News

Islam itu mengatur segala aspek kehidupan manusia, sebab islam merupakan fitrah manusia. Tidak hanya mengatur tentang hal terkait tauhid, namun juga mengatur kegiatan sehari-hari, bahkan hal-hal kecil di dalamnya, seperti bercermin. Yuk simak artikel Inilah Adab-adab Dalam Bercermin dibawah ini.

Adab bercermin

Bercermin merupakan kegiatan yang merujuk pada merias diri. Tidak ada larangan dalam islam untuk bercermin. Namun, Islam mengatur adab-adab dalam bercermin. Antara lain :

  1.       Berdoa

Islam mengajarkan kita untuk mengawali setiap kegiatan dengan berdoa terlebih dahulu. Begitu pula ketika bercermin, disunnahkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Doa bercermin yang dimaksud terdapat pada sebuah hadits, yang artinya : “Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pula-lah akhlakku.” (HR. Ahmad).

  1.       Bersyukur

Ketika bercermin, hendaklah kita bersyukur. Yakni bersyukur kepada Allah yang telah menciptakan kita dengan sebaik-baiknya bentuk. Allah berfirman : “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk.” (QS. At-Tin : 4). Jangan pernah mencela rupa diri sendiri maupun orang lain, sebab secara tidak langsung pun kita mencela Allah yang telah menciptakannya.

  1.       Tidak berlebihan

bercermin pun tidak boleh berlebihan. Misal bercermin setiap waktu sebab mengkhawatirkan penampilan. Itu merupakan hal yang mubazir, dan juga menyia-nyiakan waktu. Dan juga dikhawatirkan bercermin yang berlebihan dapat membuat kita lupa untuk bersyukur dan menjadikan diri kita sombong terhadap penampilan kita.

  1.       Jangan sombong

Kondisi fisik terkadang menjadi menjadi hal yang disombongkan. Wajah yang rupawan, tubuh yang bagus, menjadi hal yang dibangga-banggakan. Sifat sombong itu sangat tercela dalam islam, yang merupakan sifat yang dibenci oleh Allah.

Inilah Adab-adab Dalam Bercermin

Allah berfirman : “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan sombong. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman : 18).

  1.       Tetap randah hati

Jangan sombong dengan apapun yang kita miliki, termasuk penampilan kita. Kita harus tetap rendah hati ketika orang memuji penampilan kita.

Dari Iyadh bin Himar, ia berkata : Rasulullah bersabda, “Sungguh, Allah mewahyukan kepadaku agar kalian tawadhu’ (rendah hati), sampai seseorang tidak membanggakan diri kepada orang lain dan seseorang tidak sewenang-wenang kepada orang lain.” (HR. Muslim).

  1.       Bersabar

Mungkin terdapat kekurangan pada rupa kita. Atau rupa kita yang tidak lagi indah seperti sebelumnya, yang disebabkan berbagai hal. Ketika kita memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan fisik. Maka bersabar dan merupakan solusi terbaik. InsyaAllah, terdapat hikmah dalam hal-hal tersebut.

Baca Juga : Ajarkanlah Adab Pada Usia Dini

Rasulullah bersabda : “Sungguh menakjubkan keadaan orang mukmin, karena semua urusannya adalah baik. Jika ia mendapatkan kesenangan lalu ia bersyukur, maka yang demikian itu lebih baik baginya. Dan ketika ia tertimpa kesusahan lalu ia bersabar, maka yang demikian itu lebih baik baginya.” (HR. Muslim). 

  1.       Akhiri dengan alhamdulillah

Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk mengawali segala sesuatu dengan bismillah, dan mengakhirinya dengan alhamdulillah. Maka seusai kita bercermin, ucapkanlah alhamdulillah.

Sahabat, Inilah Adab-adab Dalam Bercermin. Semoga Allah senantiasa jauhi kita dari segala macam keburukan dan tipu daya setan. Aamiin…

Sahabat dermawan, imunitas atau sistem imun berperan penting dalam menjaga si kecil dari serangan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Pandemi virus corona membuat banyak orang khawatir. Bukan hanya menyerang orang dewasa, virus corona juga menyerang anak-anak. Yuk simak Kegiatan Yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Anak.

Sangat penting bagi orangtua menjaga imunitas atau daya tahan tubuh anak untuk melindungi mereka dari berbagai penyakit, termasuk pandemi virus corona. Selain tinggal di rumah dan rajin mencuci tangan sebagai bagian dari tindakan pencegahan pandemi virus corona.

Apabila imunitas lemah, anak akan mengalami berbagai macam penyakit. Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas anak adalah dengan asupan nutrisi dari makanan. Namun, terkadang nutrisi dari makanan saja belum cukup, kita perlu mendorong anak untuk mau melakukan hal berikut yang bermanfaat bagi sistem imun.  ada 4 hal lain yang disarankan para ahli untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Inilah Kegiatan Yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Anak, diantaranya :

Kegiatan Yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Anak

  1. Ajak anak berolahraga atau aktif bergerak. 

Seperti yang dilansir dari laman Medlineplus.gov, aktif bergerak dapat membantu anak mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga tulang agar tetap sehat serta kuat. Beberapa teori pun mengatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan imunitas anak dalam melawan jenis penyakit tertentu. Salah satunya adalah olahraga atau aktivitas fisik menyebabkan perubahan pada antibodi dan sel darah putih anak.⠀

  1. Mendidik kebiasaan tidur yang baik.

Dokter anak dari Cleveland Clinic menyampaikan bahwa untuk mendorong imunitas, anak perlu mendapat waktu tidur yang cukup.⠀Kurang tidur atau terlalu letih dapat menurunkan imunitas dan meningkatkan resiko seseorang, termasuk anak-anak untuk terkena penyakit. Anak-anak yang kurang tidur biasanya akan mudah terserang influenza atau infeksi lainnya. Oleh sebab itu, anak-anak pun dianjurkan untuk mengambil waktu istirahat sesuai porsinya jika ingin tetap sehat.

  1. Tertawa bersama yang tidak berlebihan.

Dilansir dari Verywellfamily.com, penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat meningkatkan fungsi imunitas dengan cara menambah produksi sel antibodi dan membuatnya lebih efektif menjaga tubuh, termasuk pada anak. Ditambah lagi, tertawa telah terbukti dapat menurunkan hormon stres karena meningkatkan hormon bahagia, seperti endorfin.⠀

  1. Selalu mengajarkan kebersihan kepada anak

Pada saat pandemi ini, tentu kita sangat perlu mengajarkan pentingnya kebersihan kepada anak. sumber penyakit biasa ada ditempat yang kotor, maka dari pada itu kita harus sering membersihkan rumah dan selalu cuci tangan ya.

Baca Juga : Inilah Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Wabah Virus Corona

Kak, Itulah Kegiatan Yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Anak. Yuk kita terapkan kegiatan tersebut, Insya Allah bisa bantu tingkatkan imunitas kepada anak, dan semoga dengan beberapa tips di atas anak-anak kita dapat terjaga tumbuh kembangnya, dan imunitas tubuhnya selalu dalam keadaan baik. Aamiin⠀

Sahabat, kita sebagai seorang manusia harus selalu sadar kedudukan kita sebagai seorang hamba. Seorang hamba itu mestinya selalu mengingat Rabbnya. Dalam setiap kegiatan dan lini kehidupan, kita harus selalu mengingat Allah. Mengingat Allah juga disebut dengan berzikir. Yuk Jangan tertukar mengucapkan Masya Allah dan Subhanallah.

Pengertian zikir

Secara umum zikir itu adalah mengingat Allah. Mengingat Allah bisa dalam berbagai bentuk. Namun, seringkali dimaknakan dengan menyebut nama Allah. Lafaz-lafaz zikir yang biasa disbutkan adalah subhanallah, alhamdulillah, Allahuakbar, astagfurullah, masyaallah, dan banyak lainnya. Setidak nya Allah memiliki 99 nama, yang jika kita menyebutkan salahsatunya pun itu termasuk zikir.

Mestinya kita harus selalu berzikir dan mengingat Allah dimana saja dan kapan saja. jika tidak dengan lisan kita, pun dengan hati saja. Sebab, Allah pun Maha Mengetahui.

Jangan tertukar mengucapkan Masya Allah dan Subhanallah

Namun, ucapan seperti astagfirullah, masyaallah, subhanallah, sering kali hanya kita sebut jika dalam suatu situasi saja. Memang tidak masalah, dan hal itu juga tetap dihitung sebagai suatu kebaikan. Tapi yang harus kita pahami adalah makna-makna dari lafaz-lafaz zikir tersebut. Jangan sampai kita mengucapkan lafaz yang tidak tepat dengan situasinya.

Lafaz-lafaz yang sering kali tertukar dalam kondisinya adalah lafaz subhanallah dan juga lafaz masyaallah.

Perbedaan makna masyaallah dan subhanallah

Sahabat dermawan, Masya Allah dan subhanallah sering diucapkan kaum muslim. Tapi kadang suka bingung  apa bedanya Masya Allah dengan subhanallah.

Makna lafadz Masyaallah

Syaikh Abdul Aziz bin Baz mengatakan, “Disyariatkan bagi orang mukmin ketika melihat sesuatu yang membuatnya takjub hendaknya ia mengucapkan ‘Masya Allah’ atau ‘Baarakallahu Fiik’ atau juga ‘Allahumma Baarik Fiihi’ sebagaimana firman Allah Ta’ala : ‘Dan mengapa kamu tidak mengucapkan tatkala kamu memasuki kebunmu “Maa Syaa Allah, Laa Quwwata Illaa Billah” (QS. Al Kahfi: 39)”.

Ayat di atas memberikan gambaran bahwa ketika seseorang melihat sesuatu yang menakjubkan seperti kebun yang indah, maka ungkapan yang tepat adalah masya-Allah dengan “ma” untuk arti ta’ajjub, atau jika disederhanakan alangkah indahnya kehendak Allah.

jadi, arti masya Allah dalam bahasa Indonesia adalah “Apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi”. Berarti kita harus menyadari dan menetapkan bahwa hal yang menakjubkan tersebut semata-mata terjadi karena kuasa Allah.

Makna lafadz Subhanallah

Nah, bagaimana dengan Subhanallah? Subhanallah berarti Maha suci Allah.

Lafaz zikir yang satu ini selalu kita lafazkan seusai shalat yang disebut juga lafaz tasbih. Seringkali juga, penggunaan lafaz tasbih ini diucapkan ketika melihat sesuatu yang luar biasa. Apakah penggunaannya dalam situasi tersebut sudah tepat?

Baca Juga : Lisan Sebagai Kunci Amalan

Rasulullah mencontohkan untuk melafazkan tasbih ini ketika menyaksikan sesuatu yang tidak semestinya. Jadi, lafaz subhanallah lebih tepat diucapkan ketika melihat atau mendengar keburukan atau hal tidak baik. Seperti yang dicontohkan Rasulullah.

Meskipun demikian, beberapa lafadz zikir dapat digunakan untuk mengekspresikan saat melihat keindahan. Sehingga tidak ada lafal khusus untuk merespon situasi dan kondisi tertentu. Pada dasarnya, semua lafadz zikir dianjurkan umat muslim untuk mengingat kebesaran Allah.

Namun alangkah baiknya untuk melafazkan sesuatu tepat pada tempatnya. Sahabat, mulai sekarang jangan lupa dan tertukar lagi mengucapkan Masya Allah dan subhanallah ya^_^

Sahabat, tidur merupakan kebutuhan pokok manusia. Manusia perlu tidur untuk mengistirahatkan tubuhnya. Pada dasarnya, tidur itu dilakukan dimalam hari sebab Allah menciptakan malam untuk kita beristirahat. Allah berfriman : “Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.” (QS. Al-Qashash : 73). Inilah Lima Waktu Yang Dilarang Untuk Tidur, yuk simak artikel berikut ini.

Namun, terkadang tubuh kita terlalu lelah sehingga kita butuh untuk beristirahat diwaktu selain malam hari. Namun ingat sahabat, jangan tidur pada waktu yang dilarang untuk tidur. Inilah Lima Waktu Yang Dilarang Untuk Tidur.

Tidur setelah shubuh hingga terbit matahari

Lima Waktu Yang Dilarang Untuk Tidur

Pagi merupakan waktu dimana Allah memberikan rezeki kepada makhluknya. Waktu pagi itu penuh dengan keberkahan. Hingga para ulama terdahulu, melarang kita untuk tidur di pagi hari. Sebab, di waktu pagi merupakan waktu bagi kita untuk menuai pahala yang berlimpah.

Ibnul Qayyim berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah (1) tidur di waktu pagi, (2) sedikit sholat, (3) malas-malasan dan (4) berkhianat.”

Adapun dalam ilmu medis, tidur di pagi hari dapat menyebabkan obesitas, pusing kepala, lesu seharian, meningkatkan resiko diabetes, depresi, meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, dan lainnya.

Tidur setelah ashar menjelang maghrib

Waktu setelah ashar, ketika menjelang maghrib, merupakan waktu dimana spektrum alam bertumpang tindih. Bahkan, setelah asar pun dilarang untuk shalat. Sebab, pada waktu tersebut setan sedang berkeliaran dan jadi lebih kuat karena spektrum alam sedang satu frekuensi dengan mereka.

Tidur disore hari, tepatnya setelah ashar dan menjelang maghrib, pasti akan membuat kepala kita terasa pusing. Dan juga emosi negatif dalam pikiran kita menjadi lebih dominan. Itulah sebabnya dilarang untuk tidur setelah ashar menjelang maghrib. Mengakibatkan jiwa dan pikiran terganggu.

Tidur sebelum shalat isya

Di antara waktu maghrib dan isya yang hanya sebentar, dimakruhkan bagi kita untuk tidur. Diriwayatkan dari Abu Barzah : ”Bahwasannya Rasulullah membenci tidur sebelum shalat isya’ dan mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari). Hal ini dikarenakan khawatir jika kita tertidur, maka akan melewatkan waktu shalat isya.

Ibnu Hajar berkata dalam Fathul-Baari (2/49) : “Di antara para ulama melihat adanya keringanan (yaitu) mengecualikan bila ada orang yang akan membangunkannya untuk shalat, atau diketahui dari kebiasaannya bahwa tidurnya tidak sampai melewatkan waktu shalat. Pendapat ini juga tepat, karena kita katakan bahwa alasan larangan tersebut adalah kekhawatiran terlewatnya waktu shalat.”

Tidur setelah makan

Tidur setelah makan itu dilarang, sebab akan berdampak pada kesehatan tubuh. Jika seusai makan kita langsung tidur, maka proses pencernaan tidak berjalan secara maksimal. Sehingga berakibat pada tidak sempurnanya penyerapan nutrisi makanan. Baiknya adalah menunggu 1-2 jam setelah makan.

Tidur sepanjang hari

Sangat tidak baik untuk tidur sepanjang hari. Kecuali mungkin ketika dalam keadaan sakit dan butuh untuk istirahat total. Tidur sepanjang hari dapat membuat otot-otot tubuh kurang bergerak. Bahkan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit akibat kurang bergerak.

Baca Juga : Efek Kesehatan Tidur Dengan Lampu Menyala

Selain dapat berdampak pada kesehatan raga, tidur sepanjang hari juga akan berdampak pada kesehatan jiwa dan batin. Menurut Ibnul Qayyim, banyak tidur dapat mematikan hati dan membuang-buang waktu. Selain itu, psikologi kita juga dapat berpengaruh, sehingga kita selalu merasa malas.

Sahabat, Itulah Lima Waktu Yang Dilarang Untuk Tidur, dalam aktivitas harian kita yang begitu padat, kita butuh untuk istirahat di luar waktu malam. Waktu yang Rasulullah sunnahkan yaitu tidur sebentar di siang hari. Itu akan lebih baik bagi tubuh. Istirahatlah secukupnya saja agar kita tetap bersemangat untuk beraktivitas.

Lemon sangat terkenal sebagai salah satu buah yang sering digunakan dalam perawatan kecantikan. Namun tidak hanya itu manfaatnya, buah lemon juga menyimpan banyak khasiat bagi tubuh kita. Umumnya buah lemon dikonsumsi dengan cara diperas ataupun dibuat jus. Namun ada juga yang membuatnya menjadi ekstrak dan lain-lainnya. Inilah Khasiat Minum Air Lemon, Yuk simak artikel ini.

Sangat dianjurkan untuk meminum air perasan lemon, jus lemon, dan bukan ekstrak lemon maupun minuman kemasan yang rasa lemon. Sebab hal tersebut akan lebih berkhasiat bagi tubuh. Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Jadi, tidak heran bahwa lemon itu memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Antara lain :

Menyembuhkan infeksi tenggorokan dan juga sariawan

Lemon merupakan buah yang sangat efektif dalam mengatasi permasalahan-permasalahan infeksi dalam tubuh, termasuk tenggorokan. Air lemon yang kaya vitamin C juga dapat menyembuhkan sariawan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Inilah Khasiat Minum Air Lemon

Meminum air lemon sangat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit jantung. Sebab dalam lemon mengandung potasium. Manfaat air lemon juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi, pusing dan mual. Karena lemon memberikan sensasi yang menenagkan pikiran dan juga tubuh. Dengan rutin mengkonnsumsi air atau jus lemon dan berolahraga, dapat mencegah berbagai macam penyakit jantung.

Dan masih banyak lagi manfaat dari air lemon. Selain banyaknya manfaat konsumsi air lemon, mengkonsumsinya pada pagi hari juga dapat memberikan khasiat yang lebih.

Inilah Khasiat Minum Air Lemon Di Pagi Hari­

Pada umumnya, orang-orang di pagi hari mengawali harinya dengan mengkonsumsi teh ataupun kopi agar terasa lebih segar. Namun, kini sudah banyak orang menggantinya dengan minum air lemon di pagi hari. Tentu saja, tidak kalah dengan kopi dan teh, air lemon juga sangat berkhasiat ketika diminum di pagi hari.

Air lemon memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, asal diminum dengan cara yang tepat. Air lemon memang boleh diminum kapan saja. Namun, akan lebih efektif untuk minum air lemon di pagi hari, khususnya setelah bangun tidur, dapat membantu mengatasi dehidrasi.

Baca Juga : Berbagai Olahan Timun dan Khasiatnya

Sebagian besar orang mungkin takut jika harus minum air lemon di pagi hari. Alasannya, takut menimbulkan sakit perut. Namun nyatanya, bila diminum dengan porsi yang tepat, ada beragam khasiat minum air lemon di pagi hari lho.  

Mengatasi Dehidrasi.

Saat bangun tidur di pagi hari, kita akan merasa haus dan butuh minum. Sementara, kebanyakan orang enggan minum air mineral yang tidak memiliki rasa. Maka itu, banyak yang malah minum minuman manis di pagi hari pengganti air putih. Nah, solusi dari masalah ini sebenarnya kita bisa menambahkan potongan atau sedikit perasan lemon ke dalam air putih. Hal ini akan membuat air putih kita memiliki rasa segar.

Dapat Mengurangi Bau Mulut.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat bangun tidur mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi air perasaan lemon. Salah satu manfaat air lemon adalah merangsang air liur, sehingga bau mulut bisa tertutupi dengan air lemon ini.

Membantu Melancarkan Pencernaan.

Manfaat air lemon pada pagi hari adalah membantu melancarkan pencernaan. Air lemon memang dipercaya dapat menjadi minuman pencahar alami sehingga mencegah sembelit karena asam yang terdapat pada buah lemon dapat membantu menguraikan makanan di dalam perut.Dengan begitu, kotoran yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh akan lebih cepat keluar saat mengkonsumsi air perasan lemon.

Sahabat, Inilah Khasiat Minum Air Lemon, Walaupun air lemon mungkin terasa sedikit masam ketika kita tidak terbiasa. Melihat baiknya air lemon, ada baiknya jika kita ingin memulai hari dengan hal yang berbeda, mungkin sesekali kita bisa mencoba minum air lemon sebagai teman sarapan di pagi hari.

Kantuk yang datang usai sarapan sering terjadi hampir pada setiap orang. Rasa kantuk tersebut terkadang disertai dengan rasa lelah yang cukup mengganggu aktivitas harian. Walaupun banyak orang yang merasa sarapan membuat rasa kantuk menjadi-jadi, makan setiap pagi ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Inilah Menu Sarapan Anti Ngantuk Yang Bikin Bertenaga Sepanjang Hari.

Menurut sebuah penelitian, rutin sarapan pagi ternyata menurunkan tingkat stres dan depresi. Bahkan, sarapan juga memenuhi sekitar 15-30 persen kebutuhan gizi harian Anda. Jika sarapan pagi terlewatkan, kemungkinan besar tubuh akan merasa lebih lemas karena berada dalam kondisi lapar.

Hal yang menyebabkan ngantuk

Menu Sarapan Anti Ngantuk Yang Bikin Bertenaga Sepanjang Hari

Makan terlalu banyak ketika sarapan, akan membuat kita mengantuk ketika menjelang siang. Namun, sarapan yang terlalu sedikit juga akan membuat tubuh kita kekurangan energi. Sebab sarapan pagi itu sangat berpengaruh pada produksi energi sepanjang hari.

Oleh karena itu, menu sarapan itu harus diperhatikan. Untuk menunjang produktivitas kita selama sehari penuh. Di usahakan, sebaiknya untuk makan sarapan dengan secukupnya, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu berlebihan.

Baca Juga : Pilihan Menu Bekal Sehat Untuk Ke Kantor

Oksigen memang dibutuhkan tubuh guna menjalankan fungsi organ-organ manusia. Di antaranya yaitu fungsi pencernaan. Jadi ketika Anda makan terlalu banyak, sistem pencernaan harus bekerja ekstra keras untuk memproses makanan tersebut. Dalam prosesnya, oksigen akan lebih banyak dipakai oleh perut sehingga otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Sahabat, Ini dia beberapa menu pilihan demi pagi yang lebih segar dan sehat :

Sandwich Alpukat

Salah satu menu sarapan pagi yang mungkin membantu kamu agar tidak mengantuk adalah sandwich alpukat. Alpukat dikenal sebagai super-food yang mengandung vitamin, mineral, dan lemak yang memberikan tenaga untuk kamu sepanjang hari. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat, sehingga membantu menjaga gula darah tetap seimbang.

Tumis Bayam dan Telur

Selain alpukat, ternyata tumis bayam dan telur termasuk menu sarapan yang tidak membuat Anda mengantuk. Bayam termasuk sayuran yang menjadi sumber vitamin C, folat, dan zat besi. Selain itu, telur juga menjadi sumber protein, sehingga ketika digabungkan menjadi sarapan pagi yang cukup menyehatkan.

Jus Susu Kurma

Walaupun rasa sangat manis, ternyata kurma juga menjadi menu pilihan yang mungkin tidak membuat Anda mengantuk dan lelah sepanjang hari. Hal ini dikarenakan kurma adalah makanan yang kaya akan kalsium, fosfor, kalium, seng, dan zat besi.

Omelet dengan keju

Bagi kamu pecinta menu sarapan gurih, omelete dengan keju bisa jadi salah satu pilihannya. Selain praktis seseorang yang sarapan telur lebih cepat merasa kenyang sehingga kalori yang masuk pun lebih sedikit. 

Sedangkan keju yang tinggi protein akan membantu proses metabolisme sekaligus menurunkan hormon ghrelin penyebab lapar. Kandungan gizi dalam telur dan keju ini bisa memenuhi asupan nutrisimu di pagi hari agar tetap terjaga dan tak mudah lemas.

Sahabat dermawan, Yuk kita terapkan Menu Sarapan Anti Ngantuk Yang Bikin Bertenaga Sepanjang Hari, dengan empat pilihan menu sarapan di atas kamu tidak perlu khawatir lagi menjalani hari tanpa tenaga yang kurang.

Sahabat, ketahuilah bahwa tidak ada jalan untuk mengenal Allah dan mendapatkan keridhaan-Nya serta mendapatkan keselamatan disisi-Nya pada hari kiamat kelak, kecuali melalui ilmu. Ilmu adalah cahaya yang yang menerangi gelapnya kebodohan, dan menepis segala keraguan. Yuk simak artikel tentang Ilmu Adalah Cahaya.

Allah berfirman : “Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus”. (QS. Al-Maidah : 16).

Al-Qur’an dan ulama sebagai sumber ilmu

Al-Qur’an adalah ilmu, pendidikan dan pedoman hidup yang datangnya langsung dari Allah. Terdapat banyak sekali ilmu yang terdapat dalam Al-Qur’an. Salah satu keajaiban dari Al-Qur’an adalah tidak akan pernah habis makna yang tersirat dalam Al-Qur’an, itulah yang menggambarkan betapa besarnya ilmu yang terdapat dalam Al-Qur’an.

Tidak hanya ilmu tentang agama saja yang terdapat dalam Al-Qur’an. Namun, termasuk juga ilmu-ilmu umum dan sains. Di zaman yang modern ini, banyak sekali penelitian yang menjadikan Al-Qur’an sebagai instrumental penelitian mereka. Dan penelitian-penelitian tersebut membuktikan ilmu dalam Al-Qur’an secara ilmiah.

Ilmu Adalah Cahaya

Orang-orang yang dapat mengerti ilmu yang terdapat dalam Al-Qur’an adalah para Rasul dan ulama. Pada zaman ini, sudah tidak ada lagi Rasul. Namun, masih terdapat para ulama. Ulama-ulama inilah yang juga merupakan sumber ilmu.

Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu. Barang siapa mengambil warisan tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR. At-Tirmidzi). Merekalah yang menjadi panji kebenaran dan menara yang menerangi umat dalam mengarungi kehidupan, sehingga semua mendapat kebahagiaan, kemenangan dan kemuliaan.

 Perumpamaan Ulama di muka bumi ini adalah laksana bintang-bintang yang menjadi pertanda jalan di tengah gelap gulitanya daratan dan lautan. Maka bila sinar bintang-bintang ini redup dan padam, maka para pencari jalan pun akan mudah tersesat.

Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya Allah tidaklah mencabut ilmu langsung dari dada manusia. Tetapi Dia mencabutnya dengan mewafatkan para ulama. Maka jika tidak ada lagi seorang alim pun, manusia akan mengangkat orang-orang yang bodoh sebagai pemimpin. Mereka ditanya (dimintai fatwa). Dan mereka pun berfatwa tanpa ilmu. Merka sesat lagi menyesatkan.” (HR. Bukhari).

Baca Juga : Pentingnya Berakhlak Baik Bagi Penuntut Ilmu

Ilmu yang pertama-tama dicabut adalah ilmu yang bermanfaat, yaitu ilmu batin yang dapat memperbaiki dan meluruskan hati. Itulah ilmu para ulama. Sehingga jika sumber ilmu ini dicabut oleh Allah, maka akhirnya terjadilah kiamat, ketika penduduk bumi menjadi sejahat-jahatnya makhluk dan hidup dalam kegelapan.

Derajat orang berilmu dan ahli ibadah

Dan sungguh, satu orang faqih, lebih berat dan lebih menyusahkan bagi syaitan daripada seribu orang ahli ibadah (yang kosong akan ilmu). Karena manfaat ahli ibadah hanya terbatas pada dirinya semata, sedangkan seorang faqih, maka ia sejatinya telah menjaga agama Allah Azza wa Jalla dan memberi kemanfaatan kepada sesama manusia.

Rasulullah bersabda : “Keutamaan ahli ilmu atas ahli ibadah adalah seperti keutamaanku atas orang yang paling rendah di antara kalian.” Setelah itu beliau melanjutkan, “Sesungguhnya Allah, para malaikat, para penduduk langit dan bumi, bahkan semut di lubangnya, dan para ikan mendoakan pengajar kebaikan pada manusia.” (HR At-Turmidzi).

Sahabat, Ingat ya bahwa Ilmu Adalah Cahaya, yuk kita memohon kepada Allah agar Dia berkenan menganugerahkan kepada kita ilmu yang bermanfaat. Yakni, yang bersinar terang untuk umat. Aamiin

Sahabat, hujan adalah sebuah peristiwa presipitasi (jatuhnya suatu cairan dari atmosfer yang berwujud cair maupun beku ke permukaan bumi) berwujud cairan. Hujan ini membutuhkan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar bisa menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas suatu permukaan bumi. Ketahuilah bahwa Hujan, Rahmat Allah dari Langit.

Penjelasan dalam Al-Qur’an tentang turunnya hujan

Di bumi, hujan adalah sebuah proses kondensasi (perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat). Uap air di atmosfer menjadi suatu butiran air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di sebuah daratan. Proses terjadinya hujan telah Allah jelaskan dalam al-Qur’an. Mari kita baca ayat-ayat berikut.

Pertama, Allah meniupkan angin yang membawa mendung, “Allah dengan kuasaNya meniupkan angin yang kemudian membawa mendung, “Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmatNya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu …” (QS. Al-A’raf : 57).

Hujan, Rahmat Allah dari Langit

Kemudian proses terjadinya mendung pun Allah uraikan dalam ayat lain, “Dialah Rabb yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia mengadakan awan mendung.” (QS. Ar-Ra’d : 12).

Setelah itu proses turunnya air hujan, “Maka Kami bukakan pintu-pintu langit dengan (menurunkan) air yang tercurah.” (QS. Al-Qamar : 11).

Adapun wilayah dimana turunnya hujan itu sudah menjadi ketetapan Allah, dimana kita berada pasti akan mendapat gilirannya, “Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (dari padanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat).” (QS. Al-Furqan : 50).

Jangan mencela hujan !

Seringkali manusia itu lupa bahwa hujan merupakan rahmat Allah yang menghidupkan seisi bumi. Ketika hujan terus turun dan manusia mulai merasa aktivitasnya terganggu oleh hujan, manusia mulai mencela hujan. Mereka mencelanya atau merasa tidak ridho terhadap hujan yang Allah turunkan.

Terkadang kita merasa biasa berkata “Ah hujan lagi, hujan lagi!”. Padahal itu merupakan tanda bahwa kita tidak ridho terhadap hujan yang Allah turunkan. Secara tidak langsung pun hal itu berarti kita tidak ridho kepada Allah yaang telah mengatur hujan.

Perkataan yang seperti ini bisa saja menjadi petaka bagi kita. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya ada seorang hamba berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dia pikirkan lalu Allah mengangkat derajatnya disebabkan perkataannya itu. Dan ada juga seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang membuat Allah murka dan tidak pernah dipikirkan bahayanya lalu dia dilemparkan ke dalam jahannam.” (HR. Bukhari).

Baca Juga : Memohon Ampunan di Waktu Fajar

Terkadang pun, angin, hujan, dan petir, menyebabkan kerusakan pada lingkungan kita. Namun, hal itu bukan berarti kita harus mencela angin, dn hujan. Rasulullah bersabda : “Janganlah kamu mencaci maki angin.” (HR. Tirmidzi).

Begitu pula dengan mencela waktu. Dalam sebuah hadits qudsi, Allah berfirman : “Manusia menyakiti Aku; dia mencaci maki masa (waktu), padahal Aku adalah pemilik dan pengatur masa, Aku-lah yang mengatur malam dan siang menjadi silih berganti.” (HR. Bukhari).

Jadi Sahabat, mencaci hal-hal yang telah Allah qadar kan itu merupakan hal yang terlarang. Secara tidak langsung, kita seperti mencela Allah. Kita hanya perlu bersabar dan berprasangka baik terhadap setiap qadar Allah. Bahwa setiap qadar Allah itu adalah kebaikan.

Sahabat, Ingat bahwa Hujan, Rahmat Allah dari Langit,demikianlah kuasa Allah dalam menjelaskan ayat-ayat tentang hujan, dan juga larangan untuk mencela hujan. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dibalik turunnya hujan yang kita alami saat ini.

Islam merupakan agama yang sempurna. Setiap hal dalam kehidupan, diatur dalam islam. Hingga hal-hal kecil seperti makan dan minum pun diatur dalam islam. Islam memberikan tuntunan terkait adab makan dan minum yang baik, yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Maka Inilah Sunnah Rasulullah Terkait Adab Makan dan Minum yang perlu kamu ketahui.

Berikut adab-adab terkait makan dan minum yang disunahkan oleh Rasulullah. Antara lain :

  • Tidak makan dan minum sambil berdiri

Dari Anas ra, ia berkata : “Dari Rasulullah bahwasanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Kemudian Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya kepada Anas, ‘Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?’ Lalu Anas menjawab, ‘Itu lebih parah dan lebih jelek'”. (HR. Muslim).

Inilah Sunnah Rasulullah Terkait Adab Makan dan Minum

Tiada khilaf di kalangan ahli fiqih bahwa seseorang dianjurkan makan dan minum sambil duduk. Tetapi minum sambil berdiri tanpa uzur menyalahi yang afdhal menurut mayoritas ulama,” (Wizaratul Awqaf was Syu`unul Islamiyyah, Al-Mausu’atul Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, [Kuwait, Darus Safwah:1997M/1417H] cetakan pertama, juzXV, halaman 270-271).

Baca Juga : Larangan Makan dan Minum Berdiri

Pun telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa makan dan minum sambil duduk itu jauh lebih baik dalam segi kesehatan.

  • Makan dan minum menggunakan tangan kanan

Dari Umar bin Abi Salamah, ia berkata, “Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallhu’alaihi wa sallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah Saw bersabda,

“Wahai Ghulam, sebutlah nama Allah (bacalah “Bismillah”), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang paling dekat denganmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu, (HR. Bukhari).

  • Tidak meniup makanan dan minuman

“Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah melarang pengembusan nafas dan peniupan (makanan atau minuman) pada bejana,” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Meniup makanan atau minuman itu dilarang. Sebab, ketika kita meniup makanan atau minuman dengan mulut kita, bisa saja kotoran pada mulut kita terjatuh kedalam makanan atau minuman tersebut dan menjadikannya jorok/kotor.

Selain itu, dalam segi kesehatan pun telah dibuktikan. Bahwa ketika kita meniup makanan atau minuman dengan mulut kita, karbondioksida yang kita keluarkan akan menempel pada makanan atau minuman kita, dan dapat menjadi racun bagi tubuh.

  • Mengawalinya dengan bismillah

Setiap hal mesti kita awali dengan bismillah, termasuk makan. Rasulullah bersabda : “Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia mengucapkan Bismillah (menyebut nama Allah Ta’ala). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah di awal, hendaknya ia mengucapkan: “Bismillahi awwalahu wa aakhirotu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”. (HR. Tirmidzi).

  • Tidak makan sambil bersandar

Hukumnya makruh untuk makan sambil bersandar tanpa adanya uzur. Rasulullah berkata, “Aku tidak mengambil makananku sambil bersandar” (HR. Bukhari).

  • Makanlah secukupnya dan tidak berlebihan

Dilarang untuk makan dengan berlebihan hingga membuat kita kekenyangan. Rasulullah bersabda : “Tidaklah sekali-sekali manusia memenuhi sebuah wadah pun yang lebih berbahaya dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan tubuhnya. Jika ia harus mengisinya, maka sepertiga (bagian lambung) untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk napasnya (udara).” (HR. Tirmidzi).

Jika terlalu banyak makan hingga terlalu banyak minum juga, lalu tubuh kita pun menjadi lebih banyak beristirahat (tidur). Itulah yang akan membuat kita banyak merugi.

  • Makan dengan tiga jari

Dari Ka’ab bin Malik dari bapaknya beliau mengatakan, “Rasulullah itu makan dengan menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR. Muslim).

Baca Juga : Anak Asuh Binaan Membuat Makanan Sehat

  • Mengucap Alhamdulillah seusai makan

Seusai makan, jangan lupa untuk mengucap alhamdulillah sebagai bentuk syukur kita kepada Allah. Rasulullah mengajarkan kita untuk membaca doa setelah makan, yang artinya : “Puji syukur kepada Allah yang telah memberi makan dan memberi minum kepada kami serta menjadikan kami termasuk orang-orang Islam.” (HR. Abu Dawud).

Sahabat, Inilah Sunnah Rasulullah Terkait Adab Makan dan Minum, demikanlah adab-adab makan yang mesti seorang muslim terapkan. Selain untuk mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah, adab-adab yang telah Rasulullah ajarkan pasti mengandung kebaikan lainnya. 

Kandungan nutrisi kacang kedelai

Kacang kedelai sudah tidak asing lagi di masyarakat. Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang atau biji-bijian yang dapat diolah menjadi berbagai makanan yang enak. Misal, tahu, tempe, oncom, hingga susu kedelai. Kacang kedelai ini memiliki nama latin Glycine Max. Inilah Manfaat Olahan Kacang Kedelai, yuk kita simak artikel ini.

Kacang kedelai terbagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan warna kulitnya. Yaitu kedelai hijau, kedelai kuning, kedelai coklat, dan kedelai hitam. Di Idonesia itu sendiri, jenis yang paling banyak ditanam adalah jenis kacang kedelai kuning dan kedelai hitam. Secara umum semua jenis kedelai itu kaya akan nutrisi.

Berdasarkan data dari United States Departemen of Agriculture’s (USDA) yang setara dengan Kementerian Pertanian di Indonesia, per 100 gram kedelai hijau rebus mengandung 141 kkal kalori, 12 gram protein, 6 gram lemak, 11 gram karbohidrat, 68 gram air, dan 4 gram serat. Kacang ini juga mengandung 9 asam amino esensial yang penting bagi tubuh.

Manfaat susu kedelai

Inilah Manfaat Olahan Kacang Kedelai

Sahabat, kebanyakan orang mengira bahwa olahan yang terbuat dari gandum itu lebih baik dari pada olahan kedelai. Olahan yang berbahan dasar kacang kedelai itu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Terutama olahannya yang satu ini, yaitu susu kedelai.

Susu kedelai berasal dari tanaman dan secara alami bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang meminum susu kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56% lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak meminumnya.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Yang Baik Untuk Diet

Selain itu, susu kedelai dapat meringankan gejala menopause, seperti sensasi rasa panas (hot flashes) dan berkeringat di malam hari. Susu kedelai juga diduga dapat membantu fungsi kognitif wanita yang berusia dibawah 65 tahun.

Berikut beberapa kandungan susu kedelai yang baik bagi tubuh :⠀

  1. Mengandung protein yang hampir sama banyaknya dengan susu sapi, tapi dengan kalori yang lebih rendah. Jumlah kalori yang lebih kecil dibanding susu sapi, membuat susu kedelai cocok untuk diet dan vegetarian. Asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu ini juga dapat mencegah penyerapan lemak pada usus, sehingga mampu menjaga berat badan lebih stabil.
  2. Susu kedelai  kaya akan kalsium dan Vitamin D penting untuk kesehatan tulang. Banyak susu kedelai yang dijual telah ditambahkan dengan vitamin D. Sehingga, susu kedelai sangat baik untuk mencegah osteoporosis.
  3. Vitamin B12 membantu memproduksi sel darah merah sehingga mencegah anemia. Sumber vitamin B12 antara lain adalah telur dan produk susu. Namun, bagi kaum vegetarian atau mereka yang alergi terhadap susu sapi, konsumsi susu kedelai dapat membantu melengkapi kebutuhan vitamin B12.
  4. Mengandung seng (zinc) yang merupakan salah satu zat terpenting untuk sistem kekebalan tubuh. Kandungan mineral yang satu ini dapat menangkal berbagai radikal bebas agar tidak masuk kedalam tubuh. Hal ini berhubungan pada fungsi utama zinc yang merupakan antioksidan.
  5. Kedelai tinggi akan kandungan asam lemak, seperti omega-3, yang dapat membantu mengurangi kadar lemak darah (kolesterol total dan trigliserida), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung.
  6. Kandungan isoflavone dalam susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan peneyerapan usus yang dapat memperlancar pencernaan

Sahabat, Inilah Manfaat Olahan Kacang Kedelai. Selain susu kedelai, setiap olahan yang berbahan utama kedelai juga dapat memberikan manfaat tersebut.