami pula yang menjaganya.” (Qs. Al Hijr 15 ayat : 9).

The Holy Quran Vector Vector Art & Graphics | freevector.com

Karena itu, banyak umat Islam, termasuk di zaman Rasulullah ﷺ, yang hafal Alquran. Dan terus sepert itu bahkan hingga saat ini, dengan adanya umat yang hafal Alquran, Alquran pun akan senantiasa terjaga hingga akhir zaman. 

Inilah salah satu mukjizat Alquran yang membuat ia mudah dihafal, keindahan sastra Alquran mampu merangkum keluasan makna dengan kalimat singkat dan lugas hingga mudah diucapkan, dipahami dan dihafalkan.

Contohnya adalah surat Al Ikhlas yang berbicara tentang konsep ketuhanan. Alquran dengan tegas dan lugas merangkum konsep theologi yang amat singkat & tegas. Padahal banyak buku lain membahasnya dengan ratusan bahkan ribuan halaman yang terkadang masih sulit dimengerti. Namun dalam kesederhanaan konsep tapi sarat makna, surat yang ringkas ini berhasil mengubah pedoman hidup manusia tentang ketuhanan. Lebih lagi, surat ini amat mudah dihafalkan.

22,487 Quran Illustrations & Clip Art - iStock

Alasan kedua mengapa Alquran mudah dihafalkan, sebab hampir 80% struktur kalimat Alquran adalah pengulangan. Contohnya seperti: Innallaha alaa kulli syai’in qadiir… Wa aqiimus shalata wa aatuz zakah…

Dua kalimat tersebut dan banyak kalimat Alquran lainnya terjadi berulang di banyak tempat. Meski diulang berkali-kali, namun ia sarat makna & ajaran yang tidak abai akan konteks dan esensi.

Bacalah surat Al-Qamar pada ayat 17, 22, 32 dan 40! Allah SWT menyatakan bahwa Alquran telah dimudahkan untuk dihafal. 

Holy Quran Wallpapers - Top Free Holy Quran Backgrounds - WallpaperAccess

Dalam empat ayat tersebut, bunyi dan redaksinya persis sama; yaitu tentang kemudahan menghafal Alquran. Empat ayat berulang ini menjadi sugesti positif bagi manusia yang merenunginya bahwa Alquran memang sungguh mudah untuk dihafal.

Baca Juga : Pemenuhan Pangan Anak Penghafal Qur’an

Bila Allah telah menyatakan tentag kemudahan menghafal Al-Quran, lalu apa alasan dan hambatan bagi mereka yang sulit untuk menghafalnya?.

Abdullah bin Ummi Maktum adalah seorang sahabat Rasulullah ﷺ. Syekh Kisyk adalah seorang dai terkenal asal Mesir. Keduanya buta tidak bisa melihat, namun mampu menghafal Alquran. Abdullah bin Abbas R.a. adalah sahabat Rasul ﷺ, Muhammad bin Idris As-Syafi’I adalah seorang imam mazhab. Husein Taba’I adalah doktor cilik dari Iran. Ketiganya mampu hafal Al-Qur’an di usia belia.

Alquran Braille - Yayasan Raudlatul Makfufin

Umar bin Khattab R.a. tadinya seorang musyrik. Namun hatinya luluh saat mendengar surat Thaha yang dibacakan. Ia pun masuk Islam dan menghafal Al-Quran.

Nah, bila mereka yang buta mampu menghafal Alquran, lalu apa alasan kita yang melihat dengan terang? Anak kecil saja mampu, bagaimana usaha kita yang sudah cukup berusia.

Bila seorang musyrik tertarik dengan Islam karena keindahan Alquran, lalu bagamaina kedudukan Alquran di hati kita?

Ayo hafalkan Alquran, hidupmu niscaya bercahaya.

Maukah sahabat jadi bagian dari pensejahtera anak-anak yatim dan dhuafa Penghaal Al-Qur’an? Yuk tunaikan zakat, inaq-sedekah maupun wakaf di link kebaikan di bawah ini:

Manfaat Dzikir Pagi dan Petang Bersama Asrama Solo

Donasiberkah.id- Seusai sholat shubuh, adik-adik dari Asrama Solo mengambil posisi, siap melantunkan dzikir-dzikir di pagi hari. Manfaat dzikir pagi dan petang hari sangat banyak lho sahabat. Dzikir pagi dan petang merupakan salah satu cara hamba-Nya untuk mendekatkan diri dan senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Sesuai anjuran Rasulullah ﷺ, dzikir pagi dan petang hendaknya untuk selalu diutamakan dan dilakukan dimana pun. Manfaat dzikir pagi dan petang serta anjurannya ini secara langsung dituangkan dalam firman Allah SWT yang berbunyi sebagai berikut,

“Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di pagi hari.” (QS. Ar Rum: 17).

Manfaat dzikir pagi dan petang dapat diambil dan dilakukan baik setelah salat, saat berdiam diri, atau saat melakukan aktivitas sehari- hari. Jika dapat dilakukan secara rutin, manfaat dzikir pagi dan petang ini pasti akan semakin dirasakan seiring berjalannya waktu.

Manfaat dzikir pagi dan petang bukan hanya sekadar mendekatkan diri. Lantas, apa saja? Berikut bacaan hingga manfaat dzikir pagi dan petang yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

Waktu Paling Tepat untuk Berdzikir

Morning and Evening World Literature Books gellyplast.com

Waktu dzikir di pagi hari yang paling dianjurkan untuk dilakukan yakni sejak masuknya waktu salat Subuh hingga terbitnya fajar. Sedangkan, berdzikir di petang hari yang dianjurkan yakni pada waktu masuknya salat Ashar hingga terbenamnya matahari. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam firman Allah sebagai berikut,

“Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya.” (QS. Qaf: 39).

Manfaat Dzikir Pagi dan Petang

Virus Corona dan Tasbih Kiai Fawaid

Selain disukai Allah SWT, hamba-Nya yang membaca dzikir pada pagi dan petang hari juga akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan. Beberapa manfaat dzikir pagi dan petang tersebut antara lain sebagai berikut,

 

Mendekatkan diri pada Allah SWT

Taubat Sebelum Terlambat – Pondok Pesantren Baron

Berdzikir pagi dan sore hari merupakan cara mudah bagi hamba-Nya untuk senantiasa mendekatkan diri. Dengan melafalkan bacaannya yang pendek, hamba-Nya secara tidak langsung berkomunikasi dengan Allah. Berdzikir juga merupakan salah satu amalan mulia selain bersedekah sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi,

“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Maha Tinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

 

Mendapat perlindungan-Nya

Kumpulan Doa Mustajab Melancarkan Rezeki, Arab, Latin dan Artinya |  Fikroh.com

Manfaat selanjutnya dari dzikir pagi dan petang adalah mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Segala aktivitas manusia di muka bumi tak lain untuk mencari ridha dan beribadah kepada Allah SWT. Untuk dapat menjalankan ibadah dengan hati yang bersih, maka hamba-Nya dianjurkan untuk senantiasa berdzikir dan mengingat Allah SWT.

Surga menanti

Listen: Paradise - Luella

Dengan cukup berdzikir pada pagi dan sore hari, hamba-Nya pun langsung dijanjikan surga oleh Allah SWT. Hal ini seperti sabda Rasulullah dalam sebuah hadist berikut ini,

 

“Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306).

 

Penuh Rasa Syukur

Inspirasi

Selain itu, berdzikir sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas juga merupakan amalan mulia dan pembuka pintu rezeki. Hal ini, akan membuat hati senantiasa penuh rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah sehingga kita terhindar dari sifat serakah dan berlebihan.

Baca Juga : Kisah Rasulullah ﷺ dan Kuli Batu “Keutamaan Mencari Nafkah”

Memberi ketenangan jiwa

40 Kata-Kata Bijak tentang Ketenangan Batin, Bikin Adem - Ragam Bola.com

Berdzikir dan mengingat Allah di pagi dan sore hari merupakan obat bagi jiwa. Melafalkan dzikir senantiasa akan membuat hati dan jiwa terasa lebih tenang dan siap untuk menghadapi berbagai ujian kehidupan yang diberikan Allah SWT.

“…Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Demikianlah manfaat-manfaat, yang akan dituai dari berdzikir, semoga kita senantiasa bisa untuk mendawamkannya. Aamiin.

Maukah sahabat jadi bagian dari GYD (Generasi Yang Dermawan) untuk mensejahterakan anak-anak yatim dan dhuafa? Yuk tunaikan zakat, inaq-sedekah maupun wakaf di link kebaikan di bawah ini:

Hak-Hak Anak Yatim Dalam Islam (Bagian Dua)

Donasiberkah.id- Islam telah mengajarkan kita untuk memuliakan anak yatim, banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an yang memerintah kan kita untuk berlaku baik kepada mereka. Salah satu ayat yang memerintahkan kita untuk berlaku baik kepada mereka yaitu terdapat dalam surah (QS. Al Ma’un: 1-7). yang berbunyi “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan hari pembalasan? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya’ dan enggan (menolong dengan) barang berguna.”

Orang yang memuliakan anak yatim akan mendapatkan keistimewaan tersendiri dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, keistimewaan tersebut telah disebutkan dalam hadits beliau. Rasulullah saw. bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini,” kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya” (HR. Bukhari, Shahih Bukhari, Sahl bin Sa’ad As-Sa’idiy: 5304).
Tahukah sahabat apa saja hak-hak anak yatim dalam pandangan islam! yuk simak penjelasan berikut:

Memperlakukan Mereka dengan Baik

Muslim father and mother teaching their kids to reading quran or book Premium Vector

“Maka terhadap seorang anak yatim piatu maka janganlah engkau berlaku sewenang wenang. Dan terhadap pengemis janganlah menghardik”.(QS. Ad Dhuha: 9 – 10). Dari ayat di atas tampak jelas bahwa Allah telah melarang kita untuk berlaku sewenang-wenang terhadap anak yatim, hal tersebut merupakan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah dan Rasulnya.

Mencukupkan Makan dan kebutuhan

Muslim families pray at iftar time Premium Vector
Dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Nabi saw bersabda : barang siapa yang memberi makan dan minum individu seorang anak yatim piatu diantara kaum muslimin, maka Allah akan memasukkannya kedalam surga, kecuali dia melakukan satu dosa yang tidak diampuni.

Baca Juga : Rasulullah ﷺ dan Kisah Haru Anak Yatim

Mendapatkan Perlindungan

Islam family with father mother son and daughter Premium Vector
Mendapatkan perlindungan merupakan hak yang harus kita berikan kepada mereka, Allah memerintahkan kita untuk memberikan makan kepada anak yatim yang terdapat dalam surah Al Insan ayat 8, begitu juga dengan perlindungan kepada meraka Allah juga berfirman dalam surah Ad Dhuha ayat 6 “Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu.”

Berikan Pendidikan

Ramadan illustration with muslim man read holy quran Premium Vector

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang, tidak terkecuali dengan adik-adik yatim dan dhuafa. Mereka sudah sepatutnya kita bantu untuk mendapatkan pendidikan yang baik, kecintaan kita kepada mereka akan membawakan keberkahan untuk kita dan keluarga. Sebagaimana dengan hadits nabi diatas yang berbunyi “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini,” kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya”.

Diberikan Hak Harta Mereka

Hak yang dimaksud tersebut, yaitu, larangan untuk membelanjakan harta yang ia miliki di luar tujuan kemaslahatannya. Ini sesuai dengan firman Allah yang berbunyi : “Dan janganlah kamu dekati harta seorang anak yatim piatu, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa.” (QS. al An’am [6]: 152).

Maukah sahabat jadi bagian dari GYD (Generasi Yang Dermawan) untuk mensejahterakan anak-anak yatim dan dhuafa? Yuk tunaikan zakat, inaq-sedekah maupun wakaf di link kebaikan di bawah ini:

Semangat Membaca Al-Qur’an Bersama Asrama Bendi

Donsiberkah.id- Al-Hamdulillah, hari-hari menjadi indah dan tentram,dengan asupan iman membaca Al-Qur’an, huruf-huruf mu’jizat meresap dalam pori-pori kehidupan seoran hamba. Menjadi lebih khidmat lagi saat bacaan itu dilantunkan oleh insan-insan cilik yang tidak memiliki dosa, anak-anak Asrama Bendi, dengan semangat membaca Al-Qur’an, Allahummarhamnaa bil qur’an; ya Allah rahmatilah kami dengan Al-Qur’an.

Al-Qur’an adalah kalam Allah Subhanahu Wa Ta’ala, mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad ﷺ, ditulis dalam mushaf dan diriwayatkan secara mutawatir, serta membacanya adalah termasuk ibadah.

Sebaik-baik manusia yang mempelajari dan mengajarkan Alquran. Sabda Nabi Muhammad ﷺ:

“Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari Alquran dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari).

550+ Quran Pictures | Download Free Images on Unsplash

Membaca Alquran juga mendatangkan pahala. Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).

Baca Juga: Memperoleh Pahala Jariyah Dengan Mengajarkan Anak Al-Qur’an

Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i karya Abu Ya’la Kurnaedi, pahala yang disebutkan oleh Abdullah bin Mas’ud adalah:

“Aku mendengar Nabi ﷺ bersabda: ‘Barang siapa membaca satu huruf dari Kitabullah maka dia mendapatkan satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf’”.

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi tersebut menunjukkan bahwa pahala yang dimaksudkan khusus untuk orang yang membaca Alquran. Adapun pahala bagi orang yang mendengarkan bacaan Alquran, maka kepastian pahalanya hanya diketahui oleh Allah Ta’ala.

Adapun bagi seseorang yang diam dan menyimak bacaan Alquran serta mengamalkan kandungannya, maka semoga dia memperoleh kebaikan yang banyak. (Fatawa al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts al-Ilmiyyah wal Ifta).

Web Resmi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan

Sementara itu, membaca Al-Qur’an memiliki sejumlah keutamaan, salah satunya yakni perniagaan yang tidak pernah merugi.

اِنَّ الَّذِيۡنَ يَتۡلُوۡنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنۡفَقُوۡا مِمَّا رَزَقۡنٰهُمۡ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرۡجُوۡنَ تِجَارَةً لَّنۡ تَبُوۡرَۙ اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَۙ

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukur”. (Al-Qur’an surat Al-Fathur ayat 39-40). 

Jadi yuk baca Qur’anmu seperti adik-adik di asrama kita, karena Al-Qur’an akan menjadi penerang dalam gulitanya kubur, bagi setai orang yang senantiasa membacanya dan mengamalkannya.

Menuju Bandung Melek Literasi Al Qur'an Halaman 1 - Kompasiana.com

Maukah sahabat jadi bagian dari GYD (Generasi Yang Dermawan) untuk mensejahterakan anak-anak yatim dan dhuafa penghafal Al-Qur’an? Mari berdonasi di link kebaikan di bawah ini:

Memperoleh Pahala Jariyah Dengan Mengajarkan Anak Al-Qur’an

Donasiberkah.id – Jejak-jejak langkah para pelawat satu per satu meninggalkan si ahli kubur. Keluarga yang kerap menemani kini tak lagi di sisi. Teman sejawat yang dulu riang bercengkrama memilih pulang meninggalkan dirinya.

Tak ada kawan dalam kesendirian di alam yang baru. Semuanya terputus. Masa tugasnya sudah selesai. Tak ada lagi waktu tambahan seperti pertandingan-pertandingan bola yang menjemukan itu. Sedetikpun ia tak dapat kembali guna mengumpulkan pundi-pundi bekal menuju kampung akhirat.

Tapi tunggu dulu. Ada sebuah kabar gembira dari lisan Nabi yang mulia. Masih ada sesuatu yang ajaibnya secara otomatis mengisi perbendaharaan amal salehnya. Padahal tubuhnya sudah kaku dalam timbunan tanah.

Rasulullah bersabda, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau anak saleh yang senantiasa mendoakan kedua orang tuanya.” (HR Muslim).

Kumpulan Doa Agar Anak Menjadi Sholeh dan Sholehah

Ada tiga amal yang ia kerjakan saat masih hidup yang akan menolongnya. Silahkan pilih salah satu atau amat baik amalkan ketiganya. Hari ini kita akan menenggak sedikit hikmah soal mengajarkan ilmu yang bermanfaat. Sesuatu yang kelak mungkin akan kita rindukan sebagai amal yang tak pernah terputus.

Ilmu nan bermanfaat beragam jenisnya. Namun ada satu ilmu yang disebut paling mulia. Ia adalah mengajarkan Alquran. Al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari pernah berkata, “Berdakwah ke jalan Allah bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah mengajarkan  Alquran, dan ia adalah yang paling mulia.” 

Orang yang mengajarkan Alquran adalah sebaik-baik manusia. Jika ia seorang guru maka ia sebaik-baik guru. Jika ia seorang ustaz maka ia sebaik-baik ustaz. Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari).

9 Doa Agar Anak Sholeh, Yuk Amalkan Moms dan Dads! | Orami

Baca Juga: Belajar Menulis Al-Qur’an Asrama Kranggan

Salah satu sebab seseorang menjadi yang terbaik, adalah dengan belajar Al-Qura’n lantas mengajarkannya. Mengajarkan Al-Qur’an menjadi elemen yang amat penting. Belajar Alquran tentu amat baik, tapi belum tentu yang terbaik jika ilmu Alquran yang kita dapat kita simpan rapat-rapat demi sebuah gelar ustaz.Belajar dan mengajarkan Alquran menjadi paket yang tak terpisahkan. 

Maka mulialah mereka yang mengabdikan diri di surau-surau kecil mengajarkan kitab suci kepada anak-anak yang masih lugu. Mereka sejatinya sebaik-baik orang meski tak ada gaji bulanan yang mampir ke rekening jelang tanggal 30. Mereka yang mengajarkan ilmu nan bermanfaat karena berkat a, ba, ta, tsa..anak-anak itu kelak lancar membaca al-Fatihah dalam shalat mereka.

Dalam tiap rakaat anak-anak itu kelak, mengalir puluhan pahala kepada para guru ngaji itu. Bukankah Rasulullah sudah bersabda,

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR Muslim).

Betapa beruntungnya para guru mengaji yang serba ikhlas itu. Bagaimana mereka tidak ikhlas? guru mengaji bukanlah profesi yang harus report melakukan sertifikasi demi tambahan gaji. Merekalah orang yang penuh kesadaran menginsafi diri. Bisa jadi bekal mereka untuk pulang ke kampung akhirat amatlah kurang.

Guru Ngaji di Pangandaran Dapat Rp. 1,2 Juta Per Tahun

Maka mereka berlomba mengumpulkan pundi-pundi pahala dengan menebar ilmu yang amat bermanfaat. Sungguh mengeja satu huruf dalam Alquran begitu besar pahalanya. Nabi bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif laam miim satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR Tirmidzi).

Menjadi manfaat adalah tujuan hidup sebaik-baik manusia. Kalau terlampau berat mengajari anak-anak mengaji, minimal kita pastikan anak-anak kita bisa mengeja Al Quran lewat lisan ayah ibunya.

Maukah sahabat jadi bagian dari GYD (Generasi Yang Dermawan) untuk mensejahterakan anak-anak yatim dan dhuafa? Mari berdonasi di link kebaikan di bawah ini:

Panen Kangkung Segudang Manfaat Bersama Asrama Kramatjati

 

Donasiberkah.id – Sahabat dermawan, adik-adik kita dari Asrama Kramatjati kangkungnya sudah panen lho, siapa disini yang suka makan kangkung? Apalagi kalau kangkungnya ditumis saus tiram dan ditambah terasi, hmm nikmat !.

Ada banyak manfaat kangkung untuk kesehatan. Sayuran yang mudah ditemui di pasar dengan harga terjangkau ini mengandung ragam vitamin dan mineral penting yang sayang untuk dilewatkan.

Inilah Kunci Rahasianya Membuat Tumis Kangkung Super Enak ala Restoran Mewah!

Selama ini, kebanyakan orang hanya mengenal kangkung sebagai sayur yang dapat menimbulkan kantuk. Padahal, kandungan serat, vitamin A, vitamin C, kalium, zat besi, kalsium, fosfor, dan senyawa antioksidan di dalam kangkung dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain itu manfaat kangkung juga banyak lho sahabat, dikutip dari Alodokter 5 Manfaat Kangkung yang Sayang Dilewatkan antara lain:

1. Menjaga kesehatan mata

Cute healthy happy human eyeballs couple character. Premium Vector

Konsumsi kangkung dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kandungan beta karoten yang cukup tinggi pada kangkung berperan dalam melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Selain itu, beta-karoten merupakan bahan baku vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A berperan penting dalam menjaga kejernihan kornea mata. Vitamin ini juga merupakan komponen penting dalam pembentukan rhodopsin, yaitu protein mata yang berfungsi untuk ketajaman penglihatan di tempat yang minim cahaya.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Strong man with good immune system against viruses Free Vector

Vitamin A dan C dalam kangkung juga mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kedua vitamin ini diketahui turut terlibat dalam aktivasi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi. Selain itu, aktivitas antioksidan dari vitamin A dan C juga dapat melindungi sel-sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: 6 Manfaat Olahraga untuk Tumbuh Kembang Anak Asrama Solo

3. Melawan radikal bebas

Person fighting the virus illustrated Free Vector

Selain dari vitamin A dan vitamin C, kangkung juga mengandung berbagai macam senyawa tanaman dengan aktivitas antioksidan, misalnya flavonoid, asam palmitat, dan phytol.

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kerusakan DNA, sel, jaringan, dan bahkan organ tubuh. Jika dibiarkan, radikal bebas berlebih dalam tubuh bisa memicu berbagai penyakit serius, seperti diabetes dan kanker.

4. Mengatur keseimbangan cairan

 

Natural moisturizer water toner herbal extract. Premium Photo

Orang dewasa membutuhkan kalium sekitar 3.500–4.700 mg per hari. Guna memenuhinya, Anda perlu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti kangkung.

Kalium dibutuhkan tubuh untuk beragam fungsi. Salah satunya adalah membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh. Selain itu, kangkung juga termasuk sayuran dengan kadar air yang tinggi, bahkan bisa lebih dari 90%.

5. Menurunkan tekanan darah

Cute happy blood drop with glucose measuring device character. flat style cartoon illustration icon . isolated on white . normal, risk and diabetes blood sugar glucometer level Premium Vector

Kangkung bisa menjadi salah satu makanan penakluk tekanan darah tinggi. Manfaat kangkung yang satu ini didapatkan dari kandungan kaliumnya yang mampu mengatur dan menurunkan tekanan darah.

Namun, kandungan kalium pada kangkung tidak tinggi, sehingga Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi kalium lainnya untuk mencukupi kebutuhan kalium harian. Contohnya adalah buah bit, ubi, kentang, alpukat, bayam, kale, dan pisang.

Itulah manfaat kangkung yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin. Sayur ini dapat diolah dengan berbagai cara, seperti ditumis, direbus, atau dicampur ke dalam jus sayur dan buah yang Anda sukai.

Sebelum mengolah kangkung, jangan lupa untuk mencucinya dengan air mengalir agar kotoran atau pestisida dan bakteri yang menempel dapat luruh terbawa air.

Meski manfaat kangkung ada banyak, mengonsumsi berbagai variasi makanan sehat adalah pilihan yang lebih baik. Jadi, konsumsilah kangkung bersama makanan bernutrisi lainnya, agar kebutuhan gizi harian Anda tercukupi dengan baik. Bila perlu, konsultasi ke dokter untuk mengetahui kebutuhan nutrisi harian Anda.

Maukah sahabat jadi bagian dari GYD (Generasi Yang Dermawan) untuk mensejahterakan anak-anak yatim dan dhuafa? Mari berdonasi di link kebaikan di bawah ini:

Manfaat Jalan Pagi Bersama Asrama Bukittinggi

donasiberkah.id- Sahabat dermawan, lanngkahkan kakimu, dan mulailah berjalan bersamaku, seperti itulah semangat yang tersampaikan oleh anak-anak Asrama Bukittinggi kepada kita semua.

Jalan kaki sering kali dianggap sepele daripada jenis aktivitas lain yang lebih berat, seperti joging atau bersepeda. Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki bisa memberi banyak manfaat jika dilakukan secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari.

Beragam Manfaat Jalan Kaki

Jalan kaki secara rutin yang disertai dengan gaya hidup sehat dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Cardiology. check up of heart health and cardiovascular pressure. cardiologist studying human organ with magnifying glass. circulatory system complications, ischemic heart, coronary artery disease Premium Vector

Jalan kaki memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah di dalam tubuh, serta memperkuat jantung.

Namun, jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk mengetahui durasi jalan kaki yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

2. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

 

Young male psysician with patient measuring blood pressure Free Photo

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, jalan kaki juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga : Manfaat Gemar Membaca

3. Mencegah diabetes tipe 2

Cute happy blood drop with glucose measuring device character. flat style cartoon illustration icon . isolated on white . normal, risk and diabetes blood sugar glucometer level Premium Vector

Olahraga ringan, termasuk jalan kaki, dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 50%. Hal ini karena jalan kaki dan olahraga lainnya dapat memicu kerja otot sehingga mampu meningkatkan penyerapan glukosa.

4. Menurunkan berat badan

Man body mass index info chart Free Vector

Manfaat jalan kaki yang satu ini pastinya sangat diharapkan oleh banyak orang. Dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, Anda bisa membakar setidaknya 150 kalori. Semakin cepat langkah kaki Anda, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Hal tersebut dapat membantu Anda mengontrol berat badan, sehingga menjadikan tubuh lebih sehat. Namun, berjalan kaki saja tidak cukup. Anda perlu mengimbanginya dengan pola makan yang sehat.

 

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Strong man with good immune system against viruses Free Vector

Jalan kaki secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berjalan kaki selama 30–45 menit setiap harinya, akan lebih jarang sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga.

Baca Juga: Tahapan-Tahapan Menghafal Al-Qur’an Bersama Asrama Solo

6. Mengurangi stres

Tired office worker sitting on the chair Free Vector

Rutin berjalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Selain itu, jalan kaki juga membuat tidur jadi lebih nyenyak.

7. Mencegah osteoporosis

Tiny people, healthy sportsman with organic food high in calcium. uses of calcium, calcium dietary supplement, strong bones and teeth concept. Free Vector

Osteoporosis disebabkan oleh penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Untuk mencegah osteoporosis, Anda dapat mencoba berjalan kaki secara rutin setiap hari. Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tulang ini juga bisa Anda kombinasikan dengan aktivitas lain, seperti hiking dan joging.

Selain itu, masih ada beragam manfaat jalan kaki lainnya, seperti meredakan nyeri sendi, meningkatkan energi, serta menguatkan otot. Oleh karena itu, jangan malas untuk berjalan kaki agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan sangatlah banyak. Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang tidak memungkinkan untuk berjalan kaki terlalu lama, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga lain yang bisa Anda lakukan demi menjaga kesehatan.

 

Demikianlahmanfaat berjalan kaki, semoga kita bisa bisa melangkahkan kaki kita ke zona hidup yang sehat.

 

Maukah sahabat jadi bagian dari GYD (Generasi Yang Dermawan) untuk mensejahterakan anak-anak yatim dan dhuafa dengan berdonasi di link kebaikan di bawah ini:

Tahapan-Tahapan Menghafal Al-Qur’an Bersama Asrama Solo

 

 

Donasiberkah.id – Sahabat dermawan, semua orangtua beragama Islam pastinya ingin anaknya pintar membaca Al-Qur’an, terlebih bisa menghafalnya. Seperti adik-adik kita di Asrama Surabaya dan anak-anak di asrama lainnya, yang memiliki cita-cita untuk menghafal Al-Qur’an.

Mengajarkan cara menghafal Al-Qur’an pada anak bisa dilakukan sejak dini, Hal ini karena pembiasaan sejak kecil yang diperlukan agar hafalan terjaga hingga dewasa dan sepanjang hidup.

Dikutip dari Jurnal Pendidikan Islam Universitas Islam Asy Syafiiyyah, menghafal Al Quran sangat mudah dilakukan jika seseorang mempersiapkan diri. Ini bisa dilakukan dengan meningkatkan ibadah, berakhlak baik, suka menolong atau juga bisa disebut dengan cara meningkatkan kecerdasan spiritual.

Jika dilakukan dengan ikhlas, akan banyak atau manfaat untuk para penghafal tersebut. Salah satunya menjadi ciri orang yang berilmu. Allah SWT berfirman:

بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ

Artinya: “Bahkan, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata, yang ada di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu.” (QS Al-Ankabut: 49).

Dalam hadis lain dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah bersabda: “Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al Quran nanti: ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).” (HR Abu Daud dan Tirmidzi)

Ada kebaikan yang akan diberikan bukan hanya untuk anak, tapi juga orang tuanya. Keterangan ini juga terdapat berdasarkan hadis dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah bersabda:

يَجِىءُ الْقُرْآنُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَيَقُولُ يَا رَبِّ حَلِّهِ فَيُلْبَسُ تَاجَ الْكَرَامَةِ ثُمَّ يَقُولُ يَا رَبِّ زِدْهُ فَيُلْبَسُ حُلَّةَ الْكَرَامَةِ ثُمَّ يَقُولُ يَا رَبِّ ارْضَ عَنْهُ فَيَرْضَى عَنْهُ فَيُقَالُ لَهُ اقْرَأْ وَارْقَ وَتُزَادُ بِكُلِّ آيَةٍ حَسَنَةً

Artinya: “Al Quran akan datang pada hari kiamat, lalu dia berkata: ‘Ya Allah, berikan dia perhiasan.’ Lalu Allah berikan seorang hafidz Al Quran mahkota kemuliaan. Al Qur’an meminta lagi, “Ya Allah, tambahkan untuknya.”

Lalu dia diberi pakaian perhiasan kemuliaan. Kemudian dia minta lagi: ‘Ya Allah, ridhai dia.’ Allah-pun meridhainya. Lalu dikatakan kepada hafidz Quran: “Bacalah dan naiklah, akan ditambahkan untukmu pahala dari setiap ayat yang kamu baca.” (HR Tirmidzi).

Memiliki anak seorang penghafal al Quran atau hafidz Quran tentu menjadi sesuatu yang membanggakan. Yuk ketahui tahap-tahap menghafal Al-Qur’an untuk anak.

Baca Juga: Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Asrama Surabaya

1. Selalu Dengarkan Anak Al Quran

Hebatnya Amalan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan - Universitas Islam Indonesia

Hal ini bertujuan agar ayat-ayat Al Quran menjadi tidak asing saat didengarkan. Bukan hanya dari aplikasi suara, namun alangkah lebih baiknya jika anak mendengar lantunan ayat tersebut dari mulut orang tuanya.

Sama seperti saat anak berbicara, anak akan lebih mudah menyerap berbagai hal yang ada di sekitarnya yang dilakukan secara berulang-ulang. Jadi, perdengarkanlah lantunan ayat Al Quran di manapun dan kapanpun.

2. Talqin atau Tasmi’

Amalan Agar Mudah Menghafal dan Tidak Cepat Lupa • BangkitMedia
Talqin adalah saat Abi atau Ummi membacakan Al-Qur’an untuk diikuti oleh para muridnya. Selain didengarkan (tasmi’), bacaan juga akan dikoreksi jika terjadi kesalahan saat menjalankan Tasmi’ dari para muridnya.

3. Tikrar

Fatwa Ulama: Mencium Mushaf Al Qur'an

Tikrar berarti mengulang-ulangi bacaaan hingga hafal. Caranya dengan:

Baca ayat pertama hingga 10-20 kali hingga hafal
Lalu baca ayat kedua sebanyak 10-20 kali hingga hafal
Baca ayat pertama + kedua sebanyak 10-20 kali hingga hafal
Lalu baca ayat ketiga sebanyak 10-20 kali hingga hafal
Kembali baca ayat pertama + kedua + ketiga sebanyak 10-20 kali hingga hafal
Dan seterusnya.

 

4. Muraja’ah

Meletakkan Ayat Alquran di Bantal dan Pintu | Konsultasi Agama dan Tanya Jawab Pendidikan Islam

Setelah hafal, ulangi kembali bacaan tersebut. Inilah yang dimaksud dengan muraja’ah. Ini merupakan sesuatu yang sangat penting, karena muraja’ah inilah yang akan melekatkan hafalan secara lebih kuat ke dalam benak anak.

Itulah beberapa cara cepat menghafal Al Quran yang bisa dipraktikkan kepada anak sebagai bekal terbaiknya kelak.

5. Istiqamah

Memeluk Al Quran - Nusagates

Konsisten atau istiqamah dibutuhkan sebagai salah satu cara cepat menghafal Al- Quran yang utama. Kadang, malas adalah sesuatu yang wajar. Berdasarkan hadis dari Aisyah RA, bahwa Rasulullah bersabda:

مَثَلُ الَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَهْوَ حَافِظٌ لَهُ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ ، وَمَثَلُ الَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَهْوَ يَتَعَاهَدُهُ وَهْوَ عَلَيْهِ شَدِيدٌ ، فَلَهُ أَجْرَانِ

Artinya: “Orang yang membaca dan menghafal Al Quran, dia bersama para malaikat yang mulia. Sementara orang yang membaca Al Quran, dia berusaha menghafalnya, dan itu menjadi beban baginya, maka dia mendapat dua pahala.” (HR Bukhari).


Yuk bantu anak-anak yatim dan dhuafa dalam menghafal Al-Qur’an dengan berdonasi di link kebaikan di bawah ini:

 

Meracik Parfum Bersama Asrama Tekno

Donasiberkah.id – Alhamdulillah sahabat, siapa disini yang suka pakai parfum? Lihat deh adik-adik asrama dari Asrama Tekno, mereka tengah bersemangat meracik parfum lho kak, wangi memberikan kenyamanan dalam setiap aktivitas, tapi pakai parfum secukupnya yah kak, kalau kebanyakan nanti hidung bisa tersengat. Hehe.

Yuk kita simak bagaimana manfaat dan adab memakai parfum dalam Islam, di bawah ini

Manfaat Memakai Parfum

Botol kaca 5 ml botol parfum Arab royal klasik vintage, ancy arab minyak parfum botol w/penetes Tongkat|perfume bottle|oil perfume bottlesperfume oil bottles - AliExpress

Seseorang yang memakai parfum akan mendapat pahala berupa diampuni dosa-dosanya. Ketentuannya, seperti diinformasikan oleh Nabi , adalah dalam rangka ibadah. Bukan semata karena suka wewangian. Atau karena ingin dikatakan selalu berpenampilan menarik, simpatik, dan ingin menunjukkan kelas sosial tertentu di tengah-tengah masyarakat.

Persiapan Sholat Jumat Yang Harus Diketahui Para Lelaki Muslim | islammexico.net

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menegaskan, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, sikat gigi, memakai parfum, dan memakai pakaian paling bagus yang dimilikinya, lalu pergi shalat Jumat dan tidak melangkahi bahu orang, lalu shalat sunnah dan mendengarkan khutbah sampai selesai, serta tidak berbicara, maka diampuni dosanya antara Jumat itu dan Jumat sebelumnya.” (HR. Ahmad).

Hampir serupa dengan hadits ini, Allah SWT berfirman, 

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid.” (QS. al-A’raf/6: 31).

 Ayat ini selain sanggahan kepada orang-orang jahiliyah yang thawaf telanjang bulat, namun menurut Ibnu Katsir dalam Tafsir Ibnu Katsir memuat perintah menggunakan parfum karena termasuk perhiasan.

parfum muslimah Original Misk Al-arabi | Shopee Indonesia

Secara praksis, Nabi mengakui menyukai parfum. Nabi bersabda,

“Kesenangan duniawi yang aku suka adalah wanita dan minyak wangi. Dan dijadikan kesejukan mataku di dalam shalat.” (HR. Nasa’i).

Hadits ini juga memberi informasi bahwa parfum hanyalah kesenangan dunia yang dapat membuat sejuk dan khusyu’ dalam beribadah.

Baca Juga : Hikmah Keempat Mengeluarkan Zakat: “Zakat Media Mensucikan Jiwa”

Tapi intinya, parfum adalah sunnah Nabi yang berdimensi civilisasi tinggi. Dalam suatu ritual, umat Islam kerap berbagi parfum. Nabi menegaskan, 

Parfum untuk Bayi: Inilah 5 pilihan untuk para Parents di rumah

“Barangsiapa ditawari minyak wangi janganlah menolak, karena minyak wangi itu enak aromanya dan ringan membawanya.” (HR. Abu Daud).

Adab Memakai Parfum

 Cute couple young man and woman cartoon Premium Vector

Secara sosial memakai parfum juga berpahala. Yakni, manakala aroma harum yang menyebar dan membuat orang lain jadi senang dan merasa sejuk menghirupnya. Asal saja itu bukan berasal dari parfum wanita yang menimbulkan rangsangan bagi laki-laki. Sebab dalam Islam, wanita hanya boleh menggunakan parfum di rumah saja.

Dalam persoalan ini, Nabi bahkan memberikan kriteria parfum untuk laki-laki dan wanita. Nabi bersabda, “Parfum seorang laki-laki adalah yang tidak jelas warnanya tapi tampak beraroma harumnya. Sedangkan wewangian wanita adalah yang warnanya jelas namun aromanya tidak begitu tajam.” (HR. Baihaqi). Jadi, aroma parfum wanita dilarang terlalu tajam.

Lebih tegas lagi, Nabi mewanti-wanti dalam hadits yang ditulis Imam Nasa’i, Imam Abu Daud, Imam Turmudzi, dan Imam Ahmad, “Seorang wanita yang mengenakan parfum lalu melewati sekumpulan laki-laki agar mereka mencium aroma harum yang dia pakai, maka wanita tersebut adalah seorang pelacur.”  Nauzubillah.

Yuk Jadi bagian dari “GYD” (Generasi Yang Dermawan) dengan meng-klik link kebaikan di bawah ini:

Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Asrama Surabaya

Donasiberkah.id– Apa yang Abi-Ummi rasakan saat melihat gambar adik-adik kita yang tengah menghafal Al-Qur’an? Apa yang Abi-Ummi rasakan ketika kita memiliki anak yang seorang penghafal Al-Qur’an, MasyaAllah itu merupakan kesenangan yang luar biasa yang didambakan setiap orangtua muslim.

Ini adalah kegiatan meng hafal Al-Qur’an di Asrama Surabaya yang tentunya di asrama-asrama lainnya. Abi dan Ummi Asrama senantiasa membimbing dan mengarahkan mereka untuk mencintai Al-Qur’an, mulai dari membaca, menulis, memahami hingga menghafal Al-Qur’an.

Yuk Sahabat, kita didik anak-anak kita agar mencintai Al-Qur’an, berikut cara mengajarkan anak agar mencintai Al-Qur’an sejak dini. Karena lebih mudah mengajarkan anak cinta Al-Qur’an sejak dini sebelum beranjak dewasa. Karena mendidik mereka untuk mencintai Al-Qur’an adalah kewajiban kita sebagai orangtua.

Berikut kiat-kiat pendidikan agar anak bisa mencintai Al-Qur’an.

1. Memperdengarkan Al-Qur’an sejak dini kepada anak

 

Mendengarkan Al Qur'an dapat Meningkatkan Kecerdasan Bayi | RIZKI ABDILLAH

Cara mengajarkan anak agar cinta Alquran sejak dini yang pertama adalah mendengarkan Alquran pada saat anak masih kecil.

Abi dan ummi bisa memperdengarkan Alquran baik di rumah ataupun di mobil. Hal itu agar telinga anak menjadi akrab dengan pelafalannya. Abi dan Ummi juga bisa mendengarkan ayat suci Alquran untuk jadi penghantar tidur anak. Intinya akrabi anak dengan Alqur’an setiap saat.

Karena indra yang paling dominan pada anak adalah pendengaran, manusia bisa belajar bahasa dari mendengar, maka begitupun saat kita ingin membentuk anak yang Qur’ani adalah dengan sering memperdengarkan mereka ayat-ayat Al-Qur’an.

2. Beri alasan kenapa kita harus mencintai Al-Qur’an

Meneruskan bacaan Al-Qur'an atau Mendengarkan azan? | Bincang Syariah

Ketika anak berusia lebih besar, sangat baik untuk memiliki alasan kuat kenapa kita harus mengajarkan anak agar mencintai Al-Qur’an sejak dini. Baik dengan cara membaca, memahami, maupun mengamalkannya.

Penting juga untuk memastikan anak-anak sadar akan manfaat membaca Al-Qur’an karena mereka akan lebih fokus dengan konten dan menikmati pelajarannya.

Satu pendekatan yang mungkin ingin Abi dan ummi coba adalah dengan memberi tahu pada anak-anak bahwa membaca Al-Qur’an dapat memberi mereka kekuatan khusus seperti iman kepada Allah SWT, seperti halnya seorang pahlawan super.

3. Ceritakan kisah dalam Al-Qur’an kepada anak

Bunda, Ini 5 Cara Mudah Ajarkan Anak Baca Alquran - PortalMadura.com

Secara alami, anak-anak suka mendengar cerita. Ada sejumlah kisah yang disebutkan dalam Alquran dan biasanya suka dipakai untuk acara mendongeng cerita Islam. Anak-anak dapat mengukir cinta pada Alquran dengan mendengarkan kisah-kisah tersebut, seperti kisah para Nabi, orang-orang shalih agar bisa ditiru, juga kisahkan kepada mereka sosok yang durhaka kepada Allah seperti Fir’aun, Qorun, Namruz atau Iblis agar anak tidak menirunya.

Di samping itu, anak-anak juga dapat berhubungan dengan ayat-ayat yang berbicara tentang alam semesta dan tanda-tanda di dalamnya, seperti matahari, bulan, dan lain-lain.

Cara mengajarkan anak agar cinta Alquran sejak dini, lainnya adalah dengan mengajak mereka ke acara-acara Islam yang pastinya bersinggungan dengan Alquran. Contohnya, perlombaan musabaqoh tilawatol-Qur’an, Hafiz anak-anak dan lain sebagainya.

4. Membacakan surah pendek di depan anak agar ditiru

Mana yang Lebih Utama, Membaca Al-Qur'an dengan Suara Keras atau Pelan? - Islami[dot]co

Abi-ummi bisa membacakan surah pendek lebih dulu dihadapan anak. Semakin sering membacanya, anak akan familiar dan mulai coba mengikuti. Karena pada dasarnya, anak suka meniru tingkah laku orangtua.

Ummi bisa membaca surah pendek sambil beraktivitas lain bersama anak.

5. Memiliki waktu Alquran untuk keluarga

Mari Ciptakan Keluarga Pecinta Al-Qur'an Mulai Dari Sekarang

Salah satu praktik paling efektif untuk mengajarkan anak cinta Alquran sejak dini adalah waktu Alquran untuk keluarga. Waktu di mana seluruh anggota keluarga inti membaca dan mempelajari Quran. Ini mendidik yang menyenangkan karena seluruh keluarga terlibat.

Buat waktu harian atau mingguan untuk bergantian membaca Alquran sambil Abi-Ummi mengoreksi kesalahan anak. Selain itu ajarkan bagaimana Alquran dapat diterapkan dalam hidup kalian.

Ayat-ayat yang dipilih untuk anak-anak lebih kecil tentu saja berbeda dengan remaja. Waktu keluarga ini juga dapat dilakukan oleh anak-anak jika usianya sudah lebih besar. Ajarkan juga tajwid dan tafsir untuk kelancaran membaca dan pemahaman isi Alquran.

6. Memiliki waktu bermain dan kesenangan yang cukup untuk melepas stres

9 Tips Memilih Permainan untuk Anak Menurut Islam - SEKOLAH PRESTASI GLOBAL

Untuk mengajarkan anak agar cinta Alquran sejak dini tanpa tertekan, pastikan anak-anak memiliki waktu bermain dan kesenangan yang cukup. Biarkan anak-anak bermain dengan mainannya atau mengajaknya liburan.

Anak tidak akan merasa selalu diburu dengan Alquran sehingga stres pun terlepas.

Yuk, mulai ajarkan anak agar cinta Alquran sejak dini untuk memetik hasilnya saat dewasa nanti.

Demikianlah kiat-kiat agar anak dapat mencintai Al-Qur’an, semoga Allah menjadikan keluarga kita sebagai keluarga yang mencintai Al-Qur’an dan kelak mendapatkan syafaat Al-Qur’an. Aamiin

Sahabat dermawan, yuk ikut andil dalam mensejahterakan anak-anak yatim yang menghafalkan Al-Qur’an dengan berdonasi di link gambar di bawah ini:

English EN Indonesian ID