Griya Yatim & Dhuafa

Anak Asuh BSD 3 Semangat Jalani Puasa Sunnah

Anak Asuh BSD 3 Semangat Jalani Puasa Sunnah
                     Anak Asuh BSD 3 Semangat Jalani Puasa Sunnah

Donasiberkah – Menjalankan ibadah puasa Sunnah Senin Kamis menjadi salah satu kegiatan yang selalu dijalani anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa. Meskipun hari-hari mereka dihabiskan dari Asrama, mereka tetap semangat melakukan aktivitas sekolah dan kegiatan diniyah di asrama, salah satunya melakukan puasa Sunnah Senin Kamis. Inilah artikel anak asuh bsd 3semangat jalani puasa sunnah, yuk kita simak.

Mengawali Pekan Dengan Amalan Puasa

Mengawali awal pekan, mereka semangat untuk menjalani harinya dengan berpuasa Sunnah Senin, walaupun seluruh kegiatan hanya dilakukan dari Asrama. Namun, menurut Abi Yusuf, selaku Kepala Asrama Cabang BSD 3, tidak membuat anak-anak malas. “Alhamdulillah anak anak semangat menjalani puasa Sunnah dan melakukan pembelajaran dar Asrama,” tuturnya.

Sebagai kepala asrama pula, kata Abi Yusuf, “Kegiatan puasa Sunnah kali ini, anak asuh harus bisa meningkatkan kualitas ibadahnya. Dimasa pandemi ini, harus menjadi sarana untuk meraih keberkahan yaitu agar kita semakin dekat dengan Allah,” imbuhnya. Walaupun, usia mereka masih belia. Akan tetapi, tidak menurunkan semangat dalam menjalankan ibadah puasa Sunnah.

Anak Asuh BSD 3 Semangat Jalani Puasa Sunnah
Anak Asuh BSD 3 Semangat Jalani Puasa Sunnah

Baca Juga :  Ibadah Puasa Sunnah Senin Kamis Anak Asuh Kelapa 2

Membekali Tentang Keutamaan Puasa Sunnah

Disamping itu, sambung Abi Yusuf, dirinya pula membekali anak asuh tentang pemahaman puasa Sunnah dan amal amalan lainnya. Ia juga terus memberikan motivasi kepada anak agar selalu semangat dalam menjalani kegiatan pembelajaran formal jarak jauh.

“Kita bekali mereka dengan pemahaman yang benar tentang keutamaan melakukan puasa Sunnah seperti hal yang disunahkan, hal yang menghilangkan pahala puasa, dan hal lainnya,” tuturnya. Yuk kita simak keutamaan dari puasa Sunnah senin kamis.

Keutamaan Melakukan Puasa Senin Kamis

Dibukanya Pintu Surga

Sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosamya, kecuali seseorang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, “Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai” (HR. Muslim).

Orang Yang Berpuasa Akan Mendapatkan Surga Khusus

Keutamaan puasa Senin kamis mereka akan mendapatkan khusus untuknya. Orang yang selalu rajin melaksana kan puasa sunnah, mereka akan memasuki surga khusus yang bernama Ar-Rayyan. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “AR-Rayyan,” yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuki dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Dikatakan : “Manakah orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk melewati pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi” (HR. Bukhari & Muslim).

Amalan Yang Disukai Rasulullah

Keutamaan puasa Senin dan Kamis, bahwa amalan ini adalah amalan yang paling disukai dan sering di laksanakan oleh Rasulullah. Sebagaimana dari Aisyah Radhiallahu anha, ia mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis” (HR. At-Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majjah dan Imam Ahmad).

Baca Juga : Yuk Puasa Senin dan kamis

Yuk Dukung Kegiatan Mereka

Yuk kak, terus dukung adik-adik kita untuk bisa terus belajar dan berkreasi. Semoga Allah Ta’ala membalas setiap kebaikan yang kakak berikan. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top