Griya Yatim & Dhuafa

Berprasangka Baik Terhadap Ketetapan Allah

Berprasangka Baik Terhadap Ketetapan Allah
                                Berprasangka Baik Terhadap Ketetapan Allah

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, pernahkah berpikir tentang sesuatu yang menimpah diri ini. Terkadang sesuatu yang menimpah membuat hati menjadi tidak tenang dan menjadi kegelisahan. Apasih maunya Allah dengan memberikan hal tersebut? Ingat sesuatu yang menimpa pada diri kita, hendaknya selalu berprasangka baik, sesuatu itu pasti ada hikmahnya.  Allah berfirman : “Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu.” (QS. Az-Zumar : 62). Inilah artikel tentang berprasangka baik terhadap ketetapan Allah, yuk kita simak.

Baca Juga : Allah mencintai HambaNya Yang Dermawan 

Allah itu tidak akan mengkehendaki keburukan pada makhluknya. Meskipun terkadang kita anggap itu sebagai suatu yang buruk, tapi yakinlah bahwa ketetapan yang Allah berikan adalah sesuatu yang terbaik untuk kita.

Musibah Ada Hikmahnya

Saat ini dunia, sedang ditimpa dengan ujian yang begitu berat, terutama di Negeri Indonesia yang kita cintai ini. Musibah yang datang membawa dampak yang sangat besar bagi perekonomian, dan dari segi apapun. Kita bayangkan banyak sekali para pekerja yang dipecat, perusahaan bangkrut dan dampak yang merugikan lainnya.

Baca Juga : Sedekah Kita Adalah Ladang Kebaikan

Banyak orang diluar sana bertanya mengapa Allah mendatangkan musibah seperti ini? Apakah Allah tidak sayang, sehingga menurunkan ujian yang begitu berat. Apakah wabah ini merupakan takdir buruk yang datang dari Allah?

Sebagai seorang Mukmin, maka sudah sudah seharusnya kita makin bertambah yakin kepada segala ketentuan dan rencana Allah. Allah lah yang mengatur segala urusan yang ada di langit dan di bumi. Sebelum Allah menciptakan dunia ini, Allah telah menetapkan segala yang terjadi di dunia tersebut. Allah juga telah menetapkan apa yang akan terjadi untuk hari ini, hari esok kepada setiap makhluknya.

Berprasangka Baik Terhadap Ketetapan Allah
  Berprasangka Baik Terhadap Ketetapan Allah

Ketentuan-Nya Adalah Yang Terbaik

Setiap ketentuan yang Allah berikan terhadap makhluknya itu baik, itulah yang harus diyakini oleh setiap orang mukmin. Sebab banyak sekali hikmahnya yang dapat kita ambil dalam ketentuan yang Allah berikan.

Allah Maha Kuasa atas makhluknya, Dia dapat merubah apa yang Dia kehendaki. Namun, jika Allah telah menetapkan kebaikan ataupun keburukan pada makhluknya, maka hal itu tidak dapat kita hindari. Sekalipun kita sudah berusaha untuk menghindarnya ketentuan Allah lah yang hakiki.

Baca Juga : Jangan Lupa Untuk Saling Berbagi

Namun dalam hal ini, bukan berarti kita hanya pasrah dan berpangku tangan dalam kondisi yang sedang terjadi, apalagi sampai mengabaikan protokol kesehatan. Dengan cara ini lah ikhtiar seorang hamba dalam menjalankan ujian atau ketetapan Allah, bukan bertawakal dengan pasrah.

Kunci Dalam Menghadapinya

Berprasangka baik adalah kunci dalam menghadapi ujian, seberat apapun harus dengan berprasangka baik dengan ketetapan-Nya. Jangan lupa untuk selalu mendekat kepada-Nya. Sebagaimana Allah berfirman di dalam hadis qudsi : “Sesungguhnya Aku sebagaimana prasangka hamba-Ku terhadap-Ku. Aku bersamanya ketika dia mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku di dalam keadaan sendirian, niscaya aku juga akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku di dalam sebuah kelompok, niscaya Aku juga akan mengingatnya dalam kelompok yang lebih baik daripada mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Manfaat Dalam Mengajak Kebaikan

Sahabat, jika kita ridha kepada Allah maka Allah pun akan ridha kepada kita. Tidak ada hal yang lebih baik daripada ketetapan yang diberikan-Nya. Yuk dekatkan diri ini dan jangan lupa untuk selalu diiringi dengan amal kebaikan, melalui link di bawah ini : 

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top