Griya Yatim & Dhuafa

Balasan Untuk Orang Yang Menjaga Wudhunya

Balasan Untuk Orang Yang Menjaga Wudhunya
                     Balasan Untuk Orang Yang Menjaga Wudhunya

Donasiberkah – Sahabat dermawan, berwudhu merupakan salah satu amalan yang dilakukan umat muslim untuk menyucikan diri dari hadas. Berwudhu juga wajib bagi setiap orang muslim sebelum melaksankan shalat. Sebagaimana Allah Ta’ala.

berfirman : “Hai orang-orang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, basuhlah muka mu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki,” (QS al-Maidah: 6).

Baca Juga : Manfaat Siwak untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat berwudhu, selain menyucikan, berwudhu juga memberikan manfaat bagi tubuh. Sebab tata cara yang dilakukan dalam berwudhu, merupakan terapi yang membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat. Orang yang selalu menjaga wudhunya akan terlihat dari wajahnya yang senantiasa berseri seri, hatinya menjadi tenteram dan jiwa yang tenang.

Kisah Sahabat Nabi 

Nah, ada salah satu cerita tentang Sahabat Nabi yang bernama Bilal bin Rabbah, Beliau merupakan seoarng budak yang berkulit hitam legam. Diceritakan di dalam sebuah hadits yang di riwayatkan Imam Bukhari & Iman Muslim. Bahwasanya bunyi hentakan terompah yang ia pakai pada saat di dunia telah terdengar sampai ke surga. Di karenakan Sahabat Bilal senantiasa menjaga wudhunya.

Balasan Untuk Orang Yang Menjaga Wudhunya
Balasan Untuk Orang Yang Menjaga Wudhunya

Sebagaimana yang di ceritakan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Bilal, “Wahai Bilal, ceritakanlah kepadaku tentang satu amalan yang engkau lakukan di dalam Islam yang paling engkau harapkan pahalanya, karena aku mendengar suara kedua sandalmu di surga.” Bilal menjawab, “Tidak ada amal yang aku lakukan yang paling aku harapkan pahalanya daripada aku bersuci pada waktu malam atau siang pasti aku melakukan shalat dengan wudhu tersebut sebagaimana yang telah ditetapkan untukku.” 

Allah Menyediakan Delapan Pintu Surga

Kak, ketahuilah bahwa Allah Ta’ala menyediakan menyediakan delapan pintu surga bagi orang-orang yang senantiasa berwudhu dan setelahnya dia berdoa. Sebagaimana yang dikatakan di dalam sebuah hadits, dari Umar radhiyallahu ‘anhu. Rasulullah sahallallahu ‘alaihi wa sallam Bersabda : “Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan, “Asyhadu an laa laaha illaallaahu wa anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu.” Akan dibukakan untuknya pintu-pintu surge yang delapan, ia dapat masuk dari pintu mana saja yang ia kehendaki.” (HR. Muslim).

Baca Juga : Inilah Manfaat Sujud Bagi Kesehatan

Yuk Kita Implementasikan Dalam Kehidupan sehari-hari

Nah sahabat, sungguh mulia sekali keutamaan bagi orang yang senantiasa menjaga wudhunya, dan Allah pun menjanjikan surga bagi orang yang berwudhu setelahnya ia berdoa. Jangan lupa berdoa sesudah berwudhu ya sahabat dermawan.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top