Griya Yatim & Dhuafa

Serunya Bersepeda Bersama Anak Asuh GYD

Donasiberkah.idMinggu (19/06) Hari minggu hari libur anak asuh sekolah dan di moment pada hari minggu pagi menjadi kegiatan seru anak-anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa untuk bersepeda. Yuk kita simak serunya bersepeda anak asuh di berbagai cabang GYD.

Salah satu olahraga yang tak hanya memuat kebaikan bagi kesehatan fisik tapi juga mental seseorang ialah bersepeda. Ada kesenangan unik yang bisa didapat melalui kegiatan ini, apalagi jika dilakukan bersama keluarga.

Betapa menyenangkan bila Orangtua serta anak meluangkan waktu khusus untuk bersepeda bersama di hari Sabtu atau Minggu pagi. Untuk menentukan tempat yang akan dituju, orangtua perlu mendiskusikan bersama anak.

Alhamdulillah, anak asuh senang bisa bersepeda di sekitar wilayah asrama serta didampingi oleh kepala asrama masing-masing, Nah berikut foto keseruan anak asuh ketika bersepeda.

  • Anak Asuh Asrama Kencana Loka sudah bersiap-siap nih 

Asrama putri kencana loka yang berlokasi di Loka BSD, Jl.Pusaka Kencana Jl. Kencana Raya No.22, Rw. Buntu, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15318.  Sudah bersiap-siap untuk bersepeda sekitar wilayah BSD

  • Asrama Cibubur siap untuk bersepeda

Asrama putra cabang cibubur juga tidak mau kalah nih mau bersepeda di hari minggu, lokasi asrama yang berada di Jl. Jambore Raya, Blok B No.4, Cibubur Indah 3, RT.01/11, Cibubur, Ciracas, East Jakarta City, Jakarta 13720 

  • Keseruan Anak Asuh Asrama Surabaya Bersepeda 

Anak asuh asrama Surabaya bersepeda di dampingi oleh kepala asrama yaitu abi mulyono, asrama surabaya yang berlokasi di Jalan Rungkut Mapan, Blok FD No. 4, Rungkut Tengah, Surabaya, Kota SBY, Jawa Timur 60293

Alhamdulillah, anak asuh binaan GYD semua pada senang dengan kegiatan bersepeda bersama-sama, Yuk Sahabat dermawan bersepeda dengan keluarganya.

Serunya Anak Asuh Bintaro 2 Bermain Bulu Tangkis

Sedekah Yatim – Bintaro (15/06) Olahraga bulu tangkis atau juga dikenal dengan badminton memang popular di Indonesia. Olahraga ini mampu meningkatkan stamina fisik dan kesehatan. Bulutangkis juga termasuk olahraga permainan yang menyenangkan untuk dilakukan. Inilah kegiatan serunya Anak Asuh Bintaro 2 Bermain Bulu Tangkis.

Tidak memerlukan biaya tinggi. Bagi amatir, cukup memakai raket dan shuttlecock (bola bulu tangkis) yang harganya hanya puluhan ribu. Dan bila tak ada raket, jangan khawatir kak, bisa memanfaatkan sisa triplek dan kayu untuk bermain. Anak bisa memainkannya juga. Ini yang disebut bermain tektokan. 

Kegiatan ini dilakukan di lapangan komplek sekitar asrama bintaro, Alhamdulillah anak-anak senang bisa bermain bulutangkis bersama-sama.

Ternyata bagi anak-anak, bulutangkis memberikan manfaat bagus untuk tumbuh kembangnya, simak sejumlah manfaat anak dengan bermain bulu tangkis:

  • Mengembanglan Kordinasi dan Fungsi Fisiologis Anak
  • Membangun Kekuatan Otot Anak
  • Meningkatkan Visi Anak
  • Perkembangan Psikologis dan Sosial Anak

Jadi, yuk kak, segera membelikan raket dan kok untuk si Kecil untuk mendapatkan manfaat fisik, mental dan sosialnya.

Anak Asuh Panen Lele di Asrama Kramat Jati

Sedekah Yatim – Kramat Jati (15/06) Tak henti anak-anak asuh selalu diberikan kegiatan positif di asrama. Kak, Inilah kegiatan Anak Asuh Panen Lele di Asrama Kramat Jati. Yuk kita simak keseruan panen lele bersama anak asuh.

Budidaya ikan lele kini tak harus di kolam tanah dan memiliki lahan yang luas. Ada cara efektif mengembangbiakkan lele dengan cara mudah, menggunakan terpal.

Meskipun begitu, lele pun memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dalam 100 gram ikan lele mengandung 240 Kkal, 14,5 gram lemak, 8,5 gram karbohidrat, dan 17,5 gram protein.Selain gizinya tinggi, ikan lele juga mudah dibudidayakan di rumah.

(Anak Asuh Panen Lele di Asrama Kramat Jati)

Baca Juga : Bantuan Modal Usaha Gerai Lele

Griya Yatim & Dhuafa mengajarkan pelihara ikan lele yang bertujuan memberikan kegiatan positif di asrama dan juga memberikan lahan pembelajaran bagi anak dalam merawat ikan dan bisa bermanfaat.

(Salah Satu Anak Asuh Sedang Menangkap Lele)

Selama ini anak-anak merawatnya di asrama. Akhirnya pekan ini beberapa anak telah merasakan hasilnya, mereka bisa memanen ikan lele yang selama ini mereka piara. Mereka merasa senang sekali, tidak hanya sekedar makan dengan lauk lele tapi melalui kegiatan ini.

Yuk, kak dukung terus aktivitas anak-anak asuh di asrama dengan cara berdonasi untuk anak yatim & dhuafa dengan cara klik disini ya

Kegiatan Rutin Mengaji di Asrama GYD

Donasiberkah.idGYD (13/06) Belajar mengaji sangat penting untuk diterapkan pada masa anak-anak. Hal ini akan memberikan modal mereka untuk bisa ibadah dengan baik. Alhamdulillah di Griya Yatim & Dhuafa selalu diajarkan dan dirutinkan untuk mengaji setiap harinya. Nah, Inilah Kegiatan Rutin Mengaji di Asrama GYD.

Mengajarkan anak mengaji dalam agama memang suatu kewajiban bagi kita sebagai orang tua. Selain faktor kewajiban, nyatanya belajar mengaji juga memiliki manfaat yang luas untuk tumbuh kembang anak.

Baca Juga : Ngaji Bersama Membawa Kepada Rahmat dan SakinahNya Allah

Pengaruh belajar mengaji Al-Qur’an secara kognitif adalah mempengaruhi daya ingat serta pemahaman dan pemecahan masalah bagi anak. Selain itu, mempelajari Al-Qur’an juga berpengaruh pada kondisi moral anak tentang bagaimana cara bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sosial yang baik kedepannya. Selebihnya bisa memberikan manfaat seperti:

  • Anak mampu mengetahui hal-hal yang baik dan buruk sebagaimana terkandung dalam Al-Qur’an.
  • Menjadi terbiasa untuk hanya mengucapkan perkataan yang baik saja. 
  • Mampu bersikap ramah dan sopan santun kepada orang-orang disekitarnya.
  • Mengerti pemahaman menjaga kebersihan diri karena dalam mengaji diharuskan dalam keadaan suci dan bersih. 

Untuk itu, sebagai orang tua sebisa mungkin jangan malas untuk membantu anak belajar mengaji agar tumbuh menjadi anak yang memiliki moral baik ya.

Inilah Kegiatan Mengaji Anak-Anak Asuh di Asrama GYD

(Mengaji di teras depan Asrama Cilegon)
(Mengaji Tempat Sholat di Asrama Tekno)
(Mengaji di depan Asrama Barata)

Semua bentuk kedisiplinan serta kemauan yang dididik oleh orang tua kepada anak untuk belajar mengaji anak harus lebih giat dan dilakukan berulang-ulang secara konsisten, agar mereka bisa menyadari betapa pentingnya untuk belajar mengaji.

Kegiatan Pagi Hari Asrama Bintaro 2

Sedekah YatimBintaro (12/09) Sahabat dermawan, Alhamdulillah Anak-anak asuh di Asrama di rutinkan dengan kegiatan pagi yang positif setiap harinya, diantaranya yaitu diajarkan untuk shalat subuh berjamaah, tausiyah dari abi kepala asrama dan dilanjutkan dengan beberes halaman sekitar asrama.

Yuk simak manfaat melakukan kegiatan positif di pagi hari yang dilakukan anak asuh GYD, diantaranya yaitu :

  • Shalat Subuh Berjamaah

Di antara semua sholat wajib, Sholat Subuh, apalagi berjamaah di masjid, adalah yang paling sulit dilatihkan ke anak. Alasan utamanya, karena harus membangunkan anak pagi-pagi, saat mereka masih  tidur pulas. Namun, mengingat keutamaan Sholat Subuh berjamaah bagi laki-laki Muslim, tentu setiap orang tua Muslim tidak ingin melewatkan momen ini.

  • Tausiyah Subuh

Membimbing dan menasihati anak membutuhkan kasih sayang yang keluar dari relung-relung hati yang paling dalam. Tentu berbeda antara orang yang mendidik sekedarnya dengan orang yang mendidik karena dorongan kasih sayang.

  • Membersihkan Halaman Asrama

Bersih-bersih rumah, seperti menyapu atau mengepel, membantu anak meningkatkan keterampilan motoriknya sekaligus juga keterampilan sosialnya. Dengan mengajarkan mereka beres-beres rumah, anak juga akan jadi lebih paham bahwa menjaga kebersihan itu penting untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan penghuni rumah lainnya.

Itulah kegiatan yang dilakukan anak asuh di cabang Bintaro 2, semoga bisa jadi inspirasi keluarga di rumah untuk anak-anaknya, dan semoga anak-anak asuh binaan kami tetap terus istiqomah ibadah dengan baik dan benar ya, Aamiin Ya Rabb

Wisuda Anak Asuh GYD

SedekahyatimBogor (05/06) Melihat buah hati bisa menyelesaikan pendidikan, tentu saja menjadi sebuah kebanggaan bagi orangtua mana pun juga.Inilah moment anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa wisuda menyelesaikan jenjang sekolah (SMA).

Tidak mengherankan jika salah satu momen bahagia yang ditunggu-tunggu seorang siswa untuk kelulusannya adalah saat ayah dan ibu menghadiri wisuda sang anak, terbayang bahagianya memakai toga kemudian berfoto didampingi oleh keluarga tercinta.

Walaupun diantara mereka ada yang sudah tidak memiliki sebagian orang tuanya, tapi kepala asrama yang mendidik dan mengurusi mereka turut hadir dan menyaksikan hari bahagia kelulusan anak anak asuhnya.

Alhamdulillah, anak-anak asuh telah wisuda dari SMA IT An-Nawawi Al Bantani, ada sebanyak 15 siswa, dan 27 siswi di angkatan ke-3.

“Harapan setelah anak-anak wisuda ini mereka bisa ke jenjang selanjutnya yaitu berkuliah atau bekerja sesuai dengan mereka minati. – Ujar Salah Satu Kepala Asrama.

Itulah kegiatan wisuda anak binaan GYD, Mohon doanya sahabat dermawan agar anak-anak kami bisa tumbuh menjadi anak yg bermanfaat untuk sesama dan bisa jadi orang yang sukses dunia akhirat ya. Aaamiin Ya Rabb

Jalan Pagi Bersama Anak Asuh Serang

Sedekahyatim – Serang (05/06) Meski kegiatan di dalam rumah tidak sepenuhnya membosankan, namun tidak ada salahnya melakukan kegiatan di luar ruangan. Ya, salah satunya adalah dengan mengajaknya berjalan kaki bersama-sama. Inilah kegiatan Jalan Pagi Bersama Anak Asuh Serang.

Olahraga jalan kaki merupakan pilihan olahraga selain berlari yang mudah untuk kita lakukan. Bahkan tanpa sadar, kita sebenarnya telah berjalan kaki hampir setiap hari. Jalan kaki tidak membutuhkan banyak peralatan. Anda tinggal kenakan pakaian dan sepatu lari yang nyaman, lalu luangkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukannya.

Olahraga murah dan efektif ini sangat bagus untuk meningkatkan kebugaran dan berdampak signifikan pada kesehatan tubuh anak secara keseluruhan. Ada beberapa cara mudah yang bisa kita terapkan untuk membiasakan gaya hidup sehat pada anak, salah satunya dengan mengajaknya berjalan kaki bersama.

Berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari secara rutin, secara tidak langsung dapat membangun gaya hidup sehat.Di mana berjalan kaki memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mentalnya yang akan terus terjaga dengan baik.

“Alhamdulillah, jalan pagi ini selain untuk olahraga juga sebagai hiburan anak-anak keliling pusat kota serang. “ Ujar Kepala Asrama Serang 

Sebenarnya berjalan kaki memberi kesempatan anak untuk bereksplorasi dan menghabiskan waktu di alam. Sekalipun hanya berjalan kaki di dalam kompleks, orangtua dan si kecil bisa tetap menikmati alam dengan memperhatikan semua fenomena alam di sekitarnya.

Anak yang menikmati alam nyatanya dapat memperbaiki mood, meningkatkan kebugaran tubuh dan mengurangi kecemasan di usia dini. Selain itu, pancaran sinar matahari alami membantu anak-anak tetap segar di siang hari dan membuatnya lebih mudah untuk tidur di malam hari.

Nah, itulah beberapa manfaat jalan kaki bersama anak. Daripada terus mengandalkan kendaraan, cobalah membiasakan diri berjalan kaki dengan sang buah hati.

Kegiatan Ngaji Asrama BSD 3 Setelah Subuh

Sedekah Subuh – BSD (04/06) Sholat subuh menjadi salah satu sholat wajib yang dilakukan oleh muslim sebagai ibadah pada Allah SWT. Sama seperti sholat wajib lainnya, sholat subuh juga memiliki banyak sekali keutamaan, terutama dalam hal rezeki. Bahkan ada beberapa amalan setelah sholat subuh yang sangat baik bila kita lakukan.

Namun sayang, masih banyak di antara kita yang memilih untuk tidur kembali setelah sholat subuh. Nyatanya, bukan hanya menghambat rezeki saja, tidur setelah sholat subuh juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Itulah mengapa Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk langsung beraktivitas setelah sholat subuh, seperti berdoa, berzikir, hingga mencari rezeki.

Sebagai umat Muslim, mengajarkan anak beribadah adalah salah satu yang diwajibkan. Tidak hanya dengan sholat 5 waktu dan sholat sunnah, tetapi juga membaca Al-Qur’an dan memaknai masing-masing ayatnya. 

Amalan setelah sholat subuh yang pertama yaitu ada doa. Berdoa merupakan sebuah rutinitas yang dilakukan oleh setiap muslim, bukan hanya saat sholat subuh saja, namun juga setiap sholat dan setiap saat kita harus selalu berdoa dan minta perlindungan pada Allah SWT, serta mendoakan sahabat dermawan yang sudah berbagi keceriaan dengan anak-anak asuh di asrama.

Alhamdulillah, Griya Yatim & Dhuafa mengajarkan kepada anak-anak asuh di asrama untuk bisa terus beribadah di waktu sehabis sholat subuh. Anak-anak melakukan ngaji bersama, doa bersama, lalu dilanjutkan dengan bersih-bersih halaman asrama.

Yuk, Perbanyak ibadah setelah sholat subuh agar kita mendapatkan keberkahan rezeki dari Allah SWT.

Membersihkan Lingkungan Asrama Serang 

Sedekah Yatim – Serang Sahabat dermawan, Awali pagi dengan membersihkan lingkungan begitu asyik loh jika dilakukan bersama-sama, Seperti yang dilakukan anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa asrama Serang yang sedang membersihkan lingkungan asrama serang.

Masa anak-anak memang sebaiknya diisi dengan bermain dan belajar agar anak bisa mengeksplorasi banyak hal. Namun, tak ada salahnya melibatkan mereka dalam melakukan pekerjaan rumah tangga.

Melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga sesuai tahapan usia memiliki sejumlah manfaat positif. Libatkan anak mulai dari aktivitas sederhana, misalnya meletakkan pakaian kotor di tempatnya, mencuci bekas makan pribadi, membereskan mainan hingga merapikan tempat tidur.

Tahukah sahabat ternyata membiasakan anak melakukan pekerjaan rumah, ada manfaatnya lho! Apa saja? Yuk kita Simak ulasan di bawah ini :

  • Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anak
  • Mengajarkan tentang tanggung jawab
  • Melatih kemandirian
  • Meningkatkan kemampuan motorik anak
  • Melatih empati anak
  • Mengajarkan anak pentingnya membantu orang lain

“Alhamdulillah, kami selalu berusaha mencontohkan untuk membersihkan lingkungan asrama, sehingga anak anak pun bisa belajar untuk membersihkan dan menjaga lingkungan asrama” Ujar Kepala Asrama Serang- Abi Toni

Dengan perasaan yang tulus dalam pekerjaan rumah tangga itulah, ikatan antara orang tua kepada si anak akan terjalin dengan kuat.

Saling bekerja sama menyelesaikan pekerjaan rumah, selain membuat rumah lebih rapi dan bersih, juga dapat meningkatkan hubungan personal antara anak dan orang tuanya.

Bersepeda Bersama Anak Asuh Cilegon

SahabSedekah Yatim – Cilegon Sahabat dermawan, ini potret kegiatan anak asuh Griya Yatim & Dhuafa cabang Cilegon yang sudah bersiap-siap ingin mengendarai sepeda yang ada di asrama, Yuk kita simak kegiatan Bersepeda Bersama Anak Asuh Cilegon

Bersepeda kegiatan yang menyenangkan dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dari segala usia, termasuk anak-anak. Manfaat bersepeda untuk anak ternyata menjadi salah satu cara terbaik bagi orang tua memastikan anak menjalani aktivitas fisik secara teratur.

Bersepeda Bersama Anak Asuh Cilegon
(Foto Sepeda Anak-anak Asuh Cilegon)

Anak-anak sangat menyukai berbagai macam kegiatan yang mengharuskan mereka bergerak aktif namun tetap menyenangkan, salah satunya adalah bersepeda. Aktivitas ini akan menjadi lebih menarik ketika dilakukan di tempat terbuka dan luas di mana anak-anak bisa sekaligus menikmati pemandangan.

Baca Juga : Serunya Anak Yatim Bersepeda Supaya Sehat

Bagi Anak, hal tersebut sangat menyenangkan. Padahal, manfaat bersepeda untuk anak bagus untuk kesehatan, seperti:

  • Menyehatkan Jantung
  • Tulang dan Sendi Lebih Kuat
  • Menambah Sistem Imun
  • Memberikan Kepercayaan Diri Lebih
  • Meningkatkan Keseimbangan

Nah, karena banyak sekali manfaat dari bersepeda untuk anak, maka abi asrama pun turut ikut mengawasi kegiatan anak asuh dalam bersepeda.

“Kegiatan bersepeda ini selain olahraga ini juga merupakan kegiatan hiburan anak-anak yang bosan di asrama saja, Alhamdulillah turut senang jika anak-anak suka bersepeda. Ujar Kepala Asrama Cilegon – Abi Kusnadi

Sahabat, kita dapat melihat tidak sedikit nilai plus yang diberikan olahraga ini untuk meningkatkan kesehatan anak, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya.

Tak perlu bersepeda menempuh jarak yang jauh, karena yang terpenting adalah konsistensi melakukannya setiap hari. Dengan begitu, manfaat bersepeda bisa anakl dapatkan.

Itulah kegiatan Bersepeda Bersama Anak Asuh Cilegon. Yuk biasakan anak-anak kita menggerakkan otot kakinya dengan bersepeda mulai sekarang!

English EN Indonesian ID