Griya Yatim & Dhuafa

ADA 2,5 % REZEKI MEREKA DALAM HARTA KITA

Sedekatduajari -Tahukah Sahabat Derawan? Bahwa Allah ta’ala menitipkan harta dan kekayaan kepada kita, bukan hanya milik kita semata? Ternyata, ada hak mereka dari sebagian rezeki kita. Siapa mereka?

Mereka adalah kaum dhuafa, termasuk hak fakir miskin. Memang tidak banyak, hanya 2,5%. Tetapi meskipun begitu, Allah menjamin harta kita tidak akan berkurang saat kita mengeluarkan zakat. Justru, yang ada malah akan bertambah karena keberkahannya. Lalu, bagaimanakah perhitungannya dari jumlah harta kita? Begini penjelasannya…

Jika seseorang memiliki bermacam-macam bentuk harta dan jumlah akumulasinya lebih besar atau sama dengan nisab (85 gr emas), maka ia telah terkena kewajiban zakat sebesar 2,5% dari nilai 85 gr emas tersebut. InsyaAllah, atas jaminan-Nya, harta kita tidak akan pernah berkurang karena kita mengeluarkan zakat.

Lalu, bagaimana untuk mereka yang memiliki harta yang kurang dari perhitungan nisab zakatnya? Allah selalu memberi kemudahan, maka Islam sangat menganjurkan dengan cara sedekah.

Kita pun harus memahami bahwa betapa banyaknya keutamaan sedekah, di antara lain adalah membuka pintu rezeki, menolak bala, dan bisa juga menyembuhkan penyakit. Tentu semuanya atas izin Allah ya.

Satu pertanyaan lagi, bagaimana jika kita tidak mengeluarkan harta kita untuk zakat? Maka itungannya adalah sang pemilik harta termasuk turut memakan hak orang lain (kaum dhuafa).

Kita tentu juga perlu menyadari bahwa zakat termasuk ke dalam rukun Islam yang wajib diamalkan setiap muslim, sebagaimana rukun Islam lainnya seperti shalat, puasa, dan haji bagi yang mampu.

 

Baca Juga : Bersihkan Harta Dengan Zakat

Sahabat Dermawan, zakat dapat membersihkan harta dan membuat kita selalu bersyukur atas titipan Allah SWT. Yuk bersihkan harta dengan zakat agar hidup lebih tentram dan berkah.

Bayar zakat dengan mengunjungi link di bawah ini :

sedekatduajari.id

English EN Indonesian ID
Scroll to Top