Griya Yatim & Dhuafa

Anak Asuh Tetap Produktif Membersihkan Asrama

Melatih kemandirian pada anak bukanlah pekerjaan sekali jadi. Orang tua harus bersabar karena mesti melalui proses bertahap dan berkelanjutan atau konsisten. Kemandirian adalah kemampuan seseorang untuk melakukan hal-hal sendiri. Pentingnya menumbuhkan sikap mandiri pada anak dapat dimulai dengan kegiatan-kegiatan kecil dalam keseharian di rumah.

Perlu ada komitmen orang tua untuk konsisten menerapkan aturan agar anak terbiasa mandiri melakukan kegiatannya. Melatih kemandirian tidak bisa dengan ucapan atau nasihat saja. Untuk melatih kemandirian anak, orangtua bisa mengajak anak untuk terlibat dalam kegiatan keseharian di rumah. 

Baca Juga : Pidato Bahasa Arab Anak Asuh

Berikut beberapa kegiatan yang bisa melibatkan anak dalam kegiatan sehari-hari di rumah untuk melatih kemandiriannya seperti memberishkan asrama, menyiram tanaman, menyapu halaman dan yang lainya.

Anak Asuh Tetap Produktif Membersihkan Asrama
                    (Foto Dok. Anak Asuh Sedang Membersihkan Asrama)

Alhamdulillah, selepas shalat Ashar dan tadarus Alquran, alhamdulillah anak-anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa (GYD) rutin beraktifitas positif lainnya⠀

Nah sahabat dermawan, sore ini anak-anak asuh binaan GYD cabang Kencana Loka – BSD Tangerang Selatan sedang bersemangat bersama-sama bersih-bersih⠀

Melatih anak untuk terbiasa dan sukarela membantu pekerjaan rumah memang bukan pekerjaan gampang. Semakin anak tumbuh, semakin berkurang ketertarikannya membantu. 

Membiasakan anak-anak membantu membersihkan asrama terus menerus akan membentuk mereka menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab di kemudian hari. Jika tidak sejak dini diajarkan, akan sulit bagi mereka untuk mulia belanja ketika sudah dewasa nanti.

Walau #DiRumahAja yuk kita terus beraktivitas positif dan menjaga kebersihan apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, agar virus ini tidak menyebar kepada kita⠀

English EN Indonesian ID
Scroll to Top