Griya Yatim & Dhuafa

Amalan-Amalan Pada Hari Jum’at

Sahabat Dermawan, hari jum’at adalah hari yang paling utama dari semua hari dalam sepekan. Terdapat banyak hadits yang menjelaskan agar umat Islam melakukan ibadah-ibadah wajib maupun sunnah, sehingga bisa meraih pahala yang besar dan ganjaran yang banyak. Berikut Adapun beberapa sunnah yang harus dilakukan pada hari jum’at, sebagai berikut.

Pertama, berpakaian bersih dan memakai wangi-wanigan. Dari Salman radhiyallahu anhu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang mandi pada hari jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua jum’at.” (HR. Bukhari). 

Dan Allah juga memerintahkan didalam firmanNya : “Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap memasuki masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan” (QS. Al-A’raf : 31).

Amalan-Amalan Pada Hari Jum’at

Kedua, menghentikan aktivitas jual beli dan menyegerakan ke masjid. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari jum’at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli yang demekin itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al-Jumu’ah : 9).

Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata, “Kami berpagi-pagi menuju shalat jum’at dan tidur siang setelah shalat jum’at.” (HR. Bukhari). 

Ketiga, shalat sunnah sebelum dan sesudah shalat jum’at. Abu Hurairah radhiyallahu anhu menuturkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mandi kemudian datang untuk shalat jum’at, lalu ia sholat semampunya dan dia diam mendengarkan khutbah hingga selesai, kemudian shalat bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai jum’at ini sampai jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim). 

Keempat, membaca surat Al-Kahfi. Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.” (HR. Hakim, 3349). 

Baca Juga : Tunda Mudik Segerakan Sedekah

kelima, memperbanyak shalawat. Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Perbanyaklah shalawat pada hari Jumat dan malam Jumat.” (HR. Baihaqi).

Dan yang terakhir Memperbanyak doa. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Pada hari Jum’at terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah ‘Ashar.” (HR. Abu Dawud)

Sahabat, sudah sepantasnya seorang Muslim memanfaatkan hari yang mulia dan penuh berkah ini dengan sebaik-baiknya, dan jangan sampai kita melewatkannya dengan hal-hal yang sia-sia.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top