Griya Yatim & Dhuafa

Berjemur Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Griya Yatim Dhuafa
Berjemur Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh
                                     Berjemur Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Donasiberkah.org – Ternyata Memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi salah satu cara mencegah terjangkit virus corona (Covid-19). Selain menjaga pola makan dan hidup bersih, yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas adalah berjemur di bawah sinar matahari. Maka memperkuat sistem imun tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melawan virus Corona. Dan juga Tak hanya virus Corona saja, memiliki sistem imun tubuh yang baik juga dapat mencegah virus dan bakteri lain yang bisa menyebabkan penyakit menginfeksi tubuh. Maka berikut ini salah satu cara untuk meningkatkan imun adalah berjemur bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Mungkin telah kita ketahui bersama bahwa hal sederhana yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan dilakukan secara rutin. Dimulai dengan mencuci tangan, berolahraga, bermain dengan hewan peliharaan dan lain-lain. 

Baca Juga : Inilah Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Wabah Virus Corona

Maka Seperti Apakah Cara Berjemur Di bawah Terik Matahari  Yang Baik ?

Sistem imun pada tubuh sesungguhnya merupakan pertahanan yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Sementara itu, apabila tubuh kekurangan vitamin D dapat menghambat pertumbuhan dan rentan terinfeksi virus maupun bakteri.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berjemur agar mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa waktu berjemur paling efektif adalah saat bayangan tubuh lebih pendek dari tinggi badan. Dan waktu berjemur yang dianjurkan adalah sekitar 10 hingga 15 menit. Waktunya bisa dimulai dari pukul 10.00 sampai 15.00 

Baca Juga : Puasa Senin Kamis itu Menyehatkan, Ini Buktinya !

Berikut Ini Tips berjemur di bawah sinar matahari agar hasilnya optimal:

1). Cahaya matahari terbaik adalah cahaya yang menyinari tubuh secara langsung, bukan hanya sekadar membuat tubuh mengeluarkan keringat. Jadi, upayakan kulit mendapatkan sinar matahari secara langsung.

2). Saat berjemur di bawah sinar matahari, tidak perlu hanya berdiam diri saja. Lakukanlah aktivitas lain seperti jalan santai, duduk sambil bermain ponsel, atau membaca buku di area terbuka, menyiram bunga, berkebun. mencuci kendaraan, menyapu halaman rumah, dan lain sebagainya.

Berjemur Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh
Berjemur Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

3). Gunakan pakaian lengan panjang (gunakan warna terang agar sinar matahari dapat mengenai kulit tubuh Anda dengan maksimal), kacamata hitam, dan topi. Dan apabila ingin berjemur di bawah sinar matahari pada pukul 10.00 pagi agar terhindar dari risiko kanker kulit.

Baca Juga : Ketahui Manfaat Markisa Untuk Kesehatan Tubuh

4). Jangan lupa untuk menggunakan lotion kulit pelindung sinar matahari yang mengandung setidaknya SPF 24 atau di atasnya.

5). Beristirahat sebentar atau menyudahi berjemur jika kulit mulai terasa panas.

6). Perbanyaklah asupan air putih, apabila ingin menghabiskan waktu yang cukup lama di bawah sinar matahari agar terhindar dari dehidrasi.

Tak hanya itu, dianjurkan juga untuk mengkonsumsi vitamin C, tetap rajin untuk berolahraga, dan istirahat secara teratur. Tujuannya, agar imunitas tubuh tetap stabil. Karena pandemi Covid-19 menginfeksi manusia ketika daya tahan tubuhnya lemah.

Ahli gizi Dokter Tan Shot Yen mengatakan bahwa “sinar matahari pada pukul 10 pagi merupakan waktu yang paling tepat karena matahari pada jam tersebut akan memancarkan sinar ultraviolet B”. Dan UV B ini gelombangnya lebih pendek, di daerah khatulistiwa sekitar jam 10.00 WIB. Dan ketika ultraviolet B masuk ke tubuh akan membawa provitamin B3, bersama dengan kolesterol di bawah kulit manusia. kemudian B3 akan membentuk D3. 

Maka vitamin inilah yang menjadi sumber kekebalan tubuh manusia. Vitamin D3 juga memiliki fungsi antara lain, yaitu mencegah kanker dan penyakit autoimun. Jadi, konsep berjemur sebenarnya bukan untuk mematikan Covid-19, namun untuk  meningkatkan imunitas tubuh manusia agar mampu melawan virus dan bakteri. 

Baca Juga : Kegiatan Yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Anak

Yuk Berjemur Karena Sehat Itu Mahal

Ketika kita rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi, maka tubuh kita akan lebih banyak memproduksi sel darah putih yang berfungsi sebagai pelindung tubuh kita. Karena Sel darah putih berfungsi dalam melawan berbagai penyakit. Sehingga, dengan rutin berjemur, kekebalan tubuh juga akan meningkat. demikianlah beberapa manfaat dan juga tips berjemur di pagi hari untuk menjaga kesehatan tubuh semakin optimal. 

Donasi Sekarang Griya yatim
           Donasi Sekarang Griya yatim
102 views