Griya Yatim & Dhuafa

Apa Sajakah Bentuk Pengaplikasian Rasa Syukur ?

Apa Sajakah Bentuk Pengaplikasian Rasa Syukur
                              Apa Sajakah Bentuk Pengaplikasian Rasa Syukur

Donasiberkah.org – Sahabat dermawan, Allah Subhanahu wa ta’ala telah memberikan nikmat kepada manusia nikmat dengan jumlah yang tak terhitung banyaknya. Bahkan kalau kita mencoba untuk  menghitung-hitungnya, maka kita tidak akan mampu karena banyaknya nikmat yang Allah berikan. Baik nikmat sehat, iman, islam dan lain-lain. Dengan demikian apa sajakah bentuk aplikasi syukur yang harus kita jalankan. Dalam rangka bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. 

Adapun cara mensyukuri nikmat, salah satu contohnya dengan cara lisan. Yakni mengucapkan hamdalah, alhamdulillah. Seraya dicamkan dalam hati, betapa Maha kasih dan Maha Sayangnya Allah. Nikmat sehat misalnya, tentu saja harus disyukuri dengan menggunakan kesehatan itu dengan giat beribadah kepadanya. Juga, termasuk bersyukur, adalah memelihara kesehatan itu. Misalnya dengan berolahraga dan memakan makanan yang halal dan bergizi.

Baca Juga : Yuk Bersedekah Sebagai Tanda Syukur

Mensyukuri nikmat sehatnya (normalnya) pendengaran, penglihatan, dan suasana hati, haruslah disyukuri dengan jalan hanya mendengar, melihat, dan merasakan yang baik-baik dan halal saja menurut aturan agama Islam. Yaitu berupaya sekuat tenaga hanya melihat, mendengar, dan merasakan hal-hal yang tidak membuat kita lupa kepada Allah (dzikrullah), atau menghindari hal-hal yang dapat membuat lupa kepada-Nya dan mendorong kita memperturutkan hawa nafsu syaithoniyah.

Maka Berikut ini Adalah Bentuk Aplikasi Syukur dalam kehidupan :

Ilmu 

Ilmunya adalah dengan menyadari bahwa kenikmatan yang diterimanya itu semata-mata dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Keadaannya adalah menyatakan kegembiraan karena memperoleh kenikmatan. Amalnya adalah menunaikan sesuatu yang sudah pasti menjadi tujuan serta yang dicintai oleh Allah yang memberi kenikmatan itu untuk dilaksanakan. Maka semua nikmat akan dirasa sangat penting oleh seseorang apabila orang itu paham akan pentingnya ilmu syukur.

Baca Juga : Bersyukur Atas Nikmat Harta Dengan Berzakat

Syukur Balam Bentuk Amal 

Syukur dalam bentuk amal berkaitan dengan amalan hati, anggota badan, dan lisan. Kaitannya dengan hati adalah sengaja berbuat kebajikan dan merahasiakanya kepada seluruh makhluk. Hubungannya dengan lisan adalah mengucapkan pujian, hamdalah, yakni mengucapkan “alhamdulillah” (segala puji bagi Allah). Kaitannya dengan anggota badan adalah mempergunakan kenikmatan itu untuk melaksanakan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, tidak mempergunakannya untuk berbuat maksiat.

Bersedekah

Dengan bersedekah menjadi hal terpenting sebagai wujud rasa syukur kita. Maka menyisihkan sedikit harta yang kita miliki dan memberikannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Maka harta yang kita miliki tidak akan habis. Justru, harta itu akan terus bertambah, jika kita ikhlas dan tidak perhitungan. Jumlah sedekah yang diberikan pun tidak harus banyak. Secukupnya dengan kemampuan yang kita miliki.

Apa Sajakah Bentuk Pengaplikasian Rasa Syukur
  Apa Sajakah Bentuk Pengaplikasian Rasa                               Syukur

Membahagiakan Orang Tua 

Rasa syukur juga bisa dilakukan dengan cara membahagiakan kedua orang tua. Salah satunya dengan bersilaturahmi, menjaga komunikasi ketika berjauhan, dan memberikan yang terbaik untuk orang tua. Sejak kecil orang tualah yang menjaga dan merawat kita. Ketika telah dewasa, maka kewajiban anaklah yang harus terus memuliakan kedua orang tua.

Rajin Ibadah

Sebagai bentuk rasa syukur kita atas kehidupan yang sudah diberikan, kita tak boleh lalai dalam beribadah. Beribadah menjadi kunci ketenangan dalam hidup kita. Kehidupan yang bahagia dan jauh dari cobaan adalah impian semua orang. Tetap terus beribadah, bukan hanya keinginan yang diminta melainkan beribadah untuk berterima kasih kepada Tuhan.

Baca Juga : Pandai-Pandai Untuk Selalu Bersyukur

Selalu Membaca Doa

Sebagai makhluk ciptaan Allah, kita harus selalu dan senantiasa membaca doa di mana pun dan kapan pun. Karena membaca doa juga termasuk dalam salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah. Menjaga lisan dengan terus mendekatkan diri dan menjauhi perbuatan yang dilarang. Bahkan dalam situasi yang tidak diinginkan, kita tetap terus berdoa dan meminta perlindungan Allah.

Membantu Sesama yang Membutuhkan

Rasa syukur bisa kita wujudkan dengan membantu sesama yang membutuhkan. Saling tolong menolong tanpa mengharapkan imbalan dan ikhlas. Di sekeliling kita, masih banyak orang yang masih memerlukan uluran tangan. Bantuan yang diberikan pun sesuai dengan kemampuan kita. Tanpa memaksakan, jika memang keadaan kita juga sedang tidak baik.

Baca Juga : Bersyukur Atas Nikmat Allah dengan Cara Berqurban

Yuk, Berlomba-lomba Menjadi Hamba yang Pandai Bersyukur

Demikianlah bentuk aplikasi syukur dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Hidup kita tidak kekal, maka sebanyak mungkin mempersiapkan diri untuk bekal di akhirat kelak.

Dengan demikian, nikmat harta dan segala yang kita miliki harus disyukuri sesuai dengan perintah Allah Subhanahu wa ta’ala. Yakni untuk nafkah diri, keluarga, kerabat, dan kaum dhuafa dengan tetap mengeluarkan zakat, infak, dan sedekahnya. Yuk sahabat kita berlomba-lomba menjadi hamba yang pandai bersyukur salah satunya dengan cara berdonasi melalui link gambar di bawah ini !

Donasi Sekarang Griya yatim
           Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top