Griya Yatim & Dhuafa

Apa Bedanya Zakat Infak Dan Sedekah?

Donasiberkah – Kak, pastinya kita sering dibingungkan dengan istilah zakat, infak dan sedekah? Bukannya semuanya sama-sama mengeluarkan harta untuk diberikan kepada yang menerimanya. Pada dasarnya memang istilah ZIS saling berkaitan. Bagi Sahabat, yang masih bingung apa bedanya antara zakat, infak dan juga sedekah. Biar lebih jelasnya, kita pelajari bersama!

Apa Itu Zakat ?

Kak, zakat hukumnya adalah wajib, zakat sendiri merupakan termasuk dari rukun Islam. Nah, harta yang di keluarkan untuk berzakat sama wajibnya ketika kita menunaikan kewajiban shalat, puasa dan amalan yang di wajibkan lainnya. Harta yang wajib dikeluarkan bagi setiap Muslim atau badan usaha dengan kepemilikan syarat tertentu. Zakat yang kita keluarkan diberikan kepada delapan golongan yang wajib untuk menerima.

Manfaat Menunaikan Zakat

Kak, zakat yang kita keluarkan akan membawa banyak sekali manfaat, salah satu dari manfaatnya Adalah mensucikan harta dan jiwa. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka, dan mendo`alah untuk mereka. Sesungguhnya do`a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. At-Taubah : 103).

Apa Bedanya Zakat, Infak Dan Sedekah?
                                   Apa Bedanya Zakat, Infak Dan Sedekah?

Pembagian Zakat

Nah, zakat itu terbagi menjadi dua jenis : Zakat Fitrah dan juga  Zakat Maal. Dalam pelaksanaan zakat fitrah di lakukan setahun sekali yakni pada bulan Ramadhan. dan zakatnya dikeluarkan sebelum shalat Idul Fitri. Sedangkan Zakat Maal dikeluarkan ketika harta yang kita miliki telah mencapai nisabnya.

Apa itu Infak ?

Infak adalah harta yang dikeluarkan oleh tiap-tiap orang di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Misalnya infak yang kita keluarkan pada saat memasukan uang ke kotak amal masjid, membantu tetangga yang membutuhkan. Dalam melaksanakan infak tidaklah ada ketentuannya baik waktu maupun tempat, kapan dan dimanapun kita berada.

Manfaat Infak

  1. Allah akan mengganti harta yang dikeluarkan
  2. Harta yang dikeluarkan membuka pintu rezeki
  3. Harta yang dikeluarkan akan melipat gandakan rezeki
  4. Harta yang dikeluarkan akan menaungi di hari kiamat
  5. Menyembuhkan dari penyakit

Apa itu Sedekah ?

Kak, kalau sedekah adalah mengamalkan segala macam kebaikan di jalan Allah. Nah, amalan ini bukan hanya semata-mata menginfakan harta di jalan Allah akan tetapi mencakupi dari kegiatan seperti berdzikir, akan tetapi senyum terhadap saudara merupakan bentuk dari sedekah. Manfaat dari sedekah sama halnya seperti berinfak

Kak, kesimpulannya, bahwa antara zakat, infak dan juga sedekah terdapat pada hukumnya. Bahwa menunaikan zakat adalah wajib, akan tetapi menunaikan infak dan sedekah adalah sunnah. Nah Kak, yuk kita tunaikan di antara ketiganya, agar kehidupan kita makin berkah. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top