Griya Yatim & Dhuafa

Realisasi Bantuan Korban Bencana Cianjur

Zakat Pemberdayaan – Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Hari Senin tanggal 22 November 2022 pukul 13:21 WIB, baru saja kita mendengar kabar duka dari saudara kita yang tertimpa musibah gempa bumi di Kab Cianjur Provinsi Jawa Barat dengan dengan kekuatan Mag : 5,6.

Baca Juga : Bantu Ringankan Korban Bencana Alam

Bantuan Korban Bencana Gempa Bumi

Melihat kondisi demikian, Griya Yatim & Dhuafa terpanggil dan bergerak dalam misi kemanusiaan dalam rangka saling membantu meringankan beban para korban.

Alhamdulillah, zakat yang #SahabatDermawan tunaikan telah disalurkan untuk anak-anak yatim & dhuafa terdampak bencana di Desa Gasol Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur-Jawa Barat.

Kejadian nahas yang meratakan sebagian besar Kabupaten Cianjur ini merenggut ratusan nyawa. Serta lebih dari 50.000 orang menjadi pengungsi yang kehilangan tempat tinggal mereka.

Yuk Bantu saudara kita yang terdampak bencana

Yuk kita tunaikan zakat di Laznas Griya Yatim & Dhuafa . mari bersama ringankan beban korban bencana khususnya warga Cianjur yang tengah berjuang dalam pemulihan dari dampak bencana alam gempa bumi kemarin.

Baca Juga : Zakatmu Untuk Pemberdayaan Yatim & Dhuafa

Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

Gempa Bumi Cianjur

Zakat PemberdayaanInnalillahi wa inna ilaihi roji’un. Hari ini (21/11), Baru saja terjadi musibah Gempa bumi dengan kekuatan Mag : 5.6 yang berpusat di Kabupaten Cianjur. Gempa bumi terjadi karena adanya perubahan atau pergerakan kerak bumi yang disebut lempeng tektonik dan mengakibatkan perubahan letak permukaaan tanah secara signifikan dari posisi semula.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi yang terjadi di Lok:6.84 LS,107.05 BT (10 km BaratDaya KAB-CIANJUR-JABAR), Kedalaman: 10 Km ini tidak berpotensi tsunami.

Musibah gempa bumi ini menghancurkan bangunan-bangunan yang berdiri tegak. Begitu banyak bangunan yang hancur lebur, tiang-tiang roboh, bahkan rumah-rumah tempat tinggal menjadi rata dengan tanah.

(Sumber: Kompas.com)

Mari bersama-sama kita doakan saudara-saudara kita yang mengalami musibah di berikan kesabaran dan kekuatan Aamiin.

(Sumber: Kompas.com)

Ya Allah sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Semoga kita semua selalu di berikan lindungan dimana pun kita berada, Aamiin.

Mohon Doa Restu Pembukaan Asrama Bendi Baru

Donasiberkah.id – Bendi (24/09) Griya Yatim & Dhuafa terus bersinergi dalam mendidik dan membina anak asuh di seluruh asrama. Alhamdulillah atas izin Allah SWT, pada hari ini ada acara pembukaan asrama Bendi.

Pembukaan asrama di Bendi yang beralamat di Jl. Delman Utama 1 no.19, Tanah Kusir, Kel. Kebayoran Lama Utara Jakarta Selatan yang akan ditempati menjadi asrama putri.

Acara pembukaan asrama baru ini juga, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dari anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa. Momentum ini pun dihadiri oleh tokoh setempat dan juga beberapa anak asuh dan juga juga para petugas GYD.

Acara diakhiri dengan doa bersama, harapannya semoga dengan dibukanya asrama baru ini, dapat membantu lebih banyak anak-anak yatim dhuafa yang ada di sekitar daerah Bendi, Kebayoran dan sekitarnya.

Kedepannya sasaran penerima bantuan terdiri dari anak yatim, warga dhuafa, dan lansia dhuafa yang tinggal di sekitar asrama baru ini. Dalam pembagian bantuan, GYD sudah berkoordinasi dengan ketua RT dan ketua RW setempat agar bantuan dapat tersalurkan dengan tepat sasaran.

Kami berharap asrama baru  yang berdiri di tengah-tengah masyarakat dapat membawa keberkahan. Alhamdulillah penyaluran bantuan berjalan dengan lancar tanpa kendala. Semoga Griya Yatim & Dhuafa senantiasa bermanfaat untuk sesama. Aamiin Yaa Rabb

Prestasi Juara Lomba Anak Asuh GYD

Donasiberkah.id – Prestasi berhak didapatkan oleh siapapun, menjadi anak yatim dan dhuafa tidak menjadi alasan untuk tidak berprestasi karena tidak ada peran dan dukungan orang tua, sebaliknya dibalik prestasi yang diraih anak yatim dan dhuafa ini ada pengurus Griya Yatim & Dhuafa Asrama Jogja yang terus dukung dan support mereka untuk terus berprestasi.

Alhamdulillah, puji serta syukur hanya milik Allah yang dengan seizin-Nya dan juga bantuan dari #SahabatDermawan juga #OrangBaik sekalian, kami masih terus bisa membina anak-anak yatim dan dhuafa hingga menjadi anak yang dapat meraih prestasi yang luar biasa.⁣

Alhamdulillah, adik-adik kita ini, anak-anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa (GYD) dapat meraih beberapa prestasi. Diantaranya : ⁣

(Ananda Daru Maulana – Juara 1 Lomba Adzan Tingkat MI kota Jogja)

(Ananda Muhammad Arsyad Al Ahnaf – Juara 2 Lomba MHQ)

(Ananda dari asrama Cilegon 2 – Juara 2 Lomba Mewarnai)

Itulah beberapa anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa yang sudah menuai banyak prestasi di bidang tahfidz Al-Qur’an, tidak hanya di bidang ini banyak prestasi anak yatim dan dhuafa di asrama Jogja lain, Alhamdulillah semoga kedepanya bisa terus berprestasi lagi ya ka. Aamiin

Terima kasih tidak terhingga kami sampaikan kepada seluruh⁣ #SahabatDermawan dan #OrangBaik yang telah mengamanahkan Zakat dan donasinya kepada kami. Sehingga dapat terwujud program-program yang bermanfaat untuk anak-anak yatim & dhuafa dan kaum dhuafa yang membutuhkan.⁣

Ayo kita terus dukung anak yatim dan dhuafa untuk terus berprestasi di bidang manapun, kita bantu dan support mereka dengan cara berdonasi untuk memenuhi kebutuhan harian dan belajar mereka.

Ayo terus lakukan kebaikan, dengan terus menunaikan kewajiban dari sebagian penghasilan kita. Semoga Zakat kita membersih kan jiwa dan memberkahi harta kita. 

Sahabat dermawan dan orang baik, ucapan syukur, doa dan bahagia mereka untukmu. Semoga setiap kebaikan yang sahabat dermawan dan orang baik berikan dibalas oleh Allah dengan kebaikan berlimpah, Aamiin.⁣

Dirgahayu Republik Indonesia Ke 77

Donasiberkah.id – Setelah lepas dari penjajahan, negara Indonesia merdeka sejak 17 Agustus 1945. Tahun ini, Indonesia memperingati HUT RI ke-77. Perjalanan untuk sampai pada titik ini tentunya tidak mudah, telah dilakukan banyak usaha, hingga pertumpahan darah untuk bisa seperti sekarang ini. Dirgahayu Negeriku..

Maka dari itu, sebagai bangsa Indonesia, kita patut untuk selalu memperingati hari bersejarah tersebut sebagai bentuk penghargaan pahlawan di masa lalu yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Menurut Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, tema besar HUT Kemerdekaan RI ke-77 terinspirasi dari peristiwa yang terjadi selama kurang lebih 2 tahun ke belakang. Sehingga diberi tema “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat”.

Kita juga sudah tahu ya Indonesia masih berjuang bersama untuk melawan pandemi COVID-19 yang masih ada di sekitar. Momen ini pastinya membuat Indonesia harus menghadapi tantangan dan ujian. Lalu, kecemasan sosial, hingga tekanan ekonomi yang cukup berat yang dirasakan oleh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Namun, di tengah keterpurukan ini, semua elemen bangsa diharapkan dapat bergerak bersama dan gotong royong untuk mewujudkan harapan. Makna ini juga diharapkan dapat membuat pemerintah dan masyarakat bersinergi mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit kembali.

Hari ini, mari bersatu padu kita lanjutkan perjuangan pahlawan terdahulu untuk Indonesia yang lebih maju dan lebih baik. ⁣Mari kita isi kemerdekaan dengan semangat berbagi untuk sesama. Karena Hakekat Kemerdekaan adalah saat Kita semakin Peduli dengan Sesama.⁣

Dirgahayu Bangsaku, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. ⁣

Selamat Hari Anak Nasional 2022

Sedekah Yatim – Indonesia memperingati Hari Anak Nasional pada 23 Juli setiap tahunnya. Ini merupakan momen yang tepat untuk memberi ucapan Hari Anak Nasional kepada anak-anak di Tanah Air.

Berdasarkan Keppres 44/1984, Hari Anak Nasional diperingati dalam rangka mewujudkan kesejahteraan anak. Tujuan Hari Anak Nasional untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran anak untuk menghormati orang tua.

Adanya peringatan Hari Anak Nasional ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984, di mana Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Banyak orang yang ingin memeriahkan peringatan tahunan ini. Oleh karena itu, banyak dari masyarakat yang ingin memajang Twibbon sebagai salah satu upaya untuk memeriahkan Hari Anak Nasional 2022.

Tahun ini, tema dari Hari Anak Nasional 2022 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Peringatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberi penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Alhamdulillah semenjak berdiri pada tahun 2009 Griya Yatim & Dhuafa berkomitmen untuk terus menyantuni anak-anak yatim (dan juga dhuafa). Hal itu dibuktikan dengan dibangunnya asrama yatim dan dhuafa (di 36 asrama di 11 Provinsi di Indonesia) dan membiayai penuh pendidikan mereka hingga selesai.

Dengan sedekah yatim, kamu sudah menyantuni dan memperbaiki kehidupan mereka sungguh adalah amal yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, kami mengajak sahabat dermawan untuk ikut ambil bagian dalam amal agung ini dengan menyantuni anak-anak yatim dan dhuafa bersama Griya Yatim & Dhuafa. Kamu bisa berdonasi untuk anak yatim dan dhuafa dengan cara klik disini ya.

#harianaknasional #griyayatimdandhuafa

Milad Ke-13 LAZNAS Griya Yatim & Dhuafa Salurkan 1.000 Paket Sembako ke Pemkot Tangsel

Donasiberkah.id, Tangsel (09/06) –  Alhamdulillah atas izin Allah SWT Griya Yatim & Dhuafa sudah membersamai sahabat dermawan semua di usia 13 Tahun. Sebagai wujud syukur GYD salurkan 1.000 paket sembako ke Pemkot Tangsel.

Pelaksanaan kegiatan ini didampingi oleh Ketua Yayasan Griya Yatim & Dhuafa Yaitu Bapak Engkus dan wakil Walikota Tangsel yaitu Bapak Pilar Saga Ichsan  menerima langsung secara simbolis, di Balaikota pada hari Kamis tanggal 9 Juni 2022.

Griya Yatim & Dhuafa adalah Lembaga Amil Zakat berskala Nasional yang lahir dan berkedudukan di Kota Tangsel, Alhamdulillah terus berkomitmen menjembatani kepedulian para dermawan kepada anak yatim dan kaum dhuafa di 36 Cabang, 11 Provinsi diseluruh Indonesia.

“Kami Griya Yatim dan Dhuafa terus berkomitmen untuk mewujudkan visi yakni menjadi organisasi terdepan dalam mewujudkan masa depan yatim dan dhuafa. Dengan melalui program-program yang direalisasikan di berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, pemberdayaan, sosial kemasyarakatan dan bidang dakwah,” ungkap Bapak Engkus, Selaku Ketua Yayasan Griya Yatim & Dhuafa.

Namun demikian dalam mewujudkan masyarakat sejahtera, tidak mungkin dilakukan sendiri. Tapi butuh kerjasama serta dukungan dari berbagai komponen. Oleh karena itu dirinya berharap dapat bekerjasama dengan Pemkot Tangsel melalui kegiatan penyaluran paket sembako kepada Kota Tangsel, yang selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat.”Kami berharap semoga bantuan ini memberikan manfaat untuk masyarakat Tangsel,” pesannya.

Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan menyampaikan atas nama Pemkot Tangsel mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-13. Terima kasih atas support dan bisa menyalurkan serta menitipkan bantuan paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan. Tentu bantuan ini bakal disalurkan bagi yang membutuhkan.

“Insya Allah kami akan menyalurkannya sebaik-baiknya. Mudah-mudahan di usia yang ke-13 bisa terus maju, sukses dan dipercaya masyarakat serta dicintai oleh masyarakat Tangsel. Kami sangat bangga ada Amil Zakat berdomisili di Tangsel dan berkantor di Tangsel,” ucap Pilar.

Dalam kesempatan itu, Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan turut didampingi Kabag Kesra Kota Tangsel, Bapak Yahya Sutaemi dan Asda Dua Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kota Tangsel Bapak Dandi Pryantara. Secara simbolis Bapak Pilar menyerahkan paket sembako kepada anak yatim, secara bergantian dengan Ketua Yayasan GYD Bapak Engkus, dilanjut Asda Dua dan Kabag Kesra dan ditutup dengan foto bersama. (Rat,Din).

Doa & Santunan Bersama MAN Insan Cendekia Serpong

Donasiberkah.org – Serpong (16/05) Alhamdulillah, Asrama Griya Yatim & Dhuafa Petukangan kedatangan kakak-kakak dari Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong untuk berbagi, doa & santunan untuk anak yatim dan dhuafa di asrama.

Acara ini merupakan perwakilan dari kakak-kakak kelas 12 yang akan melaksanakan ujian UTBK, di moment seperti inilah mereka mengadakan santunan dan doa bersama dengan anak anak yatim dan dhuafa agar ujian kakak kakak semua lancar.

Masya Allah, Acara ini merupakan acara angkatan dari sekolahnya yang diketuai oleh kak Fawaz, jadi mereka setiap bulan melakukan agenda santunan. Yang dimana dana yang mereka kumpulkan merupakan hasil uang jajan mereka di sekolah lalu dikumpulkan oleh kak Fawaz lalu disumbangkan kepada anak asuh Griya Yatim & Dhuafa.

 

 

Alhamdulillah, Salut sekali dengan siswa/siswi Man Insan Cendekia Serpong yang sudah berbagi dengan anak asuh, semoga apa yang diharapkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin Ujar Kepala Asrama Petukangan,- Abi Nursidi

Alhamdulillah, acara yang dilaksanakan hari Senin, !6 Mei 2022 berjalan lancar, Anak-anak yatim dan dhuafa memanjatkan doa bersama untuk kelancaran agar ujian UTBK kakak-kakak MAN Insan Cendekia Serpong berjalan lancar, serta mendapatkan hasil yang terbaik dan bisa masuk Perguruan Tinggi yang diinginkan. Aaamin Ya Rabbal Alamin

Acara ini didampingi dengan guru pendamping dari MAN Insan Cendekia Serpong, Alhamdulillah diwakili memberikan uang tunai untuk anak anak yatim dan dhuafa di Asrama Petukangan yang diterima Abi Nursidi.

 

Alhamdulillah, Semoga uang ini bermanfaat untuk kebutuhan anak-anak asuh di Griya Yatim & Petukangan, dan semoga apa yang dicita-citakan kakak-kakak dari MAN Insan Cendekia Serpong bisa terwujud, Aamiin Ucap Abi Nursidi

Yuk, Sahabat dermawan semoga kita bisa terinspirasi melalui kegiatan sosial kakak-kakak untuk berbagi dengan anak yatim & dhuafa, Aamiin Ya Rabb..

Khitan Massal Ceria Bersama Griya Yatim dan Dhuafa

Donasiberkah.id – (16/01/2022) Griya Yatim & Dhuafa terus berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia dengan aksi nyata melalui rangkaian kegiatan sunatan massal yatim dan dhuafa, para peserta sunatan massal ini dari lingkungan asrama, bina mukim dan bina jejaring disekitar Kota Tangerang Selatan GYD mengajak kita semua untuk bersinergi dalam program Khitan Massal Ceria Bersama Griya Yatim dan Dhuafa.

Alhamdulillah, kemarin telah terlaksana khitan ceria yang diikuti  97 anak di tiga tempat yaitu diantaranya di Klinik Griya Sehat, Asrama Tekno dan Asrama Cinere

”Kebetulan semua dilakukan pada saat liburan anak sekolah, kita terus lakukan kegiatan ini untuk membantu masyarakat dengan mengkhitan anak anak bertujuan Khitan Bagian Dari Kesucian, bahkan dengan di Sunat akan selalu Di Ingat,” ungkap Mustakim pada awak media.

Para orang tua, dan masyarakat sangat bersyukur dengan adanya program ini, mereka sangat terbantu dalam mengkhitankan buah hatinya tanpa dikenai biaya sepeserpun.

Baca Juga : Khitan Ceria

Hal inipun dikatakan Sali selaku Ketua RT 01 RW 01 Kelurahan Sarua Indah mengatakan dengan kegiatan sosial yang dilakukan Griya Sehat

” Baru pertama kali dilakukan di wilayah RT 01 Sarua Indah, tentunya cukup bagus dan antusias bagi anak anak yang di khitan, diharapkan terus dilakukan untuk membantu masyarakat,” paparnya

Proses pengkhitanan dilakukan dengan cara laser, dengan dipimpin oleh beberapa dokter ahli, anak dibuat tenang dan dihibur dengan beberapa hiburan seperti dihadirkan badut dan diberi bingkisan.

Baca Juga : Inilah Kebutuhan di Asrama Yatim & Dhuafa

Ucapan terima kasih juga kami ucapkan pada para donatur yang membantu atas mensukseskan Program Khitan Ceria, tanpa seijin Allah dan bantuan sahabat, program ini tidak akan terlaksana.

Kita doakan semoga adik-adik kita yang telah dikhitan menjadi anak sholeh yang berbakti pada orangtua, agama dan bangsa. Aamiin. Dan semoga program ini bisa membantu orang tua yang kesulitan biaya untuk anaknya yang ingin khitan.

Inilah Khitan Massal Ceria Bersama Griya Yatim dan Dhuafa, Yuk Terus Membersamai anak-anak yatim dan dhuafa agar menjadi lebih baik di masa yang akan datang bersama Griya Yatim dan Dhuafa. 

 

Duka Semeru Membawa Haru

Donasiberkah.id – Gunung Semeru yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur meletus. Gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut erupsi mengeluarkan guguran awan panas sekira pukul 15.00 WIB.

Koordinator Mitigasi Gunungapi Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto membeberkan kronologi meletusnya Gunung Semeru. Kata Kristianto, sebelum erupsi, Gunung Semeru sempat mengeluarkan lahar pada pukul 13.30 WIB.

“Erupsi Semeru berupa awan panas guguran, tanggal 4 Desember 2021, diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13:30 WIB,” kata Kristianto saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Sabtu (4/12/2021).

Update Minggu 5 Desember: Korban Tewas Erupsi Gunung Semeru Capai 13 Orang

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur meletus. Letusan gunung setinggi 3.676 meter itu membuat panik warga yang berada di lereng Semeru.

Dalam rekaman video amatir yang beredar. Warga berusaha menyelamatkan diri dan mengungsi dari rumah mereka.

“Warga Desa Sumberwulung mengungsi, terjadi erupsi Gunung Semeru. Semua orang khawatir. Semua orang ketakutan mengungsi,” ujar seorang pria dalam video.

Duka Semeru Membawa Haru

6 Fakta dan Data Erupsi Semeru hingga Makan Korban Jiwa

Mari Haturkan Do’a dari Hati, atas Apa yang Menimpa Saudara kita. Tidak ada seorangpun yang mengharapkan terjadinya bencana. Namun, harapan itu berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada.

Mari ulurkan tangan kita kepada saudara yang tengah dilanda duka dan musibah karena duka mereka, adalah duka kita.

Rasulullah ﷺ bersabda:

“Alangkah mengagumkan keadaan orang yang beriman, karena semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya),  dan ini hanya ada pada seorang mukmin; jika dia mendapatkan kesenangan dia akan bersyukur, maka itu adalah kebaikan baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan dia akan bersabar, maka itu adalah kebaikan baginya” (HR. Muslim).

English EN Indonesian ID