News

Berbagai Olahan Timun dan Khasiatnya

Sahabat, bagi masyarakat Indonesia, mentimun atau yang lebih sering disebut oleh banyak orang sebagai timun ini, adalah buah yang umumnya digunakan sebagai bahan pelengkap di dalam acar, salad atau lalapan. Meski dianggap sebagai bahan pelengkap, buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini dapat menjadi bahan utama berbagai olahan. Sebab, inilah Berbagai Olahan Timun dan Khasiatnya Bagi Tubuh.

Khasiat timun bagi tubuh

Timun memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Sebab, banyak mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, silika dan lainnya. Inilah beberapa khasiat timun bagi tubuh :

Berbagai Olahan Timun dan Khasiatnya Bagi Tubuh

  1.       Mengendalikan tekanan darah

Khasiat timun sudah tidak diragukan lagi. Timun dapat membantu mengendalikan tekanan darah akibat hipertensi ataupun hipotensi. Satu porsi timun 50 gram mengandung 80 gram kalium yang baik untuk menurunkan darah. Dalam tubuh, kalium bekerja untuk melebarkan pembuluh darah sehingga membuat tekanan darah yang awalnya tinggi jadi menurun. Secara sederhana, timun memiliki efek yang sama seperti obat hipertensi.

  1.       Memperkuat tulang

Timun juga dapat memperkuat tulang. Kandungan vitamin K yang berlimpah dalam timun dapat memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Pemenuhan kebutuhan vitamin K harian dapat mencegah Osteoporosis. Sehingga timun seringkali dikaitkan dengan kesehatan tulang dan mencegah tulang mudah patah.

  1.       Mencegah kanker

Kandungan senyawa cucurbita dalam timun juga memberikan banyak manfaat kesehatan seperti membantu mengurangi lonjakan gula darah, dan mencegah kanker. Kandungan yang ada pada timun dapat membantu menurunkan respon peradangan dalam tubuh. Kandungan polifenol yang disebut juga lignan dalam timun juga dapat mengurangi resiko terkena kanker dan penyakit kardiovaskular tertentu.

Baca Juga : Nutrisi Bermanfaat dalam Gula Aren

  1.       Mengencangkan dan mendinginkan kulit

Selain itu timun juga memiliki khasiat dalam dalam hal kecantikan. Timun juga digunakan secara topikal untuk mendinginkan kulit yang sedang iritasi karena bersifat anti radang. Timun seringkali digunakan untuk bahan pembuatan masker wajah. Kandungan timun dapat mengencangkan kulit dan juga menghilangkan kerutan yang ada di bawah mata atau sering disebut mata panda.

  1.       Sebagai antidiabetes

Timun memiliki kadar glukosa yang sangat sedikit, sangat cocok bagi orang yang memiliki kadar gula tinggi dalam tubuhnya. Selain itu, timun juga dapat berperan sebagai antidiabetes. Karena kandungan dalam timun juga dapat mengatur kandungan gula dalam tubuh. Biji timun juga mungkin memiliki properti anthelmintic, sebagai pembasmi cacing dalam usus.

Beberapa olahan timun yang mudah dibuat

Banyak orang yang mengkreasikan timun menjadi berbagai macam olahan yang nikmat dan mudah untuk dibuat. Inilah berbagai olahan timun, antara lain :

  1.       Es timun serut

Timun itu memiliki kandungan yang menyegarkan. Oleh karena itu, timun sangat cocok sebagai campuran dalam minuman. Olahan air timun merupakan campuran parutan timun kedalam air dingin, dan tambahkan sirup sebagai pemanis. dibuat es timun serut khas Aceh. Biasanya, es timun Aceh atau es timun serut dapat dijumpai di rumah makan Aceh. Es timun serut dibuat sederhana dengan bahan dasar timun. Tapi soal rasa, jangan diremehkan. Seperti halnya es timun suri, es timun serut ini, sangat cocok dijadikan minuman.

  1.       Tumis timun

Seperti kebanyakan sayuran, timun juga enak untuk dijadikan olahan tumis, dicampur dengan telur, daging, udang dan sebagainya.

  1.       Acar timun

Timun merupakan bahan utama untuk pembuatan acar. Acar yang tidak di campur dengan timun akan menimbulkan rasa yang kurang lengkap. Bahkan hanya dengan timun, acar pun bisa dibuat dengan enak.

  1.       Jus timun

Olahan timun yang sering dikonsumsi oleh orang yang sedang diet adalah jus timun. Rasanya mungkin agak pahit, jadi tambahkanlah gula atau madu secukupnya sebagai pemanis.

Itulah Berbagai Olahan Timun dan Khasiatnya Bagi Tubuh yang enak dan mudah untuk dibuat. Masih banyak lagi olahan yang dapat dibuat dengan bahan utamanya timun. Yuk Sahabat, kita ambil khasiat yang ada pada timun. Agar tubuh kita tetap sehat di masa pandemi corona ini.

Share it on