Griya Yatim & Dhuafa

Bahagiakan Dirimu Dengan Sedekah

Donasiberka.id – Kak, hidup bahagia itu sangatlah mudah. Yakni dengan bersedekah, InsyaAllah hidup kita jadi lebih berkah. Sebab dengan bersedekah merupakan tanda bahwa diri kita tidak lagi bergantung atau cinta terhadap pada harta.Kehidupan yang semata-mata untuk mencari keridhaan Allah itu jauh lebih bahagia daripada kehidupan yang hanya mengejar kenikmatan dunia yang hanya bersifat sementara dan terbatas. Inilah artikel tentang bahagiakan dirimu dngan sedekah, yuk kita simak. 

Nah Kak, Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah. Sebagaimana dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 271,

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Baca Juga : Raih Pahala Terbaik dengan Bersedekah

Keutamaan Sedekah Yang Harus Kita Ketahui

  1. Harta Yang Disedekahkan Tidak Mengurangi Harta

Kak, sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, bahkan Allah akan menambah harta yang di sedehkan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda untuk mengingatkan kita dalam sebuah riwayat Muslim, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim). 

Bahagiakan Dirirmu Dengan Sedekah
                                       Bahagiakan Dirirmu Dengan Sedekah

Loh kok bisa harta tidak berkurang? Sebab mungkin secara langsung harta memang terlihat berkurang, akan tetapi dengan kekurangan tersebut Allah akan menutupi kekurangan tersebut dengan balasan yang terbaik berupa pahala di sisi Allah dan akan terus bertambah. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

  1. Sedekah Dapat Menghapus Dosa

Kak, kita sebagai makhluk Allah yang selalu berbuat dosa dan selalu bermaksiat. Akan tetapi Allah senantiasa memberikan berbagai keistimewaan agar berkesempatan untuk bertaubat dan menghapus segala dosa-dosanya, salah satunya dengan cara bersedekah. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).

Baca Juga : Sedekah Untuk Yatim Dan Dhuafa
  1. Dengan Bersedekah Melipatgandakan Pahala

Kak, ketahuilah bahwa di dalam sedekah banyak sekali manfaat dan keistimewaannya, salah satunya, Allah akan memberikan (membalas) dengan pahala yang banyak kepada mereka yang mau bersedekah. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Baca Juga : Keutamaan Sedekah Subuh

Yuk Kak, banyak-banyak bersedekah dan buat kehidupan kita jadi lebih bahagia. Semoga setiap kebaikan yang kakak berikan, menjadi lading amal yang akan menyelamatkan. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top