News

Anak Yatim dan Dhuafa Mandiri Membereskan Pakaian

Donasiberkah. – Kak, setiap pekerjaan yang kita lakukan akan terasa lebih ringan jika kita tidak menunda-nundanya. Dan yang kita lakukan dengan sendirinya tanpa memberatkan orang lain atau dengan mandiri. Karena sifat mandiri merupakan sifat yang sangat penting, sifat yang nantinya akan terus menerus berkepanjangan hingga dewasa nantinya. Dan alhamdulillah kak, adik-adik kita selalu ceria beraktifitas di asrama Griya Yatim & Dhuafa. Saat ini, Anak Yatim dan Dhuafa Mandiri Membereskan Pakaian.

Kemandirian menjadi investasi jangka panjang hingga anak tumbuh menjadi orang dewasa. Namun, untuk menerapkannya diperlukan latihan sejak dini dan kesabaran yang sangat ekstra. Saat kecil, tidak akan ada masalah apabila si anak dibantu dengan orang tua mereka untuk mengerjakan pekerjaan atau menyelesaikan urusannya.

Namun disaat dewasa mereka haruslah berani menghadapi dan menyelesaikannya sendiri. Anak yang mandiri pada umumnya akan lebih tangguh dan kuat dalam menghadapi permasalahan kehidupan.

Kak, ketahuilah bahwa sifat mandiri banyak sekali manfaat untuk anak, diantaranya yaitu:

anak yatim dan dhuafa

(Foto Kegiatan Anak Asuh Sedang Membereskan Pakaian Sendiri)

1. Anak-anak akan siap menjalani hidup.

Sifat kemandirian yang dimiliki si anak akan menjadi bekal bagi mereka dalam menghadapi berbagai persoalan masalah yang akan terjadi di dalam kehidupannya.

2. Menjaga harga diri anak.

Sifat  mandiri yang ia miliki, akan timbul bahwa ia  tidak boleh  menggantungkan diri kepada orang lain. Tentunya, hal ini akan meningkatkan harga diri dari orang yang bersangkutan.

3. Sikap mandiri yang dimiliki anak akan menjadi sikap dasar orang-orang sukses.

Sifat mandiri yang ditanamkan pada anak sejak dini memiliki arti bahwa para orang tua sedang menyiapkan anak-anak untuk sukses setelah dewasa. Karena, tidak ada orang sukses yang selalu bergantung kepada orang lain untuk membantunya atau bergantung kepada orang lain.

Sahabat, lalu bagaimana cara menanamkan sifat kemandirian pada anak?

  1. Selalu berusaha menanamkan sifat mandiri dalam setiap tindakan

Di setiap melakukan hal-hal, maka sebagai orang tua kita hendaknya membiarkan si anak melakukan hal tersebut dengan kemampuannya. Dengan cara ini justru mengajarkan agar ia terbiasa untuk menyelesaikan masalahnya dengan keterampilannya.

  1. Menanamkan Sikap Disiplin

Menanamkan sikap disiplin pada anak dengan tipe ini selalu didasarkan pada pujian serta dengan dorongan. Para orang tua justru mengajarkan keterampilan di setiap memecahkan sebuah permasalahan. Lebih dari itu, para orang tua bekerja sama dengan anak untuk mengembangkan solusinya.

Itulah kegiatan Anak Yatim dan Dhuafa Mandiri Membereskan Pakaian. Yuk kak, terus bersama kami untuk mewujudkan kebahagiaan bagi anak-anak yatim dan dhuafa, dengan berdonasi di link kebaikan berikut : 

Share it on

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *