Griya Yatim & Dhuafa

Anak Binaan GYD Budidaya Tanaman Hidroponik

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, Alhamdulillah adik-adik binaan Griya Yatim dan dhuafa rajin untuk merawat tumbuhan hidroponik di halaman asrama. Yuk kak kita doakan agar tumbuhan yang mereka tanam menjadi tumbuh dan juga cantik. Dan semoga dapat membuat halaman asrama terlihat lebih sejuk dan indah. Nah Kak, dalam budidaya tanaman hidroponik juga memiliki caranya loh! Yuk kita simak artikel berikut. Inilah artikel Anak Binaan GYD Budidaya Tanaman Hidroponik, yuk kita simak.

Kak, cara budidaya tanaman hidroponik sangat cocok bagi siapa saja yang menyukai sistem bercocok tanam yang mudah dan juga hemat. Meskipun komponen dari teknik budidaya hidroponik menggunakan air, namun tidak lebih banyak dibandingkan ketika kita bercocok tanam dengan metode tanah.

Membuat tanaman hidroponik tidaklah begitu sulit jika kita mengetahui caranya dengan baik dan benar. Selain itu, bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah ditemukan. Berikut tahapannya.

  1. Persiapkan Bahan dan juga Alatnya

Kak, Untuk mulai menanam dengan metode hidroponik ini, kita harus menyiapkan bahan-bahan serta alatnya terlebih dahulu yakni seperti botol yang sudah lagi digunakan, bisa juga menggunakan gelas plastik dan jangan lupa siapkan biji tanaman.

  1. Menyiapkan Media Tanam

Kak, kita bisa menggunakan media tanam seperti paralon atau bisa juga menggunakan gelas plastik, caranya adalah sebagai berikut.

Anak Binaan GYD Budidaya Tanaman Hidroponik
Anak Binaan GYD Budidaya Tanaman Hidroponik
  1. Lubangi paralon dengan menggunakan bor. Sesuaikan lubang dengan gelas plastik yang digunakan. Jangan terlalu kecil dan juga sempit agar gelas plastik yang sudah di sediakan mudah untuk dimasukkan.
  2. Berikan jarak sekitar 20 cm antar setiap lubang agar tanaman bisa berkembang dengan baik. Lalu lakukanlah dengan cara yang sama dalam melakukan lubang pada paralon yang sudah disiapkan.
  3. Tutup bagian ujung paralon dengan penutupnya atau hubungkan paralon dengan yang lainnya jika ingin membuat media tanam yang lebih panjang.
  4. Siapkan gelas plastik dengan cara melubanginya. Anda bisa menggunakan alat pisau, cutter atau dengan gunting untuk mempermudah pembuatan lubang. Nantinya gelas plastik ini akan digunakan sebagai media tanaman hidroponik.
  5. Lubang pada gelas plastik berfungsi sebagai pori-pori untuk masuk keluarnya air dan juga nutrisi yang akan kita berikan Kak.
  6. Masukkan gelas plastik ke lubang paralon. Sisakan satu bagian yang nantinya akan digunakan sebagai jalur pemberian nutrisi tanaman dalam bentuk cair.
  1. Penyemaian Benih

Semai benih dengan menggunakan wadah tertentu seperti rockwool. Rockwool banyak dipilih karena sangat praktis dan memiliki tingkat steril serta daya serap yang tinggi.

  1. Pindahkan Benih Ke Media Tanam

Apabila benih sudah cukup umur, Anda bisa memindahkannya pada media tanam. Untuk hasil yang lebih baik lagi, kita bisa menggunakan campuran dari pasir kerikil dengan sekam bakar pada media tanam yang digunakan, misalnya pada gelas plastik.

  1. Pemberian Nutrisi

Kak, untuk tetap menjaga kesehatan tanaman kita, maka kita harus merawatnya dengan menyiramnya dan juga memberikan nutrisi secara teratur. Seperti tubuh kita Kak, bahwa tumbuhan juga butuh nutrisi agar tidak gampang sakit. Dengan memberi vitamin dan juga nutrisi khusus vitamin hidroponik.

Terima kasih kak, yang tidak pernah untuk selalu membersamai kami dalam memberikan tenaga maupun menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk merawat dan mendidik adik-adik Griya Yatim dan Dhuafa. Semoga Allah memberkahi dan juga memberikan kemudahan serta kelancaran dalam segala urusannya, baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top