Griya Yatim & Dhuafa

Bahayanya Tidur Tengkurap

admin

Sahabat, tidur merupakan aktivitas sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Namun setiap orang mempunyai kebiasaan tersendiri dalam mengambil posisi tidurnya. Ada yang suka tidur telentang dll, namun ada juga yang tidur dengan tengkurap, biasanya tidur tengkurap sangat nyaman dan pulas dirasakan oleh sebagian orang. Maka inilah Bahayanya Tidur Tengkurap, yuk kita simak artikel berikut ini.

 Bahkan ada yang menjadikan cara tidur ini sebagai kebiasaan. Namun tahukah kak, ternyata ada perintah dalam agama kita agar menghindari hal ini, karena memang secara kesehatan cara tidur seperti ini kurang baik. Selain membuat badan terasa sakit dan lemas ketika bangun tidur, sirkulasi darah pun tidak akan berjalan dengan lancar. Tidur dalam posisi tengkurap amatlah dilarang dalam islam.

Dari Abu Dzar radhiyallahu anhu, ia berkata, : “Nabi shallallahu alaihi wa sallam lewat di hadapanku dan ketika itu aku sedang tidur menengkurap. Beliau menggerak-gerakkanku dengan kaki beliau. Beliau pun bersabda, ‘Wahai Abu Dzar, tidur seperti itu seperti berbaringnya penduduk neraka.’” (HR. Ibnu Majah no. 3724).⁣

Dan tidur dalam tungkurap adalah suatu perbuatan yang sangat Allah benci. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sesungguhnya tidur dalam posisi tengkurap, merupakan tidur yang dimurkai Allah

Dalam dunia medis pun membuktikan bahwa memang tidur tengkurap berbahaya, apalagi tidurnya pulas dan lama karena saat tidur tengkurap otomatis otot dada atau otot pernafasan tidak dapat mengembangkan dada dengan baik dan maksimal, sehingga aliran oksigen menjadi lebih sedikit dan bisa berakibat menjadi sesak nafas dan gangguan pada otak.⁣

Berikut Efek Samping Bahayanya Tidur Tengkurap, diantaranya yaitu:

Bahayanya Tidur Tengkurap

Sakit Leher

Tengkurap membuat posisi leher terpelintir karena posisi perut di bawah, sehingga menyebabkan otot leher akan mengalami peregangan dan peredaran darah pu akan terhambat. Hal itulah yang menyebabkan leher  kita terasa sakit kak. 

Sakit punggung

Saraf tulang belakang tidak dalam bentuk alami saat tidur tengkurap. Hal ini bisa menyebabkan tulang bagian belakang melengkung dan dapat menimbulkan sakit punggung.

Sakit kepala

Dalam posisi tengkurap, maka sirkulasi darah tidak lancar serta menyebabkan aliran darah ke otak berkurang dan menyebabkan sakit kepala. 

Nyeri tulang dan sendi

Posisi tulang yang tidak semestinya saat tidur tengkurap berdampak pada meningkatnya risiko nyeri tulang dan sendi. 

Baca Juga : Sehat Melalui Pola Tidur Nabi 

Kak, demikianlah Islam, memerintahkan dan melarang sesuatu pasti untuk kemaslahatan dan kebaikan manusia.⁣

22 views