News

Sahabat Dermawan, sebagai makhluk hidup mempunyai kebutuhan yang sifatnya fisik maupun non fisik. Kebutuhan itu tidak dapat dihentikan selama hidup manusia untuk mencapai kebutuhan itu. Dalam upaya menanamkan kepekaan untuk saling tolong menolong, kita dapat membiasakan diri dengan menginfakkan atau memberikan sebagian rezeki yang kita peroleh meskipun sedikit, seperti memberi makan kepada anak yatim dan dhuafa. Yuk kita Bantu Gizi Untuk Anak Yatim & Dhuafa.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghabur-haburkan hartamu secara boros…” (QS. Al-Isra : 26).

Meskipun telah banyak yang mengetahui bahwa setiap orang harus mengkonsumsi makanan yang terdiri dari empat sehat lima sempurna, namun belum tentu semua orang punya dan bisa mendapatkannya untuk dikonsumsi, terlebih mereka anak yatim dan dhuafa. Saudara-saudara kita yang  kurang beruntung, yakni anak-anak yatim dan dhuafa.

Bantu Gizi Untuk Anak Yatim & Dhuafa

Kak, jangankan memakan-makanan bernutrisi, untuk makan sehari-hari saja sudah menjadi barang yang sangat istimewa bagi mereka.

Kemudian Allah memerintahkan kita untuk memperhatikan hak-hak anak yatim dan fakir miskin. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Tidaklah kau melihat orang yang menipu agama? yaitu mereka yang membiarkan anak-anak yatim terlantar, dan tidak peduli atas makanan orang miskin” (QS. Al-Maun : 1-3).

Jadi di dalam ayat tersebut, Allah telah menyuruh kepada kita untuk selalu memperhatikan anak yatim dan juga memberi makan kepada orang miskin.  

Menyantuni dan menyayangi mereka adalah sebuah kemuliaan. Mereka adalah sosok yang harus dikasihi, dipelihara dan di perhatikan, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik” (QS. Al-Baqarah : 220).

Baca Juga : Bantuan Peduli Gizi Yatim dan Dhuafa

Mereka yang menyisihkan sebagian rezeki yang mereka miliki untuk menyantuni anak-anak yatim dan dhuafa dengan memberikan mereka makanan bernutrisi.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang mengikut sertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga” (HR. Abu Ya’la dan Thabrani).

Menyantuni dan menyayangi mereka adalah sebuah kemuliaan. Semoga menjadi jalan buat kita mendapat kemuliaan dari Allah dan RasulNya. Aamiin 

Sahabat Dermawan,  Bulan Muharram termasuk bulan yang dimuliakan Allah Ta’ala. Begitu mulianya, ia dijuluki dengan syahrullah (bulan Allah). Bulan Muharram memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah sedekah. Yuk sambut Muharram Moment Tepat Bahagiakan Yatim.

Sedekah di hari ke sepuluh bulan Muharram, sahabat Rasulullah pernah menyatakan mengenai keutamaan sedekah di bulan Muharram, dimana Amru bin Ash berkata : “Barangsiapa berpuasa Asyura`, maka ia seperti berpuasa satu tahun. Barang siapa bersedekah pada hari itu, maka ia seperti bersedekah satu tahun. (Riwayat Abu Musa Al Madini).

Muharam waktu tepat untuk berpuasa dan bersedekah

Sungguh luar biasa begitu cintanya Allah kepada hambanya yang mau berpuasa dan mau bersedekah pada hari itu. Mungkin kita belum bisa bersedekah selama satu tahun kak, akan  tetapi jika kita bersedekah pada hari itu sama halnya kita bersedekah selama satu tahun dan begitu pula dengan balasannya.

Muharram Moment Tepat Bahagiakan Yatim

Salah satu keistimewaan lain dari bulan Muharram adalah sebutan yang disematkan padanya yakni lebarannya anak yatim. Terkait hal ini, Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Cholil Nafis, menjelaskan mengapa bulan Muharram identik dengan lebaran anak yatim.

Akan Dinaikan Derajatnya

Menurutnya, anggapan tersebut sebetulnya didasarkan pada sebuah hadits yang antara lain terdapat di kitab Tanbih al-Ghafilin. KH Cholil Nafis mengatakan, dalam hadits tersebut disebutkan bahwa Rasulullah bersabda : ”Man masaha yadihi ala ra’si yatiim yaum asyura rafa’allahu ta’ala bi kulli sya’ratin darajah.”

Hadis tersebut, lanjut KH Cholil, menjelaskan bahwa siapa yang menyantuni anak yatim pada hari Asyura atau 10 Muharram, maka derajatnya akan dinaikkan Allah Ta’ala.

Bulan Muharram adalah salah satu momentum tepat untuk kita mengenang dan mengikuti Rasulullah, yaitu menyayangi anak yatim. Seorang muslim yang ingin dekat dengan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam di surga hendaklah menyantuni anak yatim.

Kedekatan antara orang yang menyantuni anak yatim dan Rasulullah di surga diibaratkan seperti jari telunjuk dengan jari tengah. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini,” kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya” (HR. Bukhari)

Baca Juga : Yuk Kita Menyantuni Anak Yatim

Allah mencintai hamba-Nya yang bermurah hati kepada anak yatim. Rasulullah saw. pernah berkata bahwa Allah tidak akan mengazab orang yang mengasihi, berlaku ramah, serta bertutur kata manis kepada anak yatim. Seorang muslim yang menyantuni anak yatim akan memperoleh jaminan perlindungan di hari kiamat kelak. Perbuatan baiknya selama di dunia akan menjauhkannya dari siksa dan api neraka.

Rasulullah sangat menyayangi anak yatim. Maka, hari baik Asyura itu dipakai sebagai momentum untuk menyantuni anak yatim. Maka yuk Muharram Moment Tepat Bahagiakan Yatim, Hadits tersebut untuk mengasah akhlak umat Muslim agar senantiasa memberi kasih sayang kepada anak yatim.

Sahabat dermawan, Sesuai dengan perintah dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 2 yang artinya : …“Dan tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan taqwa.” Sebagai umat muslim, menolong sesama muslim adalah suatu kewajiban. Oleh karena itu, jika ada yang membutuhkan bantuan haruslah kita bantu. Kali ini Laznas Griya Yatim & Dhuafa (GYD) bergerak dalam program Bantuan Pangan, bantuan perlengkapan sekolah yatim & dhuafa, Baksos dan bantuan Biaya hidup  ke Pedalaman Lebak Banten.

Di negeri ini, banyak saudara kita, adik-adik kita yang membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya, baik berupa sandang, pangan, maupun papan. Salah satu bantuan yang mereka sangat butuhkan adalah bantuan pemenuhan gizi anak-anak, bantuan perlengkapan sekolah anak yatim & dhuafa yang memang sangat dibutuhkan  agar anak-anak mereka bisa tumbuh sehat dan pintar.

 Bantuan ke Pedalaman Curug Banten

Alhamdulillah, penyaluran Pangan untuk Yatim & Dhuafa serta pembagian sarana perlengkapan sekolah di 3 wilayah yaitu di SDN 3 Parung Kujang desa Parung Kujang kecamatan  Cileles Kab Lebak, di SDN 1 Kujangsari desa Kujangsari  dan di daerah Cinangsih desa Cikareo telah terdistribusikan. Suasana bahagia menghiasi anak-anak yatim & dhuafa disaat petugas Griya Yatim & Dhuafa (GYD) menyalurkan Bantuan Pangan dan pembagian perlengkapan sekolah  untuk anak-anak yatim & dhuafa.

Kondisi pandemi yang belum kunjung usai membuat semua elemen masyarakat, tidak terkecuali para janda  dan orang jompo merasakan betul dampaknya. Melihat kondisi demikian, Laznas  Griya Yatim & Dhuafa secara konsisten memberikan bantuan berupa bantuan baksos serta biaya hidup kepada para janda dan orang jompo di pedalaman Lebak Banten .

Sahabat Dermawan, perjalanan yang sangat extrim dan banyak sekali rintangan. Tetapi tidak membuat kami pasukan Griya Yatim menyerah dalam berbagi kepedulian di daerah pelosok Banten. 

Baca Juga : Bantuan Perlengkapan Sekolah Oleh Griya Yatim & Dhuafa

Terima kasih tidak terhingga kami sampaikan kepada seluruh Kakak-Kakak Sahabat Dermawan dan Orang Baik yang tidak pernah lelah menemani kami dalam membantu anak-anak yatim & dhuafa dan para janda. Sehingga dapat terwujud program-program yang bermanfaat untuk anak-anak yatim & dhuafa serta kaum dhuafa.

Sahabat dermawan dan orang baik, ucapan syukur dan bahagia mereka untukmu. Semoga sekecil apapun bantuan sahabat dermawan dan orang baik dibalas oleh Allah dengan kebaikan berlimpah.

Yuk terus bantu kami untuk penuhi kebutuhan saudara-saudara kita yang membutuhkan, dengan cara berdonasi di https://kitabisa.com/campaign/panganyatimdandhuafa. Sahabat, jangan berhenti untuk melakukan kebaikan, dengan terus menunaikan kewajiban dari sebagian penghasilan kita. Semoga sedekah kita membersihkan jiwa dan memberkahi harta kita. Aamiin.

Sahabat dermawan, Sejalan dengan perintah dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 2 yang artinya : …“Dan tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan taqwa.” Sebagai umat muslim, menolong sesama muslim adalah suatu kewajiban. Oleh karena itu, jika ada yang membutuhkan bantuan haruslah kita bantu. Kali ini, Griya Yatim & Dhuafa (GYD) bergerak dalam program Bantuan Pangan ke Pedalaman Lebak Banten.

Di negeri ini, banyak saudara kita, adik-adik kita yang membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya, baik berupa sandang, pangan, maupun papan. Salah satu bantuan yang mereka sangat butuhkan adalah bantuan pemenuhan gizi anak-anak, agar anak-anak mereka bisa tumbuh sehat.

Bantuan Pangan ke Pedalaman Curug Banten

Alhamdulillah, penyaluran Pangan untuk Yatim & Dhuafa di wilayah Lebak dan sekitarnya telah terdistribusikan. Suasana bahagia menghiasi anak-anak yatim & dhuafa disaat petugas Griya Yatim & Dhuafa (GYD) menyalurkan Bantuan Pangan untuk anak-anak yatim & dhuafa di Kampung Kenceh RT.03/04, Curug Lebak-Banten.

Kondisi pandemi yang belum kunjung usai membuat semua elemen masyarakat, tidak terkecuali anak-anak yatim & dhuafa merasakan betul dampaknya. Melihat kondisi demikian, Griya Yatim & Dhuafa secara konsisten memberikan bantuan pangan ke pedalaman lebak banten untuk anak-anak yatim & dhuafa yang membutuhkan.

Terima kasih tidak terhingga kami sampaikan kepada seluruh Kakak-Kakak Sahabat Dermawan dan Orang Baik yang tidak pernah lelah menemani kami dalam membantu anak-anak yatim & dhuafa. Sehingga dapat terwujud program-program yang bermanfaat untuk anak-anak yatim & dhuafa serta kaum dhuafa.

Baca Juga : Bantuan Peduli Gizi Yatim dan Dhuafa

Sahabat dermawan dan orang baik, ucapan syukur dan bahagia mereka untukmu. Semoga sekecil apapun bantuan sahabat dermawan dan orang baik dibalas oleh Allah dengan kebaikan berlimpah.

Yuk terus bantu kami untuk penuhi kebutuhan saudara-saudara kita yang membutuhkan, dengan cara berdonasi di kitabisa. Sahabat, jangan berhenti untuk melakukan kebaikan, dengan terus menunaikan kewajiban dari sebagian penghasilan kita. Semoga sedekah kita membersihkan jiwa dan memberkahi harta kita. Aamiin.

Sahabat dermawan, Sejalan dengan perintah dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 2 yang artinya : …“Dan tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan taqwa.” Sebagai umat muslim, menolong sesama muslim adalah suatu kewajiban. Oleh karena itu, jika ada yang membutuhkan bantuan haruslah kita bantu. Kali ini, Griya Yatim & Dhuafa (GYD) bergerak dalam program Bantuan Peduli Gizi Yatim dan Dhuafa.

Di negeri ini, banyak saudara kita, adik-adik kita yang membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya, baik berupa sandang, pangan, maupun papan. Salah satu bantuan yang mereka sangat butuhkan adalah bantuan pemenuhan gizi anak-anak, agar anak-anak mereka bisa tumbuh sehat dan cerdas.

Sahabat dermawan, Alhamdulillah telah tersalurkan bantuan Peduli Gizi untuk anak-anak yatim & dhuafa di sekitar lingkungan asrama Griya Yatim & Dhuafa (GYD) cabang Medan. Program ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar kita dalam membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Bantuan Peduli Gizi Yatim dan Dhuafa

Suasana riang gembira menghiasi anak-anak yatim dan dhuafa disaat petugas Griya Yatim & Dhuafa (GYD) menyalurkan Bantuan Peduli Gizi untuk anak-anak yatim dan dhuafa cabang Medan. 

“Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar, kesehatan mereka adalah tanggung jawab kita bersama, terlebih ditengah kondisi seperti sekarang ini, semoga dengan gizi yang cukup, anak-anak semakin kuat dan sehat.” tutur Pak Agus selaku Kepala asrama cabang Medan – Sumatera Utara.

Harapan kami dengan adanya bantuan gizi kepada anak-anak semoga kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi serta dapat membuat mereka menjadi sehat dan aktif dalam belajar dan beraktifitas nya.

“Terima kasih kepada Griya Yatim & Dhuafa atas bantuan gizi kepada kami semua.” ucap Bu Anita dengan raut wajah gembira.

Sahabat dermawan dan orang baik, ucapan syukur dan bahagia mereka untukmu. Semoga sekecil apapun bantuan sahabat dermawan dan orang baik dibalas oleh Allah dengan kebaikan berlimpah.

Baca Juga : Bantuan Nutrisi Untuk Anak-anak Yatim dan Dhuafa Kampung Setu – Tangsel

Yuk terus bantu kami untuk penuhi kebutuhan saudara-saudara kita yang membutuhkan, dengan cara berdonasi di https://kitabisa.com/campaign/panganyatimdandhuafa. Sahabat, jangan berhenti untuk melakukan kebaikan, dengan terus menunaikan kewajiban dari sebagian penghasilan kita. Semoga sedekah kita membersihkan jiwa dan memberkahi harta kita. Aamiin.

Mereka Butuh HP & Kuota untuk Lanjutkan Pendidikan

Sahabat dermawan, kondisi pandemi banyak kisah memprihatinkan yang timbul, seperti makin banyaknya pekerja yang di-PHK, pekerja informal yang semakin miris keadaanya, dan masyarakat menengah kebawah lainnya yang tidak terhitung semakin terhimpit kehidupannya.  Mereka Butuh HP & Kuota untuk Lanjutkan Pendidikan pada masa pandemi seperti ini.

Problema baru yang muncul yang tidak kalah hebatnya adalah nasib para siswa. Sebagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mencegahnya penularan Covid-19, Pemerintah mengeluarkan sebuah kebijakan-kebijakan. Salah satunya kepada sekolah-sekolah agar anak didiknya belajar dari rumah dengan metode belajar menggunakan sistem daring (dalam jaringan) atau online. Sehingga setiap siswa membutuhkan yang namanya gadget, baik berupa handphone, laptop, komputer serta kuota.

Karena proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini, maka Handphone & Kuota menjadi barang yang sangat dibutuhkan untuk lancarnya proses belajar mengajar. Selama masa pandemi, para siswa banyak menggunakan Handphone & Kuota untuk proses belajar, dan banyak siswa yang tidak punya Handphone, atau kalaupun ada tetapi pemakaiannya harus bergantian.

Hal demikian banyak dialami oleh para siswa, tidak terkecuali para siswa anak-anak yatim & dhuafa. Seperti yang dialami oleh siswa anak-anak yatim & dhuafa cabang Tekno – Tangsel.

Mereka Butuh HP & Kuota untuk Lanjutkan Pendidikan

Umi dan Abi asrama (Abi Anda Suhanda & Umi Evi) bercerita : “HP hanya dua dan dipakai bergantian untuk sepuluh anak asuh”. “Sepuluh anak asuh ada yang SD hingga SMP, HP bergantian dan sering sampai malam baru selesai mengerjakan tugas dari sekolah”  tambah Umi Evi.

Baca Juga : Bantuan Perlengkapan Sekolah Oleh Griya Yatim & Dhuafa

Harapan Abi & Umi semoga fasilitas belajar online seperti HP. 1 HP digunakan 2 anak, agar anak-anak bisa maksimal mengikuti pelajaran sekolah.

Melihat ketidak normalan ini, Griya Yatim & Dhuafa mengajak Sahabat dermawan, untuk membantu 390 siswa anak-anak yatim & dhuafa dengan ikut Gerakan #HPdanKuotaUntukBelajar untuk anak yatim dhuafa, agar mereka bisa melanjutkan pendidikan dengan cara klik : Fasilitas Belajar Online Yatim & Dhuafa

Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda : “Barangsiapa yang membantu seorang Muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia, maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada Hari Kiamat. Dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang Muslim yang sedang kesulitan, maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim).

Yuk kak, bantu penuhi kebutuhan Mereka, Butuh HP & Kuota untuk Lanjutkan Pendidikan untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

 

Disaat ini, penyebaran wabah virus corona telah semakin marak dimana-mana. Menjaga tubuh kita tetap sehat adalah hal yang paling utama, agar imunitas dalam tubuh kita tetap kuat sehingga dapat melawan berbagai virus penyakit yang menyerang tubuh kita. Cara agar tubuh kita tetap sehat adalah dengan istirahat yang cukup, berolahraga, dan makan makanan yang bernutrisi. Terutama anak-anak yang tingkat kekebalan tubuhnya masih rendah.

Kondisi pandemi yang belum kunjung usai membuat semua elemen masyarakat, tidak terkecuali masyarakat menengah kebawah merasakan betul dampaknya. Melihat kondisi demikian, Griya Yatim & Dhuafa secara konsisten dan terjadwal memberikan bantuan tepat guna untuk anak-anak yatim & dhuafa dan masyarakat dhuafa yang membutuhkan.

Suasana bahagia menghiasi anak-anak yatim & dhuafa dan lansia disaat petugas LAZNAS Griya Yatim & Dhuafa (GYD) datang untuk menyalurkan Bantuan Nutrisi untuk anak-anak yatim & dhuafa dan Bantuan Biaya Hidup untuk para lansia di Kampung Setu-Tangsel.

Bantuan Nutrisi Untuk Anak-anak Yatim dan Dhuafa Kampung Setu - Tangsel

(Foto Dok. Pemberian Nutrisi untuk anak-anak Yatim dan Dhuafa.

“Alhamdulillah acara baksos berjalan dengan lancar, anak-anak yatim & dhuafa serta lansia nampak bahagia, pada kesempatan baksos kali ini kami mengucapkan terima kasih karena didampingi oleh Ibu Ruspiyanti selaku Ketua RT dan Bpk Dores dari petugas Kesos Kelurahan setempat.” tutur Pak Aminudin selaku koordinator relawan Griya Yatim & Dhuafa (GYD).

Sahabat dermawan, Alhamdulillah bantuan nutrisi untuk anak-anak yatim & dhuafa dan bantuan biaya hidup untuk para lansia telah di-distribusikan di daerah Setu – Tangsel. Ucapan syukur dan doa mengalir dari anak-anak yatim & dhuafa dan para lansia, mereka berdoa agar keberkahan menyertai kita semua. Sahabat dermawan dan orang baik, ucapan syukur, doa dan bahagia mereka untukmu.  

Baca Juga : Bantuan Perlengkapan Sekolah Oleh Griya Yatim & Dhuafa

Sahabat Dermawan, Yuk kita bersama melawan wabah virus corona ini. Juga merangkul orang-orang yang kurang mampu, yaitu yatim dan dhuafa agar kita semuanya dapat terhindar dari wabah virus corona. Jadi, Yuk kita berdonasi di donasiberkah.id, dan bersama-sama membantu mereka dalam melawan virus corona.

Semoga sekecil apapun bantuan sahabat dermawan dan orang baik dibalas oleh Allah dengan kebaikan berlimpah. Ayo terus lakukan kebaikan, dengan terus menunaikan kewajiban dari sebagian penghasilan kita. Semoga Zakat kita membersihkan jiwa dan memberkahi harta kita.

Kak, Allah Ta’ala telah memberikan kemudahan kepada hambaNya melalui berbagai jalan untuk selalu berbuat kebaikan. Salah satunya adalah dengan menyantuni anak yatim. Anak yatim yang tidak memiliki orang tua lengkap serta kurang mampu dalam hal material membutuhkan bantuan untuk menjalani kehidupan. Oleh karena itu, orang-orang yang mampu hendaknya mengasihi serta menyantuni anak yatim. Yuk Kita Menyantuni Anak Yatim Sebagaimana Allah berfirman : “Mereka bertanya tentang anak yatim, maka katakan lah memperbaiki keadaan mereka baik.” (QS. Al-Baqarah : 220)

Apa saja cara-cara yang dapat sahabat lakukan untuk menyantuni anak yatim?

Menyantuni Anak Yatim

Kegiatan menyantuni kepada anak yatim merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan manusia untuk mensyukuri segala nikmat yang Allah berikan kepada sahabat.

1. Memberikan Kebutuhan Pokok

Setiap manusia pastinya membutuhkan yang namanya sandang, pangan, dan papan untuk menjalani hidup. Begitu juga dengan anak yatim yang serba kekurangan. Kebutuhan pokok bisa diberikan kapan saja, termasuk memberikan sembako, pakaian, uang santunan, maupun sumbangan hari raya.

2. Membantu Anak Yatim Menuntut Ilmu

Santunan anak yatim tidak hanya berupa kebutuhan dasar saja kak, tetapi mereka butuh juga dukungan untuk mencari ilmu. Kakak dapat memberikan beasiswa kepada anak yatim, terutama bagi anak-anak yatim yang berprestasi. Selain bantuan uang tunai sahabat juga bisa menyumbangkan buku-buku pengetahuan yang bermanfaat ataupun memberikan peralatan sekolah untuk mendukung proses pembelajaran mereka.

3.Membantu Pengembangan Potensi atau Keterampilan

Sahabat dapat memberikan bantuan dana untuk pengembangan potensi anak-anak yatim. Jadi, selain pembelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah, anak-anak yatim juga bisa mengembangkan potensi dan kreativitas sebagai bekal untuk menjalani kehidupan di masa yang akan mendatang. Kakak juga dapat memberikan dana untuk rekreasi, menyalurkan dana untuk kursus sesuai minat dan bakat para anak-anak yatim tersebut.

Selain memberikan santunan berupa harta, jangan lupa untuk memberikan pelindungan serta kasih sayang kepada anak-anak yatim. Hal ini dikarenakan Allah melarang manusia untuk menghardik anak-anak yatim, sebagaimana Allah berfirman : “Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? Maka itulah orang-orang yang menghardik anak yatim.” (QS. Al-Ma’un : 1-2)

Keutamaan-keutamaan Menyantuni anak yatim

Berada dekat dengan Rasulullah di surga

Begitu besar keutamaan menyantuni anak yatim yang dapat kakak  dapatkan.  Allah memberikan pahala bagi orang-orang yang ikhlas dalam menyantuni anak yatim. Orang yang menyantuni anak yatim akan dimasukkan ke surga. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” (HR. Al-Baniy).

Bahkan, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memberitahu kan kedekatan orang-orang yang menyantuni anak yatim dengannya di surga. Sebagaimana hadis dari sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, aku dan orang-orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini…” kemudian, Nabi mengisyaratkan jari telunjuk dari jari tengah, lalu Nabi agak merenggangkan keduanya.” (HR. Bukhari).

Baca Juga : Bantuan Perlengkapan Sekolah Oleh Griya Yatim & Dhuafa

Orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan tercukupi kebutuhannya, dan ditambahkan rezekinya. Begitu pula di surga, dia akan berada dekat dengan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Yuk Kita Menyantuni Anak Yatim ka, dengan menjadi bagian dari orang-orang yang mencintai anak-anak yatim & dhuafa, dengan ikut berdonasi. Semoga setiap yang kita sisihkan bisa menjadi amal shalih. Aamiin…

Pendidikan merupakan hal paling utama yang harus didapatkan oleh anak-anak. Tapi, di negeri ini masih ada anak yang terkendala untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Alasan yang sering kita temukan adalah kurangnya biaya, untuk membeli perlengkapan sekolah.

Griya Yatim & Dhuafa dalam programnya yaitu Bantuan Perlengkapan Sekolah terus membantu anak-anak yang tidak dapat bersekolah karena tidak memiliki perlengkapan sekolah. Sehingga dapat membangkitkan semangat anak-anak untuk tetap belajar dan mencapai cita-citanya.

“Alhamdulillah acara baksos berjalan dengan lancar, anak-anak yatim & dhuafa nampak bahagia” tutur Pak Aam selaku koordinator relawan Griya Yatim & Dhuafa (GYD).

Kak, Alhamdulillah bantuan perlengkapan sekolah untuk anak-anak yatim & dhuafa telah didistribusikan di daerah Pagedangan Tangerang – Banten. Anak-anak disana merasa sangat bahagia dengan bantuan perlengkapan sekolah ini. Mereka sangat senang karena masih ada harapan untuknya mencapai cita-citanya. Salah satu dari mereka adalah Abdul Ghoni (6 thn).

Bantuan Perlengkapan Sekolah Oleh Griya Yatim & Dhuafa

Abdul Ghoni, begitu bahagia karena bisa memiliki perlengkapan sekolah yang selama ini diimpikannya. “Terima kasih buat Griya Yatim & Dhuafa.”  tuturnya sambil tersenyum.

Senyum bahagia Abdul untukmu sahabat dermawan, bantuanmu mampu hadirkan senyum untuk Abdul. Yuk sahabat dermawan, terus dukung kegiatan Kami dalam berbagi dengan anak-anak yatim dan dhuafa, semoga doa dan senyum mereka hadirkan kebahagiaan untuk kita semua.

Masih banyak anak-anak yang harapan dan cita-citanya terenggut ketidak beruntungan. Mereka yang memiliki semangat mencari ilmu, tapi tidak terfasilitasi dengan baik. Dengan program ini, diharapkan berkurangnya angka anak-anak yang berhenti meuntut ilmu disebabkan tidak memiliki fasilitas dan perlengkapan sekolah.

Baca Juga : Bantuan Perbaikan Rumah Griya Yatim & Dhuafa

Sahabat dermawan dan orang baik, bantuan sekecil apapun yang sahabat dermawan dan orang baik berikan, pasti akan dibalas oleh Allah dengan kebaikan yang berlimpah.

Yuk Sahabat, ikut berdonasi di donasiberkah.id untuk mewujudkan Yatim & Dhuafa yang rajin menuntut ilmu dan tetap semangat meskipun di keadaan yang sempit. Semoga, dengan donasi yang Sahabat berikan dapat menjadi manfaat, bagi diri kita dan juga mereka. Aamiin…

Musibah memang tidak pernah diketahui kapan tibanya. Kebakaran yang melanda rumah Pak Rosul merupakan musibah yang sangat membuatnya kehilangan tempat tinggalnya. Kebakaran ini terjadi tepatnya di Gunung Anyar Kidul Gg. 6 RT.04/03 Surabaya – Jawa Timur. Alhamdulillah diberikan Bantuan Perbaikan Rumah Oleh Griya Yatim & Dhuafa.  

Selain kehilangan tempat tinggalnya sebab rumah yang rusak para akibat kebakaran, barang dagangannya yang berupa pisang pun habis terbakar. Rumah tempatnya bernaung dan juga semua usahanya lenyap ditelan api. Kejadian ini membuat Pak Rosul dan keluarga sangat terpukul membuat mereka cemas dengan nasibnya.

Melihat kondisi demikian, Griya Yatim & Dhuafa (GYD) cabang asrama Surabaya segera memberikan bantuan. Bantuan yang diberikan berupa  Bantuan Perbaikan Rumah Oleh Griya Yatim & Dhuafa. Pemberian bantuan langsung diserahkan oleh Kepala Cabang asrama Surabaya Pak Mukhlis.

Bantuan Perbaikan Rumah Oleh Griya Yatim & Dhuafa

“Semoga bantuan ini bisa membantu Pak Rosul dan keluarga” tutur Pak Mukhlis.

“Terima kasih kepada Griya Yatim & Dhuafa atas bantuannya” ucap Pak Rosul. Sahabat dermawan dan orang baik, ucapan syukur dan bahagia Pak Rosul untukmu.

Selalu ada hikmah dari segala sesuatu yang Allah takdirkan. Harus yakin bahwa Allah tidak akan menzalimi makhluknya dengan memberikan ujian yang tidak sesuai kesanggupan hambanya. Allah berfirman : “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…” (QS. Al-Baqarah : 286).

Semoga Allah berikan kesabaran kepada Pak Rosul dan keluarga , agar mereka bisa mencapai hikmah dari ujian tersebut dan dapat melewati ujian yang Allah berikan.

Baca Juga : 7 Tahun Lumpuh, Nenek Isah dapat Bantuan Lanjut Usia

Pak Rosul merupakan satu dari sekian banyak saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup. Yuk sahabat, bersama Griya Yatim & Dhuafa terus menebar kebaikan untuk saudara kita yang membutuhkan di luar sana.

Ali bin Abi Thalib pernah menasihati kita untuk tetap bersedekah meskipun hanya sedikit. Beliau berkata, “Ketika hanya mampu memberi sedikit untuk bersedekah, karena selalu ada kebaikan dalam berbagi, tidak peduli seberapa kecil yang kamu berikan”

Semoga sekecil apapun bantuan sahabat dermawan dan orang baik dibalas oleh Allah dengan kebaikan berlimpah. Aamiin.