Griya Yatim & Dhuafa

Baca Al-Qur’an tiap hari agar masuk surga

Kak, sudahkah kita membaca Al-Qur’an hari ini? Meskipun di tengah kegiatan yang sangat padat dan melelahkan ini jangan sampai kita lupa akan kewajiban kita untuk selalu membaca Al-Qur’an kak. Bahwa Al-Qur’an adalah nikmat yang terbesar bagi umat manusia yang memang harus diikuti dengan langkah nyata, yang menunjukkan bahwa memang Al-Qur’an adalah kebutuhan primer dalam kehidupan umat manusia. Kesadaran akan pentingnya al-Qur’an tanpa diikuti dengan langkah nyata, akan mengakibatkan kehidupan kita kehilangan segalanya. Maka Yuk Baca Al-Qur’an tiap hari agar masuk surga ka.

Oleh karena itu kak, Al-Qur’an yang kita baca  memiliki keutamaan yang sangat dahsyat, maka perbanyaklah membaca Al-Qur’an selagi  Allah masih memberikan kesempatan dan selagi nafas masih menyertai kita kak, karena bacaan Al-Qur’an akan menjadi syafaat/penolong bagi para pembacanya di hari Kiamat nanti, dikala manusia banyak yang sengsara dan menderita.

Al-Qur’an Memiliki Keutamaan Yang Dahsyat

Baca Al-Qur'an tiap hari agar masuk surga
              ( Foto dok. Anak asuh sedang membaca AL-Qur’an di Asrama )

Bahwa Al-Qur’an akan datang sebagai penolong kelak di hari akhir bagi orang yang selalu membacanya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti memberi syafa’at (penolong) bagi orang yang membacanya dan mentaatinya” (HR. Muslim).

Begitu dahsyat keutamaan Al-Qur’an kak, bahkan ia lebih berharga dibanding seluruh harta dunia dan semua yang diminta manusia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak boleh iri kecuali dalam dua perkara, yaitu : “orang yang dikaruniai Allah keahlian tentang Al-Qur`an, lalu diamalkannya pada waktu malam dan siang, dan orang yang dikaruniai Allah kekayaan harta, lalu diinfakkannya pada waktu malam dan siang” (Muttafaq ‘Alaih). Dalam hadits tersebut mengajarkan bahwa dalam urusan akhirat kita boleh iri, salah satunya dalam berlomba-lomba mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan yang mengajarkannya” (HR. Al-Bukhari).

Maka setiap manusia yang mencari dan mengamalkan Al-Qur’an maka Allah akan mempermudah urusan apapun itu. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di dalam hadits Qudsi : “Barangsiapa disibukkan dengan mengkaji Al-Qur’an dan menyebut nama-Ku, sehingga tidak sempat memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya sesuatu yang lebih baik dari apa yang Ku berikan kepada orang-orang yang memohon’. Dan keutamaan kalam Allah Ta’ala atas semua perkataan adalah seperti, keutamaan Allah Ta’ala atas makhluk-Nya” (HR.Tirmidzi).

Maka kita harus berusaha memperbanyak membaca Al-Qur’an, walaupun didalam membacannya masih  terbata-bata kak, karena setiap yang kita baca akan memperoleh pahala yang sangat besar. Sebagaimana

 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan memperoleh satu kebaikan. Dan setiap kebaikan akan digandakan menjadi sepuluh kali. Aku tidak mengatakan : Alif Lam Miim adalah satu huruf. Melainkan Alif satu huruf, lam satu huruf dan miim satu huruf.” (HR. Tirmizi).

Baca Juga : Sikap terhadap Al-Qur’an dan Akibat Mendustakannya

Dan siapa saja  yang rajin membaca Al-Qur’an maka ia akan dijauhkan (terhindar) dari godaan setan, kejahatan dan kesusahan. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Perbanyaklah membaca Al-Qur’an di rumahmu, sesungguhnya di dalam rumah yang tak ada orang membaca Al-Qur’an, akan sedikit sekali dijumpai kebaikan dirumah itu, dan akan banyak sekali kejahatan, serta penghuninya selalu merasa sempit dan susah”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabd : “Sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah, tidak akan bisa dimasuki setan” (HR.Muslim).

Yuk kak, Baca Al-Qur’an tiap hari agar masuk surga,  sempatkan untuk selalu membaca Al-Qur’an meski sesibuk apapun aktivitas kita. Janganlah kita sampai lupa untuk selalu membaca Al-Qur’an, sebab dengan membaca Al-Qur’an kita akan selamat dunia akhirat. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top