Griya Yatim & Dhuafa

Apa Bedanya Antara Zakat Fitrah Sama Zakat Maal ?

Donasiberkah.idKak, zakat bermakna At-Thohuru, yang artinya membersihkan atau mensucikan. Di dalam maknanya menegaskan bahwa setiap orang yang selalu mengeluarkan zakatnya karena Allah dan bukan karena ingin dipuji manusia. Insya Allah akan membersih kan dan mensucikan baik hartanya maupun jiwanya, dan Allah akan memberikan keberkahan di dalam kehidupannya. Nah, dalam menunaikan zakat. Apakah kita sudah mengetahui apa bedanya antara zakat fitrah sama zakat maal? Yuk, kita simak artikel sebagia berikut. 

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersih kan dan menyucikan mereka…” (QS. At-Taubah : 103). Zakat adalah salah satu dari rukun Islam. Setiap orang Muslim yang memiliki yang berlebih, maka diwajibkan bagi mereka untuk menyisihkan sebagian dari hartanya untuk di berikan kepada mereka yang berhak menerimanya.  

Baca Juga : “Bentengilah Harta dengan Zakat”

Nah Kak, zakat sendiri terbagi menjadi dua yakni zakat fitrah dan zakat mal. Setiap orang yang telah memenuhi syarat dari ketentuan zakat, maka hendaknya untuk segera digunakan.

Apa Perbedaan Zakat Fitrah dan Mal ?

Zakat Fitrah

Kak, di dalam zakat fitrah merupakan sebuah kewajiban kepada semua umat Muslim,tidak melihat berapa usia mereka. Zakat fitrah hanya dikeluarkan sebanyak satu kali dalam satu tahun yakni pada bulan Ramadhan dan sebelum menjelang shalat Idul Fitri. Zakat fitrah yang bisa dibayarkan adalah makanan pokok sesuai dengan daerahnya masing-masing. Di Indonesia zakat fitrah yang dikeluarkan berupa beras sebanyak 2,5 kg atau uang senilai Rp. 40.000.

Apa Bedanya Antara Zakat Fitrah Sama Zakat Maal?
                      Apa Bedanya Antara Zakat Fitrah Sama Zakat Maal?

Zakat Maal

Sedangkan zakat mal merupakan zakat harta benda yang wajib dikeluarkan seorang muslim yang telah berpenghasilan dan telah mencapai nisabnya. Zakat mal adalah zakat atas harta yang dimiliki dari usaha atau bekerja dengan besaran dan waktu yang telah ditentukan. Sesuatu bisa dikatakan sebagai harta jika itu bisa dimiliki, disimpan dan dikuasai serta memiliki nilai. Harta yang wajib dizakati adalah harta yang bisa diambil manfaatnya.

Baca Juga : Bayar Zakat Maal Online Mudah

Syarat harta yang wajib dizakati antara lain sebagai berikut. Harta itu milik penuh, bertambah atau berkembang, cukup nisabnya, lebih dari kebutuhan pokok, bebas dari hutang, sudah berlalu satu tahun. Untuk zakat mal bisa dibayarkan sebanyak 2,5% dari jumlah harta keseluruhan.

Kapan Waktu Membayar Zakat Fitrah dan Zakat Maal?

Zakat fitrah di bayarkan di akhir bulan Ramadhan tepatnya sebelum khatib naik mimbar. Zakat fitrah wajib ditunaikan oleh seluruh umat Muslim. Sedangkan zakat maal, waktu yang paling tepat, bisa dilakukan ketika harta telah sampai pada nisabnya. Menunaikan zakat juga bisa jadi wasilah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Yuk Tunaikan Kewajiban

Yuk Kak, kita tunaikan kewajiban zakat di Laznas Griya Yatim & Dhuafa. Karena dengan menunaikan zakat, Allah akan memberikan keberkah dan mensucikan harta dan jiwa. Semoga setiap harta yang kakak zakat kan menjadi penolong di akhirat nanti. Aamiin. Jadi inilah apa bedanya antara zakat fitrah sama zakat maal? semoga bertambah dalam ilmunya.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top