News

Adab-adab Menyembelih Hewan Qurban

Pada Hari Raya Idul Adha, bagi yang tidak melaksanakan haji dan memiliki kelapangan harta, maka diwajibkan baginya untuk berqurban. Sebagaimana hadits Rasulullah : Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda : “Siapa yang memperoleh kelapangan untuk berqurban, dan dia tidak mau berqurban, maka janganlah hadir dilapangan kami (untuk shalat Ied).” (HR Ahmad, Daruqutni, Baihaqi dan Al Hakim). Inilah Adab-adab Menyembelih Hewan Qurban yang perlu kamu ketahui.

Dalam berqurban, terdapat beberapa ketentuan. Mulai dari hewan sembelihannya hingga cara penyembelihannya, semuanya ada adab-adabnya. Oleh karena itu, ketika menyembelih hewan qurban, kita mesti mengikuti adab-adab yang telah Rasulullah ajarkan yang juga dilakukan para ulama.

Berikut Adab-adab Menyembelih Hewan Qurban:

Adab-adab Menyembelih Hewan Qurban

1.       Niat hanya untuk Allah

Tidak akan diterima qurban yang diniatkan selain untuk Allah. Diwajibkan untuk meniatkannya dalam hati dan dianjurkan untuk mengucapkannya dengan lisan. 

2.       Mengucapkan bismillah dan takbir

Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda : “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelih hewan kurban dengan dua domba jantan yang berwarna putih campur hitam dan bertanduk. Beliau menyembelihnya dengan tangan beliau, dengan mengucap basmalah dan bertakbir, dan beliau meletakkan satu kaki beliau di sisi-sisi kedua domba tersebut” (HR. Bukhari dan Muslim).

3.        Memperlakukan hewan qurban dengan baik sebelum disembelih

Sebelum disembelih, hewan sembelihan harus diperlakukan dengan baik, diberi makan dan digiring dengan baik. Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya Allah itu mewajibkan untuk berbuat baik terhadap segala sesuatu. Jika kalian membunuh maka bunuh lah dengan cara yang baik.” (HR. Muslim).

4.       Menyembelih dengan pisau yang sangat tajam

Pisau yang digunakan untuk menyembelih itu harus sangat tajam. Agar dapat selesai dengan hanya sekali sayatan, sehingga hewan tersebut tidak tersiksa. Hal ini juga di contohkan dan sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Rasulullah bersabda : “Demikian pula, jika kalian menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaknya kalian tajamkan pisau dan kalian buat hewan sembelihan tersebut merasa senang” (HR. Muslim).

5.       Tidak mengasah pisau dihadapan hewan yang ingin disembelih

Mesti dianjurkan untuk menggunakan pisau yang tajam, tapi tidaklah diperbolehkan untuk mengasah pisaunya dihadapan hewan sembelihannya. Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : “Jika salah seorang dari kalian menajamkan pisaunya maka janganlah ia menajamkannya dalam keadaan kambing yang akan disembelih melihatnya”.

6.       Menghadapkan sesembelihan ke arah kiblat

Nafi’ menebutkan bahwa Ibnu Umar tidak suka memakan sembelihan yang ketika disembelih tidak diarahkan kearah kiblat.

7.       Membaringkan hewan sembelihan ketika disembelih

Menurut Imam An-Nawawi, dilarang untuk menyembelih hewan yang sedang dalam keadaan berdiri atau duduk melainkan dalam keadaan terbaring. Rasulullah pun membaringkan sesembelihannya. Dari Aisyah ra, memerintahkan untuk dibawakan kibas, lalu beliau mengambil kibas itu dan membaringkannya kemudian beliau Shallallahu alaihi wa sallam menyembelihnya.

Baca Juga : Pemotongan Hewan Qurban

Sebentar lagi kita akan sampai pada Hari Raya Idul Adha atau sering disebut juga Hari Raya Qurban. Sudah saatnya untuk menyiapkan qurban terbaik kita untuk menjalankan perintah Allah.

Sahabat juga bisa berqurban bersama LAZNAS Griya Yatim & Dhuafa. Yuk gabung bersama Griya Yatim & Dhuafa (GYD) dalam program qurban tahun ini.

Harga hewan qurban :

  • Domba                = Rp.2.600.000 (23-27 kg)
  • Sapi 1/7            = Rp.2.400.000 (230-270 kg)
  • Sapi utuh         = Rp.16.800.000 (230-270 kg)

Transfer qurban :

  • BCA    : 899 0717 100
  • Mandiri : 164 0023 3023 36

A/n Yayasan Griya Yatim & Dhuafa

Link Qurban    : https://bit.ly/SpiritOfQurban

Email Qurban : gydqurban@gmail.com

Share it on