Griya Yatim & Dhuafa

Bersyukur Atas Nikmat Harta Dengan Berzakat

Bersyukur Atas Nikmat Harta Dengan Berzakat
                          Bersyukur Atas Nikmat Harta Dengan Berzakat

Donasiberkah.id – Jadi bagaimana caranya untuk bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan? Maka salah satunya dengan menunaikan zakatnya. Dengan melaksanakan perintah-Nya diiringi rasa syukur, nikmat harta itu akan bertambah keberkahannya. Dan diantara bentuk keberkahannya adalah semakin banyak nikmat yang diterima dari Allah.

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang makruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. At- Taubah : 71)

Baca Juga : Tunaikan Zakat,Tumbuhkan Manfaatnya

Maka dari limpahan harta yang diberikan Allah bukanlah semata-mata untuk kita sendiri. Ingat bahwa, Ada hak fakir miskin yang harus kita tunaikan. Dengan menyisihkan 2,5 % dari harta kita, Allah menjanjikan kebaikan pahala yang berlipat ganda bagi hamba-Nya yang selalu taat menjalankannya. Bukan hanya sekedar kewajiban menunaikannya, akan tetapi zakat memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan kita. Berikut adalah manfaat dalam menunaikan zakat:

Zakat Menyucikan Harta Yang Kita Miliki

Kak, ketahui lah bahwa harta yang kita keluarkan, baik dalam zakat maal ataupun zakat fitrah, merupakan wujud atas nikmat yang Allah berikan. Oleh karena itu, salah satu manfaat dari zakat adalah mampu menyucikan harta yang kita miliki, sehingga harta tersebut membawa keberkahan di dalam kehidupan.

Bersyukur Atas Nikmat Harta Dengan Berzakat
 Bersyukur Atas Nikmat Harta Dengan Berzakat

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambilah zakat sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka.” (Qs At-Taubah :103).

Zakat Membawa Keberkahan

Salah satu makna zakat adalah Al-Barakatu, yang artinya “Berkah” maka di dalam penegasannya, bahwa setiap manusia yang menunaikan zakat, Allah akan memberikan keberkahan di dalam hartanya. Dengan keberkahan harta inilah yang akan memberikan dampak kepada kehidupannya.

Baca Juga : Zakat Kita Bahagiakan Yatim dan Dhuafa

Zakat Membuat Harta Berkembang

Zakat juga bermakna An-Numuw, dalam pengertian “tumbuh dan berkembang.” Dalam penjelasan ini, bahwa setiap orang yang menunaikan zakat, hartanya akan selalu terus tumbuh dan berkembang. Hal ini disebabkan oleh kesucian dan keberkahan harta yang telah mereka tunaikan.

Baca Juga : Keberkahan Dalam Berzakat

Yuk Tunaikan Zakat Sekarang

Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang selalu bersyukur atas nikmat Allah. Yakni dengan cara menunaikan zakat sebagai kewajiban, yuk tunaikan di link kebaikan di bawah ini:

English EN Indonesian ID
Scroll to Top