Griya Yatim & Dhuafa

Adab-Adab Dalam Berdoa Kepada Allah

Donasiberkah – Kak, berdoa menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap manusia. Sebab berdoa salah satu cara kita untuk berinteraksi, serta salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Berdoa lah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina” (QS. Al-Mu’min :60). Inilah artikel tentang adab-adab dalam berdoa kepada Allah, yang perlu kita ketahui.

Kak, di dalam berdoa dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Akan tetapi, pada umumnya di dalam berdoa ada waktu-waktu yang paling utama untuk memanjat kan doa, salah satunya setelah melaksanakan shalat wajib. Dalam kesempatan ini hendaknya kita berdoa sebanyak-banyak memohon ampuanan atas setiap kesalahan yang telah kita perbuat. Dan juga berdoa meminta keselamatan, serta memohon agar di mudahkan dalam mencari rezeki.

Baca Juga : Yakinlah dengan kekuatan doa

Namun, di dalam berdoa terdapat beberapa adab dalam membaca doa. Hal ini sangatlah penting dilakukan agar setiap doa yang kita panjat kan mudah untuk di terima dan di ijabah oleh Allah.

Adab Membaca Doa Setelah Wajib

  1. Memulainya dengan Memuji Allah

Kak, adab yang pertama dalam berdoa yakni harus selalu menyebut dan juga memuji keagungan nama Allah, seperti membaca hamdallah, takbir, tahmid, atau membaca asma-asma Allah yang lainnya.

  1. Bershalawat Kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

Kak, setelah kita memuji nama-nama Allah yang Maha Agung, kita bisa melanjutkannya dengan bershalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Apabila di antara kalian berdoa, hendaknya mengawalinya dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian hendaknya bershalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah kalian sesuai kehendak” (HR. Ahmad & Abu Daud).

Baca Juga : Jadilah Hamba Allah Yang Bersyukur

  1. Menghadap Kiblat Serta Mengangkat Kedua Tangan

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersbda : “ Bahwa pada Nabi berada di padang arafah, Nabi menghadap arah kiblat lalu berdoa kepada Allah hingga matahari terbenam” (HR. Muslim).

Di dalam hadis yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya Rabb kamu sekalian itu Malu & Maha Memberi. Dia malu kepada hambanya ketika hamba itu mengangkat tangan kepadaNya namun kembali dengan tangan kosong” (HR. Abu Daud & At-Tirmidzi).

Adab-Adab Dalam Berdoa Kepada Allah
                            Adab-Adab Dalam Berdoa Kepada Allah
  1. Khusyuk Ketika Berdoa Kepada Allah

Kak, khusyuk menjadi salah satu adab dalam berdoa. Khusyuk tidak hanya di lakukan ketika dalam shalat saja, akan tetapi pada saat seorang hamba memanjatkan doa. Nah, khusyuk di sini memiliki artian, dalam berdoa harus merendahkan serendah-rendahnya, karena manusia lemah di hadapan Allah.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman di dalam Al-Qur’an yang artinya, “Sesungguhnya mereka Adalah orang yang bersegera dalam kebaikan dan mereka berdoa kepada kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka orang yang khusyuk kepada kami” (QS. Al-Anbiya : 90).

Baca Juga :Yuk Jangan Jadi Pemalas

  1. Dengan Suara Lembut dan Perlahan

Kak, adab selanjutnya dalam berdoa kepada Allah dengan suara yang lembut dan juga jangan tergesa-gesa dalam berdoa. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Berdoalah kalian kepada Rabb kalian dengan merendah diri dan dengan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak suka orang-orang yang melampui batas” (QS. Al-A’raf : 55).

 Kak, setelah kita melakukan adab-adab tersebut, maka berdoa lah kepada Allah untuk meminta ampunan dan juga rahmat Nya.

Yuk Kak, kita amalkan adab-adab dalam berdoa kepada Allah, semoga doa yang kita panjatkan di kabulkan oleh Allah. Aamiin

English EN Indonesian ID
Scroll to Top