News

Bahaya Menggunakan Masker Saat Berolahraga

Sahabat dermawan, meskipun wabah virus corona ini sudah sedikit mereda, tapi kita masih harus tetap waspada terhadap lingkungan sekitar. Sebab, penggunaan masker sangatlah penting untuk mencegah penularan COVID-19. Lalu benarkah Bahaya Menggunakan Masker Saat Berolahraga, yuk simak artikel ini.

Wabah vrus corona ini menciptakan perubahan pola hidup di masyarakt.Penggunaan masker menjadi kebiasaan baru masyarakat di masa new normal ini. Semua sarana umum dan pusat-pusat pembelanjaan, mewajibkan pengunjung menggunakan masker. Hal ini memaksa setiap orang untuk pergi keluar rumah dengan menggunakan masker.

Karena kebiasaan memakai masker, orang-orang pun mulai memakai masker pada kegiatan yang tidak seharusnya, seperti ketika sedang berolahraga. Memang penggunaan masker itu tentunya bertujuan untuk menghindari penyebaran virus corona. Namun, tahukah Sahabat bahwa menggunakan masker saat berolahraga tidak baik bagi tubuh.

Kenapa olahraga dengan menggunakan masker itu berbahaya?

Bahaya Menggunakan Masker Saat Berolahraga

Terkait hal ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau agar masyarakat tidak menggunakan masker saat olahraga. Alih-alih menyehatkan, penggunaan masker saat olahraga bisa membuat tubuh kesulitan memperoleh oksigen.

Penggunaan masker saat berolahraga dapat menjadi masalah yang serius bagi tubuh. Tertutupnya hidung dan mulut saat berolahraga dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah pada sistem pernapasan.

Menggunakan masker saat olahraga bisa membuat kita sulit bernapas, terlebih jika kita memiliki gangguan pernapasan, seperti asma atau bronkitis. Hal ini bisa membuat kadar oksigen dalam darah menurun.

Ketika berolahraga, tubuh memerlukan lebih banyak oksigen dari biasanya.Turunnya kadar oksigen ini akan membuat detak jantung meningkat dan otot lebih banyak menumpuk asam laktat. Akhirnya, kita akan lebih cepat kelelahan, meskipun olahraga yang kita lakukan tergolong ringan, karena terhalangnya aliran udara ke hidung.

Dan sering kali tidak kita sadari, bahwa ketika memakai masker dapat membuat kita menghirup kembali karbondioksida yang kita keluarkan. Pada saat berolahraga laju respirasi meningkat, sehingga karbondioksida yang keluar dapat terhirup kembali.

Baca Juga : Lebih Baik Mana Olahraga Pagi atau Sore Hari ?

Karbondioksida itu merupakan racun bagi tubuh. Jadi terlalu banyak menghirup karbondioksida dapat mengakibatkan kita keracunan. Keracunan karbondioksida dapat menyebabkan asidosis dalam tubuh. Yaitu tubuh akan kesulitan untuk mengeluarkan karbondioksida yang diproduksi dalam tubuh.

Ketika sedang berolahraga, keringat yang kita hasilkan pun meningkat. Sehingga jika kita menggunakan masker, masker itu akan menjadi basah dan lembab. Masker yang lembab, jika terus digunakan akan membuat hidung tidak nyaman.

Lebih bahaya mana, pakai masker atau tidak?

Di masa pandemi yang belum sepenuhnya berakhir ini, cukup berbahaya untuk meninggalkan rumah dengan tidak memakai masker. Memakai masker itu juga merupakan bentuk ikhtiar kita dalam menghadapi wabah virus corona ini.Namun bagaimana jika kita pergi keluar rumah untuk berolahraga.

Olahraga juga merupakan kebutuhan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat menahan virus corona. Apakah kita mesti memakai masker ketika pergi keluar rumah untuk berolahraga? Padahal memakai masker ketika berolahraga juga merupakan hal yang berbahaya.

Solusi yang aman adalah dengan mengikuti tips-tips berolahraga di masa pandemi berikut ini :

  1. Tidak memakai masker, namun hindari keramaian.
  2. Jika bersepeda, pilihlah rute yang sepi.
  3. Usahakan untuk berolahraga secara tidak berkelompok.
  4. Bersihkan keringat dengan handuk, dan usahakan tidak terjadi droplet
  5. Usahakan beristirahat di rumah  atau di tujuan (jika bersepeda) dan tidak di tempat umum

Sahabat, Itulah Bahaya Menggunakan Masker Saat Berolahraga, penggunaan masker itu sangat penting. Meskipun begitu janganlah gunakan masker ketika sedang berolahraga. Yuk sahabat hindari menggunakan masker saat berolahraga dan utamakan penerapan physical distancing. Jika ini tidak memungkinkan, lebih baik lakukan olahraga di dalam rumah saja ya

Share it on