News

Sahabat GYD, tak lama lagi kita akan menyambut hari raya Idul Adha atau Idul Qurban yang di dalamnya terdapat syariat untuk menyembelih hewan qurban.

Mari sahabat kita tunaikan ibadah qurban, sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah atas jutaan nikmat yang Allah berikan hingga saat ini.

Selain itu, banyak sekali keutamaan dari ibadah Qurban itu sendiri. Dan terdapat penekanan bagi yang mendapat kelapangan untuk melaksanakannya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berqurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami.” [HR. Ahmad dalam Musnad-nya no. 8273]

Semoga Allah mudahkan kita semua untuk menunaikan ibadah qurban dan memberi keberkahan di dalamnya. Aaamiin…

Zakat Bahagiakan Mereka

Zakat merupakan salah satu Rukun Islam, yang kandungan dan manfaatnya sangat mulia.

Yuk Segera Tunaikan Zakat, karena zakat menentramkan hati dan jiwa, mendatangkan ketenangan dan kebahagiaan lahir dan bathin

Setelah menunaikannya, setiap diri akan tenang dan harta menjadi bersih.

Kebahagiaan lain yang sulit terlukis kata – kata adalah setiap diri mustahiq merasakan manfaat yang begitu besar, menerima dan merasakan zakat yang kita keluarkan, dengan distribusi yang cepat, tepat dan terarah

Sudahkan Sahabat Dermawan menunaikan Zakat ? Yuk segera Tunaikan karena Zakat Kita Bahagiakan Mereka.

Sahabat GYD,

Seiring berkembangnya teknologi, menjadi semakin mudah dalam melakukan berbagai aktivitas.
Kini bersedekah semudah belanja online.

Insya Allah dapat memudahkan kita untuk bersedekah dan beramal sholih. Mari sahabat kita bersedekah untuk pendidikan Yatim dan Dhuafa. Dengan scan melalui aplikasi GOPAY, OVO atau Grab.

Semoga Allah memudahkan kita dalam beramal sholih, menjauhkan kita dari sifat kikir, dan memberi keberkahan di dalam nya. Aamiin ya Robbal ‘alamin…

An Nawawi Al Bantani

Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, dan anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim).

Dari hadits diatas, Imam Nawawi merincikan bahwa yang dimaksud sedekah jariyah adalah wakaf. Sedekah jariyah adalah sedekah yang pahalanya akan terus mengalir bahkan setelah kematian dari orang yang bersedekah. Selama harta sedekahnya masih bermanfaat untuk kebaikan masyarakat muslim pada umumnya.

Karena itu, kami Nadzir Wakaf GYD Mengajak anda untuk bersama – sama menyisihkan donasi wakafnya dalam pembangunan gedung pendidikan Ponpes An-Nawawi Al-Bantani guna mewujudkan Anak – anak yatim dan dhuafa yang berkarakter, Religius dan Mandiri, karena masa depan mereka adalah tanggung jawab kita bersama.

Griya Yatim dan Dhuafa merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang membantu Anak-anak Yatim dan Kaum Dhuafa, serta berperan aktif dibidang Pendidikan, Sosial, Kemanusiaan serta menerima dan menyalurkan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf. Untuk Infaq dan Shodaqoh bisa disalurkan melalui :

Rekening
> BCA : 899 0304 581
> MANDIRI : 128 000 635 1867
> BRI SYARIAH : 653 0999 999
> BNI SYARIAH : 777 66 77 660
> BNI : 0179 0625 98
> CIMB NIAGA SYARIAH : 860005377000

Call Center : 0882 1411 2165
Whatsapp : 0896 0609 0609

www.kitabisa.com/griyayatim

www.griyayatim.com

Mengunjungi Asrama kami yang berada di Jabodetabek, Serang, Cilegon, Bandung, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Lampung, Medan, Bukit Tinggi, Banjarmasin (https://griyayatim.com/asrama-kami/) Semoga Allah menerima dan melipatgandakan amal kebaikan kita semua. Aamiin

Khitan Ceria

Khitan ceria merupakan kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali dengan memberikan bantuan berupa khitanan gratis yang diberikan kepada anak-anak yatim dan dhuafa dengan bantuan para dokter khitan.

Dengan program khitan ceria diharapkan dapat membantu anak-anak yatim dan dhuafa untuk melaksanakan khitan.

Yuk dukung kegiatan khitan ceria ini, Insya Allah membawa keceriaan bagi anak-anak yatim dan dhuafa.

Semoga apa yang telah kita usahakan membawa keberkahan dan bernilai pahala di sisi Allah. Aamin Yaa Robbal ‘alaamiin…

Griya Yatim dan Dhuafa merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang membantu Anak-anak Yatim dan Kaum Dhuafa, serta berperan aktif dibidang Pendidikan, Sosial, Kemanusiaan serta menerima dan menyalurkan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf. Untuk Infaq dan Shodaqoh bisa disalurkan melalui :
Rekening

BCA : 899 0304 581

MANDIRI : 128 000 635 1867

BRI SYARIAH : 653 0999 999

BNI SYARIAH : 777 66 77 660

BNI : 0179 0625 98

CIMB NIAGA SYARIAH : 860005377000

Call Center : 0882 1411 2165
Whatsapp : 0896 0609 0609
www.kitabisa.com/griyayatimdhuafa

Mengunjungi Asrama kami yang berada di Jabodetabek, Serang, Cilegon, Bandung, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Lampung, Medan, Bukit Tinggi, Banjarmasin (https://griyayatim.com/asrama-kami/) Semoga Allah menerima dan melipatgandakan amal kebaikan kita semua. Aamiin

#Sedekah #SedekahOnline #Infaq#infaqsedekah #yayasanyatimpiatu#yayasanyatimpiatu #griyayatimdhuafa

Zakat GYD

Secara umum zakat terbagi atas dua macam, zakat fitrah dan zakat maal. Zakat fitrah adalah zakat yang biasa kita keluarkan setelah melaksanakan puasa dibulan Ramadhan dengan niat untuk kembali ke fitrah (suci) dan mengharap ridho dari Allah sebagai penutup dari amalan kita selama sebulan berpuasa.

Sedangkan zakat maal cakupannya lebih luas dari zakat fitrah. Zakat maal merupakan zakat yang dikeluarkan untuk mensucikan harta yang dimiliki muzakki jika sudah memenuhi nishab dan haulnya, serta telah memenuhi syarat dan kewajiban untuk mengeluarkan zakat itu sendiri. Sebagaimana Allah SWT telah menjelaskan dalam Q.S. At-Taubah :  103

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلاَتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka Sesungguhnya do’a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. Al-maidah 103)

Adapun untuk mengeluarkan zakat maal ini ada ketentuan-ketentuan yang harus terpenuhi berupa syarat bagi harta yang dizakatkan dan syarat untuk muzakkinya. Diantara syarat untuk muzakkinya (orang yang berzakat) adalah sebagai berikut :

  1. Beragama Islam
  2. Merdeka
  3. Baligh dan berakal
  4. Harta yang dizakatkan adalah milik pribadi
  5. Harta yang dizakatkan sudah mencapai nishab

Dari syarat-syarat diatas, berlaku untuk orang yang akan berzakat. Apabila ada salah satu syarat yang tidak terpenuhi maka tidak wajib mengeluarkan zakat atas hartanya. Sedangkan untuk harta yang dizakatkan wajib memnuhi syarat-syarat berikut :

  1. Milik penuh, harta yang dizakatkan wajib sepenuhnya dimiliki oleh muzakki.
  2. Berkembang, maksudnya harta tersebut memiliki potensi berkembang bila diusahakan
  3. Mencapai Nisab, yakni harta tersebut sudah mencapai ukuran/jumlah tertentu sesuai dengan ketetapan. ( senilai 85 gram emas)
  4. Lebih dari kebutuhan pokok
  5. Bebas dari hutang, apabila harta yang dizakatkan telah mencapai nishab tapi muzakki masih memiliki hutang yang apabila dikonversikan akan mengurangi harta yang dizakatkan maka tidak wajib menzakatkan harta melainkan untuk membayar hutang terlebih dahulu.
  6. Mencapai Haul, kepemilikan harta yang dizakatkan sudah mencapai haul atau genap satu tahun dalam hitungan hijriyah.

Dari syarat-syarat diatas, apabila sudah terpenuhi semua sudah wajib hukumnya untuk mengeluarkan zakat maal. Zakat yang dikeluarkan sebesar 2,5% dari total harta yang kita miliki apabila sudah mencapai nishabnya. Menjelang akhir tahun ini, marilah kita mengeluarkan zakat maal yang kita miliki, Semoga dengan zakat maal dapat menjadi jalan pembersih harta sehingga terwujud hati yang tenang dan tentram. Aamiiin.

Zakat Sekarang

sedekah jariyah

Banyak orang mempertanyakan ‘apa itu sedekah jariyah? Secara Bahasa, sedekah diambil dari Bahasa arab yang artinya memberikan, sedangkan jariyah artinya mengalir atau terus menerus. Maka sedekah jariyah dapat diartikan sebagai memberikan harta yang kita cintai untuk kepentingan umum yang bisa dimanfaatkan secara terus menerus dengan niat ikhlas semata-mata hanya mengharap ridho Allah SWT. Dengan demikian, jika kita ikhlas hanya karena Allah semata kita bersedekah, maka pahala yang akan kita terima akan terus mengalir seiring bermanfaatnya harta yang kita sedekahkan.

Rasulullah SAW. Bersabda dalam haditsnya yang berbunyi

إذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُولَهُ

artinya : ”Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, dan anak shalih yang selalu mendo`akan orang tuanya.” (HR. Muslim). Dari hadits diatas, imam nawawi merincikan bahwa yang dimaksud sedekah jariyah adalah wakaf. Sedekah jariyah adalah sedekah yang pahalanya akan terus mengalir bahkan setelah kematian dari orang yang bersedekah selama harta sedekahnya masih bermanfaat untuk kebaikan masyarakat muslim pada umumnya.

Seperti yang disebutkan oleh Imam Nawawi diatas, salah satu bentuk dari sedekah jariyah adalah wakaf. Wakaf adalah memindahkan hak milik pribadi menjadi milik suatu badan yang memberi manfaat bagi masyarakat. Dengan mewakafkan harta kita untuk kepentingan dan manfaat bagi masyarakat muslim pada umumnya, akan menjadi sebuah lading amal bagi kita. Karena dengan wakaf tersebut, selama harta yang diwakafkan itu bermanfaat maka pahala akan senantiasa mengalir.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ الْمُؤْمِنَ مِنْ عَمَلِهِ وَحَسَنَاتِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ عِلْمًا عَلَّمَهُ وَنَشَرَهُ وَوَلَدًا صَالِحًا تَرَكَهُ وَمُصْحَفًا وَرَّثَهُ أَوْ مَسْجِدًا بَنَاهُ أَوْ بَيْتًا لِابْنِ السَّبِيلِ بَنَاهُ أَوْ نَهْرًا أَجْرَاهُ أَوْ صَدَقَةً أَخْرَجَهَا مِنْ مَالِهِ فِي صِحَّتِهِ وَحَيَاتِهِ يَلْحَقُهُ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهِ

“Sesungguhnya yang didapati oleh orang yang beriman dari amalan dan kebaikan yang ia lakukan setelah ia mati adalah, ilmu yang ia ajarkan dan sebarkan, anak shalih yang ia tinggalkan, mushaf Al-Qur’an yang ia wariskan, masjid yang ia bangun, rumah bagi ibnu sabil (musafir yang terputus perjalanan) yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, sedekah yang ia keluarkan dari harta ketika ia sehat dan hidup, semua itu akan dikaitkan dengannya setelah ia mati.” (HR. Ibnu Majah)

Hadits diatas menyebutkan lebih rinci lagi apa-apa saja yang termasuk kedalam sedekah jariyah. Karena itu, kami Nadzir Wakaf GYD Mengajak anda untuk bersama – sama menyisihkan sedekah jariyah dalam pembangunan Ponpes An-Nawawi Al-Bantani guna mewujudkan Anak – anak yatim dan dhuafa yang berkarakter, Religius dan Mandiri, karena masa depan mereka adalah tanggung jawab kita bersama.

GDR PALU

Alhamdulillah… Sahabat GYD, team GDR (GYD Disaster Relief) telah mendistribusikan bantuan untuk Korban Bencana Alam di Palu, Sigi dan Donggala (PASIGALA).

GDR PALU (SULTENG)

Penjangkauan bantuan dilakukan di daerah titik Gempa, Tsunami, dan Likuifaksi, yaitu di Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kota Palu, sehingga bantuan bisa menjangkau pengungsi di daerah-daerah terpencil.

Semoga bantuan yang kita berikan bisa bermanfaat buat mereka, dan bisa meringankan bebean hidup mereka.

Mari kita sama-sama berdoa untuk warga Sulawesi tengah, semoga di berikan kesabaran dalam menghadapi bencana ini, mari kita jadikan hikmah dibalik kejadian ini, semoga kita semua ada dalam lindungan Alloh SWT.
Dan semoga apa yang sudah kita lakukan dan kita korbankan menjadi amal sholih di sisi Allah. Aamiin…


Griya Yatim dan Dhuafa merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang membantu Anak-anak Yatim dan Kaum Dhuafa, serta berperan aktif dibidang Pendidikan, Sosial, Kemanusiaan serta menerima dan menyalurkan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf. Untuk Infaq dan Shodaqoh bisa disalurkan melalui :

Rekening
> BCA : 899 0304 581
> MANDIRI : 128 000 635 1867
> BRI SYARIAH : 653 0999 999
> BNI SYARIAH : 777 66 77 660
> BNI : 0179 0625 98
> CIMB NIAGA SYARIAH : 860005377000

Call Center : 0882 1411 2165
Whatsapp : 0896 0609 0609
www.kitabisa.com/griyayatimdhuafa

Mengunjungi Asrama kami yang berada di Jabodetabek, Serang, Cilegon, Bandung, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Lampung, Medan, Bukit Tinggi, Banjarmasin (https://griyayatim.com/asrama-kami/) Semoga Allah menerima dan melipatgandakan amal kebaikan kita semua. Aamiin

#Sedekah #SedekahOnline #Infaq#infaqsedekah #yayasanyatimpiatu#yayasanyatimpiatu #griyayatimdhuafa#palukuat#palubangkit

Spirit Of Muharram

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Sahabat Griya Yatim dan Dhuafa yang di Rahmati Allah.

Menjelang pergantian tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 11 September 2018, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan, kelancaran dan kemudahan oleh Allah SWT dalam segala urusan maupun kegiatan. Menjadi seorang hamba yang lebih beriman dan bertaqwa. Menjadi insan yang berguna dan bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama. Tahun Baru, Semangat Baru.

TIPS MENJAGA KESEHATAN BAGI MUSLIMAH USIA REMAJA

Pelaksanaan seminar kesehatan untuk seluruh anak asuh binaan mukim ini merupakan Program GYD Sehat Yayasan Griya Yatim & Dhuafa yang  berlangsung pada pada hari minggu, 15 April 2018 pukul 09.00 sd selesai  di aula Masjid Assakinah lingkungan asrama GYD Bendi Jakarta Selatan. Secara bergilir dan bertahap Program GYD Sehat ini sudah di  laksanakan di berbagai Cabang sebagai bentuk kepedulian terhadap anak asuh binaan maupun warga sekitar. Pada hari sabtu, tanggal 31 Maret 2018 juga sudah di laksanakan Program GYD Sehat Pengobatan Gratis metode hijamah ( bekam )  di asrama Cinere yang di sambut antusias oleh segenap masyarakat.

Tujuan kegiatan seminar kesehatan ini adalah untuk memberikan pembinaan dan pemahaman bagi anak asuh mukim Griya Yatim & Dhuafa khususnya bagi anak asuh putri tentang membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat baik dilingkungan asrama maupun di lingkungan sekolah, serta penguatan kesadaran diri pribadi akan pentingnya menjaga kesehatan, terlebih untuk usia anak-anak menuju remaja.

Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai Narasumber adalah Dr. Hadyanto, S.Ked selaku sahabat  dermawan Yayasan Griya Yatim & Dhuafa Cabang Depok,  80 anak asuh binaan mukim serta di hadiri pula oleh Roni Anto selaku Kadiv Humas Yayasan Griya Yatim & Dhuafa.

Dalam kegiatan tersebut Dr. Hadyanto, S. Ked  sebagai narasumber menjelaskan terkait ciri-ciri perkembangan dari anak-anak menuju remaja, hal-hal yang harus di pahami seputar menjaga organ vital, serta berdiskusi langsung dengan peserta, serta pemberian motivasi agar seluruh peserta mejaga kesehatan dirinya . Menurut WHO, remaja memulai masa transisi dari anak-anak ke masa dewasa berkisar pada usia 10 tahun s/d 19 tahun. Dimana rasa keingintahuannya sangat besar terhadap sesuatu hal, jika mendapatkan informasi kesehatan yang salah, maka akan berakibat buruk terhadap kesehatan dirinya, sehingga sangat penting untuk dilakukan peningkatan edukasi masalah kesehatan bagi remaja.

Sementara itu, di sampaikan oleh Bapak Roni Anto selaku kepala Divisi Humas Yayasan Griya yatim & Dhuafa, pentingnya menjaga kesehatan bagi anak remaja sangat di tekankan, agar seluruh anak asuh binaan GYD tumbuh sehat baik jasmani maupun rohani, sehingga bisa menyerap seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Manajemen Yayasan Griya Yatim & Dhuafa terlebih sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Ramadhan. Harapannya pula seluruh anak asuh GYD agar menjaga kesehatan dirinya serta menyampaikan kepada teman-teman baik di sekolah maupun di lingkungan asrama.

Sementara itu ucapan terima kasih kepada Yayasan Griya yatim & Dhuafa di sampaikan oleh para peserta seminar kesehatan anak asuh GYD “Terima kasih kepada Yayasan Griya Yatim & Dhuafa yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat kepada kami, semoga GYD ke depan semakin sukses, dan semoga di lain kesempatan bisa di adakan kembali”.

  • 1
  • 2