Griya Yatim & Dhuafa

Murojaah bersama anak asuh asrama Pamulang

Zakat Pemberdayaan – Alhamdulillah kak. Adik-adik Griya Yatim dan Dhuafa cabang Asrama Pamulang, sedang melaksanakan rutinitas harian, yaitu murojaah hafalan. Kegiatan murojaah merupakan salah satu cara menjaga hafalan al-qur’an.

Baca Juga : Bantuan Sembako Yatim & Dhuafa Palangkaraya

Peran Penting Murojaah dalam menjaga hafalan

Selain menghafal, hal yang cukup sulit dilakukan adalah menjaga hafalan tersebut. Contohnya menghafal al-qur’an lebih mudah dilakukan dibanding menjaga agar hafalannya tetap ingat. Salah satu cara untuk menjaga hafalan adalah murojaah.

Metode muroja’ah merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara mengulang kembali hafalan yang sudah pernah dihafalkan untuk menjaga dari lupa dan salah.

Kegiatan murojaah ini anak-anak lakukan secara bersama-sama. Tujuannya adalah agar dapat mengingatkan satu sama lain. Dengan salah satu anak yang mengulang hafalannya dan diperhatikan oleh teman yang lain sambil membaca al-qur’an.

Dengan ini, selain dapat menjaga hafalan yang sudah dicapai anak juga dapat menambahkan pahala karena mendengarkan sambil membaca al-qur’an. Semoga kegiatan ini dapat terus berjalan dan istiqomah agar anak-anak bisa menjadi seorang Hafizh Qur’an. Aamiin.

Yuk Tunaikan Dimanapun Kita Berada

Yuk kita tunaikan zakat di Griya Yatim & Dhuafa . Semoga dengan menunaikan zakat, dapat memberikan hak setiap orang yang ada di dalam harta kita, serta menjadi jalan pembersih jiwa dari harta yang telah Allah berikan kepada kita. Aamiin.

Baca Juga : Zakatmu Untuk Pemberdayaan Yatim & Dhuafa

Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

Kegiatan Belajar Bahasa Arab Anak asuh asrama BSD 2

Zakat Pemberdayaan – Assalamualaikum Kak Sahabat Dermawan, tak hanya dalam sekolah anak-anak asuh juga mendapat pendidikan tambahan. Seperti anak-anak dari asrama Kencana Loka BSD (BSD 2) yang mengikuti kegiatan Bimbingan Belajar Bahasa Arab di luar sekolah.

Anak-anak pun mengikuti kegiatan bimbingan belajar ini dengan penuh semangat. Sahabat Dermawan, yuk kita simak Kegiatan Belajar Bahasa Arab Anak asuh asrama BSD 2.

Baca Juga : Kegiatan Bersih-bersih Adik-adik Asrama Kemanggisan

Belajar bahasa Arab untuk memahami Al-qur’an

Al-qur’an merupakan pedoman hidup untuk seorang muslim yang diturunkan dalam bahasa Arab. Untuk dapat memahaminya, diperlukan beberapa cabang ilmu salah satunya ilmu Bahasa Arab. Supaya hidup dalam jalan yang baik, maka anak-anak asuh perlu mempelajari bahasa Arab untuk dapat memahami isi kandungan Al-qur’an.

Dalam kegiatan Bimbingan Belajar ini pun anak-anak memperhatikan setiap yang diajarkan oleh guru mereka. Dengan semangat untuk bisa menguasai bahasa Arab dan dapat berinteraksi menggunakan bahasa Arab.

“Melihat anak-anak yang begitu antusias mengikuti kegiatan ini membuat saya juga senang mengajarinya. Semoga ilmu yang diperoleh anak-anak dapat membimbing mereka di masa depan nanti, Aamiin.” – ungkap guru yang mengajar Bahasa Arab di asrama Kencana Loka BSD 2.

Yuk Dukung Setiap Kegiatan Bermanfaat Untuk Perkembangan Mereka.

Yuk Kak, bantu dan dukung kegiatan mereka dengan cara menyisihkan sebagian dari harta kita untuk setiap kegiatan dan keterampilan mereka. Terima kasih kak, telah senantiasa membersamai kami untuk mewujudkan senyuman mereka. Semoga Allah Ta’ala senantiasa membalas setiap kebaikan yang kakak berikan. Aamiin.

Baca Juga : Zakatmu Untuk Pemberdayaan Yatim & Dhuafa

Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

Kegiatan Bersih-bersih Adik-adik Asrama Kemanggisan

Zakat Pemberdayaan – Akhir pekan saatnya bersih-bersih bersama adik-adik asrama Kemanggisan. Sambil mengisi pagi yang bermanfaat, adik-adik asrama Griya Yatim & Dhuafa cabang Kemanggisan mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan asrama.

Dengan arahan abi asrama, anak-anak mulai membersihkan lingkungan asrama. Seperti halaman depan, ruangan-ruangan, dan bagian belakang asrama dibersihkan secara berkala.

“Alhamdulillah, anak-anak juga bersemangat ketika diajak bersih-bersih lingkungan asrama.” – ungkap abi asrama.

Kegiatan ini bermaksud untuk menciptakan lingkungan nyaman dan sehat untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, kegiatan bersih-bersih bersama juga dapat menanamkan sifat bersih dan rapih untuk anak-anak.

Kegiatan bersih-bersih bersama di asrama Kemanggisan ini menjadi sebuah kegiatan yang bermanfaat untuk dilaksanakan di akhir pekan. Seluruh kegiatan yang berjalan di Griya Yatim & Dhuafa merupakan berkat dukungan dan partisipasi Sahabat Dermawan Sekalian.

Terima kasih Sahabat Dermawan. Semoga amal baik dan dukungan yang Sahabat Dermawan sekalian berikan menjadi catatan baik yang dapat menjadi penyelamat di hari akhir nanti. Aamiin.

Olahraga Futsal Anak Asuh Medan

Zakat Pemberdayaan – Olahraga merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti anak-anak asuh asrama Medan, mereka mengisi waktu sore hari dengan bermain futsal.

Seperti kata pepatah, “Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”. Anak-anak asuh Griya Yatim & Dhuafa cabang Medan mengisi waktu luang mereka dengan berolahraga. Dan dalam kesempatan ini mereka melaksanakan kegiatan bermain futsal bersama-sama.

Permainan futsal yang anak-anak lakukan dapat melatih tubuh mereka sambil menekuni hobi bagi mereka yang menyukai olahraga futsal dan sepak bola. Tanpa mengganggu aktivitas harian mereka sebagai pelajar, kegiatan ini menjadi sebuah hiburan dikala rasa jenuh mulai tumbuh dalam diri anak-anak.

“Alhamdulillah, ketika dikasih tahu akan bermain futsal anak-anak langsung senang dan semangat. Semoga kegiatan ini bisa membuat mereka tetap sehat dan bugar.” – ungkap Abi asrama.

Terima kasih Sahabat Dermawan, berkat dukungan dan partisipasinya seluruh kegiatan baik di asrama maupun di lingkungan dapat berjalan. Yuk kita teruskan jejak kebaikan yang sudah kita lalui agar dapat menjadi catatan kebaikan di akhirat kelak. Aamiin.

Membaca Al-Qur’an bersama Adik-adik asrama Suryo

Zakat Pemberdayaan – Membaca al-qur’an merupakan kegiatan yang dicintai oleh Allah SWT. Dengan berbagai penjelasan tentang keutamaan membaca al-qur’an, menunjukkan bahwa seorang muslim dianjurkan untuk senantiasa membaca al-qur’an walau satu ayat sehari.

Alhamdulillah, anak-anak asuh Griya Yatim & Dhuafa cabang Suryo senantiasa membaca al-qur’an bersama-sama di sore hari. Dibimbing oleh Abi asrama agar bacaan al-qur’an mereka sesuai dengan tajwid dan tahsinnya. Kegiatan ini merupakan salah satu rutinitas yang dikerjakan adik-adik untuk mengisi waktu yang bermanfaat.

“Insyaa Allah kegiatan membaca al-qur’an bersama-sama ini memberikan hasil yang bermanfaat untuk anak. Selain menjadikan mereka fasih dalam membaca al-qur’an, semoga dapat menanamkan kedisiplinan anak.” – ungkap Abi asrama.

Kegiatan membaca al-qur’an bersama-sama ini dilaksanakan diantara sholat Maghrib dan Isya’. Bermaksud agar mengisi waktu diantara 2 sholat dengan kegiatan yang positif.

Terima kasih tidak terhingga kami sampaikan kepada seluruh #SahabatDermawan dan #OrangBaik yang telah membersamai kami sehingga dapat terwujud program-program yang bermanfaat untuk anak-anak yatim & dhuafa dan kaum dhuafa yang membutuhkan.

Ayo terus lakukan kebaikan, dengan terus menunaikan kewajiban dari sebagian penghasilan kita. Semoga yang kita berikan bisa menjadi jalan pembersih jiwa dan pemberkah harta kita. Aamiin

Prestasi Anak Asuh : Juara 2 Paskibra Se-Banten

Zakat Pemberdayaan – Alhamdulillah anak-anak asuh Griya Yatim & Dhuafa binaan Ponpes An Nawawi Al Bantani menorehkan prestasi. Dengan bervariasinya kegiatan-kegiatan yang bermanfaat di pesantren, banyak anak asuh yang menuai prestasi salah satunya sebagai Juara 2 Paskibra se-Banten.

Kemarin (13/11) santri-santri ponpes yang juga anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa berhasil mendapatkan Juara 2 dalam lomba LKBB Baladeva tingkat SMA sederajat se-provinsi Banten.

Ponpes An Nawawi Al-Bantani mengirimkan satu regu beranggotakan 13 orang santri yang sudah melalui banyak latihan untuk lomba. Dengan semangat yang tinggi dan giat latihan, akhirnya mereka berhasil mendapatkan apa yang diimpikan.

“Alhamdulillah, sejak pertama kita latihan kita selalu berdoa sambil mengerahkan yang terbaik. Sampai akhirnya kita ikut lomba dan dapat juara 2 se-Banten ini buat kami sangat senang dan bangga. Terima kasih atas dukungannya Sahabat Dermawan” – ungkap Ihsan sebagai salah satu peserta dari regu terpilih.

Alhamdulillah berkat dukungan dan partisipasi Sahabat Dermawan sekalian seluruh kegiatan bermanfaat untuk adik-adik yatim dan dhuafa berjalan dengan baik.

Bermain bersama anak asuh BSD 3 di kolam renang

Zakat Pemberdayaan – Olahraga sambil bermain adalah istilah yang tepat untuk berenang. Seperti halnya bersepeda, renang pun menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati, khususnya anak-anak. Karena renang menjadi sarana untuk melatih tubuh sekaligus menyenangkan hati anak-anak.

Alhamdulillah, sambil mengisi waktu luang di akhir pekan, abi asrama mengajak anak-anak asuh Griya Yatim & Dhuafa cabang BSD 3 untuk berenang di kolam renang yang berlokasi di daerah Balaraja, Tangerang.

Keceriaan dan kebahagiaan terpancar di wajah anak-anak disaat bermain air sambil belajar berenang.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembalikan semangat anak supaya belajar dan melakukan kegiatan hariannya penuh dengan semangat. Abi asrama turut mengawasi kegiatan bermain di kolam renang ini agar anak-anak dapat bermain dengan nyaman.

“Alhamdulillah, anak-anak terlihat sangat senang dan ceria saat diajak. Semoga setelah ini anak-anak dapat kembali semangat dalam belajar.” – ungkap Abi asrama.

Terima kasih Sahabat Dermawan, berkat dukungan dan doa dari Sahabat Dermawan sekalian seluruh kegiatan dan program dari Griya Yatim & Dhuafa dapat terus berjalan agar anak-anak yatim & dhuafa bisa meraih masa depan yang cerah.

Bersepeda bersama anak asuh asrama Cilegon 1

Zakat Pemberdayaan – Bersepeda merupakan salah satu olahraga fisik yang menyenangkan. Dengan bersepeda, kita dapat melatih tubuh bagian atas dan bagian bawah. Selain itu, bersepeda juga menyenangkan untuk dilakukan bersama anak.

Begitu pula dengan anak-anak asuh asrama Griya Yatim & Dhuafa cabang Cilegon 1. Untuk melatih tubuhnya, mereka bersepeda bersama abi asrama. Kegiatan ini dilakukan pada hari minggu kemarin (06/11) di sekitar pantai Gopek-Banten.

Alhamdulillah kegiatan bersepeda ini dilakukan secara rutin agar anak tumbuh sehat dan kuat serta pikiran pun menjadi lebih segar. Abi asrama memilih jalur yang tidak terlalu ramai untuk menjaga anak-anak agar tetap aman namun tetap dapat menikmati keindahan alam sekitar.

“Agar kondisi tubuh tetap sehat anak asuh Cilegon 1 mengadakan kegiatan sepeda santai ke pantai Gopek sambil refreshing agar badan sehat pikiran segar kembali” – tutur abi asrama tentang kegiatan bersepeda.

Sambil memperkuat daya tahan tubuh, anak-anak dapat bersenang-senang bersepeda. Seluruh kegiatan ini dibawah pengawasan abi asrama demi menjamin keselamatan anak.

Sahabat Dermawan, terima kasih atas segala dukungan yang diberikan. Semoga setiap amal kebaikan kita dicatat di sisi Allah SWT. Aamiin.

Belajar Bersama Adik-adik asrama Depok 1

Zakat Pemberdayaan – Belajar bersama merupakan salah satu cara belajar yang paling efektif untuk anak. Sebagaimana kita pahami bahwa pendidikan adalah pilar utama untuk perkembangan anak, dan kita akan selalu mencari cara untuk membuat mereka senang belajar.

Alhamdulillah anak-anak asuh Griya Yatim & Dhuafa cabang Depok 1 melakukan kegiatan belajar bersama agar bisa saling belajar dan mengoreksi satu dengan lainnya. Dengan bimbingan abi dan umi asrama, mereka dapat mempelajari banyak hal baru dan cara efektif untuk menyelesaikan soal.

Selain efektif, belajar bersama juga merupakan cara yang menyenangkan untuk anak. Mereka dapat saling bercengkrama tentang materi yang sedang dipelajari dan banyak hal lainnya. Hal itu pula yang mendasari abi dan umi asrama untuk mengadakan belajar bersama anak.

“Alhamdulillah, dengan belajar bersama anak-anak jadi lebih paham dan dapat belajar dengan cara yang lebih efektif.” – tutur abi asrama.

Kami berharap kegiatan belajar bersama ini dapat menjadi kegiatan yang terus berlangsung dan bermanfaat untuk anak-anak asuh Griya Yatim & Dhuafa khususnya di cabang Depok 1 dan semua cabang lainnya.

Semoga anak-anak asuh kita terus tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang sholeh/sholehah dan cerdas. Yuk, Sahabat Dermawan kita terus bersamain kegiatan mereka.

Panen Anggur bersama Asrama Cibubur

Zakat Pemberdayaan – Alhamdulillah hari Sabtu (29/10) anak-anak asuh Griya Yatim & Dhuafa cabang Cibubur telah memanen buah anggur untuk disantap bersama-sama. Kegiatan ini dilakukan bersama-sama oleh anak-anak supaya lebih menyenangkan.

Kegiatan ini merupakan sarana pembelajaran anak sambil praktek. Mereka belajar mulai dari cara menanam pohon anggur, merawatnya hingga memanennya. Setiap sore anak-anak menyiram pohon anggur sambil memeriksa buahnya apakah sudah siap dipanen atau belum.

Selain sebagai sarana pembelajaran, kegiatan memanen buah anggur juga menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Terdapat banyak manfaat mengkonsumsi buah-buahan untuk anak. Diantaranya memenuhi kebutuhan nutrisi anak dan menunjang kesehatan anak.

“Alhamdulillah, selain menyenangkan cara belajar seperti ini membuat anak jadi lebih paham karena langsung di praktekan.” – tutur abi asrama.

Semakin banyak kegiatan yang bermanfaat untuk anak, Insyaa Allah menjadikan anak semakin berkembang dan potensi semakin terasah. Sahabat Dermawan, yuk kita terus bersamain kegiatan-kegiatan anak-anak yatim dan dhuafa agar mereka tumbuh dengan potensi yang baik Aamiin.

English EN Indonesian ID