Griya Yatim & Dhuafa

Ancaman Bagi Muslimin Yang Enggan Membayar Zakat

Sahabat, Islam merupakan satu-satunya agama yang diridhoi oleh Allah yaitu agama yang rahmatan lil’alamin. Islam mengatur setiap hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan. Salah satunya Islam mengajarkan kita agar dapat berinteraksi dengan makhluk Allah yang lain dengan cara yang baik. Maupun dengan hewan, tumbuhan, terutama bagaimana kita harus bersikap pada manusia yang lainnya.

Rasulullah bersabda : “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”.  (HR. Ahmad). Oleh karena itu, sebagai seorang muslim kita tidak cukup hanya dengan beribadah dan melakukan amalan-amalan yang bersifat individual, tapi kita juga harus melakukan amalan yang bermanfaat bagi orang lain. Ini salah satu alasan membayar zakat menjadi salah satu dari rukun Islam.

Ancaman Bagi Muslimin Yang Enggan Membayar Zakat

Membayar zakat hukumnya adalah wajib. Ketika seseorang tidak membayar zakat, maka dia tidak termasuk sebagai seorang muslimin karena tidak memenuhi salah satu dari rukun Islam. Maka disebutkan dalam Al-Qur’an ancaman bagi orang-orang yang enggan membayar zakat. Allah berfirman : “Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahanam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung, dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka, Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (QS. At Taubah : 34-35).

Zakat ada beberapa jenisnya, dan setiap jenisnya juga memiliki hukum yang sama yaitu wajib. Bukan hanya Zakat fitrah saja yang harus kita tunaikan, tetapi juga zakat profesi, zakat maal, dan lainnya jika sudah memenuhi persyaratannya. Terdapat beberapa golongan orang yang tidak di wajibkan untuk membayar zakat. Yaitu kafir, hamba sahaya, fakir miskin, dan juga anak-anak yatim. Selain dari golongan tersebut maka akan mendapatkan hukuman untuk memalingkan diri dari kewajiban.

Rasulullah bersabda : “Ajarkan mereka bahwa Allah mewajibkan mereka untuk menunaikan zakat pada harta mereka yang diambil dari kalangan yang kaya untuk dikembalikan kepada kalangan yang miskin.” (HR. Bukhari dan Muslim). Dan juga Imam An-Nawawi berkata, “Kewajiban zakat adalah ajaran agama Allah ta’ala yang diketahui secara pasti. Sehingga, orang yang mengingkari kewajibannya sesungguhnya telah mendustakan Allah ta’ala dan mendustakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, sehingga ia dihukumi kufur.”

Baca Juga : Selamatkan Hati dari 5 Perkara

Seseorang yang tidak membayar zakat telah diberikan ancaman baginya ketika di dunia dan juga di akhirat. Ketika di dunia, seseorang yang enggan membayar zakat maka akan di ambil secara paksa darinya zakat tersebut. Pada masa ke khalifahan Abu Bakar RA. terdapat segolongan orang yang enggan membayar zakat, maka Abu Bakar RA pun berkata, “Demi Allah akan kuperangi orang yang membedakan antara shalat dengan zakat. Karena zakat adalah hak harta. Demi Allah jika ada orang yang enggan membayar zakat di masaku, padahal mereka menunaikannya di masa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, niscaya akan tetap kuperangi dia”.

Ancaman baginya ketika di akhirat telah disebutkan di atas, pada surat At-Taubah ayat 34-35. dan juga terdapat pada hadits Rasulullah, “Siapa yang memiliki emas dan perak, tetapi dia tidak membayar zakatnya, niscaya di hari kiamat akan dibuatkan setrika api untuknya yang dinyalakan di dalam neraka, lalu disetrikakan ke perut, dahi dan punggungnya. Setiap setrika itu dingin, maka akan dipanaskan kembali lalu disetrikakan kembali kepadanya setiap hari –di mana sehari setara lima puluh tahun di dunia – hingga perkaranya diputuskan. Setelah itu, barulah ia melihat jalannya keluar, adakalanya ke surga dan adakalanya ke neraka.” (HR. Muslim).

Sahabat, sungguh mengerikan ancaman yang diberikan Allah dan Rasulnya mengenai orang-orang yang enggan membayar zakat padahal dia mampu untuk membayarkannya. Yuk Sahabat, kita segerakan untuk membayar zakat agar kita tidak termasuk orang yang enggan untuk membayar zakat, dan dijauhi dari azab yang pedih. Aamiin..

English EN Indonesian ID
Scroll to Top