Griya Yatim & Dhuafa

Banyak Belum Tentu Berkah

Donasiberkah.id – Sahabat Dermawan, terkadang kita mungkin merasakan bahwa apa yang kita miliki itu tidak pernah merasa cukup. Hal tersebut mungkin harta yang kita miliki itu kurang berkah. Sebab keberkahan itu tidak bergantung pada banyak sedikitnya harta yang kita miliki. Sayyidina Ali bin Abi Thalib berkata, “Adakalanya yang sedikit lebih berkah daripada yang banyak.”

Berbeda harta yang mengandung keberkahan dan yang tidak. Allah berfirman : “Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al-Maidah : 100).

Sahabat, ketahuilah bahwa harta yang berkah meski sedikit adalah harta yang selalu ia pergunakan untuk di jalan Allah. Bahwa tidaklah sama kualitasnya harta yang sedikit akan tetapi berkah dengan harta yang banyak akan tetapi tidak berkah. Dalam ayat tersebut juga menjelaskan harta yang baik (halal) dan harta yang haram.

Hal tersebut memberitahukan bahwa harta yang haram tidak dapat membawa kepada keberkahan, akan tetapi sebaliknya jika harta yang sedikit insya Allah akan membawa kepada keberkahan. Harta yang haram akan membawa kepada pemiliknya kepada yang kurang baik. Ketiadaan keberkahan yang terkandung membuat pemiliknya tetap merasa kurang puas dengan harta yang ia miliki meskipun hartanya sudah sangat banyak.

Banyak Belum Tentu Berkah
                                            Banyak Belum Tentu Berkah

Sahabat, ketahuilah mereka yang memiliki harta mereka tidak akan merasa kebahagiaan di dalam kehidupannya karena kehidupannya sudah dirasuki dengan gemilaunya harta dunia. Mereka akan di selimuti dengan rasa yang tidak tenang, sebab Mereka akan selalu takut manakala hartanya akan hilang.

Akan tetapi sebaliknya mereka yang memiliki harta yang sedikit namun berkah (halal), mereka akan memberikan kebahagiaan dengan cara bersyukur kepada Allah, dengan cara bersedekah. sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan (ingatlah) Ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azabKu sangat berat” (QS. Ibrahim : 7).

Sebab mereka mengtahui bahwa harta yang mereka miliki pada sejatinya, ada hak orang lain yang harus mereka keluarkan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan pada harta benda mereka ada hak orang miskin yang meminta, dan orang miskin yang tidak meminta” (QS. Az-zariya : 19).

 Yuk kak, jadikan harta kita menjadi berkah dengan selalu bersedekah. Insya Allah dengan keberkahan tersebut, Allah cukupkan apa yang kita miliki sehingga kita tidak merasa kekurangan. 

English EN Indonesian ID
Scroll to Top