News

Anak Yatim bersih-bersih lingkungan

Gambar Anak Yatim Membersihkan Lingkungan

Donasiberkah. Sahabat Dermawan, kebersihan lingkungan itu merupakan tanggung jawab kita sebagai seorang muslim untuk menjaganya agar tetap bersih dan asri. Alhamdulillah, adik-adik kita, anak asuh Griya Yatim & Dhuafa senantiasa rajin menjaga kebersihan lingkungan di sekitar asrama.

Sebagaimana yang kita ketahui kak, kebersihan merupakan suatu amalan yang amat Allah cintai. Dengan kebersihan cara kita mencegah dari berbagai penyakit. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkan lah tempat-tempatmu.” (HR. Tirmidzi).

Lestarinya sebuah lingkungan dan nyamannya sebuah hunian adalah efek dari perilaku hidup bersih, karena kebersihan suatu lingkungan akan memberikan dampak positif bagi semua khalayak. Dan hidup bersih bisa juga terkait dengan kemurnian hati seseorang, sebab hati yang kotor akan memberikan dampak  negatif bagi diri dan lingkungan sekitar.

Menjaga Kebersihan Cegah Penyakit

Anak Yatim bersih-bersih lingkungan

          (Foto Dok. Anak asuh sedang membersihkan lingkungan asrama)

Menjaga kebersihan merupakan langkah terbaik untuk kita mencegah berbagai macam penyakit yang sedang mengintai di sekeliling kita. Menjaga kebersihan pula harus dibiasakan semenjak dini agar terbiasa di kemudian hari dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Bersihnya lingkungan mencirikan bahwa orang orang yang tinggal di lingkungan tersebut gemar dalam menjaga kebersihan, karenanya lingkungan tersebut mampu memberikan kenyamanan bagi siapa yang memasukinya.

Ada banyak hal kak, dalam menjaga kebersihan di sebuah lingkungan, diantaranya tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencoret coret tembok, tidak merusak fasilitas umum dan lainnya. Mungkin kita pernah melakukan suatu observasi atau mengunjungi suatu wilayah dengan keadaan lingkungannya yang kotor, tentunya tidak memberikan kenyamanan bahkan membuat kita ingin segera menjauh dari lingkungan kotor tersebut .

Kotornya sebuah lingkungan akan memudahkan berkembang biak nya sebuah penyakit yang berdampak bagi semua orang, karenanya kita perlu adil dalam menanggapi hal demikian sebelum semua terlambat. Perlu tanggung jawab dari diri kita dalam melestarikan dan menjaga kebersihan sebuah lingkungan, sebab terciptanya lingkungan yang bersih berawal dari hati yang bersih.

Islam Mengajarkan Menjaga Kebersihan

Agama Islam memperhatikan semua umatnya agar selalu menjaga kebersihan baik diri maupun lingkungan. Karena itu Rasulullah didalam sabdanya banyak membicarakan akan pentingnya dalam menjaga kebersihan. Sebagian besar banyak dicontohkan oleh umat Islam ialah dalam perihal ibadah harus dalam keadaan bersih, seperti dalam melaksanakan shalat haruslah berwudhu terlebih dahulu, dan masih banyak perihal lain nya dalam perihal ibadah mengaharuskan kita bersuci terlebih dahulu.

Terima kasih kak, telah selalu membersamai kami untuk terus berusaha membahagiakan mereka, anak-anak yatim dan dhuafa. Semoga Allah curahkan nikmat dan rezekiNya kepada kakak dermawan dan kita semua. Aamiin.

Share it on