Griya Yatim & Dhuafa

Amalan Yang Dapat Merubah Takdir

admin

Takdir merupakan kekuasaan Allah. Allah lah yang telah menentukan takdir dari setiap makhluknya. Tak ada makhluk yang terlepas dari takdir yang telah Allah tetapkan. Bahkan hal-hal kecil yang kita lihat, seperti bunga yang layu, daun yang gugur, dan setiap kejadian yang terjadi merupakan takdir-takdir Allah. Namun ternyata ada lho amalan yang dapat merubah takdir. Inilah penjelasannya…

Bagi manusia pun sama. Ketika jasad sudah ditiupkan ruh ke dalamnya. Maka telah ditetapkan 4 hal sebagai takdirnya. Yaitu :

  1.       Umur

Setiap manusia telah ditetapkan umurnya, bahkan sebelum dia dilahirkan dari rahim ibunya. Umur manusia itu ketetapan Allah. Tidak mungkin bisa dipercepat maupun diperlambat meskipun hanya sedetik. Allah berfirman : “Tidak ada suatu umatpun yang dapat mendahului ajalnya, dan tidak (pula) dapat mengundurkan(nya).” (QS. Al-Hijr : 5).

  1.       Kematian

Sebab kematian pun telah Allah tetapkan bagi setiap manusia. Meninggal karena sakit, kecelakaan, terbunuh, dan sebab lainnya. Itu semua merupakan takdir Allah. Jadi ketika seseorang tertimpa kecelakaan dan meninggal, maka memang sudah takdirnya. Tidak ada yang mengetahui sebab kematiannya, hingga saatnya dia mati nanti.

Ketika seseorang meninggal karena penyakit, itu bukanlah kegagalan seorang dokter, namun takdir Allah. Begitu juga dengan dokter yang berhasil menyelamatkannya semata-mata karena Allah. Bukan berarti dia telah menunda kematiannya, namun memang belum saatnya. Dan Allah menolongnya melalui perantara dokter tersebut.

  1.       Rezeki

Rezeki manusia telah Allah tentukan. Namun bukan berarti tidak perlu usaha untuk mencari rezeki Allah. Orang yang memiliki harta melimpah dan orang yang hanya memiliki sedikit harta, itu semua adalah takdir yang telah Allah tetapkan. Dan tentu Allah akan memberikan balasan bagi mereka yang berusaha dan bersabar.

Dalam Al-Qur’an disebutkan 8 jalan rezeki. Dan salah satunya adalah rezeki yang telah Allah tetapkan bagi setiap orang. Dan 7 jalan rezeki yang lainnya adalah bentuk kemurahan dan kasih sayang Allah terhadap hambaNya.

  1.       Jodoh

Allah menciptakan manusia itu secara berpasangan. Maka dari itu jodoh juga telah Allah tetapkan. Jodoh pun tidak akan tertukar. Jika sudah Allah takdirkan untuk berjodoh, maka pasti Allah pertemukan. Begitu pula jika bukan jodoh, pasti akan Allah pisahkan dan mempertemukannya dengan jodohnya.

Amalan yang dapat merubah takdir

Selain 4 hal tersebut pun. Setiap kejadian yang menimpa hidup kita pun merupakan takdir Allah. Bahkan ada ulama yang mengatakan, setiap kehendak apapun yang ada dalam dirikita pun ketetapan Allah. Hanya Allah lah yang Maha Mengkehendaki, manusia tidak dapat berkehendak.

Baca Juga : Amalan Sedikit Terus Menerus Lebih Dicintai Allah

Tetapi ternyata takdir bisa untuk kita rubah, Insyaa Allah dengan 3 amalan yang dapat merubah takdir ini :⠀

(1). Doa. Doa merupakan salah satu permohonan kita kepada Allah untuk meminta segala hal. Salah satunya hadist ini : “Tiada yang bisa menolak takdir Allah, kecuali doa”. (HR. Tirmidzi, Hakim, Ahmad, dan Ibnu Majah).

(2). Sedekah. Sedekah memang sudah di bahas di banyak hadist, karena keutamaan dan keajaiban bersedekah. “Segeralah bersedekah, karena bala tidak pernah mendahului sedekah”. (HR. Thabrani).

(3). Amal Kebaikan. Banyak amal kebaikan yang bisa kita lakukan, karena dengan beramal kita mendapatkan balasan yang baik dari Allah. “Beramallah kamu sekalian, karena beramal akan mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan-Nya padamu”. (HR. Bukhari dan Muslim).

(4). Menyambung Silaturahmi. Dengan menyambung silaturahmi, Allah akan luaskan rezeki dan mengguhkan kematian kita. Rasulullah bersabda : “Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan di tangguhkan, hendaklah ia menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari)

Oleh karena itu, Kak. Jangan pernah malas untuk berdoa, bersedekah, beramal kebaikan, dan bersilatruahmi. Yuk kak, kita bersedekah dan beramal kebaikan untuk adik-adik kita dengan berdonasi di Sedekah Untuk Yatim dan Dhuafa. Semoga kebaikan kakak akan menjadi manfaat bagi adik-adik kita. Aamiin…

677 views