Griya Yatim & Dhuafa

Bersih Itu Sehat Bersama Asrama Kemanggisan

Griya Yatim Dhuafa
Bersih Itu Sehat
                                                         Bersih Itu Sehat

Donasiberkah.org – Perilaku hidup bersih dan sehat, atau yang disingkat dengan PHBS adalah gerakan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan serta kualitas hidup seseorang. Dimana gerakan ini meliputi berbagai perilaku yang dipraktikkan atas kesadaran pribadi demi mencapai kehidupan yang sehat. secara umum, hidup yang bersih dan sehat dapat dimulai dari diri sendiri, yaitu bagaimana Anda menjalani kebiasaan di rumah. Maka inilah artikel tentang  hidup bersih itu sehat bersama Asrama kemanggisan.

Baca Juga : Bersih Asrama Bersama Anak Tekno 

Namun apakah kita yakin bahwa selama ini sudah menjalani pola perilaku hidup bersih dan sehat?

Alhamdulillah kak, adik-adik kita yang tinggal di Asrama Kemanggisan selalu membiasakan diri untuk hidup bersih dan sehat. Terutama pada masa pandemi saat ini, yang harus super ekstra menjaga imun tubuh untuk selalu sehat dan kuat.

Karena setiap kepala cabang asrama Griya Yatim & Dhuafa selalu menaruh perhatian terhadap perilaku hidup sehat. Dimana setiap Kepala asrama harus mendidik Anak-anak asuhnya menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat. Agar terlindungi dari berbagai macam penyakit, dan menjaga kesehatan orang-orang disekitar lingkungan. 

Tetapi apakah semua orang menyadari, bahwa selama ini hidupnya telah mempraktekkan pola hidup bersih dan sehat. Karena sesungguhnya ada beberapa hal perilaku yang harus dilakukan. mari simak secara mendalam yuk!

Baca Juga : Bersih Asrama Bersama Anak Asuh Solo

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Berdasarkan panduan terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), cuci tangan rutin adalah cara terbaik untuk: membersihkan kuman pada tangan, terhindar dari penyakit, dan mencegah kuman di tangan diri sendiri agar tidak menyebar ke orang lain. Dan ketika kita tidak dapat mencuci tangan, pastikan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) memiliki kandungan alkohol setidaknya 60%. 

Menggunakan air bersih

Perilaku hidup yang bersih dan sehat juga didukung dengan terpenuhinya kebutuhan air bersih di rumah. Dimana air yang bersih merupakan kunci dari segala aktivitas yang kita lakukan. Tak hanya itu saja, untuk makan dan minum air bersih juga berperan saat Anda mencuci baju, mandi, serta buang air. Oleh karena itu, kita harus dapat memastikan rumah Anda memiliki akses terhadap air bersih guna terwujudnya kehidupan yang bersih dan sejahtera.

Bersih Itu Sehat
Bersih Itu Sehat

Menggunakan toilet serta menjaga kebersihannya

Ketika menggunakan toilet yang juga termasuk dalam indikator perilaku hidup bersih dan sehat. Pasalnya, toilet rentan menjadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit jika kebersihannya tidak dipelihara dengan baik.

Rutin Berolahraga

Membiasakan diri untuk beraktivitas fisik secara rutin, merupakan tanda bahwa seseorang telah menjalani pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Anda tentu sudah tahu bahwa rutin olahraga memiliki manfaat kesehatan fisik serta psikis yang sangat berlimpah. Dengan berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, Anda tak hanya meningkatkan kebugaran tubuh, tetapi juga mencegah datangnya berbagai penyakit.

Baca Juga : Bersih-Bersih Asrama Bersama Anak Asuh Banjarmasin

Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Usahakan untuk makan dan minum sebagai faktor penentu hidup sehat. Pastikan banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Tak hanya itu, perhatikan pula cara mengolah serta memasak makanan untuk mencegah kontaminasi bakteri yang jadi potensi keracunan makanan.

Membasmi sarang nyamuk

Memberantas sarang nyamuk adalah bagian penting dari perilaku hidup bersih dan sehat. Berbagai penyakit yang ditularkan dari gigitan nyamuk, mulai dari DBD hingga chikungunya masih ada di sekitar kita. Salah satu cara utama untuk memutus rantai penularan penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah Anda, termasuk membasmi nyamuk hingga jentik-jentiknya.

Baca Juga : Anak Asrama Pamulang Membiasakan Jaga Kebersihan 

Yuk, Biasakan Perilaku Hidup bersih dan Sehat

Demikianlah beberapa perilaku hidup bersih dan sehat yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, selalu disiplin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Agar kesehatan kita dan keluarga selalu terjaga dan terhindar dari penyakit. 

Dan jangan lupa untuk selalu berbagi kebahagiaan terhadap sesama, dan bagi mereka yang membutuhkan baik itu bantuan makanan, pakaian, dan obat-obatan dan lain-lain. Agar kesulitan yang dialami saudara kita dapat berkurang. Mari berdonasi melalui link gambar di bawah ini !

Donasi Sekarang Griya yatim
       Donasi Sekarang Griya yatim
32 views
English EN Indonesian ID