Griya Yatim & Dhuafa

Amalan Sedikit Terus Menerus Lebih Dicintai Allah

admin

Sahabat, kini kita telah melewati bulan Ramadhan dan sedang berada di bulan Syawal. Di bulan ramadhan yang lalu, kita melihat bahwa setiap orang giat untuk beribadah dan melakukan amal shalih. Tetapi kita sangat sedih ketika melihat orang-orang berhenti untuk seperti itu ketika Ramadhan telah berakhir. Amalan Sedikit Terus Menerus Lebih Dicintai Allah, agar kita bisa mengetahuinya.

Kita melihat bahwa amalan-amalan yang dilakukan oleh kebanyakan orang menjadi suatu amalan musiman, yang hanya di lakukan di bulan Ramadhan. Dengan berakhirnya bulan Ramadhan, berakhir pula semangat untuk beramal shalih. Padahal amalan yang dicintai Allah bukanlah yang seperti itu.

Hanya sedikit dari kita yang mampu untuk tetap istiqomah dan tetap giat melakukan amal kebaikan selepas bulan Ramadhan. Oleh karena itu, kita harus mengetahui bahwa ibadah itu harusnya tidak di lakukan sesaat dan pada waktu-waktu tertentu seperti di bulan Ramadhan.

Ada ulama yang berpendapat, “Sejelek-jelek orang adalah yang hanya rajin ibadah di bulan Ramadhan saja. Sesungguhnya orang yang sholih adalah orang yang rajin ibadah dan rajin shalat malam sepanjang tahun”.

Amalan yang Dicintai Allah Adalah yang Terus Menerus walau sedikit

Maka perlu kita pahami bahwa amalan orang yang shalih itu adalah amalan yang berlanjut. Begitu pula yang dilakukan oleh Rasulullah. Amalan yang dilakukan oleh Rasulullah adalah amalan yang berlanjut. Aisyah RA berkata, “Beliau (Rasulullah) tidak mengkhususkan waktu tertentu untuk beramal. Amalan Beliau adalah amalan yang berlanjut.”

Suatu amalan yang diterima oleh Allah, maka akan dibalas oleh kebaikan yang selanjutnya. Terdapat pendapat yang mengatakan, “Di antara balasan kebaikan adalah kebaikan selanjutnya dan di antara balasan kejelekan adalah kejelekan selanjutnya.”  Maka dari itu, amalan yang diterima oleh Allah akan menciptakan amalan yang berlanjut.

Amalan yang sedikit namun berlanjut lebih baik dan di cintai oleh Allah dari pada amalan yang hanya dilakukan sesekali. Rasulullah bersabda : “Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit” . Dalam riwayat yang lain disebutkan ”Wahai sekalian manusia, lakukanlah amalan sesuai dengan kemampuan kalian. Karena Allah tidaklah bosan sampai kalian merasa bosan. (Ketahuilah bahwa) amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang terus-menerus (ajeg) walaupun sedikit.”.

Dengan mengamalkan amalan secara berlanjut, Allah akan melapangkan dan memudahkan kita untuk mengamalkan amalan tersebut setertusnya. Imam an-Nawawi berkata, ”Ketahuilah bahwa amalan yang sedikit namun rutin dilakukan, itu lebih baik dari amalan yang banyak namun cuma sesekali saja dilakukan. Ingatlah bahwa amalan sedikit yang rutin dilakukan akan melanggengkan amalan ketaatan, dzikir, pendekatan diri pada Allah, niat dan keikhlasan dalam beramal, juga akan membuat amalan tersebut diterima oleh Sang Khaliq Subhanahu wa Ta’ala. Amalan sedikit yang rutin dilakukan akan memberikan ganjaran yang besar dan berlipat dibandingkan dengan amalan yang sedikit namun sesekali saja dilakukan.”

Baca Juga : Bahaya Terlalu Mencintai Dunia

Ketika kita mengamalkan amalan secara berlanjut, kita akan terus menerus mendapatkan pahala. Berbeda dengan amalan yang kita amalkan sesekali, amalan yang seperti ini ganjarannya hanya akan terhenti di situ saja. Dan juga ketika kita melakukan amalan secara berlanjut, kita akan di jauhi oleh rasa jenuh untuk beramal. Memang ada saat ketika kita malas untuk beramal, di situlah kita mesti beristiqomah untuk tetap menjalankannya. Dan pastinya akan di mudahkan oleh Allah.

Yuk sahabat, Amalan Sedikit Terus Menerus Lebih Dicintai Allah, maka kita lanjutkan amalan-amalan yang kita lakukan ketika kita berada di bulan Ramadhan, seperti membaca Al-Qur’an setiap hari, shalat malam tiap hari, dan bersedekah. Jangan sampai amalan kita terhenti ketika kita keluar dari bulan Ramadhan. Semoga Allah berikan kita kemudahan dalam beristiqomah untuk menjalankan perintahNya dan juga istiqomah untuk menjalankan amal shalih secara terus-menerus. Aamiin…

170 views