Griya Yatim & Dhuafa

Bertambah Iman Di Bulan Ramadhan

Griya Yatim Dhuafa
Bertambah Iman Di Bulan Ramadhan
                                         Bertambah Iman Di Bulan Ramadhan

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, salah satu perkara yang sangat penting dan paling utama yang harus diperhatikan oleh seorang Muslim adalah keadaan imannya. Apakah iman yang mereka miliki bertambah atau malah berkurang. Melalaikan keadaan iman merupakan salah satu jalan menuju kepada kehancuran. Inilah artikel tentang bertambah iman di bulan ramadhan, yuk kita sinak.

Baca Juga : Ramadhan Bulan Ampunan

Keimanan Yang Selalu Berubah-Ubah

Iman bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan amalan yang mereka kerjakan. Iman akan bertambah dengan ketaatan, mendirikan shalat, dan perintah lainnya. Namun sebaliknya, iman akan berkurang karena sebuah kemaksiatan, melakukan sebuah perbuatan yang dilarang Allah, dan kelakuan yang menyimpang.

“Orang yang mendapat petunjuk Allah menambah petunjuk kepada mereka dan memberikan kepada mereka (balasan) ketakwaannya.” (QS. Muhammad : 17). Di ayat yang lain Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka yang telah ada.” (QS. Al-Fath : 4).

Kak, biasanya di bulan Ramadhan, iman akan bertambah, keyakinan akan meningkat. Puasa termasuk ibadah yang paling Allah istimewa kan, dan merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Menjauhkan seseorang dari api neraka, dan pembeda antara orang yang beriman dan pelaku maksiat.

Sedangkan mendirikan shalat tarawih adalah salah satu bentuk kecintaan dan ketaatan seorang hamba kepada Rabb-Nya. Ia dapat menjauhkan seseorang dari kemunafikkan dan menyuburkan iman seseorang di dalam jiwanya. Dan masih banyak amalan-amalan kebaikan yang dapat meningkat kan keimanan seseorang. Berikut beberapa ibadah yang dapat meningkat kan keimanan dan menumbuhkan keyakinan orang yang menjalankan puasa.

Bertambah Iman Di Bulan Ramadhan
          Bertambah Iman Di Bulan Ramadhan

Shalat Berjama’ah Dengan Khusyuk

Shalat berjamaah yang dilakukan seseorang dapat menghilang kan salah satu sifat yang amat Allah benci yakni sifat munafik, serta menubuhkan rasa takut kepada Allah dan yang tidak kalah pentingnya mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Sesungguhnya shalat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut : 45).

Membaca Al-Qur’an dan Merenungkannya

Mebaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan adalah anjuran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun dalam hal ini bukan hanya sekedar membaca saja harus di renungi. Selain itu, harus berusaha mengamalkan segala isi yang terkandung di dalam Al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari.

“Inilah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shad : 29).

 Berdzikir Kepada Allah

Melakukan amalan dzikir adalah satu cara untuk selalu mengingat Allah, baik deng hati, lisan, maupun anggota tubuh. Selain itu, di usahakan untuk selalu bermunajat kepada-Nya di waktu malam dan memperbanyak istighfar. Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintah kan agar selalu ingat kepada-Nya, “Ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu.” (QS. Al-Baqarah : 152).

Baca Juga : Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan 

Jangan Sia-Siakan Ramadhan Kali ini

 Sahabat, Ramadhan adalah bulan yang sangat tepat untuk meningkat kan kualitas keimanan kita, serta dapat menyucikan pikiran, dan dapat menerangi hati yang gelap. Yuk Kak, jangan tinggalkan kesempatan ini yang hanya datang satu kali dalam setahun, belum tentu Ramadhan tahun depan kita dapat berjumpa lagi. Yuk kita hiasi Ramadhan ini dengan memperbanyak amalan shalih melalui link kebaikan di bawah ini:

Donasi Sekarang Griya yatim
                    Donasi Sekarang Griya yatim
149 views