Griya Yatim & Dhuafa

Ada Orang Yang Celaka Karena Ilmunya

Seorang muslim itu diwajibkan untuk menuntut ilmu karena setiap hal yang kita lakukan harus dengan ilmu. Tidaklah cukup hanya menyatakan bahwa dirinya telah beriman lalu beribadah, tapi tidak menuntut ilmu. Konsekuensi dari menjadi seorang muslim adalah wajib untuk menuntut ilmu. Rasulullah bersabda : “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Bukhari). Nah, seperti judul di artikel ini maka kita perlu tahu ternyata Ada Orang Yang Celaka Karena Ilmunya, yuk kita simak agar kita tahu.

Sahabat dermawan, didalam Al-Qur’an telah menjanjikan akan mengangkat derajat orang yang berilmu diantara kita. Allah berfirman : “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu, ‘Berlapang-lapanglah dalam majlis’, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, ‘Berdirilah kamu’, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadalah : 11).

Diwajibkan untuk menuntut ilmu karena ilmu merupakan kunci segala kebaikan. Ilmu adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sebab ilmu-lah Allah meninggikan derajat seseorang. Tetapi, tidak semua orang yang berilmu itu akan Allah muliakan. Hanya orang berilmu yang disertai dengan ketulusan hati-lah yang akan Allah angkat derajatnya, bukan orang berilmu yang menggunakan ilmunya hanya untuk mencari dunia.

Ada Orang Yang Celaka Karena Ilmunya

Orang berilmu yang celaka karena riya

Dari Abu Hurairah, ia berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya manusia pertama yang diadili pada hari kiamat adalah orang yang menuntut ilmu dan mengajarkannya serta membaca Al-Qur’an. Ia didatangkan dan diperlihatkan kepadanya kenikmatan-kenikmatannya, maka ia pun mengakuinya. Kemudian Allah menanyakannya: ‘Amal apakah yang telah engkau lakukan dengan kenikmatan-kenikmatan itu ?’ Ia menjawab: ‘Aku menuntut ilmu dan mengajarkannya, serta aku membaca Al-Qur`an hanyalah karena engkau. Allah berkata : ‘engkau dusta! engkau menuntut ilmu agar dikatakan seorang ‘alim (yang berilmu) dan engkau membaca Al-Qur`an supaya dikatakan (sebagai) seorang qari’ (pembaca Al-Qur`an yang baik). Memang begitulah yang dikatakan (tentang dirimu).’ Kemudian diperintahkan (malaikat) agar menyeret atas mukanya dan melemparkanya kedalam neraka.” (HR. Muslim No.1905).

Itulah orang-orang yang menuntut ilmu hanya karena riya kepada manusia. Karena sebab itu, dia dimasukkan kedalam neraka. Rasulullah sudah mengabarkan bahwa riya itu merupakan salah satu bentuk syirik. Rasulullah bersabda : “‘Sesungguhnya yang paling aku takutkan dari apa yang aku takutkan menimpa kalian adalah syirik kecil.’ Maka para shahabat bertanya, ‘Apa yang dimaksud dengan syirik kecil?’ Beliau menjawab, ‘Riya’.” (HR. Ahmad).

Orang berilmu yang celaka karena egois

Imam Al-Ghazali menyebutkan bahwa, “Celaka sekali orang bodoh yang tidak belajar. Tapi celaka seribu kali orang berilmu yang tak mempraktikkan ilmunya.” Seseorang yang hanya menyimpan ilmunya hanya sebagai sekedar pengetahuan dan tidak mempraktikannya adalah seseorang yang celaka dan juga merugi. Karena seharusnya dengan ilmu yang dia miliki dia bisa berbuat banyak kebaikan dan juga mencegah kemungkaran.

Terdapat orang yang celaka oleh ilmunya, disebabkan dia tidak menyebarkannya / mengajarkannya pada orang lain dan hanya menyimpannya untuk dirinya sendiri. Allah berfirman : “Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil janji dari orang-orang yang telah diberi kitab (yaitu): ‘Hendaklah kamu menerangkan isi kitab itu kepada manusia, dan jangan kamu menyembunyikannya’… “ (QS. Ali Imran : 187).

Baca Juga : Jangan Menjadi Orang-orang yang Menyesal

Orang yang menyembunyikan ilmunya akan di laknat oleh Allah. Allah berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al-Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati.” (QS. Al-Baqarah : 159).

Orang berilmu yang celaka karena tidak ikhlas

Lalu orang yang memiliki ilmu, dia mengamalkannya juga mengajarkannya, namun termasuk orang yang celaka. Hal tersebut karena hatinya yang tidak ikhlas. Imam Al-Ghazali berkata, “Semua manusia itu celaka, kecuali orang berilmu, semua orang berilmu itu celaka kecuali orang yang beramal. Dan semua orang beramal akan celaka kecuali orang yang ikhlas. Dan orang yang Ikhlas akan selalu dibayangi  bahaya yang besar.”

Sahabat, menuntut ilmu itu merupakan kewajiban setiap muslim. Untuk menjadi hamba Allah yang bertakwa, kita membutuhkan ilmu sebagai sarananya. Dan juga demikianlah, orang-orang yang celaka karena ilmu yang dimilikinya, karena ternyata Ada Orang Yang Celaka Karena Ilmunya. Semoga Allah selalu lindungi diri kita hal-hal yang membuat kita celaka, dari dalam maupun dari luar diri kita. Aamiin…

English EN Indonesian ID
Scroll to Top