Griya Yatim & Dhuafa

Anjuran Untuk Menyayangi Anak Yatim

Griya Yatim Dhuafa
Anjuran Untuk Menyayangi Anak Yatim
                                    Anjuran Untuk Menyayangi Anak Yatim

Donasiberkah – Kak, sudahkah kita menyayangi anak yatim? Ketahuilah bahwa memuliakan anak yatim adalah sebuah perintah baik dari Allah maupun dari Rasulullah. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik” (QS. Al-Baqarah : 220).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan contoh yang baik untuk kita dalam mencintai dan menyayangi anak yatim. Maka adakah yang tergerak hatinya untuk menyayangi dan menyantuni anak yatim yang membutuhkan bantuan dan kasih sayang?

Baca Juga : Mustajabnya Doa Anak Yatim

Menyayangi dan Menyantuni Anak Yatim

Kak, maka sudah seharusnya kita untuk menyayangi dan menyantuni dimanapun kita berada. Maka cara yang paling mudah adalah dengan memberi makan kepada anak yatim dan juga menyayangi mereka layaknya kita menyayangi anak kandung sendiri.

Balasan Yang Akan Mereka Raih

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat Muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa di ampuni’’ (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Abbas).

Anjuran Untuk Menyayangi Anak Yatim Anjuran Untuk Menyayangi Anak Yatim
       Anjuran Untuk Menyayangi Anak Yatim

Di dalam hadits yang lain dari sahabat Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu anhu dia berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini,” kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu merenggangkan keduanya” (HR. Al-Bukhari).

Keutamaan yang di jelaskan di kedua hadits tersebut adalah orang yang menyantuni anak yatim, di dunianya mereka akan mendaptkan derajat yang tinggi di sisi Allah. Dan kelak di akhirat akan mendapatkan jaminan berupa kenikmatan surga, dan berdekatan dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Nah kak, arti “menanggung anak yatim’ adalah menyayangi, mengurusi dan memperhatikan semua keperluan hidup mereka. Seperti nafkah (makan dan minum), pakaian dan juga pendidikan untuk masa depan mereka, agar mereka menjadi manusia yang berilmu dan dapat mencapai cita-cita mereka.

Baca Juga : Keutamaan Sedekah kepada Anak Yatim

Yuk Sisihkan Harta Untuk Masa Depan Mereka

Yuk Kak, kita sayangi anak yatim dan raih keberkahan hidup. Dengan menyisihkan sebagian hartanya untuk kita donasikan bersama Laznas Griya Yatim & Dhuafa di link kebaikan : https://donasiberkah.id/bantu-pendidikan-yatim-dan-dhuafa dan https://donasiberkah.id/sedekah-untuk-yatim-dan-dhuafa.

36 views