News

Berbagi Makanan Berbuka untuk Pedagang Asongan dan Pemulung

Pada bulan Ramadhan setiap orang dipenuhi dengan semangat berbagi dan juga kebersamaan. Setiap muslim ingin melihat saudaranya merasakan kegembiraan bulan Ramadhan. Umat muslim menjadi lebih semangat untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan, misalnya dengan berbagi makanan berbuka kepada orang-orang yang kurang mampu.  Inilah mengapa bulan Ramadhan disebut bulan yang istimewa, karena dengan kehadirannya, seluruh umat muslim merasakan kegembiraan dan keberkahan yang luar biasa.

Seluruh masyarakat dari kalangan apapun ikut merasakan keberkahan dan kegembiraan yang di ciptakan oleh bulan Ramadhan ini. Tapi, perlu kita ingat bahwa bulan Ramadhan ini merupakan sarana untuk memperbaiki diri kita menjadi seorang muslim yang lebih baik. Dan yang paling penting adalah menjadikan ampunan Allah sebagai tujuan dari bulan Ramadhan ini. Sebab Rasulullah bersabda : “Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan kemudian Ramadhan berlalu dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni.” (HR. Ahmad).

Berbagi Makanan Berbuka untuk Pedagang Asongan dan Pemulung

Oleh karena itu, kita harus memperbanyak amal saleh kita di bulan Ramadhan ini. Karena, disamping mendapatkan pahala yang berlipat ganda, hal tersebut juga merupakan upaya kita dalam mencapai tujuan akhir bulan Ramadhan yaitu ampunan Allah. Di bulan Ramadhan ini salah satu cara untuk mendapatkan ampunan Allah adalah dengan bersedekah. Mengenai sedekah disebutkan dalam hadits : “Sedekah itu memadamkan dosa sebagaimana api dapat dipadamkan dengan air, begitu pula shalat seseorang selepas tengah malam.” (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973).

Baca Juga : Berbagi Hidangan Berbuka Puasa Kepada Lansia

Sedekah yang paling baik adalah pada bulan Ramadhan. Sebagai mana sabda Rasulullah : “Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadhan.” (HR. Al-Tirmidzi). Dan bentuk sedekah terbaik di bulan Ramadhan adalah memberikan makan kepada orang yang berbuka puasa. Amalan ini dapat kita lakukan di bulan Ramadhan, namun sulit diamalkan ketika di bulan-bulan lainnya. Selain itu pahalanya juga sangat besar, Rasulullah bersabda : “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga.” (HR. Tirmidzi, Ibn Majah).

Betapa besarnya pahala bagi mereka yang menyediakan makanan berbuka bagi orang-orang yang berpuasa. Alhamdulillah atas kerjasama Griya Yatim & Dhuafa dan CIMB Niaga Syariah KCP Gading Serpong, terlaksanalah pembagian ifthar (makanan berbuka) untuk saudara-saudara kita para pedagang asongan dan pemulung.

Yuk sahabat, kita amalkan sedikit dari harta yang kita miliki untuk saudara-saudara kita yang membutuhkannya. Semoga Allah senantiasa memberkahi segala niat dan amal baik kita. Aamiiiin.

Share it on