Griya Yatim & Dhuafa

Anak Asuh Belajar Qiroatil Qur’an

Sedekah YatimSeorang Muslim disunnahkan membaca Alquran dengan memperbagus suara dan berirama. Keberadaan taman pendidikan Quran (TPQ) di berbagai Asrama Griya Yatim & Dhuafa berperan mendorong minat anak-anak belajar membaca dan menulis ayat Alquran.

Kegiatan belajar Qiroatil Qur’an anak asuh dilakukan di Asrama Tekno bersama dengan anak-anak asuh sekitarnya seperti BSD, dll. Alhamdulillah anak-anak diajarkan dari dasar bagaimana membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Qiraat adalah ilmu yang membahas cara pengucapan tiap kata dari ayat-ayat Alquran melalui jalur menuturan tertentu. Jalur penuturan ini, meskipun berbeda-beda mengikuti aliran/mazhab para imam qiraah, tapi semuanya mengacu pada bacaan yang disandarkan kepada Rasulullah SAW.

Dianjurkan membaguskan suara ketika membaca Alquran selama tidak keluar dari kaidah qiraat yang benar. Seperti berlebih-lebihan dalam melagukannya sehingga menambah satu huruf, atau menguranginya, maka hal itu tidak boleh dilakukan.

Manfaat pertama dan mungkin terpenting dari belajar Al-Quran bagi anak-anak adalah bahwa mereka akan mendapatkan pendidikan Islam dan akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa itu Islam dan bagaimana kecenderungannya untuk membimbing manusia.

Al-Quran adalah firman Allah, oleh karena itu dengan membaca Al-Quran, mereka akan langsung dihadapkan pada petunjuk Allah SWT yang akan memberi mereka pengetahuan langsung tentang Islam. Ketika anak-anak mengenal Islam sejak usia dini, semoga di sepanjang kehidupannya bisa menjadi muslim baik.

Itulah kegiatan anak asuh belajar Qiroatil Qur’an semoga anak-anak bisa lebih baik kedepanya dalam membaca Al-Quran serta menjadi anak sholeh dan sholehah. Aamiin Ya Rabb

Acara Ulang Tahun Bersama Anak Asuh Pamulang

Zakat PemberdayaanUlang tahun adalah momen spesial bagi seseorang, terjadi sekali dalam setahun. Momen bertambahnya usia biasanya dirayakan bersama orang-orang tercinta dan orang terdekat. Selain itu biasanya momen ulang tahun ini biasanya disajikan dengan pesta meriah diwarnai dengan kejutan yang spesial.

Alhamdulillah pada hari selasa, tepatnya tanggal 20 September 2022 saudara kita Ananda Al Fatih Berulang tahun yang ke 3 Tahun. Di moment bahagia ini ibunda dari Al Fatih turut mengundang anak-anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa di asrama Pamulang untuk ikut memeriahkan acara tersebut dan tidak lupa untuk mendoakan Ananda Al Fatih.

Biasanya, anak-anak berusia 3-5 ingin merayakan ulang tahunnya bersama teman-temanya. Nggak jarang juga mereka minta orang tuanya untuk merayakan hari ulang tahunnya di restoran.

Kesempatan kali ini acara berlangsung di KFC yang biasa menjadi tempat anak-anak untuk merayakan ulang tahunnya. Disana ada badut Chaki yang menemani sekaligus menghibur para tamu undangan.

Acara ulang tahun terdiri dari berdoa bersama. Alhamdulillah Abi Asrama dan anak-anak turut untuk memberikan doa, memimpin anak-anak membaca doa untuk kebaikan yang sedang berulang tahun Yaitu Ananda Al Fatih beserta keluarganya.

Lanjut acara selanjutnya yaitu bermain games tebak kata dilanjutkan membagi bingkisan untuk teman-taman al fatih dan foto bersama badut. Setelah semua acara sudah terlaksana, Alhamdulillah acara ditutup dengan ucapan syukur atas berjalannya semua acara dengan lancar tanpa halangan suatu apa pun.

Jazakallah Khairan Katsiran kepada ibunda Sarah dan Ananda Al Fatih yang telah berbagi kebahagian nya kepada anak-anak yatim dan dhuafa asrama pamulang, kami berharap Al Fatih di hari bahagianya bisa menjadi anak sholeh, sehat dan pintar selalu. Aamiin

Belajar Kreatifitas Clay dari SMAK ST Louis 1 di Asrama Surabaya

Sedekah Yatim – Di hari minggu asrama Surabaya kedatangan kakak kakak dari SMAK ST Louis 1, kedatangan mereka semua untuk mengajarkan anak asuh asrama Surabaya untuk belajar kreativitas Clay Art dan makan-makan bersama di asrama.

Media permainan untuk anak-anak memang sangatlah beragam. Salah satunya adalah bermain dengan clay. Bermain dengan clay adalah sesuatu yang menyenangkan untuk anak-anak.

Apa itu clay? Clay jika dilihat dari arti sesungguhnya berarti tanah liat, namun sekarang yang dimaksud dengan clay bukan dari tanah liat saja tetapi juga kombinasi bahan lainnya sehingga menghasilkan tekstur yang mudah dibentuk.

Tidak hanya asyik dan menyenangkan, bermain clay pun memiliki banyak sekali manfaat untuk masa-masa perkembangan anak.

Lalu apa saja manfaat dari bermain clay ini? Berikut manfaat bermain tanah liat atau clay. Bermain clay akan mendorong kreativitas anak anak, mereka bebas berkreasi tanpa ada batasan apapun. Anak akan berimajinasi tentang bentuk apa yang ingin mereka buat dan memikirkan bagaimana mereka akan membentuk dan merealisasikannya, hal itu akan mengasah kemampuan imajinasi mereka. 

Tidak hanya itu, ketika anak-anak memutuskan untuk membuat clay secara otomatis mereka akan percaya diri  bahwa mereka akan bisa membuat objek yang mereka inginkan, mereka meyakinkan bahwa mereka sanggup untuk melakukan hal yang mereka inginkan dan dari situ mereka akan belajar tanggung jawab pada hal yang mereka lakukan.

Setelah anak-anak asuh diajarkan membuat clay yang bagus, kegiatan selanjutnya yaitu makan bersama dengan kakak-kakak semua. Lalu dilanjutkan foto bersama untuk menjadi kenang-kenangan bersama kalau sudah melakukan kegiatan pada hari ini.

Terima Kasih kakak-kakak dari SMAK ST Louis 1 yang sudah mengajarkan anak-anak asuh untuk bisa membuat kerajinan Clay yang bagus. Semoga ilmunya bisa terus bermanfaat.

Anak Asuh Bintaro Belajar Merajut

Donasiberkah.id – Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang serta melatih keterampilan. Merajut adalah salah satunya. Kegiatan merajut banyak mengandalkan keterampilan tangan dan bisa menghasilkan banyak karya berupa syal, tas, taplak meja, pakaian.

Seperti yang dilakukan anak asuh kami dari Asrama Bintaro, Alhamdulillah anak asuh semua mengikuti proses belajar merajut sehingga bisa membuat karya yang bagus.

Merajut adalah kerajinan tangan menyenangkan yang bisa kita pelajari dan nikmati saat masih anak-anak. Kita bisa memanfaatkannya untuk membuat berbagai proyek berbeda, seperti kalung, selimut dan masih banyak lagi.

Banyak cara yang bisa membuat anak bisa lakukan untuk mengisi waktu luang dan mengubahnya jadi hobi yang bermanfaat, seperti merajut. Kegiatan merajut juga memiliki banyak manfaat loh.

Sebuah penelitian Gaziantep University, menunjukkan bahwa merajut bisa membuat bahagia dan merasa damai. Beberapa orang merasa proses merajut membosankan, namun akan bersemangat dan bahagia saat hasil rajutan selesai.

Merajut dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak karena dapat melatih keterampilan baru yang berbeda dari yang pernah anak lakukan sebelumnya.

Nah, ternyata kegiatan ini bukan hanya bagus untuk kesehatan. Jika ditekuni, kegiatan ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Untuk itu, daripada bingung di rumah lebih baik yuk ajak anak kita untuk bisa mulai mempelajari cara merajut.

Itulah kegiatan anak asuh Griya Yatim & Dhuafa di Asrama Bintaro, masih banyak lagi kegiatan anak-asuh lainya yang positif dan bermanfaat untuk mereka, Yuk terus dukung mereka dengan cara sedekah kepada mereka di Donasiberkah.id Ya.

Anak Asuh Cilegon Membaca Surat Al Kahfi Bersama

Donasiberkah.id – Kak, jangan tinggalkan amalan sunnah yang satu ini, sebab banyak fadhilah dan keutamaan yang kita rasakan ketika kita mengamalkannya. Alhamdulillah kak. Adik-adik Griya Yatim dan Dhuafa Asrama Cilegon sedang Membaca Surah Al Kahfi.

Kegiatan tadarus surat al-Kahfi di hari jum’at menjadi agenda dan kegiatan rutinitas yang dilakukan anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa. Suara lantang yang dilantunkan anak-anak membuat suasana Asrama  menjadi hikmat.

Sebagai Kepala Asrama selalu mengatakan, adanya kegiatan tadarus surat Al-Kahfi di hari jum’at, dapat meningkatkan keimanan dan menguatkan akhlak anak asuhnya. Apalagi, saat ini anak-anak yang sedang kami asuh sedang mengalami masa pertumbuhan, yang pastinya mereka membutuhkan pengaruh yang positif.

“Tiada lain dan bukan, harapannya semakin bertumbuh dan berkembang anak asuhnya, maka bertambah ilmu dan juga budi pekerti,” tuturnya.

Selain itu, ia menambahkan, kegiatan tadarus di hari jum’at, untuk menumbuhkan kesadaran anak asuh untuk tetap mengamalkan sunnah-sunnah yang Nabi ajarkan. Di sisi lain, kegiatan ini untuk memacu anak asuh agar semakin cinta terhadap Sunnah-sunnahnya dan terhadap Al-Quran. Sehingga ketika dewasa sudah terbiasa dalam mengamalkan sunnah-sunnah Nabi.

“Tumbuhnya kesadaran untuk selalu membaca Quran, baik di waktu sepi dan luang, karena Al-Qran sangat penting di dalam kehidupan,” ungkap Abi Asrama

Berlomba-lomba dan terus lah melakukan Sunnah Nabi, salah satunya membaca surat Al-kahfi di hari jum’at. Jangan sampai kalian melewatkannya tanpa membacanya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barang siapa yang membaca surat Al-kahfi pada hari Jum’at, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari jum’at.”

Yuk Kak, jangan mau kalah dengan adik-adik kita, sisihkan waktunya di hari jum’at untuk membaca sunnah Nabi. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita untuk melakukan Sunnah tersebut. Aamiin.

Serunya Anak Asuh Pamulang Bermain Badminton

Donasiberkah.id – Di sore hari ini, adik-adik kita, anak asuh Griya Yatim & Dhuafa sedang riang bermain bersama-sama. Alhamdulillah kak, adik-adik kita selalu senang, riang dan gembira tinggal di asrama Griya Yatim & Dhuafa Pamulang. Selain belajar, mereka juga mengisi waktu luangnya dengan bermain badminton bersama-sama.

Badminton atau yang kita sebut bulu tangkis, ternyata bermain badminton memiliki banyak sekali manfaat bagi semua usia. Saat sedang bermain badminton, hampir semua bagian tubuh bergerak secara aktif. Badminton memiliki banyak peminat di berbagai belahan dunia, salah satunya anak-anak yatim yang tinggal di Griya Yatim & Dhuafa Pamulang.

Alhamdulillah, sahabat dermawan, bahagia rasanya melihat adik-adik kami bisa riang gembira bermain bersama, dunia anak-anak adalah dunia bermain, maka dari itu arahkan anak-anak kita untuk melakukan permainan yang positif, jangan sampai anak-anak kita terlena dengan kebiasaan menghabiskan waktu berjam-jam dengan gadget. Olahraga bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu bagi anak, selain membangun keseruan, olahraga juga bisa membuat anak menjadi sehat dan bugar.

Seperti adik-adik kami di Asrama Pamulang, yang asyik dan seru bermain bulu tangkis, dengan raket bundar berkawat dan kok bulu yang melayang dan melambung setiap dipukul, menjadi pemandangan seru untuk dilihat, apalagi jika anak-anak riang yang memainkannya.

Terima kasih kak, yang tidak pernah lelah menemani kami membahagiakan mereka. Semoga apapun yang kita berikan untuk mereka, bisa menjadi amal shalih terbaik, yang kelak bisa kita tuai di hari akhir. Aamiin. Semoga Allah berikan balasan terbaik untuk setiap kebaikan yang telah kakak berikan untuk anak-anak yatim dan dhuafa. Aamiin.

 Semangat Tadarus Al-Qur’an Anak Asuh 

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, sudahkah kita membaca Al-Quran hari ini ? Yuk kita gunakan untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an. Alhamdulillah kak. Adik-adik Griya Yatim dan Dhuafa  semangat sekali dalam memaksimalkan ibadah puasa dengan bertadarus Al-Quran. Semoga Allah menerima Amal baik kita. Inilah artikel tentang semangat tadarus Al-Qur’an anak asuh , yuk kita simak.

Membaca Al-Qur’an menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan anak asuh Griya Yatim & Dhuafa di seluruh Indonesia. Setiap harinya mereka membaca sebanyak 1 juz.

“Untuk anak asuh yang masih MI, mereka tadarus Al-Qur’an dengan semampu mereka dalam sehari, namun semangat mereka membaca Al-Qur’an juga nggak kalah dari kakak asuhnya. Pada saat kakak asuhnya mengaji, mereka pun semangat membaca Al-Qur’an dibimbing oleh Abi & Umi,” 

“Alhamdulillah dalam sehari peranak asuh membaca 9 lembar, kalo dikalikan 8 anak jadi 72 lembar,” ungkapnya.

Abi Asrama berharap, anak asuhnya menjadi anak yang shalih, qurrota’ayuun bagi keluarganya, di masyarakat dan yang terpenting menjadi generasi Qur’ani yang selalu taat kepada Allah & Rasulullah dan bisa menjadi generasi yang baik. 

Terima kasih kepada para #SahabatDermawan dan #OrangBaik yang selalu membersamai adik-adik yatim dan dhuafa. Semoga Allah selalu memberikan  kesehatan dan dimudahkan rezekinya, usahanya dan setiap urusan baik dunia maupun akhirat. Aamiin, jangan lupa untuk bersedekah membantu anak-anak yatim untuk berbuka dan sahur mereka, melalui link kebaikan di bawah ini :

 Kegiatan Anak Asuh BSD 2 Panen Bayam Merah

Donasiberkah.id – Alhamdulillah kak, saat ini anak-anak asuh Griya Yatim & Dhuafa Asrama Kenca Loka (BSD 2), sedang memanen bayam merah. Hasil panennya juga bagus-bagus loh kak. Mereka sangat bahagia dan bersemangat ketika memanen tanaman yang selalu mereka rawat setiap hari. Mereka juga tidak sabar untuk panen yang berikutnya. Inilah artikel keceriaan di saat panen bayam merah anak asuh BSD 2, yuk kita simak.

Anak Asuh Griya Yatim & Dhuafa Kencana Loka sukses memanen sayuran  bayam merah hidroponik. Sayuran yang mereka tanam sejak awal tahun yang lalu, dibimbing Abi Asrama.

Menurut penuturan beliau hasil panen kali ini sangat bagus, bayam yang mereka panen segar dan banyak sekali, walaupun cuaca lagi tak menentu. “Alhamdulillah sayuran bayam tetap tumbuh subur, meski kondisi lagi hujan disertai angin yang besar, sampai-sampai banyak pohon yang jatuh,” ujarnya.

Menanam dan memanen bayam hidroponik merupakan sebuah pengalaman pertama bagi anak asuhnya, Alhamdulillah sebelumnya mereka sukses menanam dan juga memanen sayur pakcoy dll

Dalam proses panen, semua anak asuhnya dilibatkan, mereka terlihat sangat senang pada saat mencabut tanaman bayam satu persatu. “Alhamdulillah hasil panen yang mereka cabut kali ini mendapat banyak sekali,” ungkap Abi Kismo.

Usai memanen sayuran bayam, anak-anak juga bersemangat untuk merawat dan menanam sayuran hidroponik jenis lainnya. Mereka juga tidak sabar untuk mengolah sayuran tersebut, mulai dari membuat sayur bayam dan olahan sayuran  lainnya.

“Mudah-mudahan anak-anak mengambil pelajaran dalam merawat tanaman dan saling peduli terhadap sesama makhluk ciptaan Allah. Semoga dengan kegiatan ini, dapat mengasah skill mereka,” tuturnya.

Yuk Kak, bantu dan dukung kegiatan mereka dengan cara menyisihkan sebagian dari harta kita untuk setiap kegiatan dan keterampilan mereka. Salah satunya kebahagiaan dan keceriaan di saat panen bayam merah anak asuh bsd 2. Terima kasih kak, telah senantiasa membersamai kami untuk mewujudkan senyuman mereka. Semoga Allah Ta’ala senantiasa membalas setiap kebaikan yang kakak berikan. Aamiin.

Smart Camp Anak Asuh GYD 2022

Donasiberkah.id – Tahukah kamu bahwa berkemah dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan dan membantunya untuk tumbuh mandiri? Ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan berkemah. Alhamdulillah pada tahun ini Griya Yatim & Dhuafa mengadakan Smart Camp untuk anak asuh.

Moment acara ini bertepatan di bulan agustus, yang dimana bulan kemerdekaan negeri kita tercinta Indonesia, jadi anak-anak bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama dilanjutkan mengikuti lomba lomba.

Kegiatan pada acara ini anak-anak asuh GYD semua dibagi menjadi beberapa tim lalu ada kegiatan lomba kekompakan sesama tim. Alhamdulilah ini bisa melatih kekompakan dan bisa melatih mandiri.

Kegiatan berkemah tidak hanya mengasyikkan untuk orang dewasa, tapi juga memberikan efek positif pada anak. Berkemah biasanya dilakukan di tengah alam bebas. Ini dikeliling oleh tumbuhan yang rindang dan masih bersih dari polusi.

Saat ini, orang-orang pergi berkemah karena mereka bosan dengan kehidupan kota dan ingin bertualang sambil menikmati keindahan alam. Berkemah dapat mengajarkan anak-anak cara yang baik untuk menghargai alam dan meningkatkan keterampilan. 

Berkemah dapat membantu anak-anak membangun kemandirian dan kepercayaan diri dengan menghilangkan sementara segala bentuk kompetisi akademik, sosial dan atletik yang mereka miliki di sekolah. Dengan adanya berbagai kegiatan seperti memasang tenda, memasak makanan, menyalakan api, dan sebagainya, berkemah adalah pendorong nyata bagi anak-anak untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.

Kehidupan perkemahan mengajarkan anak-anak kepercayaan diri bahwa mereka pasti bisa melakukan sesuatu hal jika mereka mau. Ketika anak-anak percaya diri, mereka akan lebih mudah untuk berhasil di masa depan.

Pelatihan Marawis Anak Asuh 

Donasiberkah.idDi Indonesia, istilah kesenian marawis dikenal luas di masyarakat, terutama warga Betawi (Jakarta), Jawa, Sunda, dan lainnya. Bahkan, kelompok masyarakat yang aktif mengembangkan kesenian ini sangat banyak.

Bagi sebagian orang, seni menjadi pengisi kekosongan jiwa atau hiburan semata. Namun, seni menjadi ladang ibadah terlebih dengan marawis. Dengan bermain marawis, kita bisa bershalawat dan juga berkesenian. 

Alhamdulillah, Anak-asuh sangat beragam dalam melakukan kegiatan yang  bermanfaat. Belajar mengaji hingga latihan marawis bisa menjadi pilihan untuk menambah wawasan agama anak-anak. Seperti dilakukan anak-anak asuh di Asrama BSD 3.

Meski berada di asrama, mereka bisa mempelajari banyak hal mulai dari agama, pendidikan umum, hingga kesenian lainya. Kegiatan dari anak-anak asrama dalam mengisi waktu di asrama menjadi lebih beragam dengan manfaat yang berbeda-beda.

Untuk memainkan marawis ini tidaklah sulit, asalkan ada kemauan untuk belajar serta gabung di dalam kegiatannya, karena ketika kita mau pasti ada jalan apalagi kegiatan marawis ini merupakan kegiatan yang sangat positif, dimana kita mengumandangkan, menyanjung dan mengagungkan Nabi Muhammad SAW.

“Alhamdulillah, anak-anak pada semangat untuk belajar marawisnya. Semoga mereka menyukainya dan konsisten untuk belajarnya” Ujar Fikri selaku pelatih marawis.

Melalui kesenian ini, Fikri memiliki harapan yang besar agar marawis terus terjaga dan berkembang, Sehingga dengan marawis, kita bisa menumbuhkan rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW dan Allah SWT.

Itulah keseruan kegiatan Belajar Marawis anak asuh di asrama, semoga ini bisa jadi inspirasi dan semangat dalam mendidik anak agar bisa menumbuhkan rasa cinta mereka kepada Nabi Muhammad SAW dan Allah SWT melalui marawis.

English EN Indonesian ID