News

Sahabat GYD, tak lama lagi kita akan menyambut hari raya Idul Adha atau Idul Qurban yang di dalamnya terdapat syariat untuk menyembelih hewan qurban.

Mari sahabat kita tunaikan ibadah qurban, sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah atas jutaan nikmat yang Allah berikan hingga saat ini.

Selain itu, banyak sekali keutamaan dari ibadah Qurban itu sendiri. Dan terdapat penekanan bagi yang mendapat kelapangan untuk melaksanakannya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berqurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami.” [HR. Ahmad dalam Musnad-nya no. 8273]

Semoga Allah mudahkan kita semua untuk menunaikan ibadah qurban dan memberi keberkahan di dalamnya. Aaamiin…

Zakat Bahagiakan Mereka

Zakat merupakan salah satu Rukun Islam, yang kandungan dan manfaatnya sangat mulia.

Yuk Segera Tunaikan Zakat, karena zakat menentramkan hati dan jiwa, mendatangkan ketenangan dan kebahagiaan lahir dan bathin

Setelah menunaikannya, setiap diri akan tenang dan harta menjadi bersih.

Kebahagiaan lain yang sulit terlukis kata – kata adalah setiap diri mustahiq merasakan manfaat yang begitu besar, menerima dan merasakan zakat yang kita keluarkan, dengan distribusi yang cepat, tepat dan terarah

Sudahkan Sahabat Dermawan menunaikan Zakat ? Yuk segera Tunaikan karena Zakat Kita Bahagiakan Mereka.

TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) merupakan salah satu program Griya Yatim dan Dhuafa yang dalam kegiatannya berisi belajar mengajar membaca Al-Qur’an yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar ajaran Islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar dan atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI) atau bahkan yang lebih tinggi. Kurikulumnya ditekankan pada pemberian dasar-dasar membca Al-Quran serta membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani anak agar memiliki kesiapan.

Kegiatan TPA sudah berlangsung di asrama-asrama GYD, adapun asrama-asrama yang telah melaksanakan kegiatan tersebut yaitu:

  1. asrama GYD cabang BSD 2,
  2. asrama GYD cabang BSD 3,
  3. asrama GYD cabang Pamulang,
  4. asrama GYD cabang Barata,
  5. asrama GYD cabang Kelapa Dua,
  6. asrama GYD cabang Kayumanis,
  7. asrama GYD cabang Cideng,
  8. asrama GYD cabang Patriot,
  9. asrama GYD cabang Depok 1,
  10. asrama GYD cabang Cisalak,
  11. asrama GYD cabang Serang 1,
  12. asrama GYD cabang Cilegon,
  13. asrama GYD cabang Letnan Jidun,
  14. asrama GYD cabang Lampung,
  15. asrama GYD cabang Bukittinggi,
  16. asrama GYD cabang Medan,
  17. asrama GYD cabang Banjarmasin,
  18. asrama GYD cabang Solo,
  19. asrama GYD cabang Surabaya, dan
  20. asrama GYD cabang Yogyakarta

Kegiatan TPA melibatkan peserta didik yaitu anak-anak asuh GYD baik yang mukim maupun non mukim.

Dengan adanya program tersebut, harapan kami dapat menambah semangat anak-anak Yatim dan Dhuafa dalam menuntut ilmu terutama mempelajari Al-Qur’an. Mulai dari tata cara membaca hingga dapat memahami makna yang tersirat maupun tersurat di dalam Al-Qur’an.

Dalam menjalankan amanah untuk mewujudkan masa depan Yatim & Dhuafa, Kami mengajak Anda untuk ikut berpartisipasi dalam rangka pendidikan Yatim dan Dhuafa.

Semoga langkah yang kami lakukan mendapat ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala serta mendapat dukungan penuh dari masyarakat Indonesia. Tanggung jawab kita adalah masa depan mereka.

Jumat Bersih

Kebersihan dalam Islam merupakan hal yang sangat penting dan termasuk hal yang perlu diperhatikan. Seperti kebersihan lingkungan, kebersihan badan, kebersihan pakaian, dan lain sebagainya. ”Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu”. [HR. At- Turmudzi]. Alangkah pentingnya menjaga kebersihan karena Allah pun bersih dan mencintai kebersihan. Sebagai seorang hamba yang selalu mengharap keridhoanNya, alangkah baiknya jika kita mengikuti apa yang Allah cintai.

Jumat Bersih

Jum’at bersih merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan anak-anak asuh Griya Yatim & Dhuafa yaitu membersihkan lingkungan asrama dan sekitarnya. Hidup bersih dalam menjaga lingkungan menjadi hal yang sangat diperhatikan anak-anak asuh GYD. Dalam mengisi waktu luang, anak-anak menyempatkan diri untuk membersihkan lingkungan sekitar asrama.

Kegiatan jum’at bersih dilakukan di asrama-asrama Griya Yatim dan Dhuafa. Seperti yang dilakukan oleh anak-anak asuh Griya Yatim dan Dhuafa cabang Serang 1 dan Depok. Terlihat antusias dari anak-anak asuh dalam membersihkan lingkungan nya. Mulai dari menyapu hingga merapihkan sampah.

Dengan adanya kegiatan tersebut, semoga dapat menanamkan kepada anak-anak asuh Kami serta masyarakat pada umumnya atas pentingnya kebersihan lingkungan dan membiasakan untuk hidup bersih dan sehat.

Dalam menjalankan amanah untuk mewujudkan masa depan Yatim & Dhuafa, Kami mengajak Anda untuk ikut berpartisipasi dalam membantu sesama.

Semoga langkah yang kami lakukan mendapat ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala serta mendapat dukungan penuh dari masyarakat Indonesia. Tanggung jawab kita adalah masa depan mereka.

Sahabat GYD…

Alhamdulillah, telah dilaksanakan penyerahan tempat sampah dalam rangka program GYD Hijau. Sebanyak 160 set tempat sampah dibagikan ke seluruh komunitas terdekat asrama GYD di wilayah jabodetabeksercil.

Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi bentuk kepedulian terhadap lingkungan, agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat. Aamiin.. Yuk sahabat, ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita dan menanamkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitar kita

Sahabat GYD…

Alhamdulillah di bulan Februari 2019 ini telah disalurkan bantuan Modal Usaha Gerai Lele untuk Masyarakat Pra Sejahtera.
Bantuan ini disalurkan ke daerah tangerang selatan dan sekitarnya, bantuan yg diberikan berupa perlengkapan untuk berdagang ikan, drum penampung, jaring, timbangan dan penyediaan ikan siap jual. Jumlah penerima manfaat sebanyak 20 orang.

Dengan disalurkannya bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat dalam memandirikan masyarakat pra sejahtera.

Aamiin…

Bismillahirrahmanirrahim.. Jazakumullah Khoiron kepada Mas @dimasseto_1 & Kak @dhiniaminarti atas dedikasi dalam mensupport Griya Yatim dan Dhuafa (GYD) serta memperkenalkan GYD kepada masyarakat. Sehingga atas izin Allah, GYD dapat dikenal oleh masyarakat luas dan dipercaya oleh masyarakat dalam mewujudkan masa depan Yatim & Dhuafa.
.
Alhamdulillah terhitung 6 tahun sudah Mas Dimas & Kak Dhini bersama GYD. Semoga Allah beri keberkahan, keistiqomahan, serta kesehatan kepada keduanya, Semoga kesediaan beliau menjadi ladang amal sholeh dan menjadi shodaqoh jariyah yang mengalirkan pahala tanpa putus. Aamiin..
.
Jazakumullahu Khoiron juga kami ucapkan kepada seluruh Sahabat dermawan atas dukungan dan kepercayaan kepada GYD. Semoga kita dapat terus saling tolong menolong dalam kebaikan dan terus menanamkan kepedulian terhadap sesama terutama Yatim dan Dhuafa. Karena tanggung jawab kita adalah masa depan mereka.

Dalam rangka terus menggali Potensi Yatim dan Dhuafa GYD menggulirkan Program Bimbingan Belajar (BIMBEL), program ini merupakan kegiatan tambahan untuk mengisi waktu luang anak-anak asuh Griya Yatim dan Dhuafa agar senantiasa selalu menambah ilmu dan wawasan.

Dengan adanya BIMBEL ini, anak-anak diharapkan dapat meraih prestasi di sekolahnya dan menjadi kebanggaan bagi asramanya juga contoh yang baik bagi teman-teman serta adik-adiknya di asrama maupun di sekolahnya.

Mata pelajaran yang diajarkan pada BIMBEL yaitu Tahsinul Qur’an (belajar membaca dan memperbagus bacaan Al-Qur’an), Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Dengan adanya program tersebut, kami berharap kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dapat berperan aktif dalam mewujudkan masa depan Yatim dan Dhuafa. Yaitu masa depan yang cerah dan gemilang. Aamiin Yaa Robbal ‘alamiin.

Sahabat GYD,

Seiring berkembangnya teknologi, menjadi semakin mudah dalam melakukan berbagai aktivitas.
Kini bersedekah semudah belanja online.

Insya Allah dapat memudahkan kita untuk bersedekah dan beramal sholih. Mari sahabat kita bersedekah untuk pendidikan Yatim dan Dhuafa. Dengan scan melalui aplikasi GOPAY, OVO atau Grab.

Semoga Allah memudahkan kita dalam beramal sholih, menjauhkan kita dari sifat kikir, dan memberi keberkahan di dalam nya. Aamiin ya Robbal ‘alamin…

An Nawawi Al Bantani

Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, dan anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim).

Dari hadits diatas, Imam Nawawi merincikan bahwa yang dimaksud sedekah jariyah adalah wakaf. Sedekah jariyah adalah sedekah yang pahalanya akan terus mengalir bahkan setelah kematian dari orang yang bersedekah. Selama harta sedekahnya masih bermanfaat untuk kebaikan masyarakat muslim pada umumnya.

Karena itu, kami Nadzir Wakaf GYD Mengajak anda untuk bersama – sama menyisihkan donasi wakafnya dalam pembangunan gedung pendidikan Ponpes An-Nawawi Al-Bantani guna mewujudkan Anak – anak yatim dan dhuafa yang berkarakter, Religius dan Mandiri, karena masa depan mereka adalah tanggung jawab kita bersama.

Griya Yatim dan Dhuafa merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang membantu Anak-anak Yatim dan Kaum Dhuafa, serta berperan aktif dibidang Pendidikan, Sosial, Kemanusiaan serta menerima dan menyalurkan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf. Untuk Infaq dan Shodaqoh bisa disalurkan melalui :

Rekening
> BCA : 899 0304 581
> MANDIRI : 128 000 635 1867
> BRI SYARIAH : 653 0999 999
> BNI SYARIAH : 777 66 77 660
> BNI : 0179 0625 98
> CIMB NIAGA SYARIAH : 860005377000

Call Center : 0882 1411 2165
Whatsapp : 0896 0609 0609

www.kitabisa.com/griyayatim

www.griyayatim.com

Mengunjungi Asrama kami yang berada di Jabodetabek, Serang, Cilegon, Bandung, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Lampung, Medan, Bukit Tinggi, Banjarmasin (https://griyayatim.com/asrama-kami/) Semoga Allah menerima dan melipatgandakan amal kebaikan kita semua. Aamiin