Griya Yatim & Dhuafa

Anak Asuh Cibubur Belajar Tahsin Tilawah Al-Quran Bersama

Anak Asuh Cibubur Tahsin Tilawah Al-Quran Bersama
                            Anak Asuh Cibubur Tahsin Tilawah Al-Quran Bersama

Donasiberkah.org – Sahabat dermawan, dengan kondisi seperti saat ini, wabah pandemi yang tak kunjung usai. Setiap masyarakat harus rela melakukan aktivitasnya secara terbatas dengan adanya PPKM level 3 yang telah diberlakukan. Bahkah kegiatan belajaran-mengajar bagi anak sekolah pun harus dari rumah. Seperti mereka adik-adik kita, anak asuh asrama Griya Yatim & Dhuafa cabang cibubur. Dimana pada saat ini anak asuh cibubur belajar tahsin tilawah Al-quran bersama-sama di Asrama.

Baca Juga : Anak Asuh Cibubur Setor Hafalan Ke Abi Asrama

Hal Apakah Yang Membuat Kita Harus Memperbaiki Bacaan ?

Alhamdulillah, LAZNAS Griya Yatim & Dhuafa selalu membimbing dan mengarahkan anak asuh Griya Yatim & Dhuafa untuk belajar tentang ilmu dunia. Dan tak lupa untuk belajar tentang ilmu akhirat, sebagai bekal bekal di akhirat nanti. 

Secara bahasa kata ‘tahsin’ artinya memperbaiki, menghiasi, membaguskan, memperindah, atau membuat lebih baik dari semula. Adapun kata ’tilawah’ memiliki arti membaca atau bacaan. Maka tilawah secara istilah adalah membaca Al Qur’an dengan bacaan yang menampakkan huruf-hurufnya. Serta berhati-hati dalam melafadzkannya agar lebih mudah untuk memahami makna yang terkandung di dalamnya. Dari definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa makna tahsin tilawah adalah upaya memperbaiki atau membaguskan bacaan Al Qur’an dengan baik dan benar.

Baca Juga : Asiknya Anak Asuh Cibubur Menanam Tanaman Anggur

Allah berfirman : atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan.” (QS. Al-Muzzammil : 4)

Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada hambanya untuk membaca Al Qur’an dengan tartil yang sebenar-benarnya, tidak membaca Al Qur’an dengan asal-asalan. Karena seorang muslim dituntut untuk mempelajari bacaan Al Qur’an dengan baik dan benar yang disebut dengan istilah ‘tahsin tilawah Al Qur’an.

Anak Asuh Cibubur Tahsin Tilawah Al-Quran Bersama
Anak Asuh Cibubur Tahsin Tilawah Al-Quran                                Bersama

Membaca Al-Qur’an Sesuai Tajwid Itu Hukumnya Fardhu ‘ain, dan mempelajari teori dan hukumnya fardhu kifayah. Ali bin Abi Thalib menjelaskan makna tartil dalam surah Al-muzammil ayat 4 bahwa : ”Mentajwidkan huruf-hurufnya dengan mengetahui tempat-tempat berhentinya”.

Baca Juga :  Anak Asuh Cibubur Semangat Membuat Bakso

Maka dengan belajar tilawah tahsin manfaat yang di dapat adalah agar tidak mengubah arti dari sebuat ayat. ketika kita membaca Al-Qur’an tanpa ilmu tajwid, maka bisa jadi kita jatuh pada sebuah kesalahan fatal. Yaitu mengubah firman Allah subhanahu wa ta’ala tanpa kita sadari. Ketika kita tak bisa membedakan cara membaca huruf ح dengan ه,  ث dengan س,  ق dengan ك , dan lain sebagainya. Maka dengan kesalahan itu kita bisa mengubah arti dari bacaan al-quran dari aslinya. 

“Anak anak belajar tahsin tilawah setiap ba’da shalat subuh di Asrama.sebagai bentuk kegiatan di asrama setiap paginya,” terang Abi hermanto, selaku Kepala Asrama Griya Yatim & Dhuafa cabang cibubur

Maka Hanya dengan tilawah yang baik dan suara yang baguslah, lantunan suara ayat-ayat Al-Qur’an menjadi indah, meresap dan menggerakkan pikiran si pembacanya. Dan juga sebaliknya, bacaan yang masih belum baik dan berantakan justru akan membuat keindahan mukjizat Al-Qur’an menjadi hilang. sehingga, tilawah Al-Qur’an Pun menjadi mengendur. 

Baca Juga : Anak Asuh Cibubur Memasak Bakso

Mari, Perbaiki Bacaan Quran mu

Oleh karena itu, mari kita segera memperbaiki tilawah Al-Qur’an. Karena memperbaiki tilawah Al-Qur’an menjadi lebih baik adalah kewajiban setiap muslim dalam mengimani dan bermuamalah kepada Allah subhanahu wa ta’ala. maka dengan demikian anak asuh cibubur belajar tahsin tilawah al-Quran bersama merupakan kegiatan rutin dalam keseharian mereka.

Yuk sahabat, kita sisihkan sebagian dari harta kita untuk mewujudkan masa depan mereka, sebab masa depan mereka adalah tanggung jawab kita. Terima kasih sahabat dermawan, yang telah membersamai kami menjaga senyuman yang ada di wajah mereka. Semoga Allah membalas kebaikan yang telah kakak berikan, dan menjadikannya amalan yang istimewa di sisiNya. Aamiin.

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top