Griya Yatim & Dhuafa

English EN Indonesian ID
Anak Asuh Cabang Cibubur Belajar Bersama

Anak Asuh Cabang Cibubur Belajar Bersama

Anak Asuh Cabang Cibubur Belajar Bersama
                                   Anak Asuh Cabang Cibubur Belajar Bersama

Donasiberkah.org – Belajar bersama biasanya dilakukan ketika seseorang ingin mempelajari sesuatu dengan lebih efektif lewat bantuan orang lain. Hal ini dikatakan peneliti memang benar dan efektivitasnya sama saja apakah kita melakukannya dengan orang asing atau dengan orang yang dikenal.

Gak bisa dipungkiri bahwa ternyata ada orang yang lebih senang untuk belajar bareng sama kelompok belajar yang mereka punya. Belajar bersama kayak gini biasanya dilakukan dengan diskusi dua arah dan dengan situasi yang pastinya rame. Walaupun gak semua orang bisa belajar rame-rame kayak gini, tapi buat kamu yang terbiasa dengan belajar bersama,

Psikolog Catherine Crompton dari University of Edinburgh, Skotlandia, mengatakan eksperimen pada 48 pasangan belajar menunjukkan mereka yang saling kenal atau tidak kenal sama sekali bisa memperoleh skor serupa ketika diminta untuk mempelajari sesuatu. Tes dilakukan berulang dengan subjek pelajaran berbeda dan hasilnya konsisten.

Baca Juga : Crafty Class Anak Asuh GYD Cibubur Bersama Blooming Flowever

Bersama Belajar memiliki semangat untuk tidak sekedar memberikan pelajaran saja, namun benar-benar total dalam memberikan panduan persiapan melalui kurikulum (Latihan, Mini Kuis, Kuiz, serta Tryout berkala) dan metode belajar terbaik yang memadukan metode belajar offline dan online. Untuk membuat proses belajar semakin nyaman, Bersama belajar juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk menentukan temannya sendiri dan jumlah anggota per kelas.

Tips Membuat Semangat Belajar :

Dengan belajar bersama kita dapat mengetahui dan memahami lebih banyak informasi.

Dengan mengumpulkan berbagai isi kepala dari banyak orang membuat kamu lebih kaya akan informasi. Dan belajar bersama akan dimudahkan untuk mendapat banyak referensi-referensi baru yang mungkin sebelumnya belum  diketahui. Efisiensinya, kita tidak perlu mencari dan membaca dari awal karena teman-temanmu akan menyampaikan informasi tersebut dengan lebih praktis.

Baca Juga : Belajar Daring Anak Yatim Binaan GYD Cibubur

Teman belajarmu akan dengan senang hati mengoreksi seandainya ada kesalahan padamu

Selain punya referensi baru, saat diskusi bareng pun akan membuat kalian saling mengoreksi satu sama lain. Dengan beragam pemahaman materi yang kalian dapat kalian bisa mengetahui dan membenarkan jika memang ada yang perlu diluruskan

Anak Asuh Cabang Cibubur Belajar Bersama
Anak Asuh Cabang Cibubur Belajar Bersama

Secara tidak langsung, mereka juga memotivasi kamu

Ternyata dengan memiliki lingkungan positif seperti ini juga dapat membantu kamu untuk menjaga dan mempertahankan motivasi dalam sekolah, lho. Dengan memiliki kelompok belajar yang saling mendukung kamu akan selalu terpacu untuk menjadi yang terbaik di antara yang lainnya

Dengan belajar bareng, kamu dapat lebih percaya diri

Sadar gak sih? Kalau dengan belajar bareng teman ternyata juga bisa meningkatkan kepercayaan dirimu. Hal ini dikarenakan kamu yang terbiasa mengungkapkan argumentasimu saat diskusi yang secara gak langsung melatih bagaimana kamu saat berbicara di depan orang. Dengan kebiasaan ini, akan membuat kamu nyaman saat berada di kelas juga, kan.

Baca Juga  : Kegiatan Belajar Anak Asuh Griya Yatim Dhuafa

Kamu dapat mengukur kemampuanmu, dan bisa ambil tindakan bijaksana

Dengan belajar bersama akan memudahkan kamu mengetahui sejauh mana kemampuanmu dan teman-teman yang lain. Oleh karena itu, dengan belajar bareng secara tidak langsung juga akan memacu kamu untuk lebih semangat dan bersaing dengan yang lain

Akan selalu menjaga semangat kamu biar terus berkobar 

Mau tidak mau berada dalam lingkungan positif akan membuat kamu tetap mempertahankan semangat belajar yang kamu miliki. Dengan aktif dalam kelompok belajar tersebut secara gak langsung juga membuat semangat kamu untuk selalu belajar tetap terjaga. Karena kamu dikelilingi oleh orang-orang yang positif

Kesimpulan studi menyoroti pentingnya bekerja sama dengan orang lain dan mengurangi isolasi. Ini tidak hanya bagus secara emosional, tapi juga bisa menjadikan kita pelajar yang lebih baik

Baca Juga : Jalan Pagi Bersama Anak Asuh Cibubur

Yuk Bantu Pendidikan Mereka

Yuk Kak, kita sisihkan sebagian dari harta kita untuk mewujudkan masa depan mereka, sebab masa depan mereka adalah tanggung jawab kita. Terima kasih kak, telah membersamai kami menjaga senyuman yang ada di wajah mereka. Semoga Allah membalas kebaikan yang telah kakak berikan, dan menjadikannya amalan yang istimewa di sisiNya. Aamiin.

Donasi Sekarang Griya yatim
              Donasi Sekarang Griya yatim
Cara Mengelola Gaji Yang Tepat

Cara Mengelola Gaji Yang Tepat

Cara Mengelola Gaji Yang Tepat
                                              Cara Mengelola Gaji Yang Tepat

Donasiberkah.orgKetika seseorang memiliki penghasilan apapun kondisi pekerjaannya. Maka semua itu harus diatur keuangannya agar terhindari dari penggunaan yang kurang bermanfaat. Tidak cuma itu, kita juga harus dengan penuh komitmen, agar tujuan kesejahteraan finansial dapat tercapai. Perlu diingat, bahwa rintangan bisa saja menghadang ketika kita berupaya untuk mengatur keuangan. Agar pemasukan dan pengeluaran dapat terperinci dengan baik. Sehingga kita dapat menghindari kesalahan-kesalahan dalam mengatur keuangan. Maka berikut ini artikel tentang kesalahan dalam mengelola gaji bagi kehidupan seseorang. 

Baca Juga : Bersih-Bersih Asrama Bersama Anak Asuh Banjarmasin

Seperti Apakah Tips Menghindari Kesalahan Dalam Mengelola Gaji ?

Sahabat, pernahkah kalian mengalami kehabisan uang sementara gajian masih lama. Dan kesalahan ini sering dialami karena kurang mahir dalam mengelola gaji, hingga berakibat kekurangan uang sebelum waktu gajian tiba. Terutama ketika mengalami masalah atau musibah yang membutuhkan uang yang besar. Jika tidak memiliki kebiasan yang baik dalam mengelola uang maka kita akan cepat mengalami kehabisan uang.

Misalnya di saat gajian, banyak orang terlena berbelanja tanpa perhitungan. Mumpung masih banyak uang, segala hal dibeli hingga akhirnya, mulai sadar keuangan mulai menipis sehingga kebutuhan pokok tidak tercukupi.

Baca Juga : Bersih Asrama Bersama Anak Asuh Solo

Maka sesungguhnya ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat kita hindari agar mengelola gaji atau pendapatan tidak cepat habis. Maka hindarilah kesalahan berikut ini agar kita tidak kewalahan lagi dalam mengatur keuangan bulanan : 

Menyisihkan Sebagian Gaji Atau Penghasilan Untuk Investasi

Cara yang baik agar uang tidak cepat habis adalah menabung atau diinvestasikan. Baik dilakukan saat awal bulan ketika baru menerima gaji. Sisihkanlah sekitar 10 % hingga 20 %  untuk ditabung atau diinvestasikan. Dengan cara seperti ini, akan membantu hidup kita lebih hemat sesuai dengan tingkat kebutuhan.

Cara Mengelola Gaji Yang Tepat
          Cara Mengelola Gaji Yang Tepat

Mencatat Pemasukan & Pengeluaran

Setiap bentuk transaksi apapun yang kita lakukan  harus dicatat baik pengeluaran atau pemasukan. Bahkan bentuk tagihan dan anggaran belanja harus dibuat sedemikian rupa agar rapi dan tertata. Dan sesuai dengan tingkat kebutuhan dan tidak gampang menjadi “lapar mata” atau ingin membeli sesuatu apapun yang dilihatnya.

Baca Juga : Kegiatan Kultum Asrama Kemanggisan

Boros

Patut kita sadari bahwa sifat boros dapat membuat seseorang mengalami kerugian bagi diri sendiri. misalnya ketika kita membelanjakan uang untuk membeli makan malam mewah, atau nonton film di bioskop atau hiburan lainnya. Tanpa pemikiran dan perhitungan yang rinci maka hal itu akan membuat kita kehabisan uang dengan cepat. Padahal, kebiasaan kecil dan pengeluaran tidak penting itu kalau dijumlahkan nilainya bakal besar. 

Sebagaimana Allah berfirman : Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.”( QS. Al-Isra : 27)

Karena sesungguhnya akan ada kondisi dimana kita akan membutuhkan ‘uang’. Baik untuk kebutuhan hidup atau musibah yang menimpa kita dari arah yang tidak disangka-sangka, dan di waktu itu kita tidak memiliki uang. Maka seandainya kita tidak boros, kemungkinan besar uang itu masih ada dan tujuan atau musibah dapat terselesaikan dengan baik.

Baca Juga : Anak Asrama Pamulang Membiasakan Jaga Kebersihan 

Yuk, Atur Keuangan Dengan Baik

Mari sahabat, kita mulai belajar meredam rasa boros, dan jangan pernah merasa kaya setiap uang gaji baru tiba. Karena gaji itu semua sementara, masih banyak kebutuhan yang harus dibayar. Dan jangan lupa juga, untuk menunaikan zakat, mengapa? Sebab pengeluaran ini sifatnya tetap, 2,5% untuk zakat. Jadi, keluarkan dana zakat saat menerima gajian setiap bulan sebesar 2,5% dari penghasilan.

Dengan berzakat dapat membuat uang kita menjadi berkah dan bermanfaat bagi kita, dan orang-orang di sekitar. Dengan berbagi pada sesama akan membuat hidup lebih bermakna dan bahagia, selain itu kita juga bisa membuka pintu rezeki lainnya.

Yuk tunaikan zakatmu di Griya Yatim & Dhuafa Melalui link gambar di bawah ini !

Donasi Sekarang Griya yatim
           Donasi Sekarang Griya yatim
Hal Yang Membuat Seseorang Sukses

Hal Yang Membuat Seseorang Sukses

Hal Yang Membuat Seseorang Sukses
                                       Hal Yang Membuat Seseorang Sukses

Donasiberkah.org – Sebuah ungkapan kata yaitu “sukses” adalah sebuah kata yang dapat membangkitkan semua saraf seseorang. Sehingga dapat membuat kita merasa energik dan meningkatkan gairah. Terlepas dari berapa usia Anda, apa yang Anda lakukan, atau apa tujuan karir, hingga tujuan akhir dari hidup setiap orang. Karena semua orang pasti ingin menjadi bahagia dan sukses didunia dan diakhirat. Maka apakah hal yang membuat seseorang sukses dalam kehidupannya.

Kebanyakan orang menjadi diri sendiri dan selalu berada di zona nyaman adalah hal yang menyenangkan. Bahkan sebagian besar orang akan merasa keberatan untuk meninggalkan zona tersebut. Hal ini disebabkan karena mereka beranggapan bahwa “Jika hidup bisa dijalani dengan mudah, kenapa harus dibawa susah.” Maka barangkali inilah yang akan terlintas di benak kebanyakan orang.

Baca Juga : Inilah 3 Kunci Hidup Sukses

Dengan begitu kita mengetahui bahwa banyak orang yang sulit untuk beranjak dari zona nyaman. Bahkan, meski hanya bergeser sedikit saja, mereka tidak akan rela melakukannya. Sementara itu, zona nyaman ini dapat membuat seseorang menjadi manja, tidak mandiri, atau membuat diri jadi tergantung pada kondisi tertentu yang menurut Anda aman dan cukup mudah untuk dilakukan.

Berikut Ini Adalah Hal Yang Dapat Membuat Seseorang Sukses : 

Pahamilah dengan baik bahwa semuanya kelak akan berubah. Kapan pun itu, perubahan tetap akan datang dan menghampirimu asalkan mengikuti beberapa cara berikut ini :

Baca Juga : Tipe-tipe Teman Yang Harus Ada Di sekitarmu

Tekad 

Apakah yang dapat menjadi faktor penting untuk menuju kesuksesan. Yaitu percaya bahwa faktor penting untuk sukses adalah Kekuatan Tekad. Dengan membangun tekad yang kuat. Maka mulailah dengan menentukan tujuan, lalu bentuklah kebiasaan baik agar lebih mudah mencapai tujuan.

Membangun tekad akan terasa sulit jika kita belum mengetahui apa yang ingin dicapai atau tidak bisa menentukan apakah tujuan sudah tercapai. Tentukan makna kesuksesan bagi dirimu, sehingga diri ini lebih termotivasi untuk meraihnya.

1). Tentukan beberapa tujuan spesifik Sehingga dengan adanya tujuan yang jelas. Maka langkah awal untuk meraih kesuksesan yang kita impikan dapat tercapai.

2). Tentukan cara mencapai target Setelah merumuskan tujuan dan menentukan target yang spesifik, maka buatlah rencana mendetail untuk mencapainya. Yaitu dengan memikirkan langkah-langkah yang harus dilakukan. Ketika kita memiliki tekad yang lebih kuat untuk mencapai tujuan, maka kita akan tahu apa yang harus dilakukan.

Baca Juga  : Kunci Hidup Berkah

Kemauan

Setiap orang pasti memiliki mimpi yang ingin diraih, minimal keinginan dalam hidup. Ada yang mimpinya sangat banyak dan tinggi dan ada juga yang sederhana. Tapi, sekeren apapun mimpi dan cita-cita jika tanpa adanya kemauan yang keras pasti tidak akan berhasil. Maka kemauan yang keras sangat penting bagi tercapainya kesuksesan. 

Mewujudkan mimpi sebenarnya masih berhubungan erat dengan rasa malas. Tetapi, dengan adanya kemauan yang kuat rasa malas pun bisa terkalahkan. Yang perlu di lakukan adalah menanam dan menumbuhkan rasa kemauan yang keras. 

Hal Yang Membuat Seseorang Sukses
      Hal Yang Membuat Seseorang Sukses

1). Jangan pernah berhenti untuk meningkatkan kemauan yang tinggi. Salah satu cara agar bisa menggapai mimpi adalah dengan terus menerus melakukannya tanpa henti. Bukan berarti tidak boleh istirahat, tapi kemauan yang tinggi harus berbarengan dengan ketekunan. Makanya, lakukan apa saja yang menurutmu bisa menjadi jalan untuk meraih keinginanmu.

2). Gunakan imajinasi mu. Ketika gagal, cobalah untuk mencari cara lain. Gunakan imajinasi dan kreativitasmu, bayangkan apa yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan. Jangan hanya stuck/berhenti pada satu metode. Metode itu ibaratnya makanan. Pasti akan kadaluarsa suatu saat nanti. 

Baca Juga : Hidayah Yang Perlu Kita Jaga

3). Perlu kebiasaan yang baru. Ketika rasa malas menghampiri dan diri ini ogah-ogahan untuk melakukan sesuatu. Artinya kamu harus memaksa dirimu mengubah kebiasaan. Misalnya terbiasa bangun tidur siang, maka harus paksa dirimu sendiri untuk bangun pagi. terkadang, kemauan yang tinggi juga harus didorong oleh paksaan. 

Fokus

Banyak orang yang memiliki tujuan hidup tertentu namun, selalu mendapat gangguan hingga akhirnya semua rencana yang dipersiapkan menjadi tertunda. Semua itu disebabkan karena diri sendiri maupun dari luar. Yang dapat menunda atau bahkan membatalkan rencana dalam hidupmu, dan itu semua terjadi karena kurang fokus terhadap rencana tersebut. Dan membiarkan segala gangguan menggagalkan rencana yang telah disusun sedemikian rupa.

Baca Juga : Pemenuhan Sarana Pendidikan Yatim Dhuafa

1). Kontrol sesuatu yang bisa mengganggu aktivitas. Dari sekian banyaknya orang, biasanya mereka selalu meremehkan hal-hal kecil. Yang dimana sebenarnya hal itu dapat mengganggu mereka nantinya. Atau bahkan mereka tidak menyadari bahwa sebenarnya itu adalah sesuatu yang dapat menghalangi mereka untuk dapat menjalankan rencana dan mencapai tujuannya.

Misalnya, ketika telah membuat rencana untuk lembur bekerja agar pekerjaan esok hari tidak menumpuk. namun, kita tahu hari ini mungkin teman-teman akan mengajak kita keluar. Pastikan Anda telah mengatur bagaimana cara untuk menolak ajakan temanmu dan bisa menjauh dari mereka untuk sementara. 

2). Tetap tenang maksud dari tenang disini adalah kita perlu yang namanya istirahat sejenak yaitu mengambil jeda sejenak, tenangkan diri. Lalu mempertimbangkan dengan hati-hati apa yang sudah Anda rencanakan, sambil mengingat tujuan Anda untuk menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

3). Pikirkan tentang tujuan. Demi tercapainya cita-cita maka pastikan hal yang paling penting merupakan prioritas, jangan sampai salah prioritas.

Baca Juga : Sukses Itu Mudah Inilah Kuncinya

Yuk, Benahi Diri Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

Pada intinya semua tujuan dan cita-cita tergantung pada niat dan juga usaha, demi meraih kesuksesan itu sendiri. Tetap semangat dalam meraih kesuksesan yang Sahabat cita-citakan. Maka perlu memiliki fokus yang tinggi dalam meraih impian. karena dibutuhkan yang namanya komitmen dan upaya yang konsisten. 

Mari sahabat jangan lupa untuk selalu berdoa dan bersedekah karena dengan doalah yang dapat memberikan kita pertolongan yang tidak di sangka-sangka. Yuk sedekah Di LAZNAS Griya Yatim & Dhuafa, sahabat bisa mendonasikan sedekah terbaiknya melalui link gambar berikut ini !

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
Tipe-tipe Teman Yang Harus Ada Di sekitarmu

Tipe-tipe Teman Yang Harus Ada Di sekitarmu

Tipe-tipe Teman Yang Harus Ada Di sekitarmu
Tipe-tipe Teman Yang Harus Ada Di                                       sekitarmu

Donariberkah.org – Sahabat dermawan, seiring dengan bertambahnya waktu, bertambah umur dan bertambah pengalaman hidup. Maka semua itu akan menjadikan kita sebagai pribadi yang baik atau yang buruk. Semua itu tergantung juga kepada siapa kita berteman. Maka ada beberapa tipe-tipe teman yang harus ada disekitarmu.

Setiap orang tua, pasti selalu menasehati anaknya untuk berteman dengan orang yang baik, bermanfaat, serta memberikan pengaruh yang positif. Semua itu bukan tanpa alasan, karena pada kenyataannya saat kita bergaul dengan teman yang rata-rata kurang berilmu dan berakhlak. Dengan demikian hal itu memang benar adanya. Jika diIbaratkan bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita akan terkena baunya atau keringatnya pada diri kita. 

Baca Juga : Anak Asuh Kranggan Semangat Saling Tes Hafalan Sesama Teman

Maka sudah seharusnya kita untuk selalu berkumpul dengan orang-orang yang sholeh. Sehingga bisa membawa diri kita ke arah yang positif dan lebih baik. Memiliki teman yang sedikit itu lebih baik dan benar-benar bisa diandalkan dalam suka dan duka. Dari pada banyak teman tetapi akhlak dan perilakunya yang buruk. Nah, sekarang coba sahabat perhatikan apakah teman-teman di sekitarmu lebih banyak membawa manfaat atau keburukan.

Berikut Ini Teman Yang Harus Ada Di sekitarmu :

Si Pemimpi

Memiliki teman yang menginspirasi tak hanya bisa membuatmu bangga, tapi juga sahabat bisa mengambil pelajaran darinya. Bagaimana kehidupannya sehari-hari, atau pola kerjanya hingga ia bisa meraih pencapaian saat ini. Bukan tak mungkin, karena temanmu pasti akan mendorongmu juga untuk giat meraih pencapaianmu sendiri.

Baca Juga : Inilah Teman Yang Baik

Si Pekerja Keras

Tak semua orang bisa punya passion atau hasrat menggeluti bidang yang ia suka. Dengan memiliki teman yang tahu maunya apa, kamu pun bisa belajar kegigihan darinya. Bahwa dengan bekerja keras dan niat yang kuat akan membuahkan hasil yang diinginkan. Atau bagaimana ia menyikapi dengan bijaksana ketika cita-citanya itu bertentangan dengan apa yang diinginkan keluarga atau orang-orang terdekatnya.

Tipe-tipe Teman Yang Harus Ada Di sekitarmu
 Tipe-tipe Teman Yang Harus Ada Di                                        sekitarmu

Si Realistis

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, dimana kita membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupan ini. Teman yang kita miliki itulah yang akan membentuk karakter dan kepribadian kita, karena sebagian besar karakter seseorang dapat  dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

Pengaruh lingkungan terhadap kesuksesan memang tidak dapat disepelekan. Orang-orang yang ada di sekitarmu mempengaruhi semangatmu dalam mengejar cita-citamu. 

Baca Juga : Berteman Dengan Orang Jujur

Tidak Egois

Jika selama ini sahabat dikenal sebagai orang yang egois, maka berusahalah untuk menghilangkannya. Sesungguhnya sifat egois bukan hanya tidak disukai orang namun bisa dipastikan Anda akan jauh dari kebersamaan. Belajarlah untuk rendah hati dan menjadi pribadi yang lebih terbuka. 

Yang mau menerima kritik, saran dan nasehat orang lain untuk perbaikan diri sendiri. Pupuk terus rasa kepedulian Anda kepada sesama, saling membantu untuk meringankan beban dan terus berpikir positif. Cepat atau lambat sifat egois Anda akan memudar dan berganti menjadi sifat yang lebih menyenangkan.

Baca Juga : Pekerjaan Yang Allah Cintai 

Yuk, Pintarlah Dalam Bergaul

Dengan demikian seseorang yang ingin memiliki pandangan lurus ke depan soal menggali potensi diri serta menjadikan diri ini lebih bermanfaat serta berdedikasi. Maka harus pandai-pandai memilih teman dan mencari mana yang sangat berpengaruh bagi dirimu sendiri.

Tidak semua orang memiliki teman yang baik dan Jika ingin menjadi orang yang lebih baik dalam hidupnya, tentunya mereka adalah orang-orang yang punya semangat, inspirasi, serta motivasi yang tinggi. Yuk sahabat dermawan, kita bantu para yatim & dhuafa yang membutuhkan baik materi maupun non materi semua itu akan sangat membantu bagi mereka. 

Mari berdonasi melalui link gambar dibawah ini !

Donasi Sekarang Griya yatim
Donasi Sekarang Griya yatim
Anak Asuh Pamulang Senam Bersama

Anak Asuh Pamulang Senam Bersama

Anak Asuh Pamulang Senam Bersama
                                           Anak Asuh Pamulang Senam Bersama

Donasiberkah.org – Pada pagi hari yang cerah adik-adik kita, anak asuh Griya Yatim & Dhuafa sedang bersuka ria bersama-sama. Alhamdulillah kak, adik-adik kita selalu senang, riang dan gembira tinggal di asrama Griya Yatim & Dhuafa. Selain kegiatan mereka belajar setiap harinya, dan membantu Umi & Abi di asrama dalam menjaga kebersihan. mereka juga melatih fisik dengan senam pagi  Bersama-sama. Inilah kegiatan anak anak asuh pamulang senam bersama.

Senam pagi merupakan suatu aktivitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani. Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar. Di tambah Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. 

Baca Juga : Bantuan Gizi Harian Puskesmas Pamulang oleh Griya Yatim & Dhuafa

Maka Apa sajakah Manfaat Senam Pagi ?

Berikut adalah beberapa manfaat senam pagi yang harus kita ketahui :

Meningkatkan Fungsi Jantung

Gerakan senam yang dilakukan secara kontinu dan terus berulang-ulang akan membuat jantung bekerja lebih cepat. Dan ketika dilakukan selama 20 menit, berarti Anda telah memulai langkah sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Menurunkan Berat Badan

Biasa Nya seseorang yang menjalankan program diet sehat, seperti membatasi jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh. Bertujuan agar bisa menurunkan berat badan. Padahal dengan berolahraga akan lebih cepat dalam membakar lemak. Dan sebaiknya pilihlah jenis olahraga yang banyak menggerakan anggota badan seperti halnya jogging dan juga senam.

Baca Juga : Anak Asrama Pamulang Membiasakan Jaga Kebersihan 

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Percaya atau tidak, senam termasuk kedalam salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan penyebaran oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke bagian otak kita. Apabila oksigen yang masuk ke otak terpenuhi dengan baik. Maka fungsi otak kita akan meningkat dan secara tidak langsung fungsi kognitif pun akan ikut mengalami peningkatkan. Banyak para ahli yang menyatakan bahwa olahraga juga dapat meningkatkan daya ingat dan juga kapasitas otak.

Mengurangi Stres dan Meningkatkan Mood

Seseorang yang memiliki Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan terkadang dapat membuat seseorang menjadi stres. Bila stress sudah melanda, maka mood dan tingkat kreativitas seseorang akan berkurang. Karena disebabkan hormon endorfin yang bekerja untuk membuat seseorang merasa lebih senang mulai berkurang. Untuk itu, diperlukanlah suatu aktivitas yang mampu meningkatkan hormon tersebut. Salah satu aktivitas yang mampu meningkatkan jumlah hormon endorfin adalah senam. Apabila dilakukan secara teratur, maka kondisi stres yang dialami akan berkurang hingga akhirnya mood Anda pun akan kembali meningkat.

Anak Asuh Pamulang Senam Bersama
       Anak Asuh Pamulang Senam Bersama

Tidak Mudah Terserang Penyakit

Manfaat senam selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah untuk terserang penyakit. Hal ini dapat terjadi karena toksin-toksin yang ada didalam tubuh akan keluar melalui keringat. Disamping itu, semua organ yang ada didalam tubuh pun akan bekerja secara maksimal.

Meningkatkan Stamina

Apabila selama ini kakak seringkali merasakan kelelahan meskipun baru sebentar saja melakukan suatu aktivitas. Kemungkinan besar sistem pernapasan kakak mengalami gangguan yang disebabkan adanya lemak serta gangguan aliran oksigen dalam darah. Sehingga melakukan senam secara teratur akan memperbaiki sistem pernapasan supaya dapat berjalan lebih optimal dan pada akhirnya tidak akan mudah merasa lelah.

Meningkatkan Kelenturan dan Kebugaran

Gerakan pada senam mempunyai sifat berulang-ulang yang membutuhkan koordinasi tubuh. Bila kita dapat melakukan senam dengan baik dan benar, maka hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Baca Juga : Amalan Mulia Di Bulan Muharram

Yuk, berolahraga 

Demikian tadi adalah manfaat olahraga pagi bagi kesehatan yang bisa kakak rasakan dan aktivitas anak anak asuh pamulang senam bersama . Lakukan olahraga pagi dengan disiplin dan dengan cara yang tepat agar dapat dirasakan berbagai manfaatnya. aktif bergerak melalui olahraga adalah salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadikan olahraga senam pagi sebagai gaya hidup. Dengan begitu tubuh pun akan terasa semakin sehat dan bugar hingga usia senja. 

Donasi Sekarang Griya yatim
               Donasi Sekarang Griya yatim
Apa Penyebab Hidup Terasa Sempit

Apa Penyebab Hidup Terasa Sempit

Apa Penyebab Hidup Terasa Sempit
                                             Apa Penyebab Hidup Terasa Sempit

Donasiberkah.orgSahabat dermawan, mengapa ada orang yang mengalami stress bahkan ada yang sampai depresi. Tidak sedikit pula dari mereka yang gila hingga berujung bunuh diri. Sebenarnya apa sih masalah yang mereka hadapai? Sampai begitu beratnya dan mengganggu kejiwaan. Inilah artikel tentang penyebab hidup terasa sempit, yuk simak artikel berikut ini!

Baca Juga : Sifat Kikir & Akhlak Jelek Yang Harus Dihindari

Meskipun sebenarnya kita juga tahu bahwa setiap masalah memiliki bobot masing- masing yang tidak selalu sama. Seperti masalah ekonomi, utang piutang, konflik suami istri, urusan pekerjaan, hingga masalah hukum dan lain-lain.

Apa yang mempengaruhi hidup kita, hingga hati terasa sempit?

Semua itu bisa terjadi di dalam kehidupan kita. Yang dimana kondisi semua terasa serba sulit, rezeki terasa sempit, kebahagian yang diinginkan tidak terwujud. Bahkan seseorang menghujat dan mencela takdir kehidupan yang tengah kita jalani. Seakan-akan Allah tidak adil dalam kehidupan ini.

Hal inilah yang membuat kehidupan kita terasa sempit, tak ada gairah, energi dan motivasi untuk melakukan banyak hal. Rasanya sumpek, dan membosankan. Hidup menjadi tidak enak, tidak ada bekas perbaikan diri, dan kualitas keimanan yang tak kunjung membaik dan meningkat. Hidup begitu-begitu saja, dan dunia seolah enggan untuk menyapa.

Begitu pula halnya dengan amalan-amalan kebaikan menjadi sulit dilakukan. Jangankan yang sunnah, untuk yang fardu pun hanya sekedar menggugurkan kewajiban. Semua kondisi ini sebenarnya telah Nabi sampaikan dalam haditsnya.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Setiap amalan ada waktu semangat dan setiap masa semangat ada putusnya. Barang siapa yang masa putusnya itu kepada sunnahku maka telah mendapatkan petunjuk dan siapa yang masa putus (lemah) nya pada selainnya maka telah binasa.” (HR. Ibnu abi ‘Ashim & Ibnu Hibban).

Dalam hadits lain: Rasulullah Shalulahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang bangun di pagi hari namun hanya dunia yang dipikirkannya, sehingga seolah-olah dia tidak melihat hak Allah dalam dirinya, maka Allah akan menanamkan 4 (empat) penyakit dalam dirinya: Kebingungan, yang tiada putusnya, Kesibukan, yang tidak ada ujungnya, Kebutuhan, yang tidak terpenuhi, dan Keinginan yang tidak tercapai.” (HR. Ath-Thabrani).

Ketika kita dihadapkan dengan kesibukan yang tiada henti. Semakin dikerjakan semakin tidak selesai, seakan-akan Allah terus membuat kita tak pernah punya waktu luang. Maka dari itu kita harus berhati-hati, jangan sampai ada hak Allah yang belum di tunaikan. Atau bahkan selalu bingung dalam menghadapi masalah. Yang tadinya hanya keinginan seolah-olah menjadi kebutuhan, dan terus menerus diperbudak hawa nafsu untuk memenuhi setiap keinginan. Karena bisa jadi semua itu timbul karena bentuk teguran Allah kepada kita yang melalaikan hak-haknya.

Bahwa Akan ada Sifat Malas Pada Diri Manusia

Sesungguhnya sudah menjadi sunnatullah bahwa kita akan bertemu pada titik malas beramal, enggan beribadah. Hanya saja bagi seorang mukmin masalah ini harus segera menyadari dan diatasi jangan sampai dinikmati atau bahkan membuat kita terlena. Pada kondisi ini sebenarnya ada penyebab yang membuat kita kurang semangat (futur) yaitu berasal dari maksiat kecil yang tidak terasa atau bahkan kita anggap tidak sederhana. Maka kita harus segera kembali dan bertaubat pada Allah, berlindung dari segala maksiat, baik kecil maupun besar.

Allah berfirman : Dan barangsiapa berpaling dari peringatanku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan Kami akan mengumpulkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta.” (QS. Taha : 124)

Dalam ayat diatas Allah telah menjelaskan dan memperingatkan kepada bahwa ada yang salah antara hubungan kita dengan Allah subhanahu wa ta’ala. Sehingga  kehidupan kita dipenuhi banyak masalah dan kita merasa buntu untuk menyelesaikannya. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga hidup kita mendapatkan pencerahan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Dosa dan maksiat

Diibaratkan seperti sebuah titik noda yang menempel pada hati seseorang. Apabila ia melakukan dosa maka titik itu akan menempel pada hatinya. Apabila tidak segera beristighfar dan bertaubat, maka titik noda itu aka terus menerus melekat padanya. Semakin banyak titik itu memenuhi hatinya maka akan semakin sempit ruang kebaikan di hatinya. Baik dosa kecil ataupun besar semua itu bisa mempengaruhi hati seseorang.

Sebagaimana Allah berfirman : “Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka.” (QS. Al-Muthaffifin :14).

Hal ini juga diperkuat dengan hadits Rasulullah : Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Seorang hamba apabila melakukan suatu kesalahan, maka dititikkan dalam hatinya sebuah titik hitam. Apabila ia meninggalkannya dan meminta ampun serta bertaubat, hatinya dibersihkan. Apabila ia kembali (berbuat maksiat), maka ditambahkan titik hitam tersebut hingga menutupi hatinya. Itulah yang diistilahkan “ar raan” yang Allah sebutkan dalam firman-Nya (yang artinya), ‘Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka’.” (HR. at Tirmidzi)

Mengonsumsi Barang yang Haram

Terdapat sebuah kisah dari salah satu sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Sa’ad bin Abi Waqash, beliau pernah bertanya kepada Rasulullah Saw, “Wahai Rasulullah, doakan saya kepada Allah agar doa saya terkabul.” Rasulullah Saw menjawab, “Wahai Sa’ad, perbaikilah makananmu, maka doamu akan terkabulkan.” (HR. At-Thabrani).

Apa Penyebab Hidup Terasa Sempit
Apa Penyebab Hidup Terasa Sempit

Bahwasanya rasul telah mengajarkan kepada umatnya, untuk selalu menjaga apa yang dimakannya. Karena bisa mempengaruhi terkabulnya sebuah doa. Maksud dari menjaga makanan adalah bukan hanya dari segi kesehatan namun harus terjaga dari kehalalnya. Hal ini pun diperkuat dengan hadits Nabi :

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ”Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut, mukanya berdebu, menengadahkan kedua tangannya ke langit dan mengatakan, “Wahai Rabbku! Wahai Rabbku!” Padahal makanannya haram dan mulutnya disumpal dengan yang haram, maka bagaimanakah akan diterima doa itu?” (HR. Muslim).

Amalan Kemusyrikan

Kemusyrikan adalah pelecehan terbesar terhadap kekuasaan dan keesaan Allah Swt. Terdapat kisah antara orangtua dan anaknya yang diabadikan dalam Alquran. Salah satunya adalah saat Luqman memberikan nasihat kepada anaknya.

Allah berfirman : “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (QS. Luqman: 13).

Perbuatan musyrik sendiri terdapat dalam berbagai macam bentuk. Ada yang musyrik dengan mengagungkan batu, gunung, patung, jimat, pohon, kepala kerbau, bunga-bunga, kuburan, dan benda-benda mati atau hewan-hewan tertentu. Beberapa di antara orang yang musyrik tersebut juga ada yang masih percaya Allah Swt. Namun, mereka juga meyakini adanya kekuatan lain yang bisa melindungi mereka bahkan memberikan rezeki. Hingga akhirnya membuat mereka ketergantungan terhadap sesuatu tersebut.

Kemusyrikan inilah yang membuat hati seseorang menjadi sempit karena takut tidak pada tempatnya. Dan membuat hatinya jauh dari Allah Swt. Sebaliknya, orang yang selalu mengesakan Allah dan menjauhi kemusyrikan akan selalu mendapatkan ketenangan hati.

Allah berfirman : “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al An’am: 82).

Rasa Dendam dan Dengki

Dendam dan dengki merupakan dua hal buruk yang seringkali menghinggapi seseorang meski hanya sedikit. Padahal, meski sedikit, keduanya merupakan penyakit yang bisa menggerogoti hati seseorang. Karena hati yang sempit inilah nantinya tidak akan bisa melihat dan menerima hidayah dan petunjuk serta nikmat Allah yang diberikan untuk orang lain.

Rasulullah saw bersabda : “Menjalar kepada kalian penyakit umat-umat (terdahulu) kedengkian dan kebencian. Itulah penyakit yang akan mencukur gundul. Aku tidak mengatakan bahwa penyakit itu mencukur rambut, melainkan mencukur agama.” (HR. Tirmidzi).

Sehingga kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukan pun juga akan bisa diperburuk dengan adanya rasa dengki. Dalam riwayat lain disebutkan pula Rasulullah Saw bersabda, “Hindarilah dengki karena dengki itu memakan (menghancurkan) kebaikan sebagaimana api memakan (menghancurkan) kayu bakar.” (HR. Bukhari).

Sikap Munafik

Orang-orang munafik adalah kaum pengecut. Karena mereka akan selalu mencari celah dan membuat aman posisi diri mereka sendiri. Namun, bisa dengan tega mereka bisa membuat orang lain celaka karena perkataan atau perbuatan dari si orang munafik tersebut.

Rasulullah Saw bersabda : “Tanda orang munafik itu tiga apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji berdusta, dan jika dipercayai mengkhianati.” (HR. Bukhari).

Tercatat dalam sejarah bahwa ada sebuah sebuah kisah dari Rasulullah saat terjadinya perang Uhud. Saat itu Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan kaum muslimin menyongsong musuh di luar Madinah. Hingga sampailah mereka pada sebuah tempat bernama as-Syauth. Dan diantara pasukanya ada seorang tokoh munafik, Abdullah bin Ubay bin Salul, diikuti oleh 300 orang munafik lainnya memilih untuk kembali dan tidak berperang. Karena mereka beralasan dengan berkata bahwa perang tidak akan terjadi. Pembelotan ini terjadi sebagai bentuk protes kepada Rasulullah yang memilih untuk menyambut kedatangan musuh di luar Madinah. Begitu pengecutnya mereka. Berdalih dengan berbagai alasan demi mengamankan diri mereka sendiri

Sebagaimana tercatat dalam Al-quran : “Ketika dua golongan dari pihak kamu ingin (mundur) karena takut, padahal Allah adalah penolong mereka. Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal. (QS. Ali Imron: 122)

Baca Juga : Inilah Akhlak Seorang Muslim

Yuk kembali kepada sang pencipta dan pengatur

Setelah kita mengetahui berbagai macam masalah yang sering kita hadapi dalam kehidupan ini. Maka dari itu hanya ada satu cara untuk mengembalikan hati yang sempit menjadi lapang dan tenang. Kita harus memaksa diri yang lemah ini untuk kembali kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bukan yang lain, bukah harta, tahta, anak , atau pun istri. Mulai  kembalikan semua urusan, masalah, dan keinginan kepada Allah dan menyebut asma nya. Berharap rahmat kasih sayangnya.

Yuk, sahabat kita bantu mereka para yatim & dhuafa yang membutuhkan, dengan cara klik gambar bibawah ini:

Donasi Sekarang Griya yatim
          Donasi Sekarang Griya yatim
Jangan Khawatir Soal Rezeki

Jangan Khawatir Soal Rezeki

Jangan Khawatir Soal Rezeki
                                           Jangan Khawatir Soal Rezeki

Donasiberkah.org – Definisi Rezeki secara bahasa adalah berasal dari kata razaqa yang artinya (memberi) dan Ar-rizqu artinya (pemberian). Bentuk rezeki pun bermacam- macam, bukan hanya harta tetapi kesehatan, ilmu, umur yang bermanfaat dan anak shaleh pun juga termasuk. Terkadang kita terlalu khawatir tentang masa depan, padahal masa depan masih menjadi misteri. Misteri yang kadang membawa banyak kejutan. Kejutan indah yang datang tanpa disangka-sangka. Inilah artikel tentang jangan khawatir soal rezeki, yuk kita simak artikelnya.

Baca Juga : Istighfar Itu Kunci Rezeki

Karena pada hakikatnya setiap orang telah ditetapkan rezeki untuknya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu setiap orang hendaknya jangan takut tak mendapatkan rezeki. Jika Allah sudah berkehendak seberapapun usahamu apabila bukan rezeki mereka, maka tidak ada orang yang bisa mengambilnya meski mereka berusaha merampasnya. itulah ketentuan takdir. 

Dari Abdullah bin sikhir radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “hartaku….hartaku…..” padahal hakikat dari hartamu wahai manusia, hanyalah apa yang kamu makan sampai habis, apa yang kamu gunakan sampai rusak, dan apa yang kamu sedekahkan, sehingga di hari kiamat.” (HR. Ahmad no.16305 & Muslim no.7609).

Baca Juga : Kerja dan Rezeki yang Halal

Dan Allah memberikan rezeki kepada kita melalui 4 cara yang terkadang kita melupakannya : 

Yang Pertama

Rezeki yang telah dijamin oleh Allah. “Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) dibumi melainkan semuanya dijamin Allah Rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam kitab yang nyata (lauh mahfuzh).” (QS. Hud : 6).

Jangan Khawatir Soal Rezeki
            Jangan Khawatir Soal Rezeki

Yang kedua 

Rezeki yang didapat sesuai ikhtiar. “Dan manusia hanya memperoleh apa yang diusahakannya.” (QS. An-najm : 39)

Yang ketiga 

Rezeki bagi orang-orang yang bersyukur. “ sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan tambahkan (nikmat) kepada mu, jika kamu mengingkari (nikmatku), maka sesungguhnya azabku sangat pedih.” (QS. Ibrahim : 7).

Baca Juga : Jangan Risaukan Rezekimu

Dan yang terakhir

Rezeki, istimewa dari arah yang tak diduga-duga. “Barangsiapa Kepada Allah niscaya dia akan  yang bertaqwa mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya). 

Yuk Berpikir Positif

Nah sahabat, dengan cara inilah Allah memberi rezeki kepada para hambanya. Bersyukurlah, bersabar, sembari terus berikhtiar untuk hasil terbaik. Karena setiap makhluk yang Allah ciptakan Baik Yang mampu mencari rezekinya sendiri atau pun tidak. Allah tetap memberikan jatah rezekinya sebagaimana Allah berfirman : 

Dan berapa banyak makhluk bergerak yang bernyawa yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu. Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Ankabut : 60).

Baca Juga : Mensyukuri Nikmat Dengan Bersedekah 

Dan semoga kita semakin yakin bahwa Allah pemberi Rezeki dan telah menyiapkan rezeki terbaik kita. Dan memberikan kepada kita dengan kadar yang sesuai kebutuhan kita. Yang jelas janganlah kita berputus asa dari rahmat Allah untuk senantiasa berusaha dan berdoa jangan lupa untuk membayar sedekah di link di bawah ini : 

Donasi Sekarang Griya yatim
              Donasi Sekarang Griya yatim
Tata Cara ISOMAN Yang Baik Dan Benar

Tata Cara ISOMAN Mandiri Yang Baik Dan Benar

Tata Cara ISOMAN Yang Baik Dan Benar
                                      Tata Cara ISOMAN Yang Baik Dan Benar

Donasiberkah.org – Sahabat dermawan, kondisi pada hari ini tidak sama dengan hari yang lalu, hal ini disebabkan oleh pandemi covid-19 yang terus menginfeksi masyarakat hingga saat ini. Kita pun bisa melihat pemandangan di rumah sakit yang sangat penuh dengan para pasien yang antri hendak berobat. Sehingga isoman di rumah pun disarankan. 

Baca Juga : Sabar Adalah Kunci Keberhasilan

Namun ternyata, ada yang menemukan kasus yang cukup memprihatinkan dimana seseorang yang sedang isoman di temukan meninggal di tempat tinggalnya. Lalu bagaimana dengan teman atau keluarga yang sedang isoman sendiri? Maka berikut ini tips yang bisa kamu lakukan saat ISOMAN mandiri. 

Selalu Menanyakan Kondisi

Pada saat seseorang terkena covid-19, disarankan untuk memberitahukan kepada keluarga, teman, atau masyarakat sekitar. Apalagi kondisi yang terkena covid seorang diri harap segera melakukan isolasi mandiri. Karena pada saat isolasi mandiri seseorang yang terkena covid tak hanya membutuhkan makan dan suplemen, namun juga butuh bantuan moril. Jika memang cukup dekat jangan sungkan untuk bertanya secara berkala mengenai perkembangannya. Apakah semakin membaik atau memburuk.

Baca Juga : Sabar Terhadap Bencana

Tanyakan Kebutuhan

Kini saatnya kita menanyakan kebutuhannya. Meskipun sahabat tidak bisa membantu, dengan bertanya sahabat bisa meringankan kesulitannya meski hanya dengan memberi menu makan satu kali makan saja.

Tata Cara ISOMAN Yang Baik Dan Benar
    Tata Cara ISOMAN Yang Baik Dan Benar

Pastikan kebutuhan medis terpenuhi

Tidak banyak pasien yang tenang saat mengalami penyakit ini. Maka pastikan ia sudah memegang no. kotak dokter, kalau suatu saat keadaan pasien sudah darurat dan harus segera dilarikan ke rumah sakit.  Jika teman atau keluarganya masih bingung, minta segera aga ia melaporkan keadaannya ke satga covid-19 setempat.

Berikan nomor, atau akses telemedicine untuk memudahkannya berkonsultasi jika diperlukan. Jika ada obat yang harus dibelinya, maka kamu bisa membantu membelikan atau memesankannya. Dengan begitu, kondisinya bisa terjamin meski hanya sendiri di rumah saja. 

Baca Juga : Manfaat Sabar bagi kesehatan

Sesekali Ajak Ngobrol Berkala Atau Bergantian

Karena kondisi seseorang akan merasa kesepian di saat sendiri, apalagi jika sedang isoman, tidak boleh bertemu orang lain selama beberapa hari. Belum lagi ditambah kondisi fisik yang belum fit sehingga tidak banyak hal yang dapat dilakukan. Dan hanya menghabiskan waktu untuk berdiam diri, nonton, atau membaca buku. 

Untuk mengurangi kebosanan dan kesepian, maka ajaklah untuk mengobrol dan rutin menanyakan kabarnya. Bisa dengan chattingan atau melakukan video call secara bergantian atau berkala, dengan begini ia tak merasa stres dan depresi.

Sahabat Dengan ponsel di genggaman, kamu bisa melakukan banyak hal. Jadi, jangan abai dengan teman dan keluarga yang sedang melakukan isoman sendiri di rumah, ya!

Baca Juga : Manfaat Besar Bagi Orang Yang Selalu Berdoa

Mari kita terus saling merangkul satu sama lain untuk melawan wabah virus ini agar segera sirna. Dengan bekerja sama, saling bantu dan tolong menolong insya Allah bangsa Indonesia akan terselamatkan dari wabah ini. Yuk jangan lupa iri dengan amal kebaikan di link kebaikan di bawah ini :

Donasi Sekarang Griya yatim
          Donasi Sekarang Griya yatim
Lawan Hawa Nafsumu

Lawan Hawa Nafsumu

Lawan Hawa Nafsumu
                                                Lawan Hawa Nafsumu

Donasiberkah.org – Sahabat Dermawan, sudah menjadi ketetapan Allah bahwa setiap manusia memiliki hawa nafsu yang menjadi bagian dari dirinya. Oleh karena itu ketika nafsu tidak bisa dikendalikan maka manusia akan menjadi seenaknya sendiri tidak memperdulikan himbauan atau bahkan aturan. Yang dapat menjaga kenyaman dan keharmonisan hubungan atara manusia satu dengan yang lainnya. Inilah artikel tentang lawan hawa nafsumu, yuk kita simak artikelnya.

Baca Juga : Nafsu Merupakan Bagian Ruhani

Sahabat, maka perang melawan hawa nafsu menjadi amat sulit dan berat, karena musuh yang di perangi tidak terlihat, tidak tampak, dan tidak dirasakan. Seseorang tidak selalu mengetahui bahwa dirinya sedang memiliki musuh. Yang dimana sebenarnya musuh itu adalah dirinya sendiri. Dan hal ini menyebabkan seseorang beranggapan bahwa sesuatu yang benar dikatakan keliru dan yang salah dikatakan benar. Jika hal itu terus berlanjut, akan berakibat merugikan diri sendiri dan orang lain atau bahkan membuat celaka.

Jangan Kalah Dengan Hawa Nafsu 

Apabila seseorang telah menjadikan hawa nafsu sebagai sesuatu yang harus diikuti, maka yang bersangkutan telah mengalami kekalahan. Karena mereka tidak merasakan bahwa dirinya telah kalah perang, yaitu dengan dirinya sendiri. Akal berusaha untuk mempertimbangkan, tetapi nafsunya tidak bisa dikendalikan. Maka sebenarnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menurunkan panduan atau tuntunan yaitu berupa Al-quran dan Al-hadits dalam agama Islam.

Allah berfirman : “Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?,” (QS. Al-Furqan Ayat 43)

Kemudian Allah berfirman dalam ayat lain : “Dan aku tidak (menyatakan) diriku bebas (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan, kecuali (nafsu) yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. surah Yusuf Ayat 53 

Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kita dapat menemukan orang yang tidak mampu mengendalikan hawa nafsunya. Atau bahkan diri kita termasuk ke dalamnya. Ketika seseorang sudah memiliki jabatan, harta, kekayaan, kehormatan dan lain-lain. 

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Mukmin yang paling utama keislamannya adalah umat Islam yang selamat dari keburukan lisan dan tangannya. Mukmin paling utama keimanannya adalah yang paling baik perilakunya. Muhajirin paling utama adalah orang yang meninggalkan larangan Allah. Jihad paling utama adalah jihad melawan nafsu sendiri karena Allah.” (HR. Ahmad, Tirmizi, Abu Daud & Ibnu Hibban). 

Lawan Hawa Nafsumu
           Lawan Hawa Nafsumu

Dalam buku Mizan al-’amal karya imam al-ghazali menyebutkan bahwa ada 3 tingkatan manusia dalam menangani hawa nafsu :

  • Pertama 

Orang yang sepenuhnya dikuasai oleh hawa nafsunya dan tidak dapat melawannya sama sekali. Ini merupakan keadaan manusia pada umumnya. Dengan begitu, ia sungguh telah mempertuhankan hawa nafsunya seperti dimaksud ayat ini: “Maka, pernahkah kamu melihat orang yang telah menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmuNya.” (QS. Al-Jatsiyah Ayat 23).

  • Kedua 

Orang yang senantiasa dalam pertarungan melawan hawa nafsu. Pada suatu kali ia menang dan pada kali yang lain ia kalah. Kalau maut merenggutnya dalam pertarungan ini, maka ia tergolong mati syahid.

Dikatakan demikian, karena ia sedang dalam perjuangan melawan hawa nafsu sesuai perintah Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, ”Berjuanglah kamu melawan hawa nafsumu sebagaimana kamu berjuang melawan musuh-musuhmu.” Ini merupakan tingkatan manusia yang tinggi di bawah para nabi dan wali-wali Allah.

  • Ketiga

Orang yang sepenuhnya dapat menguasai dan mengendalikan hawa nafsunya. Inilah orang yang mendapat rahmat Allah, sehingga terjaga dan terpelihara dari dosa-dosa dan maksiat. Menurut Ghazali, ini merupakan tingkatan para nabi dan wali-wali Allah. Dalam perjuangan melawan hawa nafsu, menurut Ghazali, manusia dituntut ekstra hati-hati dan waspada secara terus-menerus, supaya ia jangan tertipu (ghurur). Kata Ghazali, banyak orang merasa telah bekerja dan berjuang untuk agama, nusa, dan bangsa, padahal sesungguhnya ia bekerja hanya untuk kepentingan dirinya sendiri dan untuk memuaskan egonya.

Sikap waspada juga diperlukan karena sering timbul kerancuan (iltibas) antara perintah akal (kebaikan) dan nafsu (keburukan). Berbeda dengan nafsu, akal secara umum menyuruh manusia kepada kebaikan. Namun, suatu saat kita bisa ragu-ragu dan tidak mampu mengidentifikasi dan menetapkan pilihan.

Dalam situasi demikian, Ghazali menganjurkan agar kita berpihak dan memilih sesuatu yang menyusahkan dari pada yang menyenangkan. Alasannya, kebaikan pada umumnya menuntut kerja keras dan pengorbanan, sehingga terkesan menyusahkan. Kata Nabi Muhammad SAW: ”Surga dipagari oleh hal-hal yang tidak disukai, sedangkan neraka diliputi oleh hal-hal yang menyenangkan. 

Tentu saja, upaya mengendalikan hawa nafsu ini bukan perkara gampang. Karakter nafsu yang abstrak dan kerap kali memantik kenikmatan dunia menjadikannya sebagai musuh yang sulit untuk ditandingi. Dan apabila kita semua ingin mencontoh dari salah satu dari tingkatan di atas, maka kehidupan kita terasa akan sejuk, damai dan tenang.

Kalau seseorang itu lemah melawan hawa nafsu, maka banyak ajaran islam yang terabaikan. Banyak perintah Allah yang dilalaikan. Jadi hanya dengan mujahadatun nafsi, barulah ajaran agama islam dapat kita amalkan. Dan perbuatan maksiat dapat kita tinggalkan. Karena nafsu yang menghalangi itu tidak ada lagi. Karena nafsu telah kita didik, kita kalahkan, dan sudah menjadi tawanan kita.

Baca Juga : Berbuatlah Kebaikan

Iringi Dengan Kebaikan 

Yuk Kak, iringi dengan kebaikan bersedekah untuk pemberdayaan adik-adik yatim & dhuafa melalui link kebaikan di bawah ini : 

Donasi Sekarang Griya yatim
               Donasi Sekarang Griya yatim
Jangan Malas Berdoa

Jangan Malas Berdoa

Jangan Malas Berdoa
                                               Jangan Malas Berdoa

Donasiberkah.id – Setiap kaum muslimin pasti sering melakukan amalan doa. Karena ini adalah amalan yang tidak terikat dengan waktu. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sesuai dengan adab-adab yang ditetapkan syariat. Biasanya seorang muslim melakukan doa ketika telah selesai melaksanakan shalat. Inilah artikel tentang jangan malas berdoa, yuk kita simak artikelnya.

Baca Juga : Perlunya Menjaga Amal Kebaikan

Mengingat bahwa Rasulullah telah menyampaikan kepada umatnya untuk jangan luba berdoa. Terutama di waktu-waktu yang mustajab. Karena sesungguhnya manusia adalah makhluk yang lemah di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di saat kesulitan, kesusahan dan musibah yang menimpa hanya Allah lah yang bisa menolong. 

Maka dari itu, karena sangat pentingnya doa sampai disebutkan bahwa doa adalah senjatanya orang beriman. Meskipun demikian rasa malas untuk berdoa sering menimpa sebagian umat islam. Bahkan setelah selesai shalat wajib pun, mereka enggan untuk berdoa. Padahal Nabi shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda dalam haditsnya.

Dari Abu Hurairah r.a ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “manusia yang paling lemah adalah mereka yang paling malas berdoa (kepada Allah). Dan manusia yang paling pelit adalah manusia yang paling pelit memberi salam.” (HR. Thabrani & Ibnu Hibban)

Bahkan Allah berfirman : “Dan rabbmu berfirman, “berdoalah kepadaku, niscaya akan kuperkenankan bagimu”. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepadaku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina.” (QS. Al-Ghafir Ayat 60)

Malas Berdoa Menurut Syekh Abdul Qadir jailani

Sebenarnya apa yang menyebabkan manusia malas dan enggan untuk berdoa ? syekh Abdul Qadir Jailani mengatakan dalam kitabnya Futuhul Ghaib bahwa : “seseorang menjadi malas dan urung untuk berdoa ada2 hal.” 

Jangan Malas Berdoa
                   Jangan Malas Berdoa

Semua perkara sudah ada ketentuannya

Adakalanya seseorang tidak meminta apa-apa kepadanya, dengan pemahaman bahwa segala sesuatu itu telah ditetapkan oleh Allah. Diminta atau tidak sesuatu itu pasti datang. Jika perkara itu tidak ditetapkan untukku maka itu tidak akan kudapatkan, sekalipun memintanya. Dan janganlah iri kepada sebagian kamu atas apa yang dikaruniakan Allah kepada mereka. Karena bagi orang laki-laki ada bagian dari apa yang telah mereka usahakan. Dan bagi perempuan ada bagian dari apa yang telah mereka usahakan. Dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunianya.

Pada hakikatnya berdoa adalah refleksi dari penghambaan dan kehinaan seorang hamba. Yang sangatlah wajar untuk selalu menggantungkan permintaan apapun kepada rabbnya, tidak kepada selain Allah.

Doa yang Tidak Terkabul

Biasanya dalam keadaan ini seseorang mengatakan : “sesungguhnya aku telah meminta kepada Allah, Namun dia tidak memperkenankan permintaan ku, maka sekarang aku tidak mau lagi memohon kepadanya.

Namun sebaliknya sering terjadi, doanya tidaklah dikabulkan, walau sangat keras ikhtiarnya untuk terus berdoa dan meminta kepada Allah. Dipihak lain orang yang jarang berdo’a atau biasa-biasa saja malah sering terlihat oleh dirinya malah mendapat karunia Allah terpenuhi permintaannya.

Jika suatu perkara itu tidak diperuntukan kepada mu, jika dirimu tetap miskin, maka Allah akan mengaruniakan rasa cukup, rasa gembira, walaupun dalam keadaan miskin. 

Yuk Kuatkan Doa Sebagai Senjata orang beriman

Yakinlah bahwa Allah tidak menyia-nyiakan doa seorang hambanya. Karena bisa jadi, seseorang pasti mendapatkan apa yang menjadi permintaannya, jika tidak di dunia, maka diakhirat kelak seseorang akan mendapatkannya. Begitulah bahwa Allah akan meletakkan sesuatu pada tempat yang semestinya, dan memberi seseorang atas apa yang pantas diberikan kepadanya. Tidaklah sia-sia amalan walau sebiji zarah itu yang dilakukan pasti ada balasannya.

Baca Juga : Balasan Amalan Kebaikan Bagi Orang Yang Berinfaq

Dengan berdoa, seseorang akan berupaya dari dalam dirinya sendiri untuk membuang kebanggaan dan kesombongan diri. Dan itu adalah perbuatan baik dan memiliki balasan di sisi Allah yang maha gagah lagi maha agung. Sebagian manusia terlalu sombong, tidak mau berdoa, seakan ia bisa menghasilkan sesuatu tanpa pertolongan dari Allah Ta’ala. Sebagian manusia terlalu sombong, jarang berdoa, seakan kekuatan manusiawinyalah yang dapat mewujudkan seluruh asa dia tanpa pertolongan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Yuk hilangkan rasa sombong dan jangan lupa bersedekah di link bawah ini : 

Donasi Sekarang Griya yatim
              Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID