Griya Yatim & Dhuafa

Bersedekahlah Sebelum Ajal Menjemputmu 

Griya Yatim Dhuafa
Bersedekahlah Sebelum Ajal Menjemputmu
                                     Bersedekahlah Sebelum Ajal Menjemputmu

Donasiberkah.org – Sahabat dermawan, Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan para hambanya yang mukmin untuk memperbanyak amalan kebaikan baik itu zakat infaq dan sedekah. Sehingga melupakan hak dan kewajibannya yaitu zakat, infaq, dan sedekah. Sebagaimana yang Allah perintahkan maka kita akan termasuk orang yang merugi di akhirat kelak.

Baca Juga : Sedekah Yang Kita Tunaikan Mengumpulkan Keberkahan 

Bagaimana Keadaan Bagi Orang Yang kurang Bersedekah?

“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang diantara kamu; lalu ia berkata : “Ya rabbku kenapa engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh? “Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha mengenal apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Munafiqun :10-11)

Adapun keadaan orang-orang kafir, maka Allah berfirman : 

“Dan berikanlah peringatan kepada manusia pada hari (yang pada  waktu itu) datang azab kepada mereka, maka berkatalah orang-orang zalim : “Ya rabb kami beri tangguhlah kami (kembalikanlah kami ke dunia) walaupun dalam waktu yang sebentar, niscaya kami akan mematuhi seruan engkau dan akan mengikuti rasul-rasul”. (kepada mereka dikatakan) : “bukankah kamu telah bersumpah dahulu (didunia) bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa?” (QS. Ibrahim : 44).

Baca Juga : Tumbuhkan Pahala & Keberkahan Dengan Bersedekah

Pada saat manusia mengalami kematian, dan setiap manusia yang melampaui batas pasti akan menyesali perbuatannya yang telah ia lakukan. Ia meminta supaya umurnya diperpanjang walaupun hanya sebentar, untuk bisa melaksanakan apa-apa yang telah di tinggalkan. Yang lalu telah berlalu yang akan datang pasti terjadi. Semua manusia pasti akan mendapatkan balasan sesuai dengan apa yang mereka lakukan di dunia. 

Allah Juga berfirman : “(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang di antara mereka, dia berkata : “Ya rabbku kembalikanlah aku (ke dunia). Agar aku berbuat amal yang shaleh terhadap yang telah kau tinggalkan. Sekali-kali tidak, sesungguhnya itu hanya perkataan yang diucapkan saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan.” QS. Al-Mu’minun : 99-100).

Bersedekahlah Sebelum Ajal Menjemputmu
     Bersedekahlah Sebelum Ajal Menjemputmu

Penyesalan Terhadap Amalan Yang Mereka Lakukan 

Pada saat kematian datang, jiwa-jiwa yang penuh dengan penyesalan pasti berharap untuk mendapatkan pengunduran waktu ajalnya. Hal ini pun mustahil, walaupun berkeinginan untuk sedekah dan beramal shaleh walau sejenak. Yang nantinya akan menyelamatkan mereka dari siksaan dan mendapat pahala yang besar. 

Baca Juga : Mulia Bersama Al-Qur’an, Dengan Sedekah Al-Qur’an 

Allah tidak akan memberikan penangguhan kepada siapa pun jika ajalnya telah tiba. Allah maha mengetahui tentang siapa saja orang-orang yang jujur dalam perkataan dan permohonannya. Dan dia pun maha mengetahui siapa saja yang kalau dikembalikan lagi ke dunia niscaya ia akan kembali kepada keadaan yang buruk di masa lalu. Perkara yang akan menyelamatkan manusia di akhirat adalah iman. Dan sedekah adalah buktinya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim)

Sedekah dapat membebaskan pelakunya dari siksa kubur. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani no. 873)

Sedekah juga bisa menyelamatkan pelakunya dari jilatan api neraka. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Hindarkan dirimu dari neraka walaupun hanya dengan separuh butir kurma, jika tidak ada maka dengan tutur kata yang baik.” (Muttafaq ‘alaih)

Sedekah itu walaupun sedikit, memiliki andil untuk menjauhkan kita dari api neraka. Semakin banyak sedekah, semakin jauh kita darinya. Setiap orang dibawah naungan sedekahnya hingga diputuskan hukum diantara manusia.” (HR Ahmad dan Hakim dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Baca Juga : Mensyukuri Nikmat Dengan Bersedekah 

Yuk Perbaiki Amal Dengan Sedekah

Maka perbanyaklah bersedekah. Karena sedekah menjadi salah satu sebab utama yang bisa menyelamatkan kita di akhirat. Yuk bersedekah melalui link kebaikan di bawah ini : 

Donasi Sekarang Griya yatim
                Donasi Sekarang Griya yatim
196 views