Griya Yatim & Dhuafa

Anak Yatim Bersih-bersih di Masa Pandemi

admin

Sahabat Dermawan, di masa pandemi seperti ini berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19. Salah satunya adalah bersih-bersih, seperti yang dilakukan adik kita anak Yatim binaan Griya Yatim dan Dhuafa. Alhamdulillah, adik kita ini rajin untuk menjaga kebersihan. Sebab bersih itu indah. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat, kita pun akan merasa lebih nyaman untuk beraktivitas.

Sahabat, ketahuilah bahwa menjaga kebersihan sangatlah penting, karena beberapa alasan kesehatan. Alasan yang paling utama adalah cara yang terbaik agar asrama atau rumah bersih dan indah serta membantu mengurangi resiko penularan penyakit baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Sebab, banyak sekali penyakit menular dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan di lingkungan asrama ataupun rumah.

Sahabat, ternyata virus Covid-19 ini dapat bertahan hidup selama berjam-jam bahkan sampai berhari-hari di dalam sebuah benda. Maka dari itu, untuk mencegahnya kita perlu membersihkan rumah ataupun asrama dengan cara menyeluruh dan melakukan desinfektan.

Lalu bagaimana cara membersihkan Asrama atau Rumah? Berikut langkah-langkah membersihkan rumah dan peralatan rumah tangga.

Anak Yatim Bersih bersih di masa pandemi
                                Anak Yatim Bersih bersih di masa pandemi
  1. Bersihkan dengan air dan sabun ataupun hand sanitizer

Sahabat, di saat hendak membersihkan rumah, maka pertama-tama cucilah tangan dengan air dan sabun ataupun hand sanitizer, lalu gunakanlah sarung tangan. Kemudian mulailah bersihkan setiap permukaan yang ada di rumah. Dan yang paling utama membersihkan benda yang sering kali disentuh.

  1. Lakukan penyemprotan desinfektan pada permukaan benda

Cara melakukannya yakni menyemprotkan cairan desinfektan seperlunya ke semua permukaan benda. Lalu usapkan dengan kain hingga permukaan benda tersebut kering.

  1. Yang selanjutnya buanglah sarung tangan dan cuci tangan

Setelah rumah dan benda-benda di dalamnya selesai dibersihkan, buanglah sarung tangan. Pastikan bahwa semua kotoran dan sampah juga sudah dimasukkan ke dalam plastik sampah dan dibuang ke tempat sampah, sebelumnya ikat erat plastik sampah tersebut.

 Benda-Benda yang Perlu kita bersihkan

Kak, selain permukaan benda yang sering kita sentuh, ada beberapa benda lain yang juga perlu dibersihkan atau dicuci dengan cara khusus, yakni :

Pakaian

Kak, ketika kita dari luar lebih baiknya pakaian yang kita pakai langsung direndam dengan air hangat dan deterjen, kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Ingat ya Kak! gunakan sarung tangan saat mencucinya.

Alat makan

Kak, lebih baiknya alat makan terpisah untuk anggota keluarga di rumah yang sedang sakit. Setelah digunakan, cuci alat makan, seperti piring, garpu, sendok, dan gelas, yang digunakan orang yang sakit secara terpisah dan lebih baik gunakan spons cuci piring yang berbeda. Dan gunakan juga air panas untuk mencuci alat makan tersebut.

Perlengkapan tidur

Sahabat, rendamlah sprei, sarung bantal, dan selimut dengan air panas yang sudah dicampur deterjen ataupun dengan air desinfektan sebelum dicuci.

Terima kasih Kak, telah senantiasa membersamai kami dalam merawat dan menjaga adik-adik kita ini, hingga menjadi anak yang shalih dan shalihah. 

Yuk Kak, kita harus menjaga kebersihan di masa seperti ini. Semoga kita semua dijauhkan dari wabah ini. Aamiin.

1 views