Griya Yatim & Dhuafa

Allah Menjanjikan Banyak Pahala untuk HambaNya yang Bersabar

Sahabat Dermawan, dalam kehidupan akan selalu dihadapi oleh ujian. Ujian datang dengan bentuk yang berbeda-beda, terkadang ujian itu berupa kenikmatan dunia yang membuat kita lalai dalam menjalankan perintah Allah. Namun, terkadang juga ujian itu berupa suatu kesulitan dalam hidup, seperti kemiskinan, penyakit, bencana alam dan lainnya yang sulit kita prediksi.

Namun hanyalah kesabaran yang dapat memberikan sensasi yang positif bagi diri kita kak,  Sabar merupakan  sebuah kunci  di dalam menjalankan sebuah ujian. Namun sabar adalah hal yang sangat sulit untuk diimplementasikan dalam kehidupan.

Maka dari itu, Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk bersabar. “Maka bersabarlah engkau (Muhammad) dengan kesabaran yang baik.” (QS. Al-Ma’arij 70 : 5).

Di dalam ayat tersebut menyuruh kepada kita untuk selalu bersabar dengan kesabaran yang baik. Kesabaran yang baik itu adalah kesabaran yang tidak ada kesedihan dan juga keluh kesah terhadap keadaan tersebut. Kesabaran dalam keadaan yang sempit merupakan ladang pahala bagi kita, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala buat mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar : 10).

Allah Menjanjikan Banyak Pahala untuk HambaNya yang Bersabar

Sahabat, maka sudah sepatutnya kita untuk bersungguh-sungguh dalam bersabar. Karena ketika seorang hambaNya mau untuk bersabar dalam menjalankan kehidupan, maka Allah akan memberikan kesabaran tersebut. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “ Siapa yang sungguh-sungguh untuk bersabar, maka Allah akan mudahkan kesabaran baginya. Dan tidaklah seseorang di anugerhkan (oleh Allah Shubhanahu wa Ta’ala) pemberian yang lebih baik dan lebih luas keutamaannya) dari pada sifat sabar” (HR. Bukhari dan Muslim).

Allah Ta’ala menyuruh kepada setiap hambaNya untuk bersabar dan lapang dada di dalam melakukan segala hal. Serta mintalah pertolongan kepad Allah dengan bekal sabar dan shalat dalam menangani semua urusan hidup. Begitu pula bahwa sabar menjadi sebab hamba bisa meraih kenikmatan yang abadi yaitu surga.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman kepada penduduk surga, “Keselamatan atas kalian berkat kesabaran kalian” (QS. Ar- Ra’ad : 24). Allah juga berfirman, “Mereka itulah orang-orang yang dibalas dengan kedudukan-kedudukan tinggi (di surga) dengan sebab kesabaran mereka.” (QS. Al Furqaan [25] : 75).

Di dalam ayat yang lain, Allah Ta’ala berfirman : “Dan bersabarlah. Dan sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS. Al-Anfal : 46). Ada beberapa hal yang Allah berikan karunianya kepada Orang yang bersabar, dan tidak diberikan kepada selain mereka.

Baca Juga : Bersabarlah dengan Kesabaran yang Baik

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat Rabbnya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. Al-Baqarah : 157).  

“Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dan apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.s. An-Nahl: 96)

Dan Allah pun menjanjikan pahala yang besar bagi hambaNya yang bersabar. Semoga Allah Ta’ala senantiasa menguatkan hati kita dan memberikan kita kesabaran.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top