Griya Yatim & Dhuafa

Bersegeralah dalam Enam Hal

Setiap manusia tidak tahu apa yang akan terjadi pada dirinya. Mungkin akan banyak kesukaran yang akan terjadi pada kehidupan kita. Jadi ketika kita mendapat kesempatan untuk beramal soleh kita harus menyegerakannya, bukan melalaikannya. Rasulullah bersabda : “Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari). Oleh karena itu, bersegeralah dalam enam hal. Karena jika sudah terlambat maka hanya ada penyesalan yang menanti.

Bersegeralah dalam Enam Hal

Apa saja enam hal yang perlu di segerakan? Antara lain :

  1.       Taubat

Kematian merupakan hal yang tidak diketahui siapapun kecuali Allah. Seseorang yang mati dalam keadaan banyak dosa dan belum sempat untuk bertobat adalah orang sangat merugi. Allah telah memberikan waktu untuk bertaubat sepanjang hidupnya. Allah memanjangkan umur seseorang agar mereka bertaubat kepadanya sebelum kematian menjemputnya.

Setiap manusia pasti memiliki dosa yang dipikul, dan setiap keburukan pun akan Allah balas walaupun sekecil apapun. Allah berfirman : “Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Az-Zalzalah : 8).

  1.       Menunaikan Haji

Haji merupakann rukun islam yang kelima. Dengan menunaikan haji, sempurnalah keislaman kita. Ketika kita memiliki harta yang cukup untuk menunaikan haji, maka kita harus segerakan. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada waktu kemudian. Rasulullah juga memerintahkan kita untuk bersegera dalam menunaikan haji. Rasulullah bersabda : “Barangsiapa hendak melaksakan haji, hendaklah segera ia lakukan, karena terkadang seseorang itu sakit, binatang (kendaraannya) hilang, dan adanya suatu hajat yang menghalangi.” (HR. Ibnu Majah).

  1.       Bayar utang

Bila kita memiliki utang, maka harus segera kita bayar ketika uang kita sudah mencukupi. Seseorang termasuk zalim ketika sudah memiliki uang yang cukup tapi tidak membayar utang-utang nya. Rasulullah bersabda : “Penundaan pembayaran utang oleh orang yang mampu adalah kezaliman. Dan apabila salah seorang dari kalian dialihkan (pembayaran utangnya) kepada orang kaya, maka hendaklah ia menerima pengalihan itu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Berbuatlah Kebaikan Agar Beruntung

  1.       Ibadah Jum’at

Shalat jum’at semestinya dengan penuh kesungguhan, keseriusan dan kekhusyuan. Ibadah jum’at itu memiliki keutamaan yang besar. Jum’at merupakan hari rayanya umat muslim, maka kita harus meninggalkan semua urusan kita dan melaksakan kewajiban shalat jumat.

Allah berfirman : “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jumuah : 9-10).

  1.       Mengurus jenazah

Mengurus jenazah memiliki faedah yang sangat mendalam bagi hati kita. Dengan melihat jenazah saudara kita, akan mengingatkan kita tentang kematian yang bisa menjemput kita kapan saja. Rasulullah bersabda : “Hendaklah kamu segerakan mengangkat jenazah, karena jika ia orang shalih. maka kamu melaksanakan kepada kebaikan, atau jika ia bukan orang shalih, maka supaya kejahatan itu lekas terbuang dari tanggunganmu.” (HR. Thabrani).

  1.       Beramal shalih

Melakukan amal shalih harus kita segerakan. Rasulullah bersabda : “Bersegeralah melakukan amal-amal shalih (kebajikan). (sebab) sebuah fitnah akan datang sebagai sepotong malam yang gelap. Seseorang yang paginya mukmin, sorenya kafir. Dan seseorang yang sorenya mukmin paginya bisa jadi kafir. Ia menjual agamanya dengan harga dunia.” (HR. Muslim).

Sahabat, kebaikan itu harus disegerakan. Jangan menunda-nunda untuk berbuat kebaikan. Rasulullah bersabda : Rasulullah bersabda : “Jika kamu memasuki waktu sore maka janganlah tunggu waktu pagi, dan jika kamu memasuki waktu pagi janganlah kamu tunggu waktu sore, dan gunakanlah kesehatanmu untuk masa sakitmu, dan kehidupannya untuk kematianmu.” (HR. Bukhari). Yuk kita segerakan berbuat kebaikan..

English EN Indonesian ID
Scroll to Top